Snorkeling di Pulau Kambing dan Pulau Liukang, Tanjung Bira

Di hari kedua (24 Maret 2013) di Tanjung Bira ini, agenda utama kami adalah melakukan snorkeling di sekitar pulau lain yang berada tidak jauh di Tanjung Bira. Tidak lengkap rasa nya apabila sudah jauh-jauh datang dari Makassar bahkan Jakarta (seperti saya) tapi tidak mencicipi keindahan bawah laut di sekitar Tanjung Bira ini.

Untuk menuju spot utama untuk snorkeling atau diving di Tanjung Bira ini, kita harus menyebrang terlebih dulu menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang yang letak nya tidak terlalu jauh dari Pantai Bira. Saya bisa katakan tidak terlihat jauh karena dengan ‘mata telanjang’ saja, saya bisa melihat dengan jelas Pulau Kambing dan Pulau Liukang di sebrang sana, tapi bukan berarti dengan berenang apalagi ngesot bisa sampai ya…

Kapal untuk menuju tempat Snorkeling di Tanjung Bira

Untuk menyebrang ke Pulau Kambing dan Pulau Liukang ini tidak repot, cukup datang ke Pantai Bira dan pasti anda akan melihat kapal-kapal (seperti di gambar) yang sedang bersantai menunggu calon penumpang yang akan menaiki nya. Sekarang tinggal pintar-pintar anda saja untuk bernegosiasi dengan si pemilik kapal. Kami sendiri waktu itu mendapat harga 300 ribu rupiah untuk bisa snorkeling di Pulau Kambing dan Pulau Liukang sudah termasuk meminjam alat snorkelingnya lengkap. Buat info saja harga buka nya waktu itu 400 ribu rupiah, dan ada baca blog-blog lain ada juga yang bisa dapat 250 ribu rupiah tuh, jadi pintar-pintar anda saja untuk negosiasi :D

Snorkeling di Pulau Kambing – Tanjung Bira

Pulau Kambing – Tanjung Bira

Perjalanan pertama kami adalah menuju Pulau Kambing yang berada di arah jam 9 dari Tanjung Bira. Cuaca saat itu begitu cerah, angin berhembus kencang, sesekali ombak menghempaskan kapal kami tapi kami tidak khawatir karena ketinggian ombak nya masih normal. 30 menit lama nya hingga akhirnya kami tepat berada di sekitar Pulau Kambing. Saya hingga sekarang sejujurnya masih penasaran kenapa Pulau ini di namakan Pulau Kambing! Mau di liat dari arah manapun sambil berdiri atau kayang, bentuk pulau nya tidak menyerupai kambing selain itu juga tidak terlihat apalagi terdengar sama sekali ada nya suara kambing mbekkk… mbekk………

Bening nya Air di Sekitar Pulau Kambing – Tanjung Bira

Snorkeling di Pulau Kambing ini, di jamin anda akan takjub oleh keindahan bawah laut nya. Selain ikan, jika beruntung maka anda akan melihat penyu loh, haha.. Sayang karena saya tidak punya kamera underwater jadi tidak bisa mendokumentasi kan nya :(  Tapi kebetulan saya ada ketemu gambar penyu yang serupa dengan apa yang saya lihat waktu itu, penyu nya serupa tapi tidak sama pasti nya :P Oh ya di Pulau Kambing ini ombak nya cukup lumayan dan saya jadi korban nya secara tidak langsung! Akibat terombang ambing akibat ombak, saya jadi terkena efek mabuk laut yang berakibat harus mengakhiri acara snorkeling saya di sini :crying:

Penyu di Pulau Kambing
Credit to : mybusybrain.wordpress.com

Keindahan Bawah Laut Pulau Kambing
Credit to : mybusybrain.wordpress.com

Destinasi spot snorkeling berikut nya adalah Pulau Liukang yang letak nya tidak begitu jauh dari Pulau Kambing. Mendengar kata Liukang, saya jadi teringat dengan salah satu karakter yang ada di Tekken, mungkin saja asal nama Pulau Liukang ini terinspirasi dari sana haha.. Di Pulau Liukang ini saya tidak melakukan snorkeling akibat masih terkena efek mabuk laut :( sehingga saya cuma mengamati teman saya saja sambil berfoto-foto. Ketika saya sedang tidur-tiduran menahan ‘makanan’ yang ada di leher agar tidak sampai keluar dari mulut, tiba-tiba teman saya berteriak dari kejauhan ada melihat si ‘Patrick’ – Spongebob :star:

Spot Snorkeling Sekitar Pulau Liukang – Tanjung Bira

Teman Saya Sedang SunBath :)

Saya tiba-tiba jadi excited ingin sekedar melihat seperti apa bentuk si ‘Patrick’. Beruntung teman saya cukup jago menyelam untuk mengangkat ‘Patrick’ dari dasar dan kemudian mengantarkan ke saya di kapal. Pada awal nya saya pikir si ‘Patrick’ ini pasti lembut atau kenyal seperti spon, ternyata pikiran saya salah, begitu memegang si ‘Patrick’ ternyata keras dan padat seperti batang pohon. Karena sudah tau bentuk dan rupa si ‘Patrick’ ini, kemudian saya lepas kembali ke dasar laut :)

Hello ‘Patrick’

Selain si ‘Patrick’, saya juga baru pertama kali melihat mahluk yang bernama Teripang. Berbeda dari si ‘Patrick’, teripang ini mempunyai bentuk yang kenyal dan licin. Dari atas kapal, saya melihat lumayan banyak teripang yang di peroleh oleh si pemilik kapal yang dari tadi berenang layak nya ikan lumba-lumba. Terbayang oleh saya pasti si pemilik kapal ini sudah level ‘Expert’ untuk berenang, karena bisa mengambil teripang dalam jumlah lumayan ini haha, bahkan sampai ada ikan di tangkap dengan tangan kosong, saya sampai bingung gimana cara nangkap nya yahhh….. :confused:

Teripang yang di ambil oleh si Pemilik Kapal

Total kira-kira 4 jam kami habiskan untuk acara snorkeling di Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Menurut saya, wisata snorkeling atau diving disini WAJIB jika berkunjung pertama kali nya ke Tanjung Bira, so buruan datang ke sini, buktikan sendiri keindahan bawah laut nya dengan mata kepala anda :cheer:

Salam Teripang!

We Are Born to Be Free

 

22 thoughts on “Snorkeling di Pulau Kambing dan Pulau Liukang, Tanjung Bira

  1. Arman bala

    Saya punya perahu bisa di sewa untuk snorkeling kalau ada yg minat hubungi saya di no hp 08121341049 terimakasi

    Reply
  2. Shari Sheren

    Aaah gue bagian yang kurang beruntung snorkling disini…sumpaaah zonk banget, udah kang kapalnya matre banget, mana pas musim libur pula…

    Mungkin belum beruntung yak..

    Nice info Frenkey… :info:

    Reply
    • Frenky Post author

      Haha ya kalau musim liburan gini, jangan terlalu ekspetasi bisa menikmati tempat wisata nya. Mungkin next trip bisa nyobain derawan atau raja ampat yang masi belum terlalu rame banget tempat wisata nya :senang:

      Reply
  3. Frenky Post author

    Hi askolani,

    Untuk sewa kapal langsung on the spot aja karena jasa penyewaan kapal nya banyak.

    Tapi dapat info dari yang komen di atas yang nama nya Sherly, per oktober 2013 yang lalu dia sewa kapal nya di kasih harga awal nya 600 ribu per 2 pulau di atas karena faktor BBM naik, tinggal nego aja semaksimal nya ya nanti ;)

    Kalau masalah berombak tergantung cuaca nya nih, tapi kalau di bawah jam 11pagi mungkin masih tenang kalau cuaca nya tidak hujan ya.

    Happy Holiday :bye:

    Reply
  4. askolani

    hi frenky,
    terima kasih infonya, sangat bermanfaat.
    :good:

    Ada contact person untuk sewa kapanya tidak? Atau disana banyak ya?

    Satu lagi, saya rencana minggu depan mau kesana..untuk snorkeling di pagi hari mungkin tidak terlalu berombak kali ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Liliy,

      Selama saya di sana sih kondisi nya aman-aman saja, warga sekitar nya juga ramah-ramah kalau mau bertanya.

      Kalau di hitung hanya penginapan dan makan saja, sekitar 120 ribu per hari nya.

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi Sherly,

      Waktu itu 300 ribu untuk 2 pulau Liukang dan Kambing tapi ada 3 spot untuk snorkeling nya. Tapi untuk yang pulau kita tidak sampai turun kapal ya karena memang tidak berminat mampir jadi cuma sebatas snorkeling di sekitar pulau nya saja :)

      Reply
  5. ECHA

    bang, klo dr bandara ke tanjung bira itu naik apa? apakah ada taxi atau memang abang memakai jasa travel?
    lalu kira” brp jam dr tanjung bira ke bandara?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Echa, sebenar nya sih saya ke Tj Bira nya menggunakan motor karena kebetulan ada kenalan di Makassar.

      Tapi jika mau menggunakan angkutan umum, mungkin info ini bisa membantu.
      – Dari bandara cari shuttle bus (Gratis) untuk turun ke gerbang depan bandara, jangan jalan kaki jauh :D
      – Dari gerbang depan bandara, cari ojek / taksi tujuan Terminal Malengkeri, biaya sekitar 70-100rb
      – Dari Terminal Malengkeri cari angkutan langsung ke Tanjung Bira atau jika susah di dapat alternatif nya ke Terminal Bulukumba dulu baru lanjut ke Tanjung Bira.

      Overall perjalanan sekitar 5-7an tergantung seberapa lama kamu dapet angkutan nya, soal nya harus nunggu penuh dulu.

      Saran saya cari teman orang Makassar asli yang bisa jadi guider kamu selama disana biar irit :bye:

      Reply
  6. Marthin

    :hi:
    Kalau boleh tau,
    pas di ke Tanjung Bira, nginap brp malam?
    biaya sewa kapal brapaan ya?
    trus kalau diving ada agensi or tentor ada ga ya n biaya kira2 brpaan?

    Makasih kalau dibales..
    minggu depan rencana mau kesana bareng temen2.. :wow:

    Reply
  7. uchi

    ihh sumpah kerenn ternyata sulawesi….
    hmmm
    menurut km, klo taon baruan bakalan tetep asik gag yaa cuacanya dsnaa??

    Reply
    • Frenky Post author

      Iya keren dong sekeren gue haha..

      Kalau tahun baruan gitu kan biasa nya hujan dan ombak nya lagi kencang-kencang nya ya, jadi gue rasa kurang bagus cuaca nya, tapi mungkin banyak acara kembang api ya :D

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: