Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ di Ujung Timur Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur ini merupakan tujuan destinasi terakhir yang gue jalani dalam rangkaian trip Pulau Menjangan – Kawah Ijen – Baluran pada tanggal 30 Mei – 1 Juni 2014 yang lalu. Nama Taman Nasional ini sendiri di ambil dari nama gunung yang berada di daerah ini yaitu Gunung Baluran.

* * * * *

Sehabis membersihkan diri dan makan kenyang di pelataran parkir tempat wisata Kawah Ijen, rombongan gue pun melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran yang jarak nya ternyata tidak begitu jauh, kira-kira 1 – 2 jam lama nya. Setelah tour guide membayar tiket masuk di pintu masuk Taman Nasional Baluran, mobil pun kembali berjalan menyusuri jalanan bebatuan yang sebelah kiri kanan nya terdapat banyak pepohonan dan padang savana yang luas banget!

Jalan Bebatuan di Taman Nasional Baluran

Padang Savana di Taman Nasional Baluran

Di tengah jalan dalam perjalanan menuju Pantai Bama yang berada di Taman Nasional Baluran ini, mobil rombongan gue kena ‘lampu merah’ oleh sekumpulan rusa yang lagi eksodus besar-besaran dari Barat ke Timur, karena hal tersebut akhir nya rombongan gue pun pada turun dari mobil untuk menjepret-jepret si hewan satu ini :siul:

Rombongan Rusa di Taman Nasional Baluran

Setelah meneruskan perjalanan, tidak berapa lama, kali ini rombongan gue di suguhkan oleh pemandangan sekumpulan monyet-monyet, unik nya kontras banget terlihat mana yang jomblo dan yang sudah berkeluarga :ngakak: Tapi untung nya monyet nya kalem-kalem sehingga mereka hanya memandangi kedatangan mobil kami tanpa melakukan tindakan ‘nakal’ apapun.

Dan sesampai nya di pelataran parkiran mobil di sekitar Pantai Bama, ternyata masih banyak aje monyet nya! Monyet di sini serius agresif banget sama makanan dan minuman yang terlihat di bawa oleh pengunjung, teman trip gue harus merelakan botol aqua nya di ambil oleh monyet, ah dasar monyet lu! :evilsmirk:

Parkiran Mobil di TN Baluran ( Dekat dengan Pantai Bama )

Simpan Makanan dan Minuman anda, jangan sampai terlihat oleh dia!

* * * * *

Di Pelataran parkir mobil yang dekat dengan Pantai Bama – TN Baluran ini terdapat penjual makanan dan minuman yang gue bingung kenapa monyet-monyet ga ada yang dekat-dekat, mungkin udah di bayar ‘Jatah Preman’ ngkali ya. Selain itu terdapat penyewaan toilet dan kamar mandi bagi yang bisa dibilang cukup bersih. Menurut gue pribadi sih Pantai Bama ini view nya biasa aja, ya soal nya kan pantai emang gitu-gitu aja, tapi asik nya sih ada pohon rindang banget jadi bisa Duduk Nyantai Berasa di Pantai :relax:

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran

Di dekat Pantai Bama ini juga dekat dengan Hutan Mangrove yang worth it buat di lihat, waktu itu juga kebetulan ada kejadian lucu sekaligus miris, jadi cerita nya ada 1 rombongan ( 5 wanita ) lagi pada narsis tongsis-an di sekitar Hutan Mangrove yang di kelilingi rawa. Udah di tulis di sekitar nya jangan bersender ke pagar karena HANYA di batasi oleh kayu rapuh, eh masih pada ngeyel, akhir nya ada 1 orang wanita jatuh ke rawa di sekeliling Hutan Mangrove gara-gara narsis pakai tongsis terus bersender gitu ke pinggir pagar, terus kayu penopang nya patah gitu deh secara emang udah kelihatan rapuh nya :wtf:

Untung cepat di tolong oleh rombongan kelompok gue yang mayoritas cowok dan untung nya juga rawa nya cetek, tapi pelajaran yang dapat di petik adalah jangan narsis tongsis-an sampai nekat-nekat gitu dah, cari gaya aman aja kalau mau narsis :keren:

* * * * *

Pemandangan Gunung Baluran

Karena waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore, akhir nya perjalanan pun di lanjutkan untuk menuju Gardu Pandang Baluran untuk melihat pemandangan Taman Nasional Baluran secara keseluruhan. Tapi sebelum sampai benar di Gardu Pandang, mobil berhenti dulu untuk foto-foto di maskot TN Baluran berupa deretan tulang belulang yang di ikat menjadi satu.

Dan mumpung cahaya matahari dan pemandangan Gunung Baluran nya lagi bagus-bagus nya disini, akhir nya jadi momen ajang narsis lagi deh di sini :yeah:

Maskot Taman Nasional Baluran

Narsis dolooooooo

Dan akhir nya tujuan terakhir di Taman Nasional Baluran adalah Gardu Pandang yang mengharuskan kita jalan menanjak dulu sekitar 10 menit tapi worth it untuk di naiki karena bisa melihat keseluruhan isi dari Taman Nasional Baluran. Tapi karena keterbatasan tempat jadi hati-hati ya kalau berencana narsis disini, karena kalau jatuh dari Gardu Pandang ini bisa di pastikan minimal patah kaki, maksimal tebak sendiri deh :suram:

Pemandangan Keseluruhan Taman Nasional Baluran

Dan sekian lah catatan perjalanan gue ke Taman Nasional Baluran, semoga berguna bagi anda yang akan mengunjungi tempat ini. Kalau mau mengunjungi tempat ini baik nya di musim kemarau sehingga meminimalkan kondisi ada nya hujan ketika anda akan berkunjung kemari :bye:

Salam Hangat dari Taman Nasional Baluran

We Are Born to Be Free!

 

 

2 thoughts on “Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ di Ujung Timur Pulau Jawa

  1. tuan_ali

    Baluraaann.. selalu sensasional!

    Akses yang terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan 4 Taman Nasional lainnya di Jawa Timur.

    Sempet mampir ke lembah Kancip Gunung Baluran kak? ih, luar biasa.. di sana masih menjadi spot penting untuk aktivitas birdwatching. Banyak burung liar yang eksotis untuk diamati dan diteliti.

    Salam kenal dari Surabaya. :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup Baluran memang sensasional tapi masalah akses baru tau jika TN Baluran paling mudah di Bandingkan TN yang lain nya karena ini pengalaman pertama ke TN di Jatim :lonely:

      Wah belum sempat mampir karena keterbatasan waktu, mungkin next time jika ke sini lagi akan di sempatkan demi melihat fauna-fauna lain nya yang lebih menarik :)

      Thx dah mampir dan Salam dari Jakarta :bye:

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: