Hari 1 : Persiapan Sebelum ke Tibet dan Tiba di Chengdu

Trip ke Tibet dan ke Everest yang sudah gue lakukan di awal Oktober 2016 ini sebetul nya tidak ada dalam checklist negara / kota yang ingin gue kunjungi sejak awal mulai backpackeran di tahun 2012. Awal mula cerita kenapa gue bisa melakukan trip ini ketika di bulan Oktober 2015 dan gue berpikir untuk plan trip keluar negri buat tahun 2016 ke negara / kota baru yang anti-mainstream sedikit. Iseng-iseng cari trip di forum Backpacker Indonesia, eh ketemu engga sengaja ajakan open trip judul thread nya “Cari Tripmate ke Chengdu-Tibet-Everest Base Camp (EBC) 28 Sep-11 Oct 2016”, melihat kata-kata Everest, mendadak gue jadi tertarik lihat thread tersebut. Singkat kata akhir nya gue pun join open trip tersebut dan ini merupakan pengalaman pertama buat gue join open trip keluar negri :hero:

* * * * *

PERSIAPAN DARI INDONESIA SEBELUM KE TIBET

Karena gue sudah mantap ikut open trip tersebut, maka hal pertama yang gue lakukan adalah membeli tiket pergi pulang Airasia rute Jakarta – Chengdu mengikuti tanggal si inisiator thread open trip yaitu miss @Gama, sayang harga tiket AirAsia nya tidak semurah yang dia dapat :wait:

Total terdapat 7 orang pada akhir nya yang ikut open trip ke Tibet ini, 4 di antara nya yang punya instagram adalah miss @Gama, mister @Thewa, mister @Prim, mister @Adrian ( senang bisa trip bareng kalian guys! hahaha… ).

Berikut adalah ringkasan timeline persiapan gue menuju Tibet sejak dari Indonesia :

Oktober 2015

  • Confirm join open trip ke miss Gama

 

November 2015

  • Issued ticket Pergi Pulang AirAsia Jakarta – Chengdu
  • Setelah membeli tiket, baru nyadar ternyata tanggal 01-07 Oktober itu merupakan hari libur Golden Week di China :wtf:

 

Januari 2016

 

Februari 2016

  • Deal harga 4.620 CNY untuk tour 8 hari dengan TibetTravel.org
  • Bayar DP 50 USD / orang menggunakan kartu kredit
  • Jika membeli tiket kereta menggunakan jasa tour agent maka harus membayar full price tiket kereta nya
  • Kena Additional Charge 4% dari total transaksi karena bayar menggunakan Kartu Kredit terbitan luar negara China ($_$)
TibetTravel.org Down Payment Receipt

TibetTravel.org Down Payment Receipt

 

Maret 2016

  • Membeli tiket Pesawat China Eastern Airlines Lhasa ke Chengdu di ChinaTravelDepot seharga sekitar 1.3 juta Rupiah dari harga normal nya sekitar 3 juta Rupiah
  • Buat cek harga tiket pesawat setiap hari nya memakai SkyScanner
  • Sempat galau buat sekalian beli tiket pesawat Chengdu ke Lhasa karena dapat harga promo juga, cuma jadi nya batal dengan pertimbangan Aklimatisasi ketinggian dan once in a lifetime experiences naik kereta 48 jam melihat pemandangan yang awesome!
Harga Tiket Pesawat ke Tibet

Harga Tiket Pesawat ke Tibet

 

Agustus 2016

  • Membeli tiket Kereta jenis Hard Sleeper rute Chengdu – Xining – Lhasa
  • Perbedaan Soft Sleeper dan Hard Sleeper pada kereta China adalah :
    • Jumlah ranjang dalam 1 ruangan untuk Soft Sleeper ( 4 Ranjang ) dan Hard Sleeper ( 6 Ranjang )
    • Ruangan Soft Sleeper ada pintu penutup, Hard Sleeper berupa ruangan terbuka
  • Booking Fee 40 Yuan + Additional Charge 3% dari total transaksi karena bayar menggunakan Kartu Kredit terbitan luar negara China ($_$)
  • Beli tiket kereta China nya di Ctrip atau buat yang hanya punya satu suku nama di ETripChina ( Note : untuk yang hanya punya satu suku nama jangan coba-coba beli tiket kereta dengan sistem perulangan nama seperti di tiket pesawat )
  • Urus sendiri persyaratan membuat Visa China seharga Rp 540.000

Sebenar nya membeli tiket kereta rute Chengdu ke Lhasa ini penuh drama ketidakpastian. Normal nya penjualan tiket online kereta di China itu adalah 60 hari sebelum keberangkatan. Jadi pada kasus gue yang mengincar tiket kereta rute Chengdu ke Lhasa buat tanggal 30 September 2016, seharus nya sudah mulai bisa beli di kisaran tanggal 30-31 Juli 2016. Tapi fakta nya sampai pada tanggal 07 Agustus 2016, tiket nya masih belum available belum di beli :noooo:

Waktu itu gue panik dong apa jangan-jangan tiket nya udah di borong travel agent lebih awal karena memang waktu trip Tibet ini bertepatan dengan Libur Golden Week di China. Akhir nya buat dapat kepastian beli tiket kereta online ke Tibet ini, rute Chengdu – Xining – Lhasa di ambil lah walau dapat harga lebih mahal, hikkssss…….. Dan yang bikin gue tambah gregetan, ternyata rute kereta Chengdu – Lhasa nya mulai di jual online pada tanggal 11 Agustus 2016, dan available seat nya masih banyak :silence:

Perbandingan Harga Tiket Kereta Soft Sleeper dan Hard Sleeper rute Chengdu ke Lhasa

Perbandingan Harga Tiket Kereta Soft Sleeper dan Hard Sleeper rute Chengdu ke Lhasa

 

September 2016

  • Pesan penginapan buat di Chengdu dengan menggunakan jasa Booking.com
  • Akhir nya memutuskan hari pertama dan kedua di Chengdu menginap di Hostel Mrs Panda ( 42 Yuan / Night ) sekaligus memesan jasa pick up service ( mobil 10 person ) seharga¬† 200 Yuan

 

* * * * *

BERANGKAT KE CHENGDU DENGAN AIRASIA

Perjalanan Airasia Jakarta ke Chengdu dan Penampakan Bandara Chengdu Shuangliu dari luar

Perjalanan Airasia Jakarta ke Chengdu dan Penampakan Bandara Chengdu Shuangliu dari luar

Akhir nya tiba lah tanggal 28 September 2016, di bandara Soekarno Hatta terminal 2E depan counter AirAsia ketemu untuk pertama kali nya teman-teman open trip ke Tibet ini setelah selama 11 bulan hanya komunikasi di Whatsapp haha… Sempet ada masalah kecil sama jumlah bagasi yang tidak cukup ( Bagasi 20KG – Sharing berdua ) tapi untung saja bisa teratasi dengan cepat.

Landing mulus di bandara LCCT KL lalu transit lagi 5 jam di habiskan dengan nonton, tidur, ngobrol kaga jelas haha.. Dan sampai akhir nya flight lagi ke bandara Chengdu Shuangliu Airport, tiba di jam 22.40 ( Waktu China GMT + 8, 1 jam lebih awal dari Jakarta GMT + 7 ). Di Bandara Chengdu ini ketemu cici + koko dan akhir nya lengkap lah total 7 orang keseluruhan peserta open trip ke Tibet ini.

Di gate arrival, supir mobil dari Hostel Mrs Panda langsung terlihat dan perjalanan ke Hostel lancar banget ya karena faktor sudah berganti hari hahaha… Gue pikir awal nya udara di Chengdu bakal lumayan dingin karena datang di akhir September ( peralihan ke musim Gugur ), ternyata biasa aja suhu udara nya.

Ending di hari itu adalah rombongan gue ( 7 orang ) dapat nasi + kotak makan secara GRATIS dari restoran yang terletak di depan Hostel Mrs Panda, padahal awal nya mau beli tapi engga tau kenapa malah di kasih gratis hahaha…. akhir nya makan dini hari bareng lah gue dkk dengan nasi gratisan ala Chengdu + lauk pauk yang di bawa dari Jakarta :yeah:

8 thoughts on “Hari 1 : Persiapan Sebelum ke Tibet dan Tiba di Chengdu

  1. sylvia

    Hi Frenkey,
    Boleh tolong dijelasin lg dunk ini maksudnya apa yach?

    Beli tiket kereta China nya di Ctrip atau buat yang hanya punya satu suku nama di ETripChina ( Note : untuk yang hanya punya satu suku nama jangan coba-coba beli tiket kereta dengan sistem perulangan nama seperti di tiket pesawat )

    Soalnya namaku 1 suku kata & baru mau beli tiket train china

    Thx

    Reply
    • sylvia

      Sorry, Ternyata sudah terjawab di artikel hari kedua.
      Kalau misalnya kita beli dengan memisahkan suka kata bisa gak yach kira2.
      Mis: namaku kan SYLVIA jadi SYL VIA, soalnya seingatku dulu pernah naik pesawat pas ikut tour di China dengan cetakan seperti itu.
      Maap, pake bikin2 teori sendiri :P

      Reply
      • Frenky Post author

        Seperti nya ga masalah kalau misahkan kata tersebut, yang penting pengucapan nya sama sih. Tapi kaya nya sih yang masalah pengecekan nama tiket ini jadi sensitif karena tujuan kereta saya mau ke kota Tibet, jadi benar-benar di cek banget nama nya.

        Kalau ke kota-kota China lain nya yang ga pake permit2an, aman sih harus nya.

        Reply
  2. Maya

    Minta info mungkin baca kurang fokus,pesan tiket keretanya itu ada Webnya apa ya KO,namanya hehehe

    Reply
  3. stew

    Hi Frenkey,

    Keren blognya, btw ke tibet cuma perlu visa china single entry ya? Waktu masuk tibet apa ga dianggap udah keluar dari china? Atau gimana? Kan nanti pulangnya masuk china lg tuh?

    Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Tibet masih satu teritori sama negara China, jadi engga di anggap keluar dari negara China. Visa China Single Entry udah cukup buat masuk Tibet dari China.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: