Hari 2 : Senang sekaligus Sebel Pergi ke Kawaguchiko Lake

Suara “Selamat Datang” yang berulang-ulang di sekitar tempat tidur gue di Bandara Haneda ( Tokyo ) sukses membuat gue benar-benar setengah sadar antara tidur atau halusinasi semata seolah-olah sudah tidur padahal belum tidur?! Bingung?! sama gue juga bingung saat itu! :lonely:

Yang pasti ini menjadi pengalaman ketiga kali nya gagal tidur di bandara setelah percobaan pertama di Bandara LCCT di Kuala Lumpur dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar. Tapi apakah gue menjadi kapok tidur di bandara lagi setelah kejadian ini? Oh tentu tidak, jika next trip nanti ada itinerary tidur di bandara, gue jabanin! :keren:

Tersadar waktu saat itu sudah menunjukkan pukul 04.00 Waktu Jepang ( Sama seperti Korea Selatan, Jepang dan Jakarta beda 2 jam, Jepang jam 04.00, Jakarta jam 02.00 ), gue pun bergegas membawa perlengkapan mandi beserta handuk ke toilet yang terletak di dekat tempat tidur gue. Sebenar nya gue mau mandi, cuma karena nemu nya toilet ( bukan kamar mandi ) ya udah deh akhir nya cuma gosok gigi, cuci muka, nyampo maksa ala gue di wastafel, selesai! Gue pun jadi wangi dan segar kembali seperti semula :sweating:

Itinerary Tokyo ke Kawaguchiko (26 Juni 2015) SelectShow

* * * * *

TOKYO SUBWAY PASS TICKET

Harga : 1 Hari – 800 Yen, 2 Hari – 1200 Yen, 3 Hari – 1500 Yen

Jalur Subway : Hanya berlaku di jalur subway Toei dan Tokyo Metro

Info Lengkap : Tokyo Metro Japan

Tokyo Subway Pass Ticket

Tokyo Subway Pass Ticket

Tokyo Subway Pass ini wajib punya kalau hanya berencana keliling seharian di Tokyo dan ini hanya bisa di beli oleh foreign tourist yang sedang berkunjung ke Tokyo, ketika membeli Tokyo Subway Pass ini akan di di minta passport anda untuk di cek. Waktu itu gue membeli Tokyo Subway Pass ini di Counter Information Bandara Haneda yang lokasi nya dekat dengan gate buat menuju Keikyu Line. Seingat gue jam kerja Counter Information nya dari jam 06.00 – 01.00 ( lupa foto Counter nya ), tapi yang pasti gue beli waktu itu sekitaran jam 23.30 dan waktu gue mau masuk ke gate Keikyu Line sekitaran jam 05.00, Counter Information belum buka :info:

Tokyo Subway Google Maps

Tokyo Subway Google Maps

Untuk menggunakan Tokyo Subway Pass ini perlu di INGAT baik-baik bahwa hanya bisa digunakan di jalur Toei dan Tokyo Metro ( arti nya jalur JR dan lain nya selain Toei dan Tokyo Metro tidak bisa di pakai ). Jika anda kebetulan punya akses internet, bisa coba pakai aplikasi google maps, lalu pilih lah jalur yang hanya ada bulatan di huruf nya, nah jamin 100% itu jalur valid dipakai dengan Tokyo Subway Pass. Pada gambar google maps di atas jalur yang gue kasih kotak merah adalah jalur tidak valid dengan Tokyo Subway Pass karena jalur JR dan jalur lain nya.

* * * * *

 AIRPORT HANEDA KE SHINAGAWA STATION

Tepat pukul 05.00 gue akhir nya memulai lembaran baru petualangan di Tokyo dan rencana awal adalah untuk menuju penginapan Khaosan Tokyo Laboratory yang berada di sekitaran Asakusa Station yang sudah di pesan online sebelum nya melalui website booking.com

Harga Tiket Keikyu Line di Bandara Haneda

Harga Tiket Keikyu Line di Bandara Haneda

Dari Bandara Haneda ke Asakusa Station sangat mudah, cukup beli tiket kereta Keikyu Line + tiket transit Subway Toei Line total 620 Yen tujuan Imbanihon-Idai Station sebenar nya sudah bisa langsung sampai ke Asakusa Station. Tetapi untuk kasus gue karena sudah beli Tokyo Subway Pass, jadi gue cukup membeli tiket Keikyu Line ke Sengakuji Station ( via Shinagawa Station ) seharga 410 Yen lalu nanti di Sengakuji Station tinggal pakai Tokyo Subway Pass ke Asakusa Station nya deh.

Bingung?! Sama gue juga bingung awal nya ketika udah di sana, tetapi untung insting traveller gue berjalan dengan baik saat itu jadi semua berjalan lancar :keren:

Untuk tutorial membeli tiket kereta Keikyu Line bisa di lihat di link ini ya, Tutorial Beli Tiket Keikyu Line

Hello, Haneda Airport!

Hello, Haneda Airport!

Info Waktu Kedatangan Kereta di Bandara Haneda

Info Waktu Kedatangan Kereta di Bandara Haneda

Setelah sukses beli tiket kereta pertama kali nya di Jepang, kemudian gue menuju peron kereta dan melakukan ritual foto narsis pertama kali di signboard Bandara Haneda sambil nunggu kereta nya datang hahaha…

Oh ya ketepatan waktu kereta di Jepang benar-benar tepat banget loh dengan timetable yang tersedia, jadi ya siap-siap aja kalau lagi jam-jam kerja bakalan banyak liat Cowo Jepang lari-larian menggunakan jas bahkan Cewe juga ada buat mengejar kereta di lantai lain. Kalau udah gitu lebih baik mending diam sebentar di pojokan nunggu arus massa kereta nya sudah agak tenang :D

Untung lah saat itu kereta Keikyu ke arah Shinagawa tidak ramai, fiuh, jadi bisa tidur sejenak hingga sampai Shinagawa Station, lama perjalanan kira-kira 22 menit.

Suasana dalam Kereta Keikyu menuju Shinagawa

Suasana dalam Kereta Keikyu menuju Shinagawa

* * * * *

PERJUANGAN MENCARI PENGINAPAN KHAOSAN TOKYO LABORATORY

Ketika sudah sampai di Shinagawa Station, gue awal nya berpikir Sengakuji Station terletak di Shinagawa Station, hanya beda lantai atau perlu jalan kaki sedikit keluar dari Shinagawa Station. Maka dengan bermodal nebak-nebak buah manggis, gue dan rombongan pun keluar dari kereta di Shinagawa Station. Saat itu suasana di Shinagawa Station rame luar biasa, dalam kondisi kebingungan di tambah suasana ramai saat itu, mau nanya petugas di sana juga engga berani karena sedang terlihat sibuk bertugas, akhir nya coba cari petunjuk rute kereta di layar monitor sama di tembok dan Gotcha! Ternyata Sengakuji Station terletak beda 1 station dari Shinagawa Station.

Menunggu sebentar kedatangan kereta yang menuju Sengakuji Station, dan ternyata kondisi nya ramai pake banget, tapi untung cuma 1 Station aja, jadi paksa masuk deh daripada nunggu lagi kereta berikut nya. Nah sesampai di Sengakuji Station, di sini terjadi kebingungan lagi bagaimana cara mengaktifkan Tokyo Subway Pass nya untuk menuju Asakusa Station dari Sengakuji Station. Bingung nya karena posisi kita saat itu sudah melewati gerbang subway tetapi secara kondisi masih menggunakan Tiket Keikyu Line, gue takut bermasalah sesampainya di gate Asakusa Station. Akhir nya coba tanya petugas loket disana dengan kasih liat Tokyo Subway Pass campur bahasa Inggris dan bahasa tubuh, dan akhir nya dapat jawaban memuaskan bahwa gue cukup keluar gerbang subway di Sengakuji Station menggunakan Tiket Keikyu Line dan masuk kembali menggunakan Tokyo Subway Pass, yes Arigatou Mister buat bantuan nya! :good:

Kaminari-mon Asakusa - Tokyo

Kaminari-mon Asakusa – Tokyo

Singkat cerita, sesampai di Asakusa Station, gue kesulitan menemukan letak “Khaosan Tokyo Laboratory” karena saat itu gue belum memegang Pocket WiFi Internet jadi cari letak Hostel ini ya manual deh ngikutin petunjuk yang sudah di catat sebelum nya. Patokan nya adalah “Kaminari-Mon” ( Gerbang Merah Besar dengan Lentera Jepang ), Family Mart dan Kantor Polisi. Untuk menemukan Kaminari-Mon nya sangat mudah karena dari jauh sudah terlihat mencolok, petunjuk berikut nya mencari Family Mart yang ternyata sangat membingungkan karena ternyata Family Mart di area Asakusa ini banyak banget, gue pikir awal nya cuma ada 1 Family Mart :silence:

Tapi untung mata teman gue cukup jeli juga seperti gue, jadi ketemu lah Family Mart dengan warna hijau putih nya yang khas dari kejauhan yang sebelah nya terdapat kantor polisi. Tidak jauh dari Family Mart tersebut terlihat signboard Khaosan Tokyo Laboratory, dan berjalan kegirangan lah kita menuju hostel tersebut. Karena saat itu terburu-buru untuk menuju destinasi utama ke Kawaguchiko Lake, tidak banyak yang kita lakukan di hostel saat itu, hanya untuk sekedar check in dan titip tas, terus langsung gerak cepat lagi deh :sweating:

Sign Board Khaosan Tokyo Laboratory

Sign Board Khaosan Tokyo Laboratory

* * * * *

( HAMPIR ) KETINGGALAN BUS KE KAWAGUCHIKO LAKE

Info Timetable dan Harga ke Kawaguchiko Lake : Fujikyu Bus Website

Dari Hostel Khaosan Tokyo Laboratory, tujuan berikut nya adalah menuju Shinjuku Station dengan tujuan utama nya adalah Kawaguchiko Lake. Di tengah perjalanan karena lapar berat, mampir dulu ke Family Mart beli satu kotak curry rice dan satu kaleng soda mangga Suntory total 550 Yen ( cukup murah harga nya ), gue sering banget liat merk Suntory ini kalau nonton film dorama Jepang, akhir nya kesampaian juga cobain produk nya langsung :wow:

Menggunakan bantuan google maps dan Tokyo Subway Pass, dari Asakusa Station ke Shinjuku Station sangatlah mudah. Sekilas melihat Shinjuku Station, gue yakin Shinjuku Station ini luas banget, tapi karena keterbatasan waktu, gue tidak explore di Station ini, jadi langsung to the point menuju lokasi Yodobashi Camera di sekitaran Shinjuku Station West Exit. Di tengah perjalanan, gue menyempatkan dulu membeli Pasmo Card sekalian top up 2000 Yen di salah satu mesin di Shinjuku Station, setelah melihat struk dari 2000 Yen yang gue bayarkan, ternyata 500 Yen nya di jadikan sebagai deposit, jadi nominal kartu yang bisa gue gunakan hanya lah 1500 Yen.

Suntory and Curry Rice ( 550 Yen Total )

Suntory and Curry Rice ( 550 Yen Total )

Pasmo Card Japan - Deposit 500 Yen

Pasmo Card Japan – Deposit 500 Yen

Sesampai nya di Terminal Bus Keio ( yang tidak terlihat seperti terminal ) yang persis terletak sebelahan dengan Yodobashi Camera di Shinjuku, gue pun mengecek schedule menuju Kawaguchiko Station pada layar di loket tiket dan terlihat pemberangkatan berikut nya jam 11.40 dengan harga tiket 1750 Yen ( One Way ). Waktu saat itu menunjukkan jam 10.45 yang arti nya masih ada waktu kurang lebih 1 jam buat menunggu, nah daripada menunggu akhir nya gue pun memilih jalan-jalan di sekitaran area Yodobashi Camera di Shinjuku ini.

Tempat pertama yang di tuju adalah sudah pasti Yodobashi Camera yang terlihat di depan mata, di sini gue melihat berbagai macam elektronik mulai dari handphone, kamera, laptop dan alat elektronik lain nya, sekilas liat harga engga murah-murah amat, tapi kalaupun murah juga gue engga bakal beli sih hahaha… DUIT MANA DUIT WOY! :sigh:

Tiket dan Loket Tiket ke Kawaguchiko Station

Tiket dan Loket Tiket ke Kawaguchiko Station

Shopping Area di West Exit Shinjuku Station

Shopping Area di West Exit Shinjuku Station

Lanjut lagi muter-muter di Shopping Area West Exit Shinjuku Station ini, gue melihat banyak restoran dan tempat belanja tapi gue engga tau jualan apa karena semua nya dalam huruf kanji hiksss…. jadi nya numpang narsis aja deh, terus lanjut iseng masuk ke minimarket gitu cuma buat sekedar lihat produk asli Jepang kaya gimana rupa nya. Nah di minimarket ini seperti nya keasyikan muter-muter ( akhir nya cuma beli 1 botol teh olong 100 Yen ) dan jadi lupa waktu, tanpa tersadar lihat HP waktu sudah menunjukkan jam 11.30, OMAIGAT!!! :wtf:

Akhir nya buru-buru lah kita lari-larian buat kembali ke Yodobashi Camera nya. Saat itu pikiran gue blank banget, kepikiran kalau sampai ketinggalan bus gara-gara lupa waktu keasyikan lihat tempat shopping sih rasa nya pasti gemes banget!!! Tapi untung teman rombongan gue yang cewek langsung action memimpin dengan jalan cepat di depan dan ending nya adalah?!?! Meilihat kita ber4 lari-larian, seorang petugas perempuan yang mengecek tiket langsung gerak cepat memeriksa tiket dan menyuruh kita ber4 langsung masuk ke bus, dan gue melihat jam digital yang ada di dalam bus, ternyata kita ber4 benar-benar TEPAT MASUK BUS JAM 11.40 :ngakak:

Yodobashi Camera Shinjuku

Yodobashi Camera Shinjuku

Untuk menenangkan diri karena nafas gue mengap-mengap saat itu gara-gara lari-larian mengejar waktu, gue pun melakukan tarik nafas dalam-dalam, dan melihat ke arah sebelah kiri cewek bule yang tanpa sengaja kebetulan juga melihat ke arah gue, lalu dia tersenyum hahaha… yes untung Happy Ending cerita nya :shy:

* * * * *

SENANG SEKALIGUS SEBEL KE KAWAGUCHIKO LAKE

Gue senang akhir nya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Kawaguchiko Station, perjalanan nya sangat mulus hampir tidak ada guncangan, jalan tol di Jepang sakti banget dah, pemandangan hijau dan rumah warga Jepang di kiri kanan tol juga indah untuk dilihat. Tanpa tersadar gue pun tertidur lelap di kursi bus yang empuk ini karena faktor kecapean dan kurang tidur nyenyak selama di Bandara Haneda. Tapi tiba-tiba gue terbangun akibat mendengar suara rintik-rintik air cukup keras di jendela kaca bus, OMAIGAT HUJAN!!!  :wait:

Perasaan gue saat itu pun langsung jadi sebel kenapa tidak percaya sama ramalan cuaca yang mengatakan bahwa akan terjadi hujan di daerah Tokyo dan Sekitar nya. Alasan gue tidak percaya saat itu adalah saat membeli tiket hingga bus berangkat dari Yodobashi Camera Shinjuku, cuaca nya masih terang benderang, tapi ternyata ramalan cuaca nya benar-benar tepat banget! :silence:

Selama perjalanan gue masih think positif pasti hujan bakal berhenti sesampai nya kita di Kawaguchiko Station, jadi kepergian gue ke Kawaguchiko Lake tidak sia-sia dan harapan narsis dengan background Gunung Fuji dapat terkabul. Tapi lama kelamaan gue pasrah menerima keadaan yang ada setelah melihat hujan nya malah tambah kencang, apalagi bus nya saat itu sudah mampir di Fuji-Q Highland di jam 13.20 ( 1 jam 40 menit perjalanan dari Yodobashi Camera Shinjuku ).

Fuji-Q Highland ( Image By : Japan-Guide.com )

Fuji-Q Highland ( Image By : Japan-Guide.com )

Oh ya buat anda pecinta Roller Coaster dan mau merasakan sensasi TOP 5 ROLLER COASTER TERCEPAT DAN TERPANJANG DI DUNIA, wajib banget ke Fuji-Q Highland ( Wikipedia ), tapi jangan lupa cek ramalan cuaca dulu ya sebelum ke sini, karena kalau hujan, aktivitas Roller Coaster sama sekali tidak ada yang berjalan :desperate:

Setelah 2 penumpang turun di Fuji-Q Highland, bus melanjutkan perjalanan dan hanya sekitar 10 menit kemudian bus sampai juga di Kawaguchiko Station tepat di jam 13.30, tapi sayang cuaca nya masih hujan!!! :crying:

Tapi karena sudah jauh-jauh niatin pergi ke Kawaguchiko Lake, walau hujan sekalipun, acara explore Kawaguchiko Lake sekaligus Saiko Lake harus dijalankan sesuai schedule! Nah untuk acara putar-putar di sekitar Kawaguchiko Lake dan Saiko Lake ini gue membeli tiket “Kawaguchiko – Saiko Sightseeing Bus” seharga 1200 Yen ( valid untuk 2 hari ) di loket penjaga di Kawaguchiko Station ini. Sebenar nya gue cuma bakal pakai tiket Sightseeing Bus ini cuma 1 hari, eh engga deh cuma kurang dari 6jam malah, rugi berat dah gara-gara hujan tak terduga :angry:

Dan sebelum memulai petualangan, sekaligus juga gue membeli tiket pulang Kawaguchiko Station ke Shinjuku untuk keberangkatan jam 17.40 seharga 1750 Yen, tiket bisa di beli lewat mesin langsung. Sebenar nya ada jam pulang lebih malam, cuma gue pikir gelap sambil hujan-hujanan itu engga asik! Jadi ya udah ambil jam 17.40 saja deh, untuk mau cek timetable nya di link ini ya Timetable Fujikyu Bus Website.

Kawaguchiko Station

Kawaguchiko Station

Mesin Tiket Bus untuk kembali ke Tokyo di Kawaguchiko Station

Mesin Tiket Bus untuk kembali ke Tokyo di Kawaguchiko Station

Kawaguchi Saiko Sightseeing Bus Ticket dan Ticket Kawaguchi Station ke Shinjuku

Kawaguchi Saiko Sightseeing Bus Ticket dan Ticket Kawaguchi Station ke Shinjuku

* * * * *

MAIN HUJAN DI KAWAGUCHIKO LAKE

Kawaguchiko Sightseeing Bus Map - Klik untuk Perbesar

Kawaguchiko Sightseeing Bus Map – Klik untuk Perbesar

Info Download Kawaguchiko Sightseeing Bus : Link Download ( PDF Format )

Info Timetable Kawaguchiko Sightseeing Bus : Link Timetable

Setelah persiapan mantap dan peta sight seeing bus sudah di tangan, akhir nya gue dan teman-teman memutuskan tujuan pertama yang akan di tuju adalah “Kawaguchiko Shizen Seikatsu-Kan ( Natural Living Center ) – Point 22” karena melihat rekomendasi di peta bahwa itu spot terbaik untuk foto dengan background Gunung Fuji :star:

Untuk menuju Point 22 ini, pertama harus menentukan dulu masuk pada Garis Merah ( Red Line – Kawaguchiko Sight seeing Bus ) atau Garis Hijau ( Green Line – Saiko Sight seeing Bus ), setelah ketemu jawaban nya yaitu masuk Garis Merah ( Lihat Peta ), maka tinggal naik bus Kawaguchiko nya deh, pada bus terdapat layar LED entah di depan atau di samping body bus yang menunjukkan keterangan bus Kawaguchiko atau bus Saiko :info:

Kawaguchiko Saiko Bus

Kawaguchiko Saiko Bus

Menggunakan transportasi bus ini juga mudah, penumpang selalu masuk lewat pintu tengah dan keluar lewat pintu depan. Di dalam bus akan ada speaker yang memberitahukan nama tempat berikut nya yang akan di jadikan tempat pemberhentian, yang perlu di catat adalah bus tidak akan berhenti di tiap titik point, bus hanya akan berhenti jika ada calon penumpang sedang menunggu di titik point berikut nya atau ada penumpang yang menekan bel untuk berhenti, jadi bukan seperti bus di Jakarta yang teriak “Kiri Bang!!!” atau “Ketuk Koin” di dinding mobil :ngakak:

Untuk sampai di Kawaguchiko Natural Living Center dari Kawaguchiko Station membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit-an dan point 22 ini merupakan titik paling akhir untuk Red Line. Cuaca saat itu masih hujan gerimis, begitu keluar dari bus, hawa dingin langsung terasa dan hawa nya mirip-mirip seperti berasa di Puncak ( Bogor ).

Bangunan Natural Living Center di Kawaguchiko Lake

Bangunan Natural Living Center di Kawaguchiko Lake

Hamparan Bunga Lavender

Hamparan Bunga Lavender

Suasana Sekitar Natural Living Center

Suasana Sekitar Natural Living Center

Kawaguchiko Natural Living Center ini merupakan spot bagus untuk foto di hamparan bunga Lavender dengan background Gunung Fuji, tapi sayang ketika gue kesana sedang hujan dan kabut nya tebal banget, boro-boro lihat Gunung Fuji di kejauhan, lihat Kawaguchiko Lake nya aja samar-samar gara-gara kabut :wait:

Di Natural Living Center ini produk utama nya adalah Blue Berry jadi makanan yang di jual berbahan dasar Blue Berry seperti selai, es krim, pancake. Karena faktor hujan dan kabut, acara narsis gue tidak berjalan dengan semesti nya disini haha… yang ada malah kebasahan gara-gara gue engga bawa payung. Titik puncak gue explore Natural Living Center ini adalah ketika hujan nya malah tambah besar, buru-buru kabur berteduh deh udah itu langsung memutuskan naik bus buat ke Saiko Lake, sambil masih berharap hujan nya berhenti :sigh:

Foto Di Natural Living Center ( Expectation Vs Reality )

Foto Di Natural Living Center ( Expectation Vs Reality )

Walau Hujan-Hujanan, Tetap Harus WeFie

Walau Hujan-Hujanan, Tetap Harus WeFie

Untuk ke Saiko Lake arti nya gue harus menggunakan bus dengan rute garis hijau, oleh karena itu gue harus kembali ke Kawaguchiko Station untuk berganti bus. Pada awal nya gue berkeinginan ke “Saiko Iyashi no Sato Nenba  – Point 68”, cuma karena keterbatasan waktu dan juga cuaca hujan yang tidak kunjung membaik, langsung memutuskan turun di “Shikishima no Matsu – Point 55”.

Menurut gue spot ini juga bagus asli nya kalau mau foto dengan background Gunung Fuji, tapi sayang kabut tebal nya engga nahan jadi ya udah cuma bisa gigit jari dah sampai disana. Di spot ini gue tidak melihat keberadaan satu orang wisatawan pun selain kami berempat, gue juga bingung sebenar nya ini tempat apaan haha… gue cuma melihat 1 rumah kosong dan beberapa kapal yang engga jelas juga rusak atau engga :confused:

Shikishima No Matsu ( Expectation Vs Reality )

Shikishima No Matsu ( Expectation Vs Reality )

Wefie di Shikishima No Matsu - Saiko Lake

Wefie di Shikishima No Matsu – Saiko Lake

Gue tidak berlama-lama di spot ini karena jam 17.40 ( waktu keberangkatan bus Kawaguchiko Station ke Shinjuku ) sudah semakin dekat, daripada ketinggalan bus, hati sama dompet gue bisa ikut-ikutan “Hujan” juga nanti yang ada malahan :crying:

* * * * *

ENDING DI HARI KEDUA DI TOKYO

Sepanjang perjalanan dari Kawaguchiko Station ke Shinjuku, gue benar-benar tertidur nyenyak! Tak terasa gue sudah sampai di Shinjuku ketika bus berhenti setelah 1 jam 45 menit perjalanan. Kemudian dari Shinjuku langsung lanjut ke Asakusa menggunakan Subway untuk mencari makan karena kondisi lapar berat sangat saat itu!

Di sekitar penginapan gue di Khaosan Tokyo Laboratory di daerah Asakusa banyak banget pilihan rumah makan dan harga nya bervariasi mulai dari yang “lumayan” murah hingga mahal banget ada! Tapi karena saat itu gue lagi ingin makan yang berkuah hangat dan juga kebetulan ketemu rumah makan Ramen disana, ya udah akhir nya langsung deh masuk aja.

Dinner Ramen dan Gyoza di Asakusa

Dinner Ramen dan Gyoza di Asakusa

Di sini gue memesan Ramen dan Gyoza ( Total 580 Yen ) yang rasanya ternyata “oishi” ( enak ). Begitu selesai acara dinner nya, terus gue menuju ke Khaosan Tokyo Bar untuk mendapatkan 1 gelas welcome drink Cocktail karena menginap di Khaosan Tokyo Laboratory, lumayan udah enak gratis pula cocktail nya.

Hari itu akhir nya di tutup gue dengan acara berusaha mengeringkan sepatu gue yang basah dan lembab banget dengan Hair Dryer ( walaupun ujung nya sia-sia ) karena tetap ajah sepatu nya bau banget karena lembab parah setiap dipakai! akibat nya gue pun ( terpaksa ) harus membeli sepatu baru lagi di Jepang :lonely:

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1. Tokyo Subway Pass – 2 Days 1.200 Yen
2. Tiket Kereta Haneda Airport ke Sengakuji Station 410 Yen
3. Makan Pagi Curry Rice + Soda Suntory 550 Yen
4. Passmo Card ( 500 Yen Deposit ) 2.000 Yen
5. Tiket Shinjuku ke Kawaguchiko Station Pulang Pergi( One Way 1.750 Yen ) 3.500 Yen
6. Tiket Kawaguchiko – Saiko Sightseeing Bus( Valid for 2 Days ) 1.200 Yen
7. Dinner Ramen + Gyoza di Asakusa 580 Yen
8. Penginapan Private Room di Khaosan Tokyo Laboratory( 3 Bed = 10.200 Yen ) 3.400 Yen
Total 12.840 Yen = Rp 1.410.000

 

81 thoughts on “Hari 2 : Senang sekaligus Sebel Pergi ke Kawaguchiko Lake

  1. AYU

    Hallo mau ikutan tanyaa..
    Kalau saya rencana dari Osaka/Kyoto-Kawaguchiko (dgn bus malam fujikyu line) bgmn? Setelah selesai baru ke tokyo. Di banding osaka/kyoto-tokyo (bus malam willer -/+ 7.800¥ krn kena hari jumat) lalu setelah sampai tokyo ke kawaguchiko. Biar gak terlalu bolak balik dan hemat baiknya yg mana ya? 😂
    Sudah buka web fujikyu line Tapi kok gak nemu tombol untuk reservasi ya? Bisa tolong bantu tdk? Hahaha
    Thank youu

    Reply
  2. Daisy

    Hii mas. Salam kenal..
    Saya mau nanya soal pembelian tiket bus ke kawaguchi.
    Tiket bus nya bisa ga ya beli di loket shinjuku station? Atau harus via web?
    Kemudian, kalau dari shinjuku station, exit di pintu mana ya supaya bs dpt terminal bus nya?
    Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa beli on the spot, saya juga beli on the spot waktu itu. Lupa saya arah exit nya, waktu itu pakai google maps petunjuk arah nya.

      Reply
      • Thomas

        Mas, terminal bus Sinjuku – Kawaguchico, sekarang sudah pindah ke gedung Expresway Bus terminal (bareng dengan bus willerexpress Tokyo-Osaka)? Jadi sekarang bukan di terminal bus yg di tulis diatas lagi kan?

        Reply
        • lilik

          tks banyak ya. blog ini sangat membantu.
          maaf bro Thomas…jd beneran sdh pindah ya terminal shijuku nya. cara perginya gmn tuh klo sy nginep daerah shijuku. tks

          Reply
  3. Jerry

    Halo Kak Frenkey..

    aku mau nanya nih.. sedikit bingung untuk tujuan ke kawaguchi lake. jadi skenario perjalanan ku begini kak.
    1. pukul 8 pagi aku tiba di shinjuku station dengan membawa barang karena sudah checkout dari hotel.
    2. dari shinjuku station tujuan kita adalah ke kawaguchi lake –> gotemba –> dan festival shibazakura
    3. setelah dari festival shibazakura sorenya kita kembali ke shinjuku station karena setelah itu kita akan naik willer bus untuk tujuan ke kyoto

    kami bingung untuk transportasi ke kawaguchi lake, gotemba dan festival shibazakura sampai kembali lagi ke shinjuku station. harus naik bus apa? dan bagaimana caranya?

    mohon bantuannya kak..

    terima kasih

    Reply
  4. ELI

    HI.. MET KENAL
    mau nanya lebih untung pake SUICA atau PASMO Card yah?
    sudah beli TOKYO SUBWAY PASS TICKET + beli SUICA/PASMO apa ng bisa double? bukannya cara kerja suica/pasmo sudah hemat.kenapa harus tambah beli TOKYO SUBWAY PASS TICKET?
    boleh bantu jelasin.. thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Suica / Pasmo itu sama saja, fungsi nya hanya memgganti ketidakpraktisan harus membeli tiket satuan terus menerus setiap mau naik kereta.

      Kalau yg nama nya Pass itu biar turis bisa pakai kereta sepuas nya kemana saja dalam 1hari, tergantung jenis pass nya.

      Reply
  5. Bella

    Hi kak,

    Mau tanya, dari Sengakuji Station mau ganti Toei itu harus keluar station atau hanya pindah kereta saja?
    Jika harus keluar dari station. apakah harus naik tangga dengan membawa bagasi?
    Yg saya dapat infonya, untuk Sengakuji station ini tidak ada lift.

    Thx

    Reply
  6. Theo fz

    Thx bangt gan frenky,akhrnya dpt pencerahan,sorry alnya ni first time backpackeran ke jepang…semua udh issued sih tiketnya,jd kudu detail smuanya.oh ya….ane cm bw cash ¥70000 yen ni, kira2 ckp ga?ni biaya d jepang aj slama 10 hari,yg laen udh ok…kira2 ckup ga tu?

    Reply
    • Frenky Post author

      Cukup deh 70K Yen buat 10hari. Tapi kalau ada main ke Theme Park gitu, mungkin bisa di pertimbangkan lagi buat di tambah uang Yen nya.

      Reply
  7. Theo fz

    Gan,tnya ni untuk willerny,udh beli buat k osaka,kn udh byr pk cc kaka,soalny ane g pk cc,nah email confirm udh ad..yg mo ditnyain confirm email buat penumpang tu yg dibawah kan?ya pke huruf kanji,soalny yg beliin kaka jadi nama diatas ma dibawah beda…apa bener yg dibawah tu penumpangnya?yg dbwh emng nama ane…confirm yg untuk ditunjukin dbawah itu.. bener kan?soalnya takut salah

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup benar. Tapi tenang aja, Willer kaga ngecek nama sampe detail banget, mereka cuma cek nomor kode booking nya doang.

      Reply
    • Frenky Post author

      Tersedia sih Pasmo Card nya di bandara. Untuk Keikyu Line seinget gue harus beli tiket satuan di mesin rasa2nya, ga yakin juga yang ini.

      Reply
  8. sheila

    hallo kak…thx banget buat infonya.kmrn ke korea jg byk membantu.oya nti juni aq ke jepang bareng keluarga.rencn 1 hr utk ke kawaguchi.cm ada yg mo aq tanyakan berhub br pertama kali.
    1.klo kawaguchi st itu sama dgn lake kawaguchi apa berbeda kak?
    2.klo sdh naik bus red line trs mo ganti green line hrs balik lagi ke kawaguchi st ? jd bolak balik gt ya kak?kan lumayan lama ya wktnya. tp ga bayar lg ya naik yg green line?
    3.klo misalnya sdh trn di suatu tempat apa qt bisa naik lg bus red line/green line ke tujuan yg berikutnya? bus nya ada trs?
    4.qt kembali ke kawaguchi st pake bus yg arah sebaliknya ato ikut muter dl sama bus yg ada?
    trm ksh byk ya kak buat bantuannya.gbu

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo,

      1. Beda ya, Kawaguchiko Station itu stasiun kereta yang merangkap terminal bus juga. Lake Kawaguchiko itu spot danau nya, jarak ke Station ke Lake nya ga jauh kok, bisa aja jalan kaki kalau mau.

      2. Iyes, benar harus balik lagi, titik temu antara 2 line ini ada di skitar kawaguchiko station. Kalau beli yang 1.200 Yen ini ga perlu bayar lagi Green Line nya ya.

      3. Yes, bisa naik di tengah jalan, tinggal kasih liat kartu nya. Ada terus bus nya, ada timeline waktu nya juga setiap spot, perhatikan aja di brosur nya

      4. Pake bus yang arah sebalik nya ya, soalnya bus nya satu arah terus ujung nya buntu gitu

      Reply
  9. luna

    hi mas Frenky, makasih lho tulisan2nya…ringan tapi informatif gitu :) dibawah ini pertanyaan yg sbenernya untuk semakin meyakinkan saya aja mas, atas semua hal yg udah saya baca diatas…mohon nggak bete ngejawabnya yaa :’) makasih mas…
    1. jadi sangat bisa ya untuk ke kawaguchiko dari tokyo dan balik lagi ke tokyo dalam satu hari? (tanpa perlu nginap di kawaguchiko)
    2. tanpa membeli JR Pass (yg harganya lumayan hehe..) akan ttp bisa ya mudah dan nyaman keliling Tokyo dengan membeli pasmo/suica plus tiket2 ketengan ala subway pass gitu?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Yes, bisa banget, kalau ga mau naik bus, bisa naik kereta ke kawaguchiko station nya.

      2. Yes, JR Pass biasa nya efisien di pakai kalau suka pindah2 kota ya, kalau jarang pindah kota atau cuma main di 1 kota, cukup beli pass dalam kota aja seperti subway pass di campur pasmo/suica card buat backup nya kalau pass yang di beli tidak support rute kereta yang di pakai

      Reply
      • luna

        mas nanya lagi dong 😁
        bus merah-ijo itu..misal punya waktu panjang..boleh naik turun sesukanya gitu(sekali beli doang) ?
        jadi semua obyek dikunjungi….bisakah begitu?

        Reply
  10. vina

    Hi frenkey salam kenal.
    Rencananya minggu depan gw mau short trip ke tokyo. Kalo dari airport narita langsung ke kawaguchiko kira2 bisa gak bawa2 koper gitu, gw liat di hyperdia ada NEX langsung ke kawaguchiko station. Trus dari situ mau ke gotemba premium outlet ketemu temen2. Bisa gak bawa koper medium naik bus dari kawaguchiko ke gotemba ? thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Dari Narita ke Kawaguchiko bisa aja bawa koper ukuran medium. Kalau bus kurang paham deh, belum pernah experience, tapi gw yakin kalau cuma koper medium aja ga ada masalah sih.

      Reply
  11. Deisy

    Halo, kalo mau ke lake kawaguchi, kira2 berapa jam ya waktu yg kita habisin disana? Soalnya saya rencana mau kesana dan mau pesan tiket bus pulang pergi online aja

    Reply
  12. tiara

    Mas mau tanya

    1.Kamu kan sudah beli Tokyo subway pass, kok beli pasmo lagi, alasannya apa?
    2. Kalau dari bandara saya langsung saja beli pasmo utk dipake dari Sengakuji lalu explore tokyo boleh tidak?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Tiara,

      1. Karena saya mau pakai kereta JR dan malas beli tiket satuan lagi, jadi lebih baik beli pasmo aja, tinggal top up terus tapping kartu nya, terus tarif kereta nya juga lebih murah jika pakai pasmo di bandingkan beli satuan
      2. Boleh-boleh saja, engga ada masalah kok pakai pasmo saja. Pakai pass itu bukan suatu keharusan.

      Reply
  13. Anindika

    wah seru Blognya,Lengkap juga link2nya,, Oh Iya Mau Tanya dong, saya rencana Januari 2017 Mau ke Jepang, Kalau Sudah Pakai “PASMO Card” apa masih perlu pakai “Tokyo Subway Pass” Juga? Soalnya coba browsing kalau pasmo bisa dipakai di JR line juga ya?

    Thankyou,Keep Posting pengalaman2 lainnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Pasmo / Suica Card itu beda konteks sama Tokyo Subway Pass ya. Pasmo / Suica Card itu bukan berjenis pass, tapi lebih ke prepaid card aja sifatnya. Sedangkan Tokyo Subway Pass itu hitungan nya berjenis pass, bisa pakai jalur subway di Tokyo sepuas nya.

      Pasmo / Suica bisa di pakai buat JR, Subway, Bus

      Reply
  14. ari dj

    Mas, tanya dooong….
    Saya kejepang tgl 14 mei 2017, dengan rute yg sama kyk mas frengky, mo ikutan ittenary nya juga :peace: :peace: . Mas frenky pake JR pass gak? soalnya baca post yg ke kawaguchiko lake ga ad yg nyebutin JR pass. Klo ke Kawaguchiko lake pake JR pass bisa gak? makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Saya ga pake JR Pass nih. Tentu saja bisa pakai JR Pass, tinggal cari arah ke Kawaguchiko Station aja, ada kereta JR yang kesana.

      Reply
  15. Florensia

    Bang Frenky… aku minta izin copas perjalananmu juga yg ke Jepang ya, please… :beg:
    Baru kali ini bisa pergi2 keluar :sweating:

    Perjalanan ke Jepang nantinya dipastikan cuacanya baik dan tak ada topan kayak di Busan :star:

    Ada saran waktu belanja ga Bang?
    Lebih baik di tiap kota belanja2 ato pas hari terakhir aja ya biar ga kalap gitu :evilsmirk:

    Reply
    • Frenky Post author

      Cari musim gugur aja, pasti nya bagus suasana nya di sana. Kalau gw sih biasa pasti belanja besar pas di kota terakhir ya, kalau awal-awal beli yang kecil-kecil aja kalau ada yang menarik, daripada ribet bawa nya kemana2. Tokyo atau Osaka karena kota besar, jadi tempat belanja nya banyak, siap2 kalap

      Reply
  16. yanti

    salam kenal mas frenky..
    mau tanya boleh ya,, kalau punya waktu cm 2 hari di tokyo-haneda enaknya kemana aja ya?
    ke tokyo-haneda brgkt 23 pulang 28, tapi 3 hari fokus untuk nonton konser, jadi paling dapet 2 hari aja buat keliling2 tokyo

    makasih sebelumnya.

    Reply
  17. Fendy

    Hi Frenky, salam kenal ya….
    Asli gua syukur banget ketemu blog ini, yang awalnya gua sempat ragu2 buat backpackers ke jepang
    sekarang jadi berani. Ceritanya seru plus detail banget itinerarynya… :good:

    Rencana berangkat november nanti. Mo nanya2 dikit soal kawaguchiko neh
    1. Katanya mt.Fuji best view sebelum jam 9 pagi ama sore. Nah, kalo dari tokyo keburu ga? Kalau cek timetable dr tokyo ke kawaguchiko sih ada yang jam 6 pagi ya. tapi rencana kan tinggalnya di daerah asakusa. subway sudah aktif belum ya?

    2. di kawaguchiko rencana cuman ke kachi2 ropeway ama natural living seperti yang dianjurin. apakah ada cara lebih hemat selain beli tiket Saiko Sightseeing Bus yang seharga 1.200? Kalau ke kachi2 keknya bisa dengan jalan kaki ya. cuman ke natural keknya harus pake bus ya? ada ga tiket satuannya?

    Thx ya
    The best blog ever visited :peace:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Subway di Tokyo jam5pagi udah aktif.

      2. Bisa bayar satuan tiket nya, nanti di dalam bus ada rincian harga nya tiap titik pemberhentian. Paling dekat 150yen dan paling jauh 1000yen, kalau sedang2 aja jarak nya ya di tengah2 dua harga tersebut.

      Reply
  18. Granats

    Klo utk charge samsung note 3,bisa ga dgn charger original yg dr indo? klo utk colokannya chargernya, sudah saya sediakan adapter universal, Cuma tidak ada converter 220 v ke 110 v.

    Reply
    • Frenky Post author

      Liat aja di colokan charger nya ada tulisan 100 – 240v tidak? kalau ada, ya support2 aja, tidak masalah. Pengalaman gw juga colokan hp, tablet, kamera engga ada yang masalah, cuma lebih lambat aja waktu charge nya.

      Yang masalah itu kalau beli alat elektronik aseli Jepang voltase nya 110V, terus di colok ke listrik Indonesia yang 220V, pasti meledak.

      Reply
  19. ninnaamelia

    Hai aku pembaca setia blog mu.

    Mau nanya nih..dr shibazakura ke lake kawaguchi /mt.fuji 5 th station jaraknya berdekatan ga?
    Kira2 dalam 1 hari bisa engga datengan 2 wisata itu.
    Makasih

    Reply
  20. ula

    Hallo..
    Thanks buat ulasanya.. Mau nanya dunks kalo ke Saiko Iyashino-Sato Nenba dari St. Kawaguchino termurah naik ap ya? truz waktu mengunjungi ksana baiknya berapa lama ya? Makash

    Reply
  21. Liza Lie

    Hi, mau tanya nih soal transport .. Kalau uda beli tokyo subway perlu juga y beli pasmo? Msh keder soal transport disana.. Thx before n salam kenal …

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau bisa manage semua transport yg di gunakan subway ya engga perlu pasmo card. Sebenar nya bisa juga beli tiket satuan langsung di mesin, cuma ya kalau mau praktis tinggal pakai pasmo card, top tup terus tap2 doang.

      Reply
  22. Adul

    Hey frenky, mau nanya nih saya mau ke tokyo pas summer agustus ini dan pastinya pengen lihat gunung fuji, nah kira2 kawaguchiko lake ini recomend gak kalau dibanding dengan mt. fuji 5 th station ? Karena saya cuma spend 1 hari aja buat gunung fuji ini, kira2 lbh ecomend kawaguchiko atau mt. fuji 5 th station yah ?
    Dan 1 lagi, bisa gak kita beli langsung tiket nya pp (shinjuku-kawaguchiko-shinjuku) di terminal bus shinjuku nya ?
    Terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Adul,

      Ini rencana mau hiking kah ke Gunung Fuji? kalau iya, berarti Mt Fuji 5th Station jawaban nya.

      Kalau engga ada rencana hiking dan cuma mau foto dengan background Mt Fuji maka recommend ke Kawaguchiko Lake.

      Setau saya sih engga bisa beli langsung ya, yang Kawaguchiko – Shinjuku beli langsung di Kawaguchiko Station tiket bus nya.

      Reply
  23. Debora

    Hiii frenkey,

    Sebelumnya aku pnh nanya2, tapi krn ini lagi mao buat itenerary goes to japan jadi mao nanya2 lg gpp yaa..

    Pas baca bgn kawaguchi lake, kamu byk post “point2” (spot2) yg bgs u/poto2 –>
    1. btw bole tau ga sebnrnya tau spot2 bgs (point2) itu drmn? Bisa bantu ksh bebrp titik selain yg kamu post di blog ini?

    2. dr kawaguchi station kan ada 2 jalur bus tuh red line n green line –> itu bis nya free? or byr lagi? 2 jalur bis ini hanya untuk di kawasan kawaguchi lake saja? lalu setiap pemberhentian (point2) kt hrs tekan tombol bis spt bis2 di sg kah?

    3. balik dr kawaguchi station mau ke shinjuku itu baik bis yg sama spt wkt dtg? beli tiketnya lgs di station kawaguchinya ya?

    Maap yaa byk bgt nanyanya.. Seperti biasa pusing dr transportasi yg ada.. Hehehe.. Thanks a lot frenkey ^^

    Reply
  24. Erwin Vernatha

    Good Post!! Thx for sharing!

    Mau tanya dong, klo mau ke Kawaguchiko enaknya dari mana dan naik apa? Saya rencananya dari Osaka karena destinasi pertama ke Osaka dulu baru ke Kawaguchiko. Tolong bantuannya ya. Makasih

    Reply
      • Erwin Vernatha

        Klo dari Haneda Airport ada yang langsung ke Kawaguchiko station gak ya? Atau harus ke Shinjuku dulu?

        Klo misalnya lebih enak dari Tokyo, mungkin gw dari Osaka bisa naik pesawat dulu ke Tokyo. Masih bingung nih cara ke Kawaguchikonya soalnya alternatifnya banyak banget dan g tau yang paling hemat yang mana. hahaha. :lonely: :sigh:

        Mohon bantuannya ya. Terima Kasih.

        Reply
        • Frenky Post author

          Cek link ini ya untuk Haneda Airport ke Kawaguchiko Station nya http://hnd-bus.com/route/kawaguchiko.html

          Sebenar nya kaga ada yang paling hemat sih, ujung2 nya harga nya sama aja di kisaran 3500 – 4500 Yen PP Kawaguchiko ke Tokyo tergantung start nya dari mana sama pake kereta / bus aja. Kalau gw sih mikir nya yang paling praktis aja dan kaga banyak transit nya, soalnya harga nya beda tipis.

          Reply
  25. quince

    Hi Frenkey,

    Thanks banget info Kawaguchiko-nya. Aku rencana kesana bulan depan ada beberapa pertanyaan seputaran Kawaguchiko :
    1. Kalau Fujikyuko & Odakyu bus itu lebih bagus mana ya? Soalnya aku nanti rencananya mau naik Odakyu bus dan sepertinya harga sedikit lebih mahal dari Fujikyuko. Dan kalau beli pas hari H apa ngga takut keabisan? Beli in advance gitu bisa ngga?
    2. Di Kawaguchiko itu kalau cuman abisin 4 jam cukup ngga ya (diluar perjalanan dari dan ke Kawaguchikonya) ? soalnya sorenya aku mau explore Tokyo lagi.
    Dengan waktu 4 jam itu kira2 bisa explore apa aja disana?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Quince,

      1. Setau gw Odakyu Bus itu buat ke Hakone ya, kalau ke Kawaguchiko pilihan nya pake Fujikyu Bus. Kalau mau naik kereta juga lewat Fujikyu Railway Line.

      Beli tiket hari H nya engga ada masalah ya, asal spare waktu 1 setengah jam sebelum berangkat aja beli tiket nya, kalau pun full di jam berikut nya, alternatif nya berarti mau engga mau harus pilih jam berikut setelah nya, kurang paham deh bisa beli online atau engga.

      2. Kawaguchiko kalau 4 jam mungkin bisa dapat 2-3 spot aja. Mungkin bisa prioritas utama ke Kachi2 Ropeway, Natural Living Center, sisa nya pilih sendiri ya sesuai selera.

      Reply
      • quince

        Thanks banget jawabannya.
        Kemaren akhirnya aku booking online (http://highway-buses.jp/fuji/). Feeling aja kalo on the spot ngga bakalan dapet yang pagi. itupun dapet pagi banget jam 6.45, asli perjuangan dan deg2an bgt takut ketinggalan bis. Sempet naik Kachi-Kachi ropeway aja disana. Ambil yg pagi soalnya mau ngejar festival Shibazakura dan malemnya main ke Odaiba.

        Reply
  26. erfa

    hii..!!

    thanks banget ya buat info travel ke jepangnya.
    sorry, mau tanya kawaguchiko lake sama yamanakako lebih recommend ke yg mana ya?
    sy ad rencana mw menginap 1 malam di daerah sana sambil menikmati onsen (hot spring). apa recommend ga? hehhee. thank you ya :)

    Reply
  27. Novilia

    Iya aq baru lihat kawaguchiko dan keliatannya lebih menarik ke daerah sana,
    Iya nih perginya pas summer…
    Jadi bingung enak nya kemana yah.
    Oh ya mau tanya explore kyoto 2hr full gitu kira2 apa aja ya??
    Klo dr kyoto ke osaka enak naik train or bus? Pengen nya ke nara sebentar mampir tapi kok takud ga nutut waktunya yah.

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau mau explore Kyoto beli Kyoto Bus Pass aja ya ( 500 Yen / hari ), yang wajib di kunjungi Fushimi Inari, Arashiyama, Gion, berbagai macam temple.

      Coba cek link ini ya Kyoto Japan Guide buat detail tempat wisata yang di Kyoto.

      Kyoto ke Osaka naik kereta aja yang tipe Express, sekitar 500 Yen biaya nya. Ke Nara dari Osaka sekitar 1 jam perjalanan ya, ke Nara sih sebentaran ya, cuma ya tergantung itinerary kamu juga untuk masalah cukup waktu nya atau engga :)

      Reply
      • Ayu

        Baca berkali2 postingan blog ini tentang jalan jalan di Jepang. berguna banget..
        Mau tanya dikit ya masih bingung :) urgent tgl 22 nov aku udah jalan xixi..
        1. Di Kyoto harus beli kyoto bus pass atau ga ya? aku punya JR pass, coba pake rome2rio.com banyak bisa gunain JR pass (ga tau nih bener ga ya haha).

        2. Rencana di Tokyo beli Suica. Baca2 suica bisa dipake juga di daerah kansai. Bener ga ya, apa bisa dipake di kyoto juga ga ya?

        3. untuk kawaguchiko en saiko bus, lewat tiap brp menit atau ada waktu2nya dan kita harus nunggu bis lewat ya? ruteku naik JR dari shinjuku -kawaguchiko st.

        Ditunggu jawabannya makasih..

        Reply
  28. Novilia

    Haloo frenkey…

    mau tanya nih
    kalo ke daerah hakone/duji kan aq pernah baca lebih murah pake hakone one day pass,
    nah itu susah gak si kira-kira atur rute jalan nya?
    terus apa juga termasuk ke kawaguchiko?

    terus bagusan mana ke hakone or kawaguchi ini??
    Maklum baru pertama kali ke jepang dan renacan si juga waktu summer
    Terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Novilia,

      Engga susah ya, tinggal beli tiket di kantor Odakyu Sightseeing Service Centre (Ground Floor, West Exit, 1 F Side, Shinjuku Station) terus tinggal naik kereta nya ke Hakone. Hakone itu beda arah dengan Kawaguchiko jadi otomatis beda pass juga. Selengkap nya tentang Hakone Free Pass ( http://www.odakyu.jp/english/deels/freepass/hakone/ )

      Kalau Novi mau melihat Gunung Fuji lebih besar dan dekat, maka Kawaguchiko pilihan yang bagus, tapi jangan kecewa kalau misal nya pas di hari kedatangan terjadi hujan atau malahan kabut tebal ya, cuaca berperan penting kalau ke Kawaguchiko, atraksi utama nya Kachi-Kachi Ropeway.

      Kalau Novi mau mampir lebih banyak ke spot-spot menarik terus lihat Gunung Fuji juga walau jarak pandang nya engga sedekat di Kawaguchiko, maka Hakone pilihan yang tepat ya. Gue sih saranin ke Hakone aja kalau suka mampir-mampir :info:

      Atau kalau mau mampir kedua nya juga bisa nih, tapi at least butuh 3hari ya, bisa coba baca-baca artikel ini http://www.odakyu.jp/english/course/fujihakone/

      Reply
      • Novilia

        Haloo terimakasih infonya
        Rencana mau pilih aja hakone or kawaguchiko.
        Karena cuma punya wktu 1 hr aja untuk explore ke sana jd harus pilih salah satu.
        Oh kawaguchiko lbh dekat ya??
        Karena rencana dtg pertama explore daerah yamatone line dan asakusa, kedua baru hakone or kawaguchiko dan yg ketiga kayaknya odaiba n dsb.

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau pilih salah satu, umum nya orang lebih memilih Kawaguchiko ya, lebih terkenal sebagai spot melihat Gunung Fuji, cuma ya mungkin Novi bisa googling lagi lebih detail tentang Hakone biar engga salah milih tempat karena selera orang beda-beda hehe..

          Cuma sekali lagi, Kawaguchiko ini bergantung cuaca banget, dan kalau kamu pergi pas summer ya prepare the worst aja bakal mengalami hujan seperti kasus gue, harus rajin-rajin cek cuaca sebelum pergi kesana :calm:

          Reply
  29. vari | www.travelingcow.com

    Hi salam kenal ya..terdampar disini entah td lg browsing apa eh baca blognya lucu2 bgt..itu icon2 pake apa sih yg kayak dibawah ini ..gemesh.

    Btw gw jg punya pngalaman yg sama wkt ke Hakone mw liat gunung fuji jg eh ternyata malamnya turun salju dan bsknya agak mendung aja gitu ga kliatan deh tu gunung fuji..sedihhh

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi juga Mba Vari, gw pernah mampir ke blog mba info nya bagus-bagus juga :good:

      Emoticon ini pake plugin “wp-Monalisa”, ini blog nya pake wordpress, web mba pake blogspot, kurang paham deh pake apa haha

      Kalau gitu toss dulu deh mba, tapi ini sekaligus bisa jadi alasan buat balik ke Jepang lagi demi bisa foto bersama Gunung Fuji tanpa kabut :hero:

      Reply
  30. Afriandi

    Wuh post jepang..masih hangat juga..
    Ke jepang kalo gak bisa bahasa jepang gimana ya komunikasi nya..?
    Ini sedang merencanakan rencana :confused: ke jepang, tapi khawatir sama komunikasinya.
    Trims, ditunggu update an nya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Afriandi,

      Post nya masih hangat, tapi pergi nya sih udah 6 bulan yang lalu :sigh:

      Saya juga engga bisa bahasa Jepang, pake bahasa Inggris secukup nya ( to the point ) di tambah “Bahasa Tubuh” udah cukup untuk komunikasi hanya buat sekedar nanya untuk dapat petunjuk.

      Travelling ke Jepang, petunjuk nya juga jelas banget kok, modal internet aja juga udah cukup sebenar nya, engga usah takut nyasar :)

      Di subscribe aja blog saya, jadi kalau ada post baru bisa dapat email notifikasi deh :good:

      Reply
  31. Herlina

    Hi, baru nemu nih blognya pas cari tau traveling ke korea. Blog nya kereen abisss.. ndk sabar wait yang jepang ny selesai. Saya juga baru jalan ke jepang juni 2015 and ujan mulu hahahhaa
    Jadi kayak nostalgia di jepang ngebaca ne blog hhahahaha. Tapi seru ya kalo jalan sendiri ke jepang :ahaaah:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi juga :cheer:

      Iya nih saya juga tidak sabar posting lanjutan cerita Jepang nya, cuma lagi nunggu mood dulu buat nulis hahaha..

      Wah ke Jepang nya Juni 2015 juga? jangan-jangan kita ketemuan tanpa sengaja haha..

      Jalan sendiri selalu lebih seru dan ada yang bisa di ceritakan, hidup jalan sendiri! :keren:

      Reply
  32. Tri

    Akhirrrnnyyyaaaa….

    Wah kondisi aslinya kok nggak gtu sesuai dengan ekspektasi gtu ya mas?apa musimnya yang emang beda?ngomong-ngomong sepatu disana harganya berapa mas?hehehe…

    Trims ditunggu kelanjutannya :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Iya Mas Tri, udah engga mau lagi travelling di musim panas, banyak cuaca hujan nya, sedih haha..

      Waktu itu beli 150ribu di H&M, tapi baru pakai nya pas di hari-hari akhir aja :)

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: