Perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira, Bulukumba

Setelah puas solo travel di Toraja selama 2 hari, akhirnya saya pun kembali ke Makassar untuk melanjutkan petualangan seru selanjut nya menuju Tanjung Bira. Setelah menempuh 8 jam perjalanan lamanya, tanggal 23 Maret 2013 pukul 04.00 pagi akhirnya saya sampai di pool bus Litha Makassar. Kondisi kota Makassar saat itu masih cukup ‘terlelap’ karena suasana nya masih sepi sekali dan tidak terlihat ada nya sama sekali pete-pete yang lewat. Hal tersebut memaksa saya untuk duduk sendirian ditemani bangku panjang di pool bus dengan kenyamanan seadanya dan menunggu hingga suasana kota Makassar kembali ‘terbangun’.

Pukul 05.00 terlihat pete-pete sudah mulai ada yang lewat, saya pun bangkit mengumpulkan tenaga kembali dan mematung di pinggir jalan sambil melambai-lambai berharap ada pete-pete berhenti dengan tujuan Pasar Sentral untuk mampir ke rumah teman terlebih dulu. Sekedar info saja, alasan saya tidak memilih taksi karena saya takut harga nya di ‘ketok’ dan tidak memilih ojek karena takut ketemu geng motor di Makassar yang kebrutalan nya sudah cukup terkenal di media massa Indonesia :D

Bila perjalanan sebelum-sebelum nya di Makassar dan Tana Toraja saya hanya sendirian, maka perjalanan menuju Tanjung Bira ini saya akan di temani oleh 2 teman yang tinggal di Makassar yang kebetulan kedua nya wanita. Awal nya saya mengira perjalanan menuju Tanjung Bira dari Makassar kali ini akan menggunakan jasa mobil travel yang saya baca-baca di blog menghabiskan biaya per orang nya sekitar 55 – 65 ribu rupiah sekali jalan dengan lama perjalanan sekitar 4,5 – 5 jam. Ternyata kedua teman saya lebih memilih menggunakan motor pribadi dengan alasan praktis secara transportasi, lebih ekonomis dan tidak perlu duduk sempit-sempitan di dalam mobil travel (*pengalaman pribadi teman saya*). Saya sebagai pendatang dari Jakarta hanya mengangguk dan tersenyum sebagai tanda setuju atau bahasa gaul nya Challenge Accepted! :hero:

Saya & Motor menuju Tanjung Bira

Teman Saya yang Strong

Dengan menggunakan 2 motor, dengan posisi teman saya berboncengan berdua dan saya sendirian (*ditemani backpack + tripod*) kami pun berangkat pukul 10.00 dari Makassar. Curhat sedikit, sebenar nya keadaan saya saat itu sungguh tidak fit karena sedang mengalami flu sedang yang menjurus berat akibat kelamaan duduk di bus ber AC yang dingin banget waktu perjalanan pulang dari Toraja. Cuma demi menjaga gengsi dari teman saya, jadi saya pun tetap nekat naik motor menuju Tanjung Bira ini walau harus berkali-kali bersin dan membuang in*u* di tengah jalan :ill:

Cuaca pagi hingga siang saat itu cukup lah terik, panas nya menyengat mirip seperti suasana Jakarta. Yang menarik di sini menurut saya adalah cara pengendara motor dan mobil mengemudikan kendaraan nya. Sepanjang perjalanan dari Makassar – Tanjung Bira, umum nya cara berkendara nya tidak lah jauh berbeda dengan Jakarta bisa di katakan 11-12, beda nya di sini itu baik motor maupun mobil nya suka sekali membunyikan klakson nya tanpa alasan yang jelas. Saking sering terdengar nya suara klakson, lama-lama saya pun menggangap nya sebagai tanda ‘keakraban’ :D Tidak percaya dengan pengalaman saya? Coba saja datang kemari!

Hamparan Sawah sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bira

Secara umum perjalanan Makassar ke Tanjung Bira ini cukup menyenangkan karena pemandangan indah yang di tawarkan kiri dan kanan sepanjang jalan yang beraneka ragam. Saya sendiri menghitung total jarak yang di tempuh di kisaran 205 km dengan rincian sekitar 150 km jalur dominan lurus saja dan tiap 50 km itu menawarkan suasana berbeda seperti perumahan, sawah, deretan pohon kelapa dan pinggiran pantai. Hebat nya perjalanan 205 km ini di tempuh hanya dengan 2 kali berhenti, 1 di supermarket untuk membeli minuman botol dan 1 di pom bensin, jujur saya tidak menyangka teman saya begitu strong nya Woooohooooo!

Jalanan Aspal Mulus setelah 100 km dari Makassar

Dengan kecepatan stabil di kisaran 40-50 km/jam, akhirnya kami tiba di Tanjung Bira pukul 16.00 atau 6 jam perjalanan. Perlu di waspadai bagi anda yang mau mengendarai motor ke Tanjung Bira ini, walau secara umum kontur jalanan mulus beraspal setelah menempuh jarak 100 km dari Makassar tapi masih ada beberapa lubang ‘menganga’ yang cukup membahayakan yang bisa membuat motor terjungkal. Kalau masih dekat-dekat Makassar atau 100 km pertama sih jalanannya buruk banget karena lubang dimana-mana yang otomatis mengendarai motor nya pelan-pelan saja.

Selain itu pastikan berkendara dari pagi hari sehingga sampai di tujuan sore hari maksimal pukul 17.00 waktu Makassar karena banyak isu sering terjadi perampokan motor di daerah yang dilewati dari Makassar – Tanjung Bira ini. Dari sisi keamanan berkendara, karena jalanan relatif mulus, lebar, jalur dominan lurus dan arus lalu lintas lancar sekali mengakibatkan banyak kendaraan roda 4 yang melaju kencang seperti di sirkuit F1 sehingga berkendara di siang hari tentu dapat memberi penglihatan lebih buat pengendara motor maupun mobil.

Dari segi bahan bakar, perjalanan satu arah ini menghabiskan kira-kira 4 Liter bensin atau sekitar 18 ribu rupiah, jauh lebih hemat ongkos nya di bandingkan menaiki jasa mobil travel di kisaran 55 ribu sekali jalan selain itu tentu nya mendapat pengalaman baru yang tidak terbayarkan :siul:

26 thoughts on “Perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira, Bulukumba

  1. ainul yannasari

    assalamu’alaikum wr wb,. salam kenal kakak, begini akunya mau nanya kalau diving di tj bira itu untuk pemulanya ada diver masternya ngga?? trus kalau tidak tahu renang tapi mau diving bisa tidak,??

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai mba,

      Sepengamatan saya banyak operator diving di Tanjung Bira, spot diving nya sendiri di sekitaran Pulau Liukang sama Pulau Kambing.

      Karena belum punya pengalaman diving jadi jawab nya menurut pendapat aja ya :P

      Menurut saya sih pasti ada diver master nya yang nemenin mba kalau memang mau diving tapi ga bisa berenang, cuma kedalaman nya paling maksimal 10 meter-an :)

      Reply
  2. nyssa

    Halo.. bole tanya? Kalau supaya sampai di bira pk 04,00 kaya frenky, dr torajanya naik apa dan jam berapa ya? Trus misalnya jam 4-5 pagi sudah sampai makassar, naik apa ya yg bisa langsung ke bira? Soalnya aku pengen secepetnya sampe di bira supaya ga terlalu sore.. makasih ya sebelumnyaaa..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Nyssa, sorry late reply ya :(

      Dari Toraja nya waktu itu gue naik Bus Litha pukul 20.00 dan sampai di Makassar ( pool bus Litha ) keesokan hari nya sekitar pukul 04.00 pagi.

      Saran gue tunggu dulu di pool nya hingga pukul 05.30 pagi terus cari angkot aja ke Terminal Malengkeri ( cari info di blog lain ya untuk yang ini hehe.. )

      Dari Terminal Malengkeri biar praktis langsung cari aja angkutan yang cuss ke Tj Bira langsung tanpa stop, bayar nya emang lebih mahal dikit tapi langsung nyampe sesuai keinginan sis :)

      Reply
  3. natta

    hai gan mau tanya nih. Ane rencana libur th baru 4 hari di Sulsel, mau explore bantimurung, makassar, tj.bira, dan toraja. Bisa ga kira2 klo explore tj.bira hanya sehari dan PP? berangkat mksr-tj.bira pagi pulang tj.bira-mksr sore?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo bro Natta, kalau di tanya bisa atau ga, gue rasa bisa tapi sangat tidak direkomendasikan soalnya yang ada pasti tidak menikmati banget wisata disana, soalnya kan ada wisata Pulau Liukang dan Kambing yang harus di coba tuh.

      Lebih baik dipilih saja antara Tj Bira atau Toraja, semoga perjalanannya menyenangkan ya :bye:

      Reply
  4. vandyasmara

    benar2 penuh perjuangan klo ke bulukumba naik montor,,nggak kebayang kak capekx kayak apa,,hehehe…kemaren juga nganterin temen ke bira,,ngajakx sih naik montor,,tapi saya angkat tangan klo naik montor,,,akhirx dari makassar naik travel BMA (travel resmi) harganya 85rb,,agak mahal dari travel gelap (avanza,panther) tapi tidak berdesakan,,hehehe/

    Reply
    • Frenky Post author

      Capek nya terbayarkan ketika sudah sampai Tanjung Bira bro haha..

      Wah nice info bro, awal nya juga gue mau naik travel, tapi teman asli Makassar mau nya naik motor dan kebetulan ada motor kosong, jadi nya hajar aj deh naik motor :ngakak:

      Reply
  5. mahmudah

    halo mas salam kenal.jumat ini tgl6 des saya rncna kmakassar selama 7hari.rncna mau lgsg k tjg bira sih.tp saya msh nyari penginapan dikota makassar nya nanti stlh plg dr bira.mas ada saran ga penginapanx yg mudah akses kekota makasaarx.trmkah yaaa

    Reply
    • Frenky Post author

      Aduh sorry ga bisa kasih info penginapan di Makassar berhubung saya di Makassar waktu itu numpang tidur di rumah teman.

      Reply
  6. adica

    Hi Frenky, saya mau tanya nih, kalo dr Makassar ke Tanjung Bira apakah lebih baik menginap di Tanjung Bira? Apakah ada penginapan yg ok? Krn sy mau ke sana bersama rombongan sekitar 36 org.

    Terima kasih ya

    Adica

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa kakak tapi tidak di rekomendasikan hehe.. Itu kebetulan aja kesana pake motor karena punya teman di Makassar dan motor nya sedang nganggur :ngakak:

      Reply
  7. gema

    hai, salam kenal..
    aku rencana jalan2 ke makasar-toraja-sengkang?-bira tanggal 27 september-6 oktober, mau tanya dunk, baca2 tentang sengkang katanya daerah agak rawan ya?amankah buat dikunjungi?ada info transport dari sengkang ke tanjung bira ga?juga info pengnapan murah di sengkang ya..makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi lam kenal juga, bukan nya ga mau bantu kasih info nih, tapi gue sendiri belum pernah ke sengkang dan tidak tau itu dimana, maaf banget ya, thx udah mampir :peace:

      Reply
  8. ruchi

    haloooo halooo backpackersss

    minta pendapat dong,,,
    rencanannya mau taun baruan di makasar.. mau ketana toraja juga, trus mau wisata pantai yg bisa snorkelling juga….

    mmm… kira2 5 harian dsna..untuk keliling…

    kira2 pantai 2 mana yg keren plus gampang ditempuh untuk transportasinya…. :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      ke Toraja aja 1-2harian, lalu sisa nya di habiskan ke Tanjung Bira itu tempat paling recommended untuk snorkeling. Tapi untuk transport angkot ke Tanjung Bira coba cari di blog lain ya hehehe…

      Alternatif nya ke Pulau Samalona, itu tidak terlalu jauh dari Makassar, hanya saja pemandangan bawah laut nya jauh sama Tanjung Bira pasti nya :peace:

      Reply
  9. Freny Liem

    Hi Frenky, :hi:

    i hav a question nih..
    Mohon wejangannya.. :calm:

    Tgl 7 Sept ini saya dan bbrp tmn mau backpacking ke Makasar, cuma masih bingung susun itinerary karena cuma 2 hari dsana.

    Pingin banget ke Tana Toraja dan ke Tanjung Bira, tp ga mungkin karna waktunya mepet bgt..

    So, mnurut km yg sudah mengunjungi kedua”nya, km suggest yg mana ya?
    Tanjung Bira atau Tana Toraja?

    Thx Bfore Frenky
    :bye:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Freny nama kita mirip banget ya, jangan2 kita saudara jauh ;)

      Wah mepet sekali ya waktu nya, kalau begitu saya pilih Tana Toraja.

      Jadi sampai di Makasar nya pagi2 terus keliling sekitar Maros lalu berangkat malam ke Toraja. Keliling toraja 1 hari saja naik motor ke tempat2 inti nya terus pulang lagi malam nya deh.

      Mungkin next time kalau ada waktu 4 hari baru full time ke Tj Bira sambung ke Pulau Selayar dan Taka bonerate, ato mau bareng2 gw jg boleh klo waktu nya cocok :))

      Semoga membantu ya :senang:

      Reply
      • chickaRJ.,

        Hai frenky,
        mau nanya nih, tanggal 25-29 juni bsk gw mau ke makassar dan rencananya ke toraja dulu yang ada tempat sejarah mayat2 itu, boleh saran tempat penginapan yang bagus tapi harga terjangkau gak? rata-rata ratenya brp ya penginapan disana?

        sama satu lagi, gw mau ke tj bira abis dari toraja, kira2 bisa langsung dari toraja ke tj bira atau harus balik ke makassar dulu baru lanjut ke tj bira ya? dan rate penginapan yang terjangkau di tj bira kira2 brp ya klo kamu tau?

        makasih ya frenky maaf banyak nanya hehhee.,

        Rgrds.,
        chickaRJ.,

        :cheer:

        Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: