Hari 10 : Perjalanan ke Everest Base Camp dari Tibet, Not a Nice Experience

Akhir nya trip ke Tibet dan Everest Base Camp ini sudah memasuki hari ke 10 ( 07 Oktober 2016 ) dan Gunung Everest berada tepat di depan mata gue! Tapi walau terlihat menjulang tinggi dan terlihat ‘dekat’ jarak nya dari posisi berdiri gue, tapi ternyata lokasi start awal pendakian Gunung Everest ini masih lumayan cukup jauh. Agenda acara hari ini tidak ada yang spesial sih, hanya mengunjungi Everest Base Camp sama kembali lagi ke kota Shigatse, perjalanan panjang lagi deh di mobil :sweating:

MENUJU EVEREST BASE CAMP

Pagi ini gue terbangun sekitar jam 05.00, terbangun sepagi itu bukan karena ada jadwal trip pagi-pagi atau mau lihat sunrise, tapi karena gue KEDINGINAN!!! Gue terbangun selama 2 kali di sekitar jam 02.00 pagi karena dingin nya nusuk banget ke badan, itu semua gara-gara embun nya nembus bagian bawah tempat tidur gue, engga nyangka juga bisa tembus dari bawah tempat tidur, padahal gue dah pakai selimut tebal lapis 2 di atas badan :wtf:

Karena dingin nya nusuk banget saat itu di jam 05.00, gue pun mencari air hangat di termos yang untung nya masih ada, lumayan buat sekedar menghangatkan badan. Gue pun memilih keluar tenda untuk melakukan ‘ritual pagi wajib alias pipis’ di area luar di sebelah tenda, mumpung masih gelap langit nya, engga bakal ada yang ngeliat haha….  Sambil menunggu jam07.00 untuk keberangkatan ke Everest Base Camp dengan mobil, gue memilih jalan-jalan sekitar di area luar tenda untuk menghangatkan badan sambil di temani 2 bungkus coklat batangan yang lumayan buat nambah kalori di badan.

Suasana di sekitar area tenda pagi itu, Gunung Everest nya ketutup awan :(

Suasana di sekitar area tenda pagi itu, Gunung Everest nya ketutup awan :(

Untuk menuju Everest Base Camp dari area tenda Rongbuk ini, di sediakan mobil sejenis van gitu, biaya tiket nya 25 Yuan untuk roundtrip dan sudah termasuk dalam paket tour. Karena banyak turis lain nya yang juga mau kesana dan terbatas nya mobil van yang tersedia, jadi nya ngantri dulu deh sekitar beberapa menit di suhu udara yang rendah, tapi untung angin nya engga terlalu kencang. Karena posisi mobil van tidak jauh dari tempat gue berdiri, gue mengamati ada beberapa kali mobil van yang belum di hidupkan mesin nya ‘cukup susah’ di starter untuk hidup karena faktor suhu udara yang rendah, bahkan karena saking suhu udara nya yang rendah pake banget, kaca-kaca mobil nya tertutup salju semua!!!

Begitu di dalam mobil, suasana nya sekeliling nya hanya ada warna putih dan putih saja karena semua jendela mobil tersebut tertutup salju. Ketika mobil melaju, barulah ada pemandangan di area depan dengan bantuan wiper mobil + di lap manual dengan kain dari dalam hahaha…. Oh ya, jalanan menuju Everest Base Camp ini berbanding terbalik keadaan nya di bandingkan dengan jalanan dari Shigatse ke Perkemahan Rongbuk! Jalanan menuju Everest Base Camp ini sangat hancur parah ya memang karena asli nya jalur trekking batu-batuan buat jalan kaki tapi di paksa lewat mobil, jadinya otomatis selama di mobil harus pegangan erat-erat ya, beruntung sebelah gue adalah bule cewe cantik, jadi engga rugi dah nyenggol sebelah gue mulu buat bantalan badan dan hati gue #halah :shy:

Pemandangan Everest Base Camp

Pemandangan Everest Base Camp

Lama perjalanan di dalam mobil yang cukup menegangkan ini kurang lebih 15 menit, dan sehabis tiba di Everest Base Camp, yang awal nya gue semangat banget ke sini karena kirain bakal melihat sesuatu yang wooowwwww gitchu, eh ternyata cuma blank kosong gitchuuu tempat nya, yahhhhh!!! mending gue di mobil aja duduk di samping si bule cantik dah hahaha :peace:

Kirain gue itu awal nya ke Everest Base Camp ini bakal ngelihat kaya di film Everest gitu ya, banyak tenda warna warni, terus ada prayer flag warna warni ala Tibet, eh ternyata engga ada tenda pendaki Everest yang terlihat sama sekali! Dapat jawaban dari tour guide, karena bulan Oktober itu bukan musim nya pendaki alias sepi, jadi nya ya area itu kosong melompong deh buat di jadiin tempat tenda pendaki. Mana saat itu Gunung Everest nya juga ketutup awan tebal deh, benar-benar zonk banget dah keadaan nya, bingung juga ngapain disana jadi nya gue haha…

Paling hal menarik yang gue lihat adalah ada seorang wanita Brasil yang pakai tank top ganbar bendera Brasil gitu, hebat juga ide nya, kan di sini DILARANG banget ya keluarin bendera negara apapun, jadi nya pake baju gambar bendera gitu dah bisa di bilang nice idea and nice boobs #eh… Karena tidak ada hal yang bisa di lakukan di tempat ini, jadi nya engga lama-lama juga di Everest Base Camp ini, cuma 45menit aja, ya udah akhir nya balik lagi deh ke area perkemahan memakai jalur yang sama, bergejolak lagi dah isi perut, tapi untung duduk di sebelah cewe bule lagi, cihuyyyy…

Yeah, gue sudah resmi ke Everest Base Camp ( 5200 MDPL ) !!!

Yeah, gue sudah resmi ke Everest Base Camp ( 5200 MDPL ) !!!

Yang penting udah ada foto dengan background Gunung Everest, cihuyyy! ( Note : Foto di ambil di hari sebelum nya )

Yang penting udah ada foto dengan background Gunung Everest, cihuyyy! ( Note : Foto di ambil di hari sebelum nya )

KEMBALI KE SHIGATSE DARI AREA PERKEMAHAN RONGBUK

Pagi ini gue memilih hanya makan coklat batangan saja karena nafsu makan engga ada sama alasan sayang uang juga sih karena makanan di sini kan ya begitu deh, benar-benar ala kadar nya, gue memilih makan di tengah kota aja nanti nya. Jam 09.30 setelah sudah selesai packing semua barang, rombongan gue pun akhir nya resmi meninggalkan area Everest Base Camp ini untuk kembali ke Shigatse lagi, 7 jam perjalanan lagi deh di mobil melewati jalur yang sama menuju Everest Base Camp ini dari kota Shigatse.

Engga banyak yang bisa di ceritakan sih karena kondisi nya jalanan nya sama aja dengan cerita hari sebelum nya, jadi liat foto-foto jalanan nya di hari sebelum nya aja ya, malas posting ulang foto-foto nya di sini hahaha… Paling beda nya adalah di sini ketemu kawanan hewan ternak yang mengambil satu area jalanan, terus si supir nya klakson mulu dong engga ada ujung nya hahaha….. Entah kenapa si supir saat itu nyetir nya buru-buru amat, padahal ujung-ujung nya perlu nunggu beberapa menit dulu buat nunggu waktu tiba di setiap check point. Inti nya di setiap check point itu di cek waktu ketibaan nya, buat mencegah supir ngebut yang otomatis bisa mengurangi jumlah kecelakaan ( mungkin itu alasan nya ).

Pemandangan di perjalanan ke Shigatse dari Everest Base Camp

Pemandangan di perjalanan ke Shigatse dari Everest Base Camp

Kawanan Ternak Menyerang Jalanan, Makanan Yak Curry, Monumen 5.198 MDPL

Kawanan Ternak Menyerang Jalanan, Makanan Yak Curry, Monumen 5.198 MDPL

Selain itu ada mampir juga di sebuah kota ( lupa nama nya ), buat numpang makan siang gitu sih, waktu itu gue pesan makanan YAK CURRY seharga 35 Yuan. Sayang tetap aja rasa makanan nya engga enak walau harga nya udah segitu, tapi ya udah gue tetap makan habis sih karena belum makan berat dari pagi dan juga sayang dong sama harga nya hahaha… Habis itu sepanjang perjalanan engga ada yang spesial buat di ceritakan sih, sampai di kota Shigatse sekitar jam 5 sore gitu setelah 6-7 jam perjalanan di mobil, terus nginap lagi semalam di hotel yang sama dan tipe kamar yang sama, tidur nyenyak lagi dahhhh di hotel ini mengembalikan waktu tidur yang kurang waktu di tenda perkemahan Everest :wait:

Suasana Kamar Private Room - Tibet Gang Gyan Shigatse Hotel

Suasana Kamar Private Room – Tibet Gang Gyan Shigatse Hotel

One thought on “Hari 10 : Perjalanan ke Everest Base Camp dari Tibet, Not a Nice Experience


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: