Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

Penerbangan Korea

Untuk dapat mencapai Korea Selatan dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website SkyScanner. Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut list maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. Jenis LCC – harga promo kisaran 2.5 – 3 juta rupiah Pulang Pergi

  • AirAsia ( transit di Kuala Lumpur ), tujuan Seoul dan Busan
  • CebuPacificAir ( Transit di Manila ), tujuan Seoul dan Busan

2. Jenis Full Services, harga kisaran 500 – 700 USD pulang pergi

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

Untuk mendapatkan tiket promo jenis LCC, bisa dibaca tips dan trik nya pada post berikut Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan

Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

Mungkin ada di antara kalian ingin berkunjung ke Jepang sekaligus Korea Selatan dalam sekali perjalanan? Jika iya, maka anda tidak perlu apply Visa Korea Selatan, cukup apply VIsa Jepang saja :cheer:

Eitsss…. tapi seperti biasa ada syarat dan ketentuan berlaku, nah detail cara di atas dapat di baca pada Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea

Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No. Keterangan Biaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1. Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2. Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3. Visa Korea Selatan Rp 480.000
4. Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won

214.600 Won = Rp 2.540.000
5. Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won

137.200 Won = Rp 1.620.000
6. Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari 180.400 Won = Rp 2.130.000
7. Tiket Masuk Tempat Wisata 96.500 Won = Rp 1.140.000
8. Oleh-Oleh 93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 Hari
Rp 11.800.000

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

TMoney dan Busan Pass

TMoney dan Busan Pass

BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Penginapan Korea



Booking.com

Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 15.000 – 25.000 Won tergantung lokasi nya, gue menggunakan BOOKING.COM atau AGODA.COM sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

Berikut list penginapan di Seoul, Sokcho dan Busan yang recommended untuk di jadikan tempat tinggal sementara ( Klik pada link untuk detail penginapan nya ) :

SEOUL

  1. UWA Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Leo Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 600.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  3. Kimchee Hongdae Guesthouse ( Mulai dari Rp 150.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  4. Patio 59 Hongdae ( Mulai dari Rp 500.000 / malam – tipe Kamar Twin untuk 2 orang, Mulai dari Rp 650.000 – tipe Kamar Triple untuk 3 orang, Mulai dari Rp 750.000 / malam – tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )
  5. Hi Jun Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Twin untuk 2 orang dan Mulai dari Rp 1.000.000 / malam, tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

SOKCHO

  1. Rocustel Motel ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  2. The House Hostel ( Mulai dari Rp 250.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  3. Egg House Sokcho Guesthouse ( Mulai dari Rp 230.000 / malam, tipe Kamar Dorm )

BUSAN

  1. 24 Guesthouse Haeundae Premier ( Mulai dari Rp 220.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Busan Sukbak Dot Com Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam tipe kamar Dorm dan Mulai dari Rp 730.000 / malam tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

Review penginapan yang gue gunakan selama jalan-jalan di Korea Selatan :

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

  1. SIM Card ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea )
  2. Pocket Wifi Olleh ( 70rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )
  3. Pocket Wifi Olleh ( 70rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Klook )

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount, Jeju Island )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Asyik nya buat anda pecinta alat komestik, di Korea ini banyak voucher discount yang cara penggunaan nya tinggal print saja voucher nya, lalu kasih liat ke kasir ketika pembayaran :wow:

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

  1. Klook Everland ( Harga Discount Tiket Everland cuma 33.000 Won, Harga Normal 52.000 Won )
  2. Klook Lotte World ( Harga Discount Tiket Lotte World cuma 33.000 Won, Harga Normal 52.000 Won )
  3. Klook Hanbok Experience ( 4 jam – 13.000 Won, 1 Day – 26.000 Won )
  4. Klook Seoul ( Voucher Atraksi Seoul )
  5. Klook Busan ( Voucher Atraksi Busan )
  6. Klook Jeju ( Voucher Atraksi Jeju )
  7. Visit Korea Committee ( Voucher Discount )

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Jeju Taxi Driver

Jeju Taxi Driver Contact

Jeju Taxi Driver Contact

Per April 2016, rate harga sewa Taxi di pulau Jeju untuk durasi 8 jam dengan tipe mobil sedan ( 4 orang maksimal ) sekitar 130.000 Won dan mobil van ( 9 orang maksimal ) sekitar 180.000 Won, untuk detail nya coba contact langsung kartu nama di atas.

Note : Gue hanya sharing cerita orang yang mengatakan kedua driver jeju taxi di atas recommended, bukan pengalaman pribadi ya :peace:

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map

Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station

Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni

Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan

Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

466 thoughts on “Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan

  1. Nengzih

    Mas Frenky kami rencana ke Seou tgl 17 january, Boleh share info utk tour guide Korea berbahasa Indonesia. Rombongan 6 orag. Emak2 4 dan ABG 2 org, Trmksh mas Frenki.

    Reply
  2. caca

    Kak blognya bagus banget. Mau nanya, itu buat sim card internetan bisa beli langsung di airport atau harus book di webnya dulu ya? abis di webnya kayak cuma bisa di book dulu. Terima Kasih sebelumnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Untuk SIM Card internetan, rasa nya bisa beli on the spot di airport, cuma gw kaga tau counter nya dimana. Lebih baik sih book via website dulu ya, jadi nanti sampai di airport tinggal ambil dan pasang ke handphone.

      Reply
  3. Choy

    bang frenk… mau nanya2 nih…awal februari mau ke korsel, nginepnya si seoul aja sih…
    cara dapetin Korea Tour Card, T-Money, atau yg lain itu gimana? on the spot disana atau harus pesan dari sini?
    terima kasih

    Reply
  4. Tika

    hi Frenky thank you buat shared pengalaman yg lengkap banget di korea.
    mau tanya area penginapan yg populer disana itu hongdae ya? dan di hongdae deket dengan apa aja ya?
    soalnya penginapan yang recommend koko daerah sana semua.
    Thanks

    Reply
  5. Audita

    Bang frenky curhatannya (blognya) bisa jadi refrensi bgt meskipun gk semuanya (cuma Seoul aja), mungkin kalo ada kesempatan ke Korea aku pengennya ke Seoul dulu deh kyknya hehe. Kalau aku pikir2 sepertinya ribetnya di masalah keberangkatan dan masalah transportasi di koreanya buat org yang belum pengalaman trip luar negri. Btw kalo awal2 ngurus paspor dan visa itu ribet, lama, mahal gak sih? Meskipun masih rencana doang dan gatau kapan juga berangkatnya, minimal tau lah prosesnya gimana ngurus2 begituan, ya mudah2an aja ada kesempatan nikmatin musim dingin disana. Dan lebih baik privat tour apa rombongan? Tolong infonya ya, terimakasih sebelumnya :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Ngurus Paspor dan Visa, ga ribet, ga lama, mahal sih relatif yang buat tiap orang.

      Lebih baik rombongan aja, lebih rame lebih asyik travelling nya.

      Saran sih, lebih baik di baca aja dulu cerita-cerita orang yang pernah ke Korea, jadi ada gambaran cara travelling nya selama disana.

      Reply
  6. shins

    hai kak, seru bgt baca blognya deh.
    mau tanya kalo akhir2 desember sekitar 24 – 31an itu lagi ada salju gak sih di Korea? terus daerah yang paling banyak saljunya dimana ya? thank youuuu

    Reply
  7. Muliani

    Hai…
    Mau tanya donk,dgr2 di sana google maps ga bs jalan krn dilarang ya. Trus klo mau cari jalan (jalan kaki) pake aplikasi apaan?

    Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Bukan dilarang ( internet korea selatan mah bebas, ga ada acara blok2an kaya di China ), tapi waktu itu gw kaga beli SIM Card dan juga seinget gw google maps nya Korea masih pakai Hangul deh.

      Cari jalan? feeling aja sama tanya orang sekitar haha..

      Reply
  8. Rizka

    T-money beli di indo atau di koreanya mas?
    Terus untuk visa kan saya blm kerja dan baru mau ambil kuliah di tahun 2017 rencana berangkat sekitar bulan juni/juli berarti kan blm bisa pakai jaminan kampus, dan saya berangkat sama adik, berarti pakai jaminan/ surat pernyataan ortu ya? tp untuk dana endapan di rek atas nama saya bisa?

    Terimakasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Beli di Korea.

      Iya pakai surat jaminan ortu dan juga bikin surat belum ada SPT karena belum kerja. Untuk dana rekening lebih baik sertakan punya ortu mu juga ya, soalnya kan surat jaminan juga ortu yang jamin.

      Reply
  9. steviee

    thanks ..uda share. rencananyaa hbis lebaran ini gue mau ke seoul buat liburan sm pcar gue, ini kali pertama gue ke negara pacar gue,maklum pacar gue org korea jd sneng bnget.tp hanya satu ketakutan gue,apply visa… takut ajaaa krna denger2 juga ga gmpng skrg,jd klo ada aturan baru tlong share lg yaa frank..

    Reply
  10. ici

    kak frenky,
    kalo apply visa multiple kan sama aja ya syaratnya sama visa single (selain syarat udah ke korea lebih dari sekali)? nah aku udah 2x. trus nanti mau apply multiple entry. saldo minimal di rekening gimana ya baiknya kak?

    btw, mau nanya ITX tuh bayarnya bisa tap T-Money aja kan? ga perlu beli tiket sendiri?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau udah pernah ke Korea 2x, harus nya masalah saldo bukan big deal ya, cuma saya sendiri kaga pengalaman apply multiple, jadi kaga berani kasi saran juga minimal saldo berapa.

      tiket ITX beli tiket satuan di mesin otomatis atau di loket, tidak bisa dengan tap T-Money

      Reply
  11. Lidia

    Kira2 kalo ke korea utk 3hari gak pame bagasi bisa kan yaa??
    Soalnya tiket promo blm termasuk bagasi..
    Nambah bagasi lumayan juga hrgnya..
    Mohon info nya yaa

    Reply
  12. Beezai

    Hai Frenkey ,

    Tulisanmu sangat membantu sekali , Thanks yakk ..

    rencananya Saya dan 4 teman akan ke Korea selama 10 hari di Juni 2017 nanti , untuk saat ini hanya ticket pesawat yang sudah kami punya hahahaha..
    kami masih bingung mau pakai tour atau ngebolang tanpa tour .. pertimbangannya karena mau irit tapi tidak perlu nyasar2 .. ada masukan kah ?

    maaf kalau banyak tanya , karena bacanya seru jd ingin banyak tau .. heheheeh
    untuk wifi apakah disana termasuk banyak spot wifi gratisan ?

    Untuk penginapan , apakah bisa bantu referensi kan ?

    Untuk kupon gratis itu baiknya kita cari mendekati waktu ke korea atau dr sekarang yah ?

    itu dulu deh yang di tanya ^^

    Nice to meet you anyway (:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Pergi sendiri aja, kaga ribet Korea mah, tourist friendly, banyak petunjuk pake bahasa inggris.

      Banyak sih spot wifi gratis nya. Untuk kupon gratis entar aja print nya, biasa nya ada validity date nya.

      Untuk penginapan di Korea cari link nya di bagian review penginapan ya.

      Reply
  13. azizah

    halo kak, makasih ya infonya yang lengkap banget.
    aku mau kesana 2017, tp masih nyari temen 😂😂😭😭
    kira2 yang baca blog ka frenkey ada yang nyari temen juga buat seoul ga?
    line ya : azizahharahap 😄😊

    Reply
  14. clara

    hai kak,,saya mau tanya.katanya kalo belom ada cap pasfort katanya ga bisa bikin visa,kaka waktu bikin visa,,udh ada cap pasfort nya ga?? thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga masalah kok kalau belum ada cap history travelling nya, teman gw juga ada yang approve2 aja visa nya. Waktu itu paspor ku baru ada cap Thailand sama Malaysia doang ketika apply visa Korea.

      Reply
  15. putra

    hi postingan kekorea sangat bagus sekali dan banyak membantu
    saya suka traveling, kalau saya mau ikutan gabung boleh tidak .thanks u
    oh ya bisa contact via WA atau Line. no hp diemail kesaya
    :relax:

    Reply
  16. novi

    hai kak mau tanya boleh ga? saya ada rencana mau ke korea tp posisi nya saya lagi ga kerja, dan saya ke korea pun di biayain sodara yg lagi kerja di korea, dan untuk pengianapan dn sebagainya pun pasti tinggal di apartemen sodara yg di korea. pengajuan visa nya sedikit agak bingung. thank kak

    Reply
    • Frenky Post author

      Tadi nya mau ngasitau menggunakan Visa Kunjungan Keluarga (C-3-1), cuma masalah nya ini hubungan nya bukan Saudara Kandung ya, jadi rasa nya tidak valid.

      Dari saya, paling cuma bisa nganjurin pake jaminan orang tua ya atau saudara kandung di sini ya, jadi masalah rekening tabungan dsb nya pakai punya si penjamin.

      Reply
  17. Tiara sara

    Hiii thank u blog nya inspiratif bgt! Anyway urgent nih ada yg travelling korea tgl 15-21 nov ga? Cw2 an gt? Aku rencana trip bedua tmn tp krn tmn nya mesti dirawat jd dia mau ga mau cancel dan tiket udh ga bisa direschedule hiksss sendirian bgt tkt garing hehe, klo ada info ya ke tiara.sara22@gmail.com
    Makasih 😊

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Lebih baik posting di forum facebook aja misal nya di grup Backpacker Dunia atau Backpacker Internasional, tapi berhubung tinggal H-1, good luck aja deh haha

      Reply
  18. Andri

    Kak Frenkyyy gue mau nanya lagi Hehhee, Kalo nuker won mending di Indonesia atau di korea nya aja? kalo di Korea tuker dimana, kalau di Indonesia dimana? biar kita bisa jadi holang kaya pas disana wehehehe.. :info:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau di Indonesia tuker di Money Changer, Kalau di Korea tarik lewat ATM aja. Rate nya lebih rendah tarik ATM di korea ( bisa beda 0.2 – 0.5 rupiah per Won nya ), tapi kena charge per penarikan sekitar 25-30rb rupiah gitu deh.

      Saran sih biar aman tuker di MC sejak di Indonesia aja, perhari budget 100K – 150K Won aja.

      Reply
  19. ekaherlina

    Hi frenky…. tulisan yg cukup informatif. Heheheh
    rencananya aku nyampe ICN sekitar pukul 03.20 PM … nah rencananya mo langsung ke busan dgn kereta Mugunghwa paling malam. Sambil nunggu jadw kereta itu… kira-kira ada saran nggak bagusnya kemana utk ngabisin waktu?

    Thank frenky :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kalau saya sih saranin nya main ke Namsan Seoul Tower atau Myeongdong area ( Shopping and Food Area ) atau Hongik University Area ( Shopping and Food Area ).

      Jarak bandara Incheon ke kota Seoul itu sekitar 1 jam ( one way ).

      Reply
  20. Vivi

    Hello Frenky, thanks info T-Money nya. Mau tanya lagi boleh yah? hihi rencana my trip cuma 4 malam di korea, dari pengalaman kamu ke korea, wajib yah ke nami island? perjalanannya berapa jam? oh ya everland jauh kah?
    My plan sementara ini mau ke :
    – Day1 : nami island (ini menghabiskan 1 hari kan?), kalau diteruskan ke mt.sorak brp jam? ada apa disana? hmm atau arah ke resort sudah mulai keliatan salju?
    – Day2 : garden morning calm, seoul tower,Gyeongbokgung, Petite France
    – Day3 : sightseeing at city, shopping dikit, Banpo Rainbow Fountain
    – Day 4 : bingung mau kemana lagi…..

    Dari itinerary di atas belum tau mana yang searah bisa sekalian jalan, karena saya cuma ber2 dgn tmn yg sama2 belum pernah ke korea hehe…maunya ke tempat2 tsb yg bisa sekalian jalan
    Kira2 ada saran dari Frenky, dengan short trip 4 malam (full 4 days) perlu kemana aja yah? tadinya pingin ke jeju tapi sepertinya jauh naik pesawat & tambah cost lagi.

    Dan untuk penginapan hotel/hostel yang banyak makanan, agak ramai enaknya area mana yah? dongdaenum/myeoungdong atau kamu punya referensi lain?

    Maaaapp pertanyaannya banyak, boleh minta email add? hihi kalau tulis disini kyknya jadi panjaaang.
    Terima kasih sebelumnya :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Day 1 : Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm
      Day 2 : Gyeongbokgung Palace, Deoksugung Palace, Gwanghwamun Square dan Cheonggyecheon Stream
      Day 3 : Myeongdong, Bukchon Hanok, Namsan Seoul Tower
      Day 4 : Everland Theme Park

      Coba baca http://english.visitkorea.or.kr aja itu banyak banget info berguna. Area Hongik University ( Hongdae ) the best sih masalah penginapan alternatif nya bisa di sekitaran Myeongdong / Dongdaemun juga ok.

      Balas email ke Contact@FrenkeyBlog.com aja, tapi nanya nya jangan terlalu detail ya, kurang expert juga tentang Korea dan trip nya udah cukup lama jadi udah lupa-lupa.

      Reply
  21. Nana

    Hai, thank you banget info nya nih :) meskipun masih agak2 bingung :)

    Sy dan suami rencana sih pgn nyoba backpacker ke korea-jeju-busan sekitar pertengahan april. Lagi mahal ga sih kalau bulan2 april itu? Soalny kl ga salah lg cherry blossom ya?

    Untuk transport di seoul , jeju, dan busan ribet ga sih kl u/ yg pertama kali ke sana without tour ? Susah kah?

    Untuk masuk ke tempat wisata nya kalau pergi sendiri tanpa tour itu susah ga? Kaya misalkan ke nami island, dll .

    Rasanya sih segitu dl yg inget mau ditanyain ;) thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Seperti nya harga nya normal2 saja di bulan segitu, tapi kurang paham juga sih, belum pernah coba hunting di bulan segitu.

      Seoul, Busan tidak ada masalah, petunjuk nya jelas. Kalau Jeju lebih bagus jika sewa driver + mobil agar lebih efektif explore tempa wisata nya.

      Masuk tempat wisata ya simpel aj, beli tiket terus langsung masuk, ga ada susah nya

      Reply
  22. Imelda Febriane

    Kak mau tanya, sy coba2 apps metro id kok tampilannya nggak spt yg di blog nya ya. Tab2 nya nggak aktif. Apa karena sy nyobanya masih di jakaarta ? Ngaruh nggak tuh..ehehe. ma kasih kak. Awesome blog.

    Reply
    • Frenky Post author

      Waduh, udah ga tau deh tampilan baru nya gimana, udah di uninstall aplikasi nya, mungkin udah berbeda ya sekarang hehe..

      Itu aplikasi offline kok, ga ngaruh mau buka di Jakarta atau Korea.

      Reply
  23. Vivi

    Haloo Frenky, thank you banget sharing pengalaman korea nya. Mau taunya, gimana cara beli T-Money yah? dan kalau tiba2 saldo habis, bisa top up dimana saja? Apa kita perlu beli Korail Pass yang bisa dipakai dimana aja? (Seperti JR Pass di Jepang).

    Begitu landed di Incheon airport apa bisa langsung beli dan naik ITX ke city Seoul?
    Rencananya pergi mid November nih, sudah ada illumination festival belum yah? Kalau ke Garden Morning Calm jauh dari city?

    Terima kasih sebelumnya yah

    Reply
    • Frenky Post author

      Beli aja di minimarket atau di vending machine juga ada. Di tiap stasiun ada mesin top up nya. Ga usah beli Pass gitu, lebih baik TMoney aja, transport di Korea tidak semahal Jepang.

      Naik kereta juga bisa kalau mau ke Kota Seoul aja. Garden morning calm lumayan ya, sekitar 1.30 jam perjalanan dengan kereta campur bus.

      Reply
  24. Andri Avril

    Kak Frenky gue udah fix banget ke korea 3 mei 2017 nanti tapi belom bikin visa, rencana nya gue disana nanti 9 hari. kira-kira duit di tabungan gue biar aman lolos visa berapa ya mas? gue mau urus sendiri visa nya.. Thankyouuu.. btw postingan lo keren banget hhehhe :good:

    Reply
    • Frenky Post author

      Taruh 15jt juga udah aman sih, yang penting surat keterangan kerja, rek tabungan sama SPT ( seperti nya jadi dokumen wajib ) di lampirkan aja ketika apply

      Reply
  25. Florensia

    Bang Frenky… blognya keren sekali… :wow:
    Hatur nuhun yak buat penjelasannya di blog, bener2 detail banget.
    Minggu lalu gw baru balik dari Seoul.
    Hal pertama yang gw akses begitu sampe di Seoul adalah blogmu Bang.
    Penginapan sampe acara jalan2nya gw buat semirip mungkin dengan blog ini daripada jadi anak ilang nanti :shy:
    Sayangnya gw cancel ke Busan gara2 ada topan :crying:

    Sering2 tulis-tulis blog ya Bang biar ane bisa ikutin tips-nya.
    :good:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Sis Florensia,

      You are welcome dah sis, engga nyangka juga benar-benar di ikutin semirip mungkin haha.. Ya doa kan saja semoga rejeki gw tetap berlanjut jadi bisa tetap lancar trip nya hahaha…

      Karena gagal ke Busan untuk sekarang, jadi itu arti nya ada alasan lagi untuk kembali ke Korea :ngakak:

      Reply
      • Florensia

        Aamiiiin….
        Rezeki anak baik karena bagi2 info pasti lancar deh, dengan begitu gw juga terbantu :senang:

        Pasti kesana lagi tahun depan karena kurang lengkap tanpa Busan, ditambah dengan Jepang :yeah:
        Tapi back to reality musti kerja rodi dulu nih :busy:

        Btw Bang Frenky dapet salam dari Om penjaga Rocustel (gw lupa namanya, tapi yang jelas anak yang punya Rocustel nan baik hati menjelaskan A ampe Z tentang Sokcho).
        Ini gara2 doi liat hp ane pas buka niy blog… :calm: kapan-kapan main lagi kesana (begitulah katanya kira-kira dengan Bahasa Korea)
        :siul:

        Reply
        • Frenky Post author

          Yup sama rasa nya waktu kaya gw ketemu recepsionis nya ( anak yang punya ). Tolong titip salam balik ya :ngakak:

          Anyway tengkyu udah bantu promote blog gw hahahaha…. saat nya kerja rodi lagi buat ke negara tetangga nya alias Jepang, ntar baca postingan gw lagi ya hahaha

          Reply
  26. Santi

    Thanks bang frenky blognya.. Bikin gw makin excited buat kesana.. 😍😍
    Boleh minta contactnya biar bisa tanya2 lngsng?

    Reply
  27. Mita

    Mau tanya utk kartu TMoney berarti kita harus beli 1 orang 1 ya? Trus kita tau dari mana sisa saldonya? Top upnya disemua stasiun pasti ada ?

    Kalau pakai aplikasi MetroId nanti tinggal kita masukin kita dari mana mau kemana terus keluar stasiun-stasiun nya ?

    Thanks ya..

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup benar, 1 TMoney = 1 Orang. Tau sisa saldo nya tinggal cek di mesin top up aja, tinggal taruh kartu nya, tar langsung muncul saldo nya. Top up di setiap stasiun bisa kalau ada mesin nya.

      Tinggal masukkin arrival station sama destination station, ntar keluar deh jalur2 nya

      Reply
  28. Christopher

    Hi, Thank you ya blognya.. Sangat membantu sekali.. Mau tanya lebih worthed mana ya kira-kira backpaker sendiri akhir Des – awal Jan dengan ikut tour backpaker 7D 5N==> aku dpt tour 15,5jt Seoul-Nami-Jeju (pesawat AA, guesthouse, wisata, + transport – exclude makan) dengan ngurus semuanya sendirian, karena aku denger di Jeju agak repot kalo jalan sendiri krn no public transport…

    and bole minta contactnya spy bs tyn2 ? ^^

    thanks.

    Reply
    • Frenky Post author

      Pertanyaan ini sudah di jawab di LINE ya. Walaupun harga nya worth it sih tapi tentu lebih asyik jalan sendiri di bandingkan pakai tour ya. Untuk Jeju, memang benar transport nya agak cukup repot kalau sendirian sih, tapi masih ada bus umum di sana.

      Reply
  29. tyas

    Hay kak. Mau tanya dong. Ketika sampe disana bahasa yang digunakan bahasa inggris atau kaka fadih bahasa korea? Pingin trip kesana tapu bahasa inggrisku minim. Kalo pakai tour guide kisaranya brapa yah?

    Reply
    • Frenky Post author

      Tidak bisa bhasa korea sama sekali, bahasa inggris ya ala kadar nya, kaga bantu banyak juga, paling benar pakai bahasa isyarat ya. Sama mandiri aja coba cari sendiri info nya.

      Reply
  30. Delvia Hardi

    Halo ko frenkey ..
    Punya info buat cari Peta Bus & Peta Subway korea ga ?
    bingung nh nyari Peta Bus korea ga ketemu2.. T.T

    thanks ya

    Reply
  31. Linda

    Hai Frenkey,

    Blog postingan soal korea ini sangat membantu banget, thank you.

    Mau nanya dong, saya udah beli voucher everland lumayan dpt 32rb won di web Klook, itu tinggal di print saja langsung kasih tunjuk ke petugasnya nanti ya? Gak perlu bayar2 lg kan di sananya?

    Lalu, saya rencana 18-26 oktober ini ke korea… jujur bingung mau bawa pakaian kyk gmn, takut saltum.. sebenernya uda dingin blm ya tanggal segitu? Uda prepare coat sih mau bawa…

    Thankyou for replying ;)

    Reply
    • Frenky Post author

      Iyup bener, langsung aja kasi hardcopy voucher nya, ga ada biaya plus2 lagi. Udah dingin ya, kisaran 10-25 derajat rasa nya. Coat boleh bawa, alas kaki pake sepatu, jgn sandal, ntar mati rasa kaki nya haha

      Reply
    • Beezai

      Haii , bagaimana pengalaman di Koreamu ??

      saya tanya2 dikit ya hehehehe .. mautanya donk km beli voucher everlandnya dmn yaa ?

      kalau saya pergi Juni 2017 apakah perlu beli sekarang atau nanti mendekati waktu ya ?

      nice to meet you (:

      Reply
  32. Adi Wijaya

    Mas Frenky

    Visa saya dan istri sudah di approve :star:

    masih lama sih jalannya tgl 30 Oktober sd 5 November. Mudah-mudahan cuacanya bagus.

    Thanks buat info-infonya

    Reply
  33. Mariana huang

    Ko, disana beli kartu tlpn g??
    Beli dmn dan harga nya brp??
    Top up pulsa brp??
    Minim bs internet an gt hehehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Kaga beli nih, waktu itu cuma mengandalkan free wifi saja. Coba beli “EG Sim Card” saja harga nya sekitaran 20-30rb Won sperti nya atau kalau rame2 mending sewa pocket wifi skalian.

      Reply
  34. Jiyaa

    Hai kak
    Mau tanya, kalo di korea bulan oktober awal (tgl 12-19) suhunya seberapa ya? Apa harus pakai coat kalo siang hari?
    Mohon dijawab yaa.. Aku mau ke korea oktober ini, tp bingung mau bawa berapa coat.
    Thankss

    Reply
    • Frenky Post author

      tidak terlalu dingin, paling sekitar 20an di siang hari, kalau malam sekitar 10an. Kalau siang hari, pake kaos biasa aja juga nyaman2 aja, cukup dilapisin pake sweater tipis / cardigan. Ga usah pake coat2an haha..

      Reply
    • Frenky Post author

      Wah kaga paham saya pertanyaan nya, kenapa bisa bilang LCC gate nya beda? perasaan sama aja gate antara LCC sama full services, paling beda ada lounge nya kalau full services.

      Reply
  35. NadZ

    Hi masbro,
    Tanya dung klo utk transport mending Tmoney atau Mpass? Dan kenapa?

    Rencana perjalanan 5hari 2hari nya udh minus dijalan sbenernya

    Klo ke everland turis asing dpt diskon ga ya? Atau hrs cari voucher diskon.an gt?

    Reply
    • Frenky Post author

      TMoney saja, yang MPass harga nya cukup mahal, belum tentu di pakai efisien juga.

      Lebih baik cari voucher diskon-an, di website nya everland langsung juga udah ada voucher nya, tinggal print.

      Reply
      • Nadz

        Oke makasih masbro infonya
        Eh, tanya lagi boleh ya…
        Boleh di share ga money changer yg masbro pake dmana ya di jakarta?
        Yg nilai tukarnya oke.
        Trus mending bawa uang lebih atau pas aja?
        Klo kekurangan duit gt bs ambil ATM disana ga ya?

        Reply
        • Frenky Post author

          Karena kantor nya di daerah kuningan, jadi gw nuker MC Valuta Artha Mas di ITC Kuningan. Patokan rate nya kalau mau online bisa di vip.co.id

          Kalau itu mah tergantung kamu suka bawa lebih atau pas, kalau gw sih suka nya bawa lebihan ya. Kalau kurang duit bisa ambil di ATM sana, biaya per penarikan sekitar 25rb – 75rb rupiah tergantung jasa dari Bank yang kamu pakai

          Reply
  36. Wuri marsela

    Hai kak
    Persyaratan nya apa ajasih kak buat kesana nya? aku masih bngung bgt ㅠㅠ. Ohiya kalo buat kesana budget nya berapa kak? satu lagi kak.pas nyampe disana nya kaka pake jasa tour guide gitu gak kak?
    Thankyou kak ^^

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Di baca baik-baik ya post yang saya tulis di sini, semua jawaban dari pertanyaan kamu udah tertulis, urutan pertama nya buat Visa Korea terlebih dulu. Engga pake jasa tour guide, urus sendiri semua nya.

      Reply
  37. joni

    Bro frenky,

    Kalau musim dingin alias musim salju di korea sudah pernah ?
    Di Ski Resort itu apa musiman atau sepanjang tahun ada saljunya ??
    Ikut tour 5 hari seharga 8 jutaan worth it enggak dibulan desember / januari atau mendingan backpacker ???
    thanks.

    Reply
  38. Yuli

    hai kak mau tanya,

    kalau misal kita masih status mhasiswa aktif tp kita juga bekerja
    untuk bukti keuangan kita bisa masukin slip gaji kita saja kan ,
    maksudnya rekening gaji orang tua gak perlu lagi kan kak..
    please info ya kak, thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Walau sebenar nya di persyaratan nya tertulis bahwa harus lampirkan rek tabungan orang tua nya, tapi rasa nya engga masalah kalau kamu udah berpenghasilan, boleh lampirkan rekening tabungan kamu beserta slip gaji kamu. Rekening gaji orang tua engga perlu, yang perlu itu di persyaratan nya tertulis rekening tabungan orang tua.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: