Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

Penerbangan Korea

Untuk dapat mencapai Korea Selatan dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website SkyScanner. Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut list maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. Jenis LCC – harga promo kisaran 2.5 – 3 juta rupiah Pulang Pergi

  • AirAsia ( transit di Kuala Lumpur ), tujuan Seoul dan Busan
  • CebuPacificAir ( Transit di Manila ), tujuan Seoul dan Busan

2. Jenis Full Services, harga kisaran 500 – 700 USD pulang pergi

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

Untuk mendapatkan tiket promo jenis LCC, bisa dibaca tips dan trik nya pada post berikut Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan

Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

Mungkin ada di antara kalian ingin berkunjung ke Jepang sekaligus Korea Selatan dalam sekali perjalanan? Jika iya, maka anda tidak perlu apply Visa Korea Selatan, cukup apply VIsa Jepang saja :cheer:

Eitsss…. tapi seperti biasa ada syarat dan ketentuan berlaku, nah detail cara di atas dapat di baca pada Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea

Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No. Keterangan Biaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1. Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2. Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3. Visa Korea Selatan Rp 480.000
4. Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won

214.600 Won = Rp 2.540.000
5. Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won

137.200 Won = Rp 1.620.000
6. Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari 180.400 Won = Rp 2.130.000
7. Tiket Masuk Tempat Wisata 96.500 Won = Rp 1.140.000
8. Oleh-Oleh 93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 Hari
Rp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass

TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

* * * * *

Penginapan Korea



Booking.com

Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 15.000 – 25.000 Won tergantung lokasi nya, gue menggunakan website BOOKING[dot]COM sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

Berikut list penginapan di Seoul, Sokcho dan Busan yang recommended untuk di jadikan tempat tinggal sementara ( Klik pada link untuk detail penginapan nya ) :

SEOUL

  1. UWA Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Leo Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 600.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  3. Kimchee Hongdae Guesthouse ( Mulai dari Rp 150.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  4. Patio 59 Hongdae ( Mulai dari Rp 500.000 / malam – tipe Kamar Twin untuk 2 orang, Mulai dari Rp 650.000 – tipe Kamar Triple untuk 3 orang, Mulai dari Rp 750.000 / malam – tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )
  5. Hi Jun Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Twin untuk 2 orang dan Mulai dari Rp 1.000.000 / malam, tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

SOKCHO

  1. Rocustel Motel ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  2. The House Hostel ( Mulai dari Rp 250.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  3. Egg House Sokcho Guesthouse ( Mulai dari Rp 230.000 / malam, tipe Kamar Dorm )

BUSAN

  1. 24 Guesthouse Haeundae Premier ( Mulai dari Rp 220.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Busan Sukbak Dot Com Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam tipe kamar Dorm dan Mulai dari Rp 730.000 / malam tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

Review penginapan yang gue gunakan selama jalan-jalan di Korea Selatan :

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea Incheon, Busan, Jeju ) – By Klook
  2. Pocket Wifi Olleh ( 40rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea Incheon, Busan, Jeju – By Klook )
  3. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  4. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount, Jeju Island )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Asyik nya buat anda pecinta alat komestik, di Korea ini banyak voucher discount yang cara penggunaan nya tinggal print saja voucher nya, lalu kasih liat ke kasir ketika pembayaran :wow:

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

  1. Klook Everland ( Harga Discount Tiket Everland cuma 33.000 Won, Harga Normal 52.000 Won ) – Flexible Date Datang ke Everland nya!
  2. Klook Lotte World ( Harga Discount Tiket Lotte World cuma 33.000 Won, Harga Normal 52.000 Won )
  3. Klook Namsan Seoul Tower Ticket Combo ( Observatory + Hello Kitty Island ) – 11.700 Won, Flexible Date datang ke Namsan Seoul Tower nya!
  4. Klook One Day Trip Tour ( Nami Island – Petite France – Garden Morning Calm ) – Buat yang mau One Day Trip ke 3 tempat sekaligus
  5. Klook Hanbok Experience ( 4 jam – 13.000 Won, 1 Day – 26.000 Won )
  6. Klook Nanta Show ( Harga Discount 26.000 Won, Harga Normal 40.000 Won )
  7. Klook Airport Transfer Incheon ( 1.050juta-an buat Maximal 7 orang )Buat rombongan yang engga mau ribet tarik-tarik koper dari bandara sampai penginapan
  8. Trazy Everland + Roundtrip Shuttle Bus Package ( Harga Discount cuma 44.000 Won, Harga Normal 70.000 Won ) – Buat yang mau Pulang Malam ke kota Seoul dari Everland
  9. Klook Seoul ( Voucher Atraksi Seoul )
  10. Klook Busan ( Voucher Atraksi Busan )
  11. Klook Jeju ( Voucher Atraksi Jeju )
  12. Visit Korea Committee ( Voucher Discount )

 

NOTE : Beberapa voucher discount di atas membutuhkan Kartu Kredit untuk membeli nya. Tidak punya kartu kredit tapi ingin tetap beli? Coba contact gue di email contact@frenkeyblog.com atau LINE @nee8630u ( Pakai @ ya ), nanti gue bisa bantu belikan ( gue tidak ambil fee++ ), tapi pasti nya transfer dulu uang rupiah nya ya~~

 

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Jeju Taxi Driver Contact

Jeju Taxi Driver Contact

Per April 2016, rate harga sewa Taxi di pulau Jeju untuk durasi 8 jam dengan tipe mobil sedan ( 4 orang maksimal ) sekitar 130.000 Won dan mobil van ( 9 orang maksimal ) sekitar 180.000 Won, untuk detail nya coba contact langsung kartu nama di atas.

Note : Gue hanya sharing cerita orang yang mengatakan kedua driver jeju taxi di atas recommended, bukan pengalaman pribadi ya :peace:

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map

Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station

Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni

Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan

Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

605 thoughts on “Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan

  1. Dwi

    Thanks bgt untuk infonya.. smoga bermanfaat buat kita2 yang mau ngebolang kesana perdana :wow: yippy

    Anyway ada gak dr temen2 disini yang kebetulan mau kesana bulan feb tgl 18-25 2018 ??? :yeah:
    Kalau ada info2 yah di line aku id chuwie_cumi

    Thanks All’s :peace:

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: