Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat

Berhubung masa aktif paspor gue akan habis kurang dari 6 bulan lagi di tahun 2015 dan karena kebetulan negara Jepang sudah memberlakukan bebas visa untuk para pemegang Elektronik Paspor ( E-Paspor ) Indonesia, maka gue pun berencana ingin mengganti paspor lama dengan E-Paspor. Tapi sayang rencana hanya lah tinggal rencana karena entah kenapa alasan nya stok E-Paspor di seluruh kantor imigrasi Jakarta per bulan Maret hingga post ini di buat tetap kosong.

Karena tidak ada kepastian kapan stok E-Paspor di adakan kembali, akhir nya gue pun memilih membuat pasport biasa 48 halaman saja. Secara umum persyaratan perpanjang paspor cukup mudah dapat di lihat langsung pada website imigrasi langsung pada link Persyaratan Dokumen, atau kalau berdasarkan pengalaman pribadi, gue hanya menyiapkan dokumen sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP dan Asli
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Asli
  • Fotokopi Akta Kelahiran dan Asli
  • Fotokopi Paspor Lama ( Halaman Depan bagian Identitas dan Halaman Belakang bagian Alamat ) dan Asli
  • Dokumen Fotokopi harus menggunakan kertas A4 dan jangan di potong, biarkan saja apa ada nya
Paspor 48 Halaman

Paspor 48 Halaman

Untuk proses pembuatan paspor 48 halaman ini sendiri gue memilih jalur Walk-In karena terjebak dalam ketidakpastian ketersediaan stok E-Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, berikut kronologi dan timeline pembuatan paspor 48 halaman berdasarkan pengalaman pribadi di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat :)

* * * * *

16-FEB-2015

Mencoba mendaftar pada link Pendaftaran Paspor Online untuk pendaftaran secara online dan ternyata pilihan pembuatan E-Paspor secara online sudah di hilangkan per 01-FEB-2015 sehingga gue asumsikan saat itu Pendaftaran E-Paspor harus secara Walk-In

Pilihan E-Paspor di hilangkan

Pilihan E-Paspor di hilangkan

* * * * *

20-FEB-2015

Karena domisili gue di Jakarta Barat, akhir nya coba datang langsung ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat jam 06.30 dan di tanya satpam keperluan nya, dan yang bikin gue sedih adalah di beritahukan stok E-Paspor habis di Kantor Imigrasi Jakarta Barat dan di suruh mencoba ke Kantor Imigrasi lain. Ya sudah akhir nya karena Kantor Imigrasi Jakarta Pusat adalah yang paling terdekat, gue pun coba nekat datang kesana dengan tujuan hanya sekedar nanya stok E-Paspor saja apakah tersedia atau tidak dan di jawab masih tersedia oleh si Pak Satpam

* * * * *

02-MAR-2015

Mendapat reply email dari Kantor Imigrasi Jakarta Barat yang menyatakan stok E-Paspor masih kosong

Jawaban via Email dari Kantor Imigrasi Jakarta Barat

Jawaban via Email dari Kantor Imigrasi Jakarta Barat

* * * * *

 03-MAR-2015

Akhir nya langsung datang nekat ke Kantor Imigrasi Jakarta Pusat pada waktu subuh dengan harapan dapat nomor antrian awal secara Walk-In

  • 04.30 Sampai di depan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan ternyata sudah ada yang datang 4 orang ( 1 keluarga ), gue pun ikut mengantri di depan pintu masuk.
  • 05.00 Petugas parkir datang, mengarahkan antrian menjadi ke depan pintu keluar karena antrian semakin panjang.
  • 06.30 Pintu gerbang Kantor Imigrasi di buka, satpam membagi dua antrian antara yang datang secara Walk In dan Online. Lalu di tahap ini di umum kan jika pembuatan E-Paspor tidak dapat di lakukan karena stok nya sedang kosong, aduh langsung lemas gue dengar pengumuman itu dan langsung seketika berubah pikiran membuat paspor biasa 48 halaman saja. Kemudian di cek kelengkapan dokumen oleh si Pak Satpam dan gue pun mendapat nomor antrian 5 untuk yang daftar secara Walk In, lalu masuk ke dalam dan duduk manis untuk menunggu loket pendaftaran dibuka.
  • 07.00 Loket pendaftaran di buka, nomor antrian Walk In dan Online di panggil terpisah, karena gue mendapat nomor 5, gue pun langsung maju karena sekali panggil 5 orang. Lalu di cek kelengkapan dokumen nya kembali dan di berikan map kuning beserta kertas formulir yang harus di isi. Kemudian diarahkan untuk naik ke lantai 2 untuk menunggu panggilan interview yang di mulai jam 08.00
Map Kuning dan Formulir Imigrasi

Map Kuning dan Formulir Imigrasi

  • 08.00 Panggilan Interview di mulai, panggilan antara pendaftar Walk-In, Online dah Prioritas di bedakan, karena gue mendapat nomor antrian awal, gue hanya menunggu sebentar untuk mendapat panggilan proses Interview. Proses Interview nya sendiri hanya menanyakan data pribadi seperti pekerjaan, tujuan ke luar negri, alamat tinggal dan sebagai nya.
  • 08.30 Proses selesai, di berikan info bahwa proses jadi nya paspor adalah hari Senin ( 9-Maret-2015 ) mulai dari jam 09.00 dan kemudian gue mendapat 2 lembar kertas, 1 lembar untuk tanda terima penyerahan SPRI dan 1 lembar untuk tagihan pembayaran yang dapat di bayarkan lewat Bank BNI semua cabang. Buat anda yang mempunyai kartu ATM BNI dapat juga langsung melakukan pembayaran menggunakan debit ketika proses Interview.
Tanda Bukti Pendaftaran Paspor Selesai Di lakukan

Tanda Bukti Pendaftaran Paspor Selesai Di lakukan

  • 09.00 Mampir dulu di Bank BNI yang terletak persis di belakang Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, lalu melakukan pembayaran sebesar Rp 355.000 untuk Paspor Biasa 48 Halaman.
Bukti Pembayaran dari Bank BNI

Bukti Pembayaran dari Bank BNI

* * * * *

09-MAR-2015

Sesuai yang di instruksikan, jam 09.00 gue datang ke loket pengambilan di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan menyerahkan tanda bukti pembayaran dari Bank BNI serta tanda terima penyerahan SPRI, tidak lupa juga memberitahukan ke petugas bahwa gue ingin mengambil kembali paspor yang lama. Tidak berapa lama, paspor baru dan lama pun sudah di tangan gue kemudian di instruksikan oleh petugas untuk fotocopy depan dan belakang paspor baru sebagai data arsip mereka. Mampir sebentar ke tempat fotocopy-an yang ada di lantai 1 dan kembali ke loket pengambilan, dan selesai sudah proses pembuatan paspor gue yang baru. Bonus dari pembuatan paspor baru biasa 48 halaman ini adalah tiap halaman paspor lebih berwarna dan mencerminkan kekayaan alam Indonesia :wow:

Tampilan Baru Paspor 48 Halaman

Tampilan Baru Paspor 48 Halaman

Tampilan Baru Paspor 48 Halaman

Tampilan Baru Paspor 48 Halaman

* * * * *

Berikut tips dari gue buat anda yang ingin melakukan pembuatan atau perpanjang paspor adalah :

  • Prioritas kan untuk menggunakan Fasilitas Pendaftaran Online jika memungkinkan daripada harus ngantri subuh
  • Jika terpaksa harus Walk-In datang se-subuh mungkin ( jam 04.00 – 05.00 ) untuk menjamin mendapatkan nomor antrian, pengalaman 2 kali ikut ngantri Walk In di imigrasi Jakarta Pusat jam 07.00 nomor antrian Walk In sudah habis
  • Siapkan bolpoint tinta hitam dari rumah
  • Fotokopi dokumen dari rumah
  • Gunakan pakaian sopan dan rapi lalu jangan gunakan pakaian putih polos
  • Untuk yang ingin membuat E-Paspor, tanya dulu via telpon / email ke Kantor Imigrasi yang akan di tuju apakah sudah tersedia stok nya. Update per 13-MAR-2015, stok E-Paspor sedang dalam proses pengadaan, sumber : Website Imigrasi ( Persediaan Elektronik Paspor )
  • Update per 20-APR-2015, stok E-Paspor sudah tersedia kembali, sumber : Website Imigrasi ( Paspor Elektronik Kembali Tersedia )

Demikian lah sharing pengalaman gue dalam proses perpanjangan paspor lama atau mungkin lebih tepat nya disebut pembuatan paspor baru karena nomor paspor yang di dapat juga baru, semoga berguna, salam sukses! :bye:

46 thoughts on “Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat

  1. alex

    @admin,
    Aku sudah jalanin verifikasi walk-in permohonan paspor baru untuk anak, dan sudah dapet sms kode billing,, masalahnya sms nya terputus di kode billing, gimana cara kita dapetin lagi sms kode billing untuk bayar ke bank ? Tq

    Reply
  2. riko

    sekedar berbagi pengalaman, e-ktp saya Palembang, saya kerja dan tinggal di Jakarta, kebetulan saya hari ini baru saja kelar mengurus e-paspor di Kanim Kelas 1 Jakarta Barat setelah bolak balik dari hari Jumat kemaren. ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, bisa jadi berbeda dengan yang lain.

    untuk e-ktp di luar Jakarta selain e-ktp, akta lahir, dan kartu keluarga (asli & fotokopi di kertas A4); diperlukan juga Surat Domisili RT/RW di Jakarta / Surat Keterangan Kerja (walaupun dalam kasus saya dua-duanya diminta juga), lebih baik lagi jika ada Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal di Jakarta (dibubuhkan materai dan diketahui ketua RT sesuai yang mengeluarkan Surat Domisili), dan fotokopi rekening tabungan / rekening koran dengan saldo terakhir minimal Rp 25 juta.

    hari jumat kemarin karena kurang Surat Domisili RT/RW dan fotokopi rekening tabungan, akhirnya saya disuruh balik lagi hari seninnya. sepengetahuan saya, mengenai fotokopi rekening tabungan dengan saldo terakhir minimal Rp 25 juta ini memang baru diterapkan di Kanim Jakarta Barat tetapi memang tidak diberitahu ketika pengarahan berlangsung. akibatnya banyak pemohon yang tidak tahu jadi ditolak atau disuruh kembali lagi lain hari untuk melengkapi kekurangan data penunjang tersebut.

    sempat saya tanyakan lagi ketika tadi diwawancara petugas mengenai fotokopi rekening tabungan ini dan ada ditunjukkan surat edaran dari kementrian juga oleh petugasnya, selain itu juga menurut petugas tadi tidak hanya pemegang e-ktp daerah saja yang diwajibkan melampirkan fotokopi rekening tabungan/koran tapi juga e-ktp DKI apabila ingin membuat e-paspor.

    Reply
  3. Netty Yunita

    Terima kasih atas sharingnya sangat bermanfaat sekali.
    Btw sy mau perpanjang paspor pinginnya bikin e paspor, tp sy baca utk kelengkapan dokumennya diminta surat referensi jika alamat ktp tdk sesuai dgn area kantor imigrasi. Cth sy KTPnya Bekasi, mau perpanjang e paspor di Jkt Pusat. Sy ibu Rumah tangga. Dr mana saya dptkan surat referensimnya sedangkan sy tdk bekerja di perusahaan?
    Apakah bs referensi dari kantor suami?
    Terus apakah jadwal yg diberikan dr ktr imigrasi selalu tidak berbeda dgn jadwal yg kita ajukan?
    apakah ada tips agar jadwal yg diberikan sesuai dgn jadwal permohonan/pengajuan kita/
    mohon bantuannya. terima kasih..

    Reply
    • Frenky Post author

      Surat referensi tidak perlu sama sekali ya, ga masalah kok perpanjang paspor dimana aja, teman saya orang luar Jakarta, perpanjang paspor di Jakarta ( karena kerja di Jakarta ) tidak ada masalah sama sekali.

      Untuk masalah jadwal, itu tergantung ketersediaan nya ( kuota ) per hari nya, pengalaman sih kaga pernah dapat sesuai yang di inginkan ya karena kuota nya selalu sudah habis.

      Reply
  4. Fandy

    Saya mau bertanya. Saya mau memperpanjang pass port secara online dan sudah bayar ke bank bni. Saya sudah pilih tanggal juga, tldi tahap 4 ad tulisan permohonan sudah di kirim ke kantor imigrasi yang telah di pilih. Dia bagian bawahnga ad tombol lanjut. Adanya batal.
    Tahap ke 5 belum berhasil pasan tidak ad jawaban email dr spri.

    Bagaimana kelanjutannnya?

    Reply
  5. dian

    kak mau nanya. kl misalkan udh kesepakatan daftar online itu dateng nya tgl 12 april 2016, kl misalkan saya dateng nya tgl 1 april tp bawa kelengkapan dokumen, kira2 diterima gak ya ka ? bisa gakya ? soalnya urgent butuh awal april :(

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Dian,

      Menurut saya sih kamu pasti di tolak ya karena tiap hari itu kan udah di jatahkan per hari berapa slot, kalau kamu tiba-tiba datang yang beda jadwal nya sesuai yang di daftarkan, nanti kamu pakai slot punya siapa dong?!?

      Kamu sudah bayar belum ya? Kalau belum bayar ( baru registrasi doang buat daftar online ), lebih baik langsung datang walk in aja ya.

      Reply
  6. wiwi

    Halo kak aku udh daftar online perpanjangan paspor .paspor aku habia bln oktober kalo di perpanjang skrg bs kan ? Soalnya mau pergi di bulan mei dan mau pesan tiket harus ada no paspor .
    Tapi alamat rumah aku skrg berbeda dgn yg pertama buat itu kira2 bisa diganti lgsg disitu apa bagaimana ya? Kmrin pas daftar pilih nya perpanjang paspor aja. tgl bayar tp sy blm pilih wkt itu tgl brp dtgnya lgsg saya lanjut dan submit sampai dpt email hrs byr k bank

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Wiwi,

      Setau saya sih perpanjang nya baru minimal 6 bulan sebelum masa habis berlaku, tapi nanti kalau tidak bisa, bilang saja mau di pakai keluar di bulan Mei, seharus nya tidak ada masalah sih.

      Nanti langsung lapor ke petugas aja pas wawancara, bisa revisi alamat menjadi alamat baru.

      Kalau proses perpanjang passpor online, jangan lupa pilih tanggal kedatangan sehabis bayar di bank ya, nanti ada kode konfirmasi pembayaran gitu. Kalau proses pilih tanggal kedatangan sudah dilakukan, nanti ada email konfirmasi final yang di tunjukkan ke kantor imigrasi :)

      Reply
      • wiwi

        Hi kak . aku udh bayar dan udh konfirm tgl kedatangan .setelah di klik lanjut langsung otomatis kmbali lagi ke beranda .apa itu proses nya sudah selesai?soalnya tidak ada notif lagi di email nya

        Reply
        • Frenky Post author

          Hi Wiwi,

          Kalau sudah konfirm tanggal kedatangan seharus nya dapat email final yang isi nya dokumen konfirmasi untuk di cetak dan di bawa ketika di hari kedatangan.

          Title dokumen konfirmasi nya “Tanda Terima Permohonan”, bla2…

          Jadi inti nya dapat 2 email, 1 isi nya untuk surat pengantar pembayaran ke bank, setelah selesai di bayar nanti konfirmasi tanggal kedatangan, nah di proses finalisasi ini dapat email lagi.

          Kalau tidak dapat email nya, coba minta dikirimkan lagi email nya di menu “KIRIM ULANG EMAIL KONFIRMASI PRA-PERMOHONAN” ( https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/general/container.jsp?1454324363542 )

          Reply
          • wiwi

            Oke sudah dapat email nya .file terlampirnya harus di print semua kah ? Terus pas di bagian data diri nama ayah saya sama dengan nama ibu .itu kira2 bisa di ganti ga ya nnti datanya? Apa akan jadi ribet lagi gara2 salah ketik

            Reply
          • Frenky Post author

            Yup benar di print semua file yang terlampir.

            Untuk salah pengetikan nama bisa saja nanti pas bagian wawancara di verifikasi lagi, pengalaman sih nama nya itu mengacu nya ke akta kelahiran ya.

            Reply
  7. puspa

    Saya mau tanya, kalau paspor saya matinditahun 2014. Saya mau memperpanjang, kira2 jadinys berapa hari ya?

    Reply
  8. Dewi Sukaesih

    :beg: Hai ..
    saya punya passport sudah lama mati, waktu pembuatan thn 1999 masa habisnya thn 2004 kalau saya perpanjang masih bisa??
    Dan saya tidak punya akte kelahiran kira2 dokumennya kurang melengkapi atau bagaimana yah?? Supaya waktu saya tidak terbuang sia2 untuk bulak-balik dengan dokumen yg tidak lengkap.
    Sekarang kira-kira biaya perpanjangan passport berapa yah…
    trimakasih untuk infonya :ahaaah:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Dewi,

      Masih bisa untuk di perpanjang hitungan nya.

      Jika mengaju ke persyaratan imigrasi di http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan maka syarat Akte Kelahiran bisa di ganti dengan salah satu nya “c. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis”

      Tapi menurut saya lebih baik coba di urus pembuatan dokumen akta kelahiran ke kelurahan setempat agar lebih aman dan menjamin :sigh:

      Biaya perpanjang passpor masih sama 48 halaman biasa 355ribu, kalau 48 halaman E-Passpor 655ribu.

      Reply
  9. suyono

    mohon info nya mba atau mas disitu sekiranya kalau nama cuma ada 1 suku kata apakah tidak diperbolehkan/dipersulit ketika berkunjung ke luar negeri . saya dapat info tadi baru saja intinya satu suku kata apakah harus ditambah berdasarkan pasport anda dan aoakah bisa digunakan di luar negeri contoh nama saya ; suyono
    thanks infonya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Suyono,

      Tidak ada masalah sama sekali dengan nama satu suku kata, berkunjung keluar negri biasa saja tidak ada hambatan.

      Tapi mungkin jika nama satu suku nya terlalu umum, di beberapa imigrasi yang paling banyak di kunjungi orang Indonesia, contoh Singapore, bisa di bawa ke ruang imigrasi untuk di tanya singkat seputar tujuan datang, penginapan, uang yang di bawa, dsb :)

      Reply
  10. Vera

    Hai mau tanya aku kan paginya ada kuliah ni,kalau datang jam 10/11 gimana ya?tapi aku sudah daftar online gitu..jadi tinggal dtg aja..bakal kebagian gak ya?kalo sampe gak kebagian duitnya bakal hangus dong? :( mau bolos kuliah tp sayang,absen ada trs ip bisa ditambahin hihi..

    Ohiya untuk fotocopy ktp itu bagian belakangnya aja kan?yg bagian biodata aja?atau sama depannya ya?dijadikan 1 halaman?

    thankyou

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Vera,

      Jika Vera sudah daftar online PASTI dapat kuota nomor antrian karena sudah di atur oleh sistem dan juga jalur nomor antrian nya beda antara walk-in dan online, tapi pastikan saja hari itu untuk hari yang di daftarkan datang atau uang bakal hangus.

      Masalah datang agak siang paling hanya antri foto saja mungkin akan lama karena sedang jam-jam ramai.

      Yang bagian biodata saja sudah cukup, harus dalam ukuran A4 ya kertas nya jangan di potong.

      Siapkan fotokopi kelengkapan dokumen rangkap 2 untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan ( pengalaman pribadi ) :)

      Reply
      • Vera

        oke thankyou ya infonya,ohiya kita bakal butuh materai sgala gak sih?lalu kalau mau minta paspor yang lama harus isi form lagi atau langsung dikasi ama petugasnya pas ambil paspor baru skalian ya makasihh

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau udah punya KTP dan identitas semua nama dari KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sama semua tidak ada masalah sih. Pengalaman pribadi sih saya engga pake materai sama sekali karena tidak ada masalah dengan dokumen.

          Itu tergantung petugas nya juga, waktu kasus saya langsung minta aja, engga pake form2an, cuma pernah baca sharing di forum harus pakai form gitu :)

          Reply
          • vera

            hi kmrn aku udah selesai urus pas hari jumat nih.. nah kan petugas bilang kamis baru datang lagi untuk ambil kan.. trs td aku iseng nih coba cek di website aku kan masukin nomor permohonan aku 111…. trs abis masukin captcha nih nomor permohonannya berubah jd 11….. tp blkgnya sama smua.. trs statusnya selesai gitu, tp aku browsing2 lagi katanya kalo udah bisa diambil itu tulisannya serahkan paspor sama ktnya kalo status selesai itu gak tau artinya apa, kan adanya proses cetak ama uji kualifikasi gitu.. haduh aku jadi bingung nih.. kak frenky tau nomor hotline kanim jakpus gak ya buat cek status paspor gitu?makasih ya

            Reply
            • Frenky Post author

              Hi,

              Maksud kamu cek status di sini ya? https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/CheckStatus.jsp jika iya saya belum pernah coba fitur cek status passpor nya haha..

              Menurut saya sih ambil passpor nya ( kalau tidak yakin sudah jadi ) di tambah 3 hari dari tanggal yang sudah di berikan saja. Pengalaman pribadi saya sih, 2 kali perpanjang passpor, tanggal yang di berikan petugas untuk pengambilan passpor baru nya itu benar ada nya si passpor baru sudah jadi dan siap di ambil :)

              Untuk contact kanim Jakarta Pusat saya ambil di website nya langsung
              JAKARTA PUSAT
              JL. MERPATI BLOK B 12 NO.3, KEL.GUNUNG SAHARI SELATAN, KEC.KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA, 10720
              Telp.(021)-6541209, 6541211 (Lts), 6541214 (Was), 6541213 (tu)
              Faks.(021)-6541210
              HP.08211233884 (informasi & pengaduan) ; 082111087271 (SMS CENTER)08211233884 (Informasi & Pengaduan)
              kanim_jakpus@imigrasi.go.id
              kanimjakpus.dki@gmail.com
              http://jakartapusat.imigrasi.go.id

              Reply
  11. jeing

    Sangat bermanfaat sharing begini.
    Saya sdh 2x bikin paspor sendiri di kanim JakPus dan lancar. Waktu itu datang jam 8 ok-ok saja, hanya waktu antri foto sering diselak jadi selesai sore hampir jam 3.

    Sekarang mau perpanjang tapi tunggu waktu kapan bisa bangun subuh. Kalau daftar online, takut pas hari H berhalangan hadir. Yg sdh dibayar kan jadi hangus. Begitu kan ? Saya baca obrolan kanim dan calon pembuat paspor di web kanim, tdk ada solusi bagi yg online sdh bayar dan tdk bisa hadir foto.

    Saran saya, paspor lama yg sudah ada visa atau cap, diambil kembali. Sewaktu2 diperlukan ketika bikin visa.

    Terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Jeing,

      Yup untuk pendaftaran online, biaya yang di bayarkan hangus jika hari H yang telah di daftarkan sebelum nya ternyata berhalangan hadir.

      Pendaftaran Walk In dan Online ada keuntungan dan kerugian nya, tapi untuk yang Online lebih di rekomendasikan sih di bandingkan Walk In :)

      Thanks ya buat sharing dan komentar nya :)

      Reply
  12. Alice

    Thank info-nya, berguna banged. Saya last week juga baru perpanjang disana. Dateng jam 4.25 pagi saja sudah antrian no.11, tapi ternyata saat masuk, antrian wawancaranya no.4 karena yg ngantri byk yg kurang siap dokumen2 yang diperlukan sehingga pulang lagi. Alhamdulillah lancar, katanya seminggu prosesnya, jadi besok lusa baru bisa diambil.
    :yeah: :cheer:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Alice, senang info nya berguna buat yang membaca ;)

      Semoga cepat jadi ya passport nya dan langsung di pakai jalan-jalan ke luar negri :yeah:

      Reply
      • Alice

        Hi, udah dapet, nunggunya juga gak lama 10-15 menit, ambil di lt.2, dan dikasih e-paspor-nya tapi saya gak diminta untuk fotocopy cuma perlu pilih emoticon smile (puas) di layar kepuasan pelayanan. Saya pilih yg e-passport, cover penutup depan belakang sekarang keras dan lebih tebel dan ada peringatan dicover belakangnya : paspor dilengkapi cip elektronik, tidak boleh ditekuk, dilipat, dilubangi, dicelupkan dlm cairan, atau dibanting, trus tdk boleh ditaro di tmpt yg sangat panas/lembab, atau deket elektromagnetik sperti tv, microwave dll.

        :sweating:

        hahahaha

        Reply
        • Frenky Post author

          Hi trims ya sudah mau cerita pengalaman buat e-passport nya, info nya sangat bermanfaat sekali ;)

          Karena e-passport nya sudah jadi, berarti tinggal beli tiket dan berangkat jalan-jalan dehhhh :ahaaah:

          Reply
    • Frenky Post author

      Hi Reggy,

      Yang ini saya kurang tau sih, coba email / telp ke kantor imigrasi yang akan di tuju ya, pengalaman saya dan teman-teman yang pernah membuat passport sih tidak ada yang 1 hari jadi, selalu di suruh ambil passport jadi nya 3-5 hari kerja ke depan.

      Reply
  13. Josephine

    Kak mau ty fotocopy paspor hal dpn & blkg dijadikan dlm 1 hal atau beda hal.Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Eh ada Josephine lagi, beda halaman fotocopy nya, daftar online aja daripada ngantri dari subuh kaya gw :(

      Reply
      • Josephine

        Udh dft online kak tinggal wawancara plus foto aja.oh jd 2 hal diperbesar uk A4 ya, paspor lama bisa diminta lg kan.tks infonya

        Reply
        • Frenky Post author

          iyup jadi 2 halaman, cukup bilang aja tukang fotokopi nya jangan di potong ( biarin apa ada nya ), terus pakai kertas A4.

          Bisa di minta lagi, waktu itu sih pengalaman pribadi ketika hari-H pengambilan bilang mau ambil passpor lama, terus langsung di kasih deh :)

          Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: