Hari 9 : Sokcho ( Mt Seoraksan, Abai Village, Sokcho Beach )

Pada Hari ke – 2 di kota Sokcho ini aktivitas utama yang akan di lakukan adalah menuju Puncak Ulsanbawi di Gunung Seoraksan, lalu jalan-jalan santai di sekitar Abai Village dan di tutup dengan mengelilingi area Rodeo Street sambil menunggu jadwal perjalanan Bus Sokcho ke Busan tiba.

* * * * *

Itinerary Keliling Sokcho (24 October 2014) SelectShow

Jam alarm yang sudah di set berbunyi di tepat jam 07.00 sukses membangunkan kami berdua di pagi hari yang sangat cerah itu. Suhu udara dingin hari itu buat ukuran orang tropis seperti gue sungguh sangat buat malas beranjak dari tempat tidur, tapi karena teringat ini adalah acara yang gue tunggu-tunggu untuk Hiking ke Gunung Seoraksan, akhir nya dengan semangat 45 pun gue buru-buru mandi, packing kemudian sarapan pagi ala kadar nya dengan roti dan akhir nya sukses untuk pertama kali nya jam 08.00 kita berdua sudah siap untuk check out :ngakak:

Karena status kita sudah check out dari Motel Rocustel, akhir nya kita menitipkan tas sementara di Motel Rocustel ini dan akan di ambil nanti malam ketika akan berangkat ke dari Sokcho menuju Busan. Oh ya jangan ragu untuk menginap di Motel Rocustel ini, penginapan nya nyaman dan harga nya terjangkau, pemilik nya juga ramah sekali.

Berfoto bersama Pemilik Motel Rocustel

Berfoto bersama Pemilik Motel Rocustel

* * * * *

Mount Seoraksan

Direction : Bus Number 7 or 7-1

Price : 1200 w / Person

Mengutip dari Wikipedia, Gunung Seorak adalah puncak tertinggi dari Rangkaian Pegunungan Taebaek, terletak di provinsi Gangwon, sebelah timur Korea Selatan. Gunung Seorak disebut juga Seolsan atau Seolbongsan. Dinamakan Seorak (雪嶽; “Gunung Salju”) karena salju yang turun di sini tahan lama atau gunung-gunungnya berwarna putih seperti salju. Gunung Seorak merupakan gunung tertinggi ke-3 di Korea Selatan setelah Gunung Halla di Pulau Jeju dan Gunung Jiri di Gyeongsang Selatan. Dari 30 buah puncaknya, yang tertinggi adalah Daecheongbong (대청봉) (1.708 m).Bagian utama kawasan ini tersusun atas granit dan gneiss yang membentuk pegunungan berbatu-batu.

Sebelum berangkat ke Gunung Seoraksan, gue membeli perbekalan ala kadar nya buat hiking nanti yaitu 1 bungkus roti coklat besar dan 1 botol yoghurt di minimarket terdekat. Lalu kemudian mencari halte bus terdekat yang ternyata sudah di penuhi beberapa calon penumpang yang menuju ke arah yang sama yaitu Gunung Seoraksan.

Tidak menunggu terlalu lama, bus nomor 7-1 pun datang dan kondisi nya masih cukup buat kami berdua masuk. Permasalahan muncul ketika kami berdua mencoba membayar menggunakan Kartu T-Money tapi gagal melulu setelah di lakukan 3x tapping kartu ke mesin pembaca di dalam bus ( Belakangan baru tahu ternyata cuma bisa bayar menggunakan Kartu Cashbee). Akhir nya gue inisiatif ingin membayar menggunakan cash tapi tidak tahu  juga tarif yang harus di bayar, padahal si sopir sudah berusaha menyampaikan tarif nya berulang-ulang tapi pakai bahasa Korea sayang nya :wait:

Bus 7-1 ke Gunung Seoraksan

Bus 7-1 ke Gunung Seoraksan

Untung saja tiba-tiba ada seorang ibu paruh baya yang tiba-tiba bertanya ke teman gue, “Zhongguo ren?” ( Orang Tiongkok ? ), yang langsung di jawab teman gue iya ( dalam bahasa Mandarin ). Nah si ibu menjelaskan tarif nya adalah 1200 Won / orang tapi karena duit kami berdua total 3000 Won, akhir nya di bantu oleh ibu tadi untuk menyampaikan pesan ke supir memberikan kembalian sebesar 600 Won. Oh ya di sini cara pembayaran dan pengembalian nya menggunakan mesin berbentuk kotak, jadi tidak ada kontak langsung pembayaran antara driver dengan penumpang.

Lama Perjalanan nya sendiri dari Halte tempat gue naik hingga ke pintu masuk Gunung Seoraksan ( titik pemberhentian terakhir bus ) kurang lebih 30 menit dan selama perjalanan itu gue hanya memandangi pemandangan sekitar yang dominan oleh pepohonan, sedangkan teman gue sibuk mengobrol dengan bahasa mandarin dengan ibu paruh baya yang tadi membantu kami. Well gue sempat heran kenapa ibu ini lancar banget bahasa mandarin nya, ternyata si ibu adalah Warga Negara Korea dari keturunan orang Tiongkok asli dan ibu itu masih punya kampung halaman di Tiongkok sana :hero:

Tiket dan Maskot Gunung Seoraksan

Tiket dan Maskot Gunung Seoraksan

Keramaian sudah cukup terlihat dari balik jendela di dalam bus ketika bus menghentikan laju nya di halte bus Gunung Seoraksan. Setelah antri turun dari bus, gue pun langsung menuju loket dan membeli tiket masuk seharga 3500 W / orang. Karena bertepatan dengan musim gugur, maka daun-daun rontok dan berwarna-warni yang cantik di pandang mata pun menyambut kedatangan kami sejak dari pintu masuk Gunung Seoraksan.

Berjalan lurus ke depan dari pintu masuk, terlihat sebuah Patung Beruang yang di bawah nya bertuliskan Seoraksan National Park dan banyak wisatawan yang mengantri di sekitar nya untuk sekedar ber-narsis di sebelah patung tersebut, gue sendiri juga karena tidak kalah narsis akhir nya ikut mengantri juga, hidup antri! :calm:

Daun Warna Warni ketika Musim Gugur di Seoraksan National Park

Daun Warna Warni ketika Musim Gugur di Seoraksan National Park

Patung Buddha di Seoraksan National Park

Patung Buddha di Seoraksan National Park

Menurut gue tempat ini ketika musim gugur cocok banget buat foto pre-wedding, pasti bakal romantis dah hasil nya, tetapi karena gue jalan berdua dengan teman cowo ( tulen ) jadi nya impian gue untuk berfoto bersama cewe di tempat romantis ini langsung sirna, padahal di sekitar gue banyak turis cewe cantik yang sedang ber-narsis ria, sayang gue tidak punya keberanian mengajak foto bareng tiba-tiba gitu aja hahaha…. :wait:

Oke lanjut, berjalan sedikit ke depan gue menemukan patung Buddha yang cukup besar, terlihat banyak umat Buddhis yang melakukan doa singkat di depan nya termasuk teman seperjalanan gue yang kebetulan seorang Buddhis. Lalu terlihat plang penunjuk arah yang tertulis Heundeubawi ( Rock ) sejauh 2.4 km dan Ulsanbawi ( Rock ) sejauh 3.4 km yang merupakan tujuan utama gue, yeyyyy :wow:

Pemandangan Sungai di Seoraksan National Park

Pemandangan Sungai di Seoraksan National Park

Shinheungsa Temple

Shinheungsa Temple

Karena perjalanan baru saja di mulai, jadi gue memilih jalan santai saja sambil menikmati pemandangan sekeliling yang indah banget. Di Seoraksan National Park ini gue juga melihat ada nya sungai tapi ketika itu aliran air nya kecil nyaris kering sehingga gue mengurungkan niat untuk turun menghampiri sungai nya. Kemudian juga gue menemukan ada nya “Shinheungsa Temple” dan kemudian mencoba masuk yang pada akhir nya cuma numpang minum air saja hahaha..

Selama jalan santai menuju Ulsanbawa ini, yang gue kagum adalah tidak ada nya sampah terlihat sama sekali, kemudian lebih terlihat dominan banyak ahjumma dan ahjussi yang melakukan acara hiking ceria ini, dan terakhir sesekali gue melihat pasangan ( couple ) yang melakukan hiking ceria, so sweet banget, semoga gue bisa dapat pasangan juga yang suka hiking biar bisa naik gunung bareng :cheer:

Suasana Rest Area di Seoraksan

Suasana Rest Area di Seoraksan

Antri Foto, Terpaksa Narsis, Ibu dan Anak Gaya Kompak, 1 Km menuju Ulsanbawi

Antri Foto, Terpaksa Narsis, Ibu dan Anak Gaya Kompak, 1 Km menuju Ulsanbawi

Oh ya di tengah perjalanan juga gue menemukan rest area yang di dalam nya berisi tempat makan, istirahat, toilet tetapi pada akhir nya cuma numpang lewat saja karena kami berdua kebetulan tidak mempunyai keperluan apa-apa di sini. Dan akhir nya setelah perjalanan kurang lebih 1.5 jam sejak dari Patung Beruang, gue sampai juga di Heundeubawi ( Rock ). Gue awal nya bingung dan gagal paham kenapa orang-orang pada antri untuk foto di depan batu besar yang terlihat biasa itu.

Karena penasaran, gue pun cari info di sekitar area itu, ternyata batu besar itu adalah Batu Heundeul (Heundeulbawi, 흔들바위) yaitu Batu yang tingginya kurang lebih 5 meter dan konon hanya dapat dipindahkan dengan sedikit menguras tenaga, namun tidak seorang pun yang pernah berhasil. Awal nya gue tidak terlalu niat narsis di batu ini, tapi ketika tahu ini Batu Heundeul, ya udah deh di niatkan aja narsis nya :ngakak:

Perjalanan menuju Ulsanbawi ( Rock )

Perjalanan menuju Ulsanbawi ( Rock )

Perjalanan menuju Ulsanbawi ( Rock )

Perjalanan menuju Ulsanbawi ( Rock )

Dari Heundeulbawi menuju Ulsanbawi tinggal 1 Km lagi sesuai plang penunjuk jalan, hal itu pun memotivasi gue untuk tidak hilang semangat karena tinggal sebentar lagi sampai ke tujuan utama. Karena jalur nya sudah mulai menanjak terus, gue pun sesekali beristirahat melepas lelah dan tidak lupa memakan perbekalan. Akhir nya sampai di satu titik, gue tinggal menaiki kurang lebih 800 anak tangga untuk sampai di Ulsanbawi Rock. Yang gue salut sama pengelola Seoraksan National Park ini adalah tingkat kenyamanan dan keamanan yang di berikan benar-benar maksimal kepada pengunjung Seoraksan National Park ini, contoh nya jalur tangga seperti di foto, benar-benar rapi dan terawat banget!

Masih bisa Senyum Lebar

Masih bisa Senyum Lebar

Ulsanbawi Rock sudah Terlihat di depan!

Ulsanbawi Rock sudah Terlihat di depan!

Setelah 1 jam pendakian dari Heundeulbawi dan menaiki kurang lebih 400 anak tangga, dari kejauhan sudah terlihat Ulsanbawi, hembusan angin kencang sangat terasa di titik ini yang bikin gue agak-agak takut juga untuk sekedar berfoto-foto, maklum gue orang nya kurus kerempeng, jadi takut ketiup angin kencang :wait:

Semakin naik ke atas, hembusan angin yang di rasakan semakin kencang yang buat gue semakin takut untuk berjalan di pinggir hahaha…. jadi nya gue selalu ambil jalan di tengah deh, terus slow but sure aja jalan nya daripada kenapa-kenapa di negara orang lain.

Ulsanbawi Rock dari Kejauhan

Ulsanbawi Rock dari Kejauhan

Ulsanbawi Rock - Keramaian Spot Kanan

Ulsanbawi Rock – Keramaian Spot Kanan

Dan akhir nya setelah sampai di spot foto Ulsanbawi Rock nya, ternyata ramai banget ama wisatawan lain, tempat foto nya sempit pula, ya udah lagi-lagi budaya antri pun di lakukan hanya demi narsis, untung gue ada teman foto, kebayang deh kalau mau pakai tongsis di tempat begini sempit, mana angin nya kencang banget jadi buat merinding!

Di Ulsanbawi Rock ini ada 2 spot, sebut saja kiri yang lebih rendah dan kanan yang lebih tinggi. Karena sudah dapat 1 foto di spot kanan, akhir nya gue pun beranjak ke spot kiri yang relatif sepi, background nya sih sama aja si Ulsanbawi Rock juga :sweating:

Hidup Narsis!

Hidup Narsis!

Spiderman Wannabe

Spiderman Wannabe

Karena di spot kiri ini relatif sepi, gue pun mengeluarkan si topeng untuk menambah tingkat kegantengan gue yang terbukti ampuh, bukti nya ada bule cewe foto-in gue ketika gue lagi gaya narsis, teman gue pun juga tidak kalah narsis dengan mengeluarkan gaya Spiderman Wannabe nya hahaha…

Setelah puas narsis ria di Ulsanbawi Rock ini, kemudian kita pun turun dengan menggunakan jalur yang sama. Jika perjalanan naik memakan waktu kurang lebih 3 jam, maka perjalanan turun relatif lebih cepat menjadi 2 jam karena tinggal melangkah turun tangga saja yang tidak terlalu menguras stamina.

Tumpukan Batu Kecil

Tumpukan Batu Kecil

Dalam perjalanan turun ini gue menemukan tumpukan batu yang awal nya buat gue bingung apa arti nya batu di tumpuk-tumpuk begitu. Setelah gue cari jawaban dengan googling, ternyata setiap batu yang berhasil di tumpuk ke atas itu ada harapan yang di minta buat diri sendiri atau orang yang di cintai, yang gue salut hebat juga tuh yang bisa nyusun batu yang paling kanan.

Untuk kembali ke Motel Rocustel yang bersebelahan dengan Halte Express Bus Terminal, kali ini gue menggunakan bus nomor 7 dengan tarif yang sama 1200 W / orang. Dan karena kita berdua dari pagi hanya sarapan roti saja, maka akhir nya kita berdua mampir ke Restoran Fast Food yang terletak persis di sebelah Express Bus Terminal. Disana gue membeli paket lengkap “Big Bulgogi Burger” seharga 6600 Won lalu istirahat sebentar agar kaki bisa lebih rileks sambil menentukan destinasi berikut nya mau kemana karena tujuan utama gue niat ke Sokcho hanyalah untuk ke Gunung Seoraksan saja.

Big Bulgogi Burger dan Tourist Information Sokcho

Big Bulgogi Burger dan Tourist Information Sokcho

Karena kebetulan ada Tourist Information di dekat Express Bus Terminal, jadi nya gue mampir kesana dulu untuk minta peta Sokcho dan bertanya seputar jam keberangkatan bus paling malam dari Sokcho ke Busan dan titik terminal keberangkatan nya ada di mana. Jangan ragu untuk datang ke Tourist information jika kalian ada pertanyaan nya, staff nya sangat welcome sekali loh :)

* * * * *

Sokcho Beach – Abai Village

Direction : Near Express Bus Terminal and Sokcho Beach

Setelah diskusi dan berpikir singkat dengan teman gue sehabis melihat peta yang di ambil di Tourist Information, akhir nya kita memutuskan mampir ke Sokcho Beach dan Abai Village yang letak nya cukup dekat dari Express Bus Terminal dan dapat di tempuh dengan berjalan kaki.

Suasana Sokcho Beach saat itu tidak ada pengunjung sama sekali, ya cukup wajar juga karena sedang musim gugur dan juga gue datang di waktu sore menjelang malam. Perjalanan kemudian di lanjutkan ke Abai Village yang berada di sebrang jembatan, oh ya untuk menuju ke bagian atas jembatan, di sediakan tangga bahkan lift juga ada loh!

Jembatan menuju Abai Village, Plang Penunjuk Jalan, Sokcho Beach, Teropong Gratisan

Jembatan menuju Abai Village, Plang Penunjuk Jalan, Sokcho Beach, Teropong Gratisan

Abai Village

Abai Village

Di atas jembatan gue dan teman gue yang norak melihat teropong besar berdiri tegak begitu saja, akhir nya iseng-iseng coba bermain sebentar dengan teropong tersebut. Jarak pandang nya jauh banget loh kira-kira ada sekitar 4 km ( ya iya lah nama nya juga teropong, duh! ).

Abai Village (아바이 마을) adalah sebuah desa kecil pengungsi Korea Utara yang terletak di Kecamatan Cheong-Ho, Sokcho Kota, Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Penduduk desa utama nya terdiri dari warga negara yang awalnya berasal dari Provinsi Hamgyeong di Korea Utara yang kabur ke Korea selatan selama Perang Korea. Tempat ini menjadi terkenal di Sokcho karena pernah menjadi tempat syuting film “Autumn in My Heart” yang film nya release di Korea Selatan tahun 2000-an, gue sendiri tidak tau ini film karena masih SD, tapi kalau pemain utama nya si Won Bin sama Song Hye Kyo sih tau banget dong…

Di Abai Village ini suasana nya sepi banget oleh pengunjung, dominan di isi oleh rumah makan, karena tidak melihat ada yang menarik di sini, jadi kami pun langsung balik kembali ke Motel Rocustel untuk mengambil tas dan koper lalu menuju Terminal Intercity Sokcho yang dapat di akses dengan menggunakan Bus Nomor 3 dengan tarif 1200 W / orang.

Sesampai Terminal Intercity lalu membeli tiket jurusan Sokcho – Busan tipe Night Deluxe seharga 46000 W untuk keberangkatan jam 22.40, karena masih ada waktu 2 jam lagi sebelum keberangkatan bus dan daripada mati gaya cuma duduk di dalam terminal bus, akhir nya jalan-jalan sekitar Rodeo Street dan mencari makan malam porsi berat. Di Sokcho ini makanan yang di jual semua nya berjenis seafood, ya mungkin faktor dekat laut juga, gue sendiri dalam pencarian makan malam di Sokcho ketika itu sangat selektif dalam memilih harga dengan mengintip dari kejauhan list harga yang di tawarkan, maklum takut kena harga yang menguras kantong.

Rodeo Street - Sokcho

Rodeo Street – Sokcho

Seafood Sokcho - 13000 Won

Seafood Sokcho – 13000 Won

Akhir nya sampai di satu rumah makan yang harga nya ‘cukup’ bersahabat untuk porsi berat, pemilik nya ramah juga dan bisa berbicara bahasa inggris sedikit untuk sekedar menanyakan asal lokasi kita berdua. Dan akibat sekedar berbicara basa basi itu, eh di kasih free drink 2 botol pepsi haha.. Total akhir nya makan di sana adalah 13000 Won, perut kenyang hati senang, dan gue pun sudah siap menempuh perjalanan panjang dari Sokcho ke Busan.

Jadwal Perjalanan, Suasana Ruang Tunggu di Dalam Terminal, Tiket Bus, Reclining Seat dalam Bus

Jadwal Perjalanan, Suasana Ruang Tunggu di Dalam Terminal, Tiket Bus, Reclining Seat dalam Bus

Hello Busan, i’m coming! :senang:

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya ( 1 Won = Rp 11,8 )
1. Perbekalan Pagi untuk Hiking ( Roti + Yogurt ) 3.000 Won
2. Bus Nomor 7 atau 7-1 ke Gunung Seoraksan ( Pulang Pergi ) 2.400 Won
3. Tiket Masuk Kawasan Gunung Seoraksan 3.500 Won
3. Makan Siang Big Bulgogi Burger 6.600 Won
4. Bus Nomor 3 ( Express Bus Terminal ke Intercity Bus Terminal ) 1.200 Won
5. Makan Malam ( Seafood BBQ + Nasi ) 13.000 Won
6. Bus Antar Kota ( Sokcho ke Busan ) – Night Deluxe 46.000 Won
Total 75.700 Won = Rp 900.000

35 thoughts on “Hari 9 : Sokcho ( Mt Seoraksan, Abai Village, Sokcho Beach )

  1. Deska

    Wah blog ini membantu banget.. TOP buat ko frenky.. aku tgl 10-18 Feb 2017 ini k korea ko, pusing banget bikin itinerary nya.. tp terbantu dengan adanya tulisan ko2. Aku hk prefer ke busan, memang disana bagus ya ko? Yang aku mao tanya bisa gak ya dr pyeonchang alpensia langsung ke sokcho?

    Reply
    • Frenky Post author

      Busan bagus sih, ada beberapa objek wisata disana yang worth it banget buat di kunjungi.

      Dari Pyeongchang Alpensia ke Sokcho harus ke kota Gangneung dulu, lalu dari terminal bus disana, baru transfer ke kota Sokcho

      Reply
  2. Syora

    Hi Ko Frenky…
    Senangnya nemu blog ini..

    Aku rencana ke Korea awal feb ini. Tgl 7-11 ikut travel agent, lalu extend mandiri 2hr

    Rencana mau ke sokcho di tgl 12nya, ke seorak, sokcho beach, abai village dan explore skitaran sokcho.
    Trus tgl 13nya ke nami dan explore seoul.

    Tau ga Ko, bis paling malam dari Sokcho ke Seoul itu jam brp ya?

    Advicenya nginep di Sokcho semalem atau PP Ko?

    Thanks bfore yaa

    Oiya kalo boleh, minta kontaknya Ko, Line atau WA biar klo ada apa2 boleh nanya2 lg 😊🙏

    Reply
  3. priscilla

    ko kan ak mau pergi ke korea nih dengan tujuan yg sama kayak koko yaitu seoul-sokcho-busan
    perginya kisaran awal feb atau pertengahan feb 2017 tapi skrg belom nemu pesawat ama penginapan ko , kira2 cukup ga ya ko kalo dr skrg nyari tiket dan penginapan buat tgl segitu perginya? ber4 sih ko perginya sekeluarga dan rencana perginya 7 hari 6 malam
    pengennya di hari ke 2 dan 3 bisa ke sokcho dan busan ko
    nah nanti hari ke 4-7 mau stay kota seoul aja berhubung ini pergi bareng ortu apalagi mama ga kuat2 bgt jalan kyak ke mount sorak gtu ko
    nah menurut ko frenk kalo 2 hari buat sokcho busan bsa ga ya ko? soalnya d sokcho cuman mau ke mount sorak dan di busan mgkn cuman ke busan international film festival sma ke haendaeu market
    dan apakah di kota sokcho ama busan harus nginep? bisa ga ko dr seoul pagi2 langsung ke sokcho buat ke mount sorak trus langsung jalan ke busan sore atau malamnya jd cukup nginep di busan aja ko, kira2 bisa ga ya ko kayak gtu

    oiya koko ada rekomen tempat beli oleh2 murah ga d kota seoul ga ?
    thanks before ya ko , blognya ngebantu banget buat yang mau backpakeran nih , really helpful

    Reply
    • Frenky Post author

      perginya kisaran awal feb atau pertengahan feb 2017 tapi skrg belom nemu pesawat ama penginapan ko , kira2 cukup ga ya ko kalo dr skrg nyari tiket dan penginapan buat tgl segitu perginya?
      >> Apply Visa Korea nya dulu aja lebih baik, kalau udah approve baru urus tiket + penginapan nya

      nah menurut ko frenk kalo 2 hari buat sokcho busan bsa ga ya ko?
      >> Bisa aja sih, tapi pasti cape banget

      dan apakah di kota sokcho ama busan harus nginep? bisa ga ko dr seoul pagi2 langsung ke sokcho buat ke mount sorak trus langsung jalan ke busan sore atau malamnya jd cukup nginep di busan aja ko, kira2 bisa ga ya ko kayak gtu
      >> Busan sih harus nginep ya at least 1 malam. Bisa aja “seoul pagi2 langsung ke sokcho buat ke mount sorak trus langsung jalan ke busan sore atau malamnya” kalau mau mah, cuma ya ntar resiko mgkin mandi ny ga tau dimana hari itu. Soalnya nyampe busan nya pasti pagi dini hari.

      oiya koko ada rekomen tempat beli oleh2 murah ga d kota seoul ga ?
      >> kalau murah kaga tau ya, kalau beli oleh2 biasa ny di insadong, myeongdong, dongdaemun, namdaemun

      Reply
  4. indri

    haloo mas. kalo dibandingkan antara seorak dan bukhansan, lebih aman dan mudah mana ya rutenya? kalo dari view nya lebih worth it mana ya? trims yaa

    Reply
  5. Lili ong

    Ko, blognya keren banget.. Enjoy banget w bacanya.. w rencana travel ke korsel musim gugur 2017 ini.. :senang: Jadi pengen tanya tanya seputaran pengalaman ke koreanya.. Bole minta id LINE nya gak? Hihihi..

    Reply
  6. Septriza Berlian Nadia

    Halo Ka. Saya mau tanya.
    Oktober ini saya mau ke Korea tapi bingung mau bikin itinerary karena tiba di Koreanya di Bandara Incheon tanggal 3 Oktober.
    Rencana mau ke Nami Island di Hari kedua yaitu tanggal 4 Oktober lalu lanjut ke Mt. Sorak. Tapi banyak yang bilang enaknya ke Mt. Sorak dulu baru Nami Island.

    Lalu, kalau dari Seoul tau gak ya Ka pakai transportasi apa menuju Mt. Sorak? Apa dari Seoul harus ke Busan dulu atau bagaimana?
    Lalu menurut Ka Frengky enakan Seoul – Mt. Sorak – Nami Island atau Seoul – Nami Island – Mt. Sorak?
    Saya udah cari-cari di google gak nemu jawabannya :(

    Terima kasih ya Frenkey Oppa ^^

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Berlian,

      Kalau dalam one day trip mau ke Nami Island dan Mt Seorak jelas tidak memungkinkan ya. Butuh dua hari untuk kedua tempat ini karena memang arah perjalanan nya berbeda.

      Dari Seoul mau ke Mt Seorak, the best transportation pasti nya menggunakan bus. Cari arah ke Express Bus Terminal Seoul ( satu tempat dengan stasiun subway dengan nama yang sama ), lalu beli tiket bus ke kota Sokcho, nanti begitu sudah sampai di Express Bus Terminal Sokcho, tinggal nyebrang jalan cari bus nomor 7 atau 7-1 ke arah Mt Seoraksan, tempat ini merupakan titik akhir.

      Kalau mau ke Nami Island itu the best transportation nya menggunakan ITX biar cepat sampai ke Gapyeong Station. Untuk start station naik ITX nya, itu tergantung letak penginapan kamu di Seoul. Kalau ke Nami Island itu bagus nya pagi-pagi ya.

      Reply
      • Septriza Berlian Nadia

        Fast respon sekali Frengkey Oppa ^^

        Makasih ya untuk masukkannya.
        Iya memang butuh 2 hari sih. Klo di Mt. Soraknya sendiri ada penginapan gak ya ka kira2? Terus kk kan infonya ke Nami dari Seoul klo saya dari Mt. Sorak ke Nami ada bus gak ya ka kira2?

        Rencananya juga dari Nami saya mau langsung ke Busan. Lebih oke gak tuh ka dari Nami – Busan atau pulang dulu ke Seoul baru Busan?

        Maaf ya ka banyak nanya2 hehe soalnya takut salah pas disana biar bisa diprepare ^^

        Reply
        • Frenky Post author

          Di Mt Seorak waktu sepengamatan saya sih kaga ada penginapan ya, lagipula letak nya dengan pusat kota Sokcho sih.

          Engga bakal ada bus direct dari Mt Seorak ke Nami Island karena itu letak nya benar-benar berbeda. Paling umum itu ya harus balik ke Kota Seoul lagi.

          Seoul ( Express Bus Terminal ) – Sokcho ( Mt Seorak ) – Seoul ( Kereta ITX ) – Gapyeong Station ( Nami Island ). Kira2 begitu rute nya.

          Kalau dari Nami mau Ke Busan, tetap harus dari Seoul dulu. Seoul ke Busan bisa naik kereta cepat KTX atau Bus, tinggal sesuaikan budget saja.

          Reply
  7. pija

    hai…saya ingin bertanya cara untuk beli tiket bas (overnite bus) dari sokcho ke busan macam mana yer?

    Reply
  8. Ely Prasetiyawati

    Hi Frenkey,

    Ajib, saya bacanya serasa sudah disana heheehehe …. Mohon info dong perihal perjalanan ke Mt. Seorak. Kalo saya baca dirimu tidak naik cable car yah atau saya yang kelewat bacanya heheheh… Jika berkenan mohon info dong perihal cable car tersebut. Rencana Insya Allah 11-20 Nop 2016 saya mau ikut jejakmu.

    Terima kasih atas infonya.

    Salam,

    Ely

    Reply
  9. Shima

    Hi Franky, aku mau ke Korea bulan Oktober tahun ini. Biasalah sebagai pecinta Kpop dan semua hal yang berbau Korea, agak ambisius nih agenda tripnya. Salah satunya ke Sorak Mt, tapi PP? Menurut kamu yang sebelumnya uda pernah kesana, apakah mungkin melakukan perjalan ke Sorak dalam waktu satu hari dengan bus dan bukan mobil? Kalau untuk kegiatan di Sorak sendiri, memang tidak terlalu banyak hiking/trekking. Kita cuma ingin melihat musim gugur dan menikmati alamnya sehingga spotnya yang deket-deket saja seperti Temple dan seputarnya.

    Mohon advicenyaa. Terima kasih! :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Shima,

      Mungkin banget PP ASAL berangkat nya pagi banget dari Seoul, mungkin jam7 pagi udah berangkat dari stasiun bus ya via Express Bus Terminal di Seoul. Nanti kalau udah sampai di Express Terminal Sokcho nya, tinggal nyebrang jalan, cari halte dan bus nomor 7 atau 7-1 ke arah Mt Sorak.

      Kalau engga mau trekking, alternatif naik Cable Car aja, sayang kalau engga naik ke atas sih kalau menurut gw. FYI, Seoul – Sokcho one way nya sekitar 2jam perjalanan, jadi ya di kira-kira aja jam pulang Sokcho ke Seoul nya biar engga kemalaman ya :)

      Reply
      • Shima

        Hi Franky, terima kasih sarannya. Aku akhirnya sewa mobil untuk one day trip Seoul-Sorak-Seoul.
        Semoga indah yaa pemandangannya, deg-degan!

        Reply
        • Yuka

          Hi Shima,

          Boleh kasih referensi sewa mobilnya? Kamu dikasih harga berapa? Pakai supir?

          Kalau sewa tanpa supir tuh ga bisa ya? SIM international yg di issued di Indo di terima ga sih disana? Aku juga pengennya sewa mobil aja sama temen2.

          Reply
    • EDA

      Hei Shima, kebetulan aku pertengahan oktober ini juga mo ke Seoul, 20-31 oktober. Belum bikin itinerary juga ini… jika tanggalnya berdekatan, trip bareng yuuk..:)

      Reply
      • Shima

        Hi Eda, huhuhu… Aku malah ke Seoul awal oktober, 19 okt uda pulang. Sayang banget ya, kalau gak seru kalau ada temen jalan bareng :(

        Reply
  10. Mila

    Mau tanya Dari sokcho ke busan brp lama perjalanan naik bus? Kalo sya plan seoul – mt soerak – busan sdh benr yah..ke busan dari mt soerak dgn bus malam apakah aman?
    Mhn infonya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mila,

      Kurang lebih 7 jam perjalanan ya, dan di tiap kota yang di lalui bus nya dari Sokcho ke Busan, bus nya akan berhenti sekali untuk mengangkut penumpang, sayang nya bus Sokcho ke Busan yang tersedia hanya yang tipe Intercity ya.

      Aman ya, engga bakal ada yang ganggu privasi anda, semua penumpang umum nya tidur karena kan jam perjalanan nya jam tidur.

      Reply
  11. Laura Natalia

    Hi, ko.. aku mau tnya.. ke Sokcho (Mt Seoraksan, Abai Village, Sokcho Beach) ini harus menginap ga? Atau bisa didatengin satu harian? Thank you :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Laura,

      Engga harus sih, bisa aja datang pagi banget dari Seoul ke Sokcho naik bus terus pulang lagi malam nya :)

      Reply
  12. agnes

    Hi frenky,.. mohon pencerahannya dong,.. klo rute tripnya nami island-sokcho (mt. Seorak) – busan, udh benar ga yah? Mksudnya apakah sdh efisien? Lalu klo dr nami island ke sokcho naik bis dr mana ke mana ya? Makasi sebelumnya ya utk jawabannya :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Agnes,

      Kalau secara rute sih sudah benar dan efisien karena tidak bolak-balik, tinggal masalah transport saja berarti pilihan nya hanya ada bus saja untuk pindah ke antar kota Seoul -> Sokcho -> Busan.

      Kalau dari Nami Island ke Sokcho berarti cari dulu rute dari Nami Island nya ke Terminal Bus nya di Seoul yang ada dua yaitu Dong Seoul ( Intercity Bus Terminal ) atau Express Bus Terminal. Nah beda nya kalau di Sokcho nya mau turun di Intercity Bus Terminal ya berarti pilih nya Terminal Dong Seoul, kalau mau turun nya di Express Bus Terminal ( Sokcho ) berarti pilih nya Express Bus Terminal Seoul, jadi ya di sesuaikan aja ya ;)

      Reply
  13. Fay

    Bener2 membantu nih blog nya… Ditunggu posting selanjutnya ya… Can’t wait for Busan review…

    Reply
    • Frenky Post author

      Thank you sudah mampir, di tunggu saja ya posting berikut nya tentang Busan :) :bye:

      Reply
  14. Ve

    Asli ini blog ngebantu banget buat yg pengen trip ke Korsel. Jadi gak buta-buta banget deh, lengkap pake itinerary. Kereeen kereen.
    Ditunggu postingan hari ke 10 nya, Kak..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Ve,

      Thank you yah pujian nya haha.. jadi tambah semangat buat menulis hari-hari selanjut nya :)

      Di tunggu saja ya postingan hari berikut nya :bye:

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: