Pengalaman Travelling ke Taiwan ( Taipei dan Taichung )

Akhir nya selesai juga misi gue travelling ke Taiwan dan juga sekaligus negara ke 6 yang berhasil gue kunjungi sejak pertama kali nya main keluar negeri dari tahun 2012. Selama 8 hari ( efektif nya 7 hari full ), gue hanya keliling di dua kota besar di Taiwan saja yaitu ibukota Taiwan di Taipei dan Taichung yang terletak 1 jam perjalanan dengan kereta cepat Taiwan.

Di post ini gue akan sharing informasi mengenai pengalaman travelling gue selama 8 hari ke Taiwan khusus nya Taipei dan Taichung yang mungkin berguna buat kamu, mulai dari harga tiket penerbangan ke Taipei, cara buat Bebas Visa Taiwan secara gratis, tips keliling Taiwan, Internet dan WIFI di Taiwan, Harga Penginapan di Taipei dan Taichung, transportasi ke Sun Moon Lake, Cingjing Farm dan pasti nya itinerary serta rincian biaya keliling Taipei dan Taichung, jadi di baca sampai habis ya post ini :ahaaah:

* * * * *

Penerbangan ke Taiwan melalui Taipei

Untuk menuju Taiwan dari Indonesia, umum nya para turis akan memilih datang dan pulang dari Bandara Internasional Taoyuan di Taipei. Untuk penerbangan dari Jakarta ke Taipei, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. AirAsia – transit di Kuala Lumpur ( KLIA2 ) – harga promo kisaran 2 – 3 juta rupiah Pergi Pulang

2. Eva Air ( Full Services ) harga kisaran 5 juta rupiah Pergi Pulang

Untuk mendapatkan tiket promo jenis LCC, bisa dibaca tips dan trik nya pada post berikut Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

* * * * *

Syarat Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

ROC Travel Authorization Certificate ( Dokumen untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan )

ROC Travel Authorization Certificate ( Dokumen untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan )

Untuk dapat masuk negara ke Taiwan dengan menggunakan Passport WNI Sipil maka kita harus mempunyai Visa Taiwan. Kabar baik nya Taiwan memberikan Bebas Visa Taiwan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, sangat mudah syarat nya!

Selain referensi Bebas Visa Taiwan, terdapat juga informasi buat anda yang ingin membuat Visa Taiwan ( Turis ) di Kantor TETO Jakarta karena alasan tidak memenuhi syarat Bebas Visa Taiwan, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

* * * * *

4 Musim di Taiwan

4 Musim di Taiwan

4 Musim di Taiwan

Di Taiwan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Taiepi dan Taichung di musim Gugur di awal November, suhu rata-rata di Taipei dan Taichung kisaran 28°, pokok nya panas deh, walau masih di bawah Jakarta sedikit.

Selama berwisata 8 hari di Taipei dan Taichung di awal November, suhu udara nya panas gitu dah tapi untung nya hujan baru turun di hari-hari akhir jelang kepulangan, selebih nya matahari nya panas menyengat. Taiwan itu sangat rawan akan badai topan, bulan Juni sampai September merupakan bulan-bulan rawan akan topan, jadi ya selalu cek keadaan di berita tentang topan sebelum berkunjung ke Taiwan ya :peace:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Taipei dan Taichung sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan Accuweather Taipei.

* * * * *

Itinerary Keliling Taipei dan Taichung ( 8 Hari )

Itinerary Keliling Taiwan ( Taipei dan Taichung )

Itinerary Keliling Taiwan ( Taipei dan Taichung )

Selama 8 hari di Taiwan pada trip ini, gue hanya mengunjungi 2 kota terbesar di Taiwan yaitu Taipei dan Taichung, tadi nya berniat mengunjungi kota-kota lain nya juga seperti Hualien, Kaohsiung cuma karena mau ngirit biaya jadi nya kapan-kapan aja deh kalau berkesempatan mengunjungi Taiwan lagi haha…

Berikut itinerary perjalanan gue selama 8 hari keliling Taipei dan Taichung, dapat di lihat detail nya dengan klik link pada masing-masing hari ( link akan di update jika cerita nya sudah di post ya ) :peace:

* * * * *

Biaya Keliling Taipei dan Taichung ( 8 Hari )

Pecahan Uang Taiwan Dollar

Pecahan Uang Taiwan Dollar

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran keliling Taipei dan Taichung selama 8 hari berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No. Keterangan Biaya

( 1 TWD = Rp 470 )

1. Tiket Pesawat Pergi & Pulang Jakarta – Taipei ( Transit di Kuala Lumpur ) dengan AirAsia

– Sharing Bagasi 20 Kg ber 2

– Makan Pergi Pulang

Rp 2.850.000
2.

Penginapan 7 Malam di Taipei dan Taichung

Private Room – Twin Bed

2.1 Taipei – 2 Malam  di SleepBox Hostel ( BOOKING DI SINI ) = 800.000 IDR

2.2 Taichung – 2 Malam di VIP Hotel ( BOOKING DI SINI ) = 650.000 IDR

2.3 Taipei – 3 Malam di Backpacker Hostel Ximen Area ( BOOKING DI SINI ) = 1.200.000 IDR

Rp 1.325.000
3.

Transportasi lokal di Taipei dan Taichung

3.1 Easy Card + Top up = 1.100 TWD ~ 517.000 IDR

3.2 Kereta Cepat ( HSR ) Taipei ke Taichung = 255.000 IDR

3.3 Kereta Cepat ( HSR ) Taichung ke Taipei = 255.000 IDR

Rp 1.027.000
4.

Tiket Masuk Tempat Wisata + Local Tour Taipei dan Taichung

4.1 Taipei 101 Observatory = 230.000 IDR

4.2 Tour 1 Day Trip ( Yehliu, Jiufen, Shifen ) = 310.000 IDR

4.3 Tiket Masuk Yehliu Geopark = 80 TWD ~ 37.600 IDR

4.4 Sun Moon Lake Pass = 720 TWD ~ 339.000 IDR

4.5 Cingjing Farm Pass = 600 TWD ~ 282.000 IDR

4.6 Tiket Cingjing Skywalk = 50 TWD ~ 23.500 IDR

4.7 National Palace & Shung Ye Museum = 140.000 IDR

Rp 1.363.000
5. SIM Card Chunghwa Telecom UNLIMITED DATA 10 Hari Rp 220.000
6. Total Biaya Makan + Minum + Jajan selama 8 Hari 2.564 TWD = Rp 1.205.000
Total Biaya Keliling Taipei dan Taichung 8 Hari

( Exclude Belanja & Oleh-Oleh )

Rp 8.000.000

Untuk trip Taipei dan Taichung ini, pengeluaran terbesar gue lebih buat tiket masuk tempat wisata, engga banyak belanja kali ini karena gue sendiri juga bingung mau belanja apa hahaha…. Waktu itu gue hanya belanja oleh-oleh makanan yang kata nya oleh-oleh khas Taiwan banget ( entah benar atau engga ), yaitu kue Pineapple sama Sugar & Spice Nougat ( atau praktis nya permen susu ).

Harga sekali makan berat di Taipei dan Taichung engga mahal-mahal amat, di kisaran 75 – 100 TWD banyak yang jual dan porsi nya juga kenyang, gue sering banget nemu menu makanan Nasi + Babi Cincang Kecap dan kebetulan gue suka banget ama makanan ini, klop dah hahahah…. Yang mahal itu makanan street food di night market nya, rata-rata kisaran 100 TWD malahan, kebanyakan sih makanan goreng-gorengan gitu, kalau Bubble Milk Tea kisaran harga 50 TWD, ada juga jual sosis panggang babi hutan gitu, kisaran nya 40 TWD.

* * * * *

Penginapan Taipei dan Taichung



Booking.com

Harga rata-rata penginapan private room sekelas hostel di Taipei rata-rata seharga 850 TWD ( Rp 400ribu ) per malam nya sedangkan Taichung harga nya lebih murah untuk sekelas hotel rata-rata bisa dapat 650 TWD ( Rp 300ribu ) per malam nya.

Gue menggunakan BOOKING.COM sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Semua penginapan yang gue pilih di Taipei dan Taichung tidak ada masalah sama sekali dengan fasilitas nya, semua berjalan lancar dan juga lokasi nya strategis karena berada di pusat belanja Ximen dan cuma terletak beda 1 stasiun dengan MRT Taipei Main Station.

Gue sendiri waktu itu memilih penginapan berikut selama di Taipei dan Taichung :

  1. TAIPEI – 2 Malam  di SleepBox Hostel ( KLIK DI SINI UNTUK BOOKING )
  2. TAICHUNG – 2 Malam  di VIP Hotel ( KLIK DI SINI UNTUK BOOKING )
  3. TAIPEI – 3 Malam di Backpacker Hostel XIMEN Area ( KLIK DI SINI UNTUK BOOKING )

Apabila anda travelling dengan jumlah peserta lebih dari 4, boleh di perhitungan menyewa apartemen dengan website AirBnb tapi kekurangan nya adalah harus bayar di muka secara online dan pembayaran menggunakan kartu kredit, daftar dengan link di bawah untuk mendapatkan travel credit sebesar 26 US$ ( Sekitar Rp 350.000 ) secara cuma-cuma

* * * * *

Transportasi Taipei dan Taichung

Taiwan EasyCard

Taiwan EasyCard

Selama di Taipei dan Taichung, gue cuma benar-benar mengandalkan transportasi subway dan jalan kaki. Kartu ‘sakti’ Taiwan yang bernama “EasyCard” merupakan benda yang sangat wajib di punya! Semua transportasi subway dan bus di Taipei dan Taichung bisa di gunakan dengan EasyCard ini untuk pembayaran nya, belanja di Seven Eleven juga bisa. Kekurangan nya yaitu deposit senilai 100 TWD nya engga bisa di tarik lagi walau kartu nya di refund, jadi ya kartu nya di bawa pulang aja ke Indonesia buat kenang-kenangan atau siapa tau balik lagi ke Taiwan suatu hari nanti hahaha…

Oh ya menggunakan transportasi subway dan bus di Taipei dan Taichung sangatlah mudah, line nya juga engga banyak dan ribet sehingga bisa di tentukan secara manual rute nya menggunakan gambar Peta Subway. Gue sendiri bisa survive jalan-jalan di Taipei dan Taichung tanpa nyasar dan tanpa menggunakan aplikasi subway sama sekali ( hanya bermodalkan gambar peta subway digital dan aplikasi Google Maps ) selama memakai transportasi subway dan bus di Taipei dan Taichung.

Buat anda yang dalam rombongan kecil 3-4 orang dan ingin menggunakan jasa mobil private untuk pengantaran dari Airport Taoyuan ke pusat kota Taipei, bisa menggunakan service berikut :

Untuk transportasi pindah antar kota Taipei ke Taichung, gue menggunakan kereta cepat Taiwan ( THSR – Taiwan High Speed Rail ), beli tiket kereta nya secara online biar dapat discount!

* * * * *

Beli SIM Card / Sewa Pocket WIFI di Taiwan

Chunghwa Sim Card - Unlimited Data

Chunghwa Sim Card – Unlimited Data

Trip Taiwan ini gue memutuskan membeli SIM Card Chunghwa Unlimited Data Internet untuk 10 hari pemakaian, harga nya Rp 220.000 dan pemesanan di bayar secara online, kualitas jaringan nya tokcer banget dah 4G lancar jaya, ya tinggal siap-siap batere HP aja lebih boros hahaha…. Buat anda yang datang rombongan, bisa mempertimbangkan menyewa Pocket WIFI Device dengan hitungan harga sewa per hari Rp 35.000, baik SIM Card maupun Pocket WIFI bisa di ambil / di kembalikan di bandara Taipei langsung.

Untuk pengambilan SIM Card / penyewaan Pocket WIFI ini di butuhkan 2 identitas diri ya, 1 Paspor, 1 nya lagi KTP / SIM ( salah satu nya aja ), gue sih waktu itu pakai Paspor + KTP. Berikut link pembelian SIM Card Taiwan / penyewaan Pocket WIFI nya :

  1. SIM Card Chunghwa ambil di Bandara Taoyuan – UNLIMITED DATA ( 5 Hari Rp 135.000  & 10 Hari Rp 220.000 )
  2. Sewa Pocket WIFI ambil di Bandara Taoyuan ( IDR 35.000 / hari )

* * * * *

Colokan Listrik di Taiwan

Colokan Listrik Taiwan

Colokan Listrik Taiwan

Sebenar nya colokan asli Taiwan itu yang model gambar di atas, tapi entah kenapa waktu di Taipei, di dua penginapan berbeda, colokan listrik nya dapat model di bawah, jadi nya gue engga perlu pakai konverter colokan lagi karena colokan listrik Indonesia bisa masuk lancar jaya. Yang colokan model atas baru gue temui waktu nginep di hotel di Taichung.

* * * * *

Oleh-Oleh Taiwan

Sugar Spice Nougat Taiwan

Sugar Spice Nougat Taiwan

Gue waktu itu membeli 3 kotak ukuran 400gr ( isi per kotak 30 pcs ) “French Nougat Box (400g)” dan gue tidak menyesal sama sekali karena rasa permen susu ini enak banget! Packaging kotak nya pun bagus banget, memang design nya khas oleh-oleh banget hahaha…. Untuk pengambilan pemesanan oleh-oleh ini gue lakukan di Bandara Taoyuan di hari kepulangan ke Indonesia, ambil paket nya di Pelican Counter dekat counter AirAsia kalau di Terminal 1 Taoyuan.

Pesan Online Paket Oleh-Oleh Sugar & Spice Nougat Taiwan, Ambil di Bandara Taoyuan, KLIK DI SINI

NOTE : Paket di ambil langsung di bandara di Pelican Counter pada tanggal yang di pilih ketika pemesanan, packaging jamin rapi

Pineapple Cake Taiwan

Pineapple Cake Taiwan

Gue waktu itu membeli paket “Combination Set 2: Original (2 x 6 pcs) + Cranberry (2 x 6 pcs) + Egg Yolk (6 pcs)” dan memang rasa kue nya ini enyaaaakkkkkkkkkkk,, sangat worth it buat di beli atau di jadikan oleh-oleh. Untuk pengambilan pemesanan oleh-oleh ini gue lakukan di Bandara Taoyuan di hari kepulangan ke Indonesia, ambil paket nya di Pelican Counter dekat counter AirAsia kalau di Terminal 1 Taoyuan.

Karena waktu itu gue membeli 3 kotak French Nougat ( 400gr ) + Combination Set 2: Original (2 x 6 pcs) + Cranberry (2 x 6 pcs) + Egg Yolk (6 pcs), waktu ambil di Pelican Counter, semua paket nya sudah di taruh dalam 1 kardus gitu, siap masuk bagasi pesawat gitu dah, jamin rapi packaging nya :wow:

Pesan Online Paket Pineapple Cake, Ambil di Bandara Taoyuan, KLIK DI SINI

NOTE : Paket di ambil langsung di bandara di Pelican Counter pada tanggal yang di pilih ketika pemesanan, packaging jamin rapi

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount, Tour )

Buat anda yang mau one day trip ke Yehliu, Jiufen dan Shifen dalam satu hari, gue sendiri waktu itu memakai jasa tour ini biar engga ribet dan karena keterbatasan waktu, sangat worth it dan recommended banget memilih tour ini, tinggal duduk manis terus di antar ke 3 tempat tersebut deh. Meeting point dan drop titik pulang nya di MRT Ximen Station exit 4.

Datang ke Taipei engga lengkap rasa nya kalau tidak mampir ke gedung Taipei 101 untuk menikmati keindahan kota Taipei dari lantai 89 dan 91 Taipei 101. Pastikan beli tiket nya secara online pada link di bawah buat mendapatkan harga discount, tiket nya sendiri bersifat Open Date selama 1 tahun sejak pemilihan dari tanggal booking.

Perjalanan trip antar kota Taipei dan Taichung Pergi Pulang ( PP ), gue memakai kereta cepat Taiwan ( THSR – Taiwan High Speed Rail ) untuk mempersingkat waktu sekaligus nyobain kecepatan kereta cepat Taiwan yang mencapai 300 km per jam. Gue memilih membeli tiket kereta cepat ini secara online, penukaran ke tiket fisik nya di lakukan langsung di counter HSR di stasiun, proses penukaran nya sangat mudah, cukup kasih paspor dan e-ticket di HP.

Buat anda yang mau menjelajahi kota Taipei, Kaohsiung dan lain nya atau keliling Taiwan menggunakan kereta cepat Taiwan, bisa memilih membeli 3  Days THSR Tourist Pass.

Pastikan membeli tiket kereta cepat Taiwan ( HSR ) lewat online, lumayan harga discount nya di banding beli on the spot.

Tiket Discount Kereta Cepat Taiwan Taipei ke Taichung dan Sebalik nya ( Open Date, Harga Discount 560 TWD, Harga Normal 700 TWD ), KLIK DI SINI

NOTE : Ketika pembelian tiket kereta HSR ini pastikan memilih direction yang benar, misal mau beli tiket Taipei ke Taichung maka memilih direction nya “From Taipei to Taichung”, jika arah sebalik nya, maka memilih direction nya “From Taichung to Taipei”.

Tiket Kereta Cepat Taiwan Unlimited Pemakaian Selama 3 Hari Berurutan! ( Harga Discount 2.200 TWD ), KLIK DI SINI

Untuk tiket discount dan paket tour lain nya selama di Taiwan, cek langsung di link ini => KLIK DI SINI

NOTE : Beberapa voucher discount di atas membutuhkan Kartu Kredit untuk membeli nya. Tidak punya kartu kredit tapi ingin tetap beli? Coba contact gue di LINE @nee8630u ( Pakai @ ya ), nanti gue bisa bantu belikan, tapi pasti nya transfer dulu uang rupiah nya ya~~

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Taiwan, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

44 thoughts on “Pengalaman Travelling ke Taiwan ( Taipei dan Taichung )

  1. Veronica kunto

    Tlg tny untuk liat itinerary ke taiwan dari hari ke 2 sampai terakhir kok ga ada yah pak?
    O ya jika pakai klook untuk wisata di yeliu apakah tidak terburu2 juga jika membawa anak usia 7 dan 9 tahun?

    Maaf saya bertny lagi. Sy rencn jg pake sunmoonlake pass yg NT720 yg pink..tlg tny
    -itu sudah include ropeway? Karena jika include ropeway, sy tidak membawa anak2 lagi ke maokong gondola.Dan tiket bus pp dr gancheng station ke sunmoonlake ya?
    -sy melihat petanya cukup besar dan byk point2 tempat yg bisa dikunjungi baik memakai bus ataupun boat.sebaiknya jika sudah sampai sunmoonlake, susunan perginyakemana saja yang terbaik?

    Untuk ke tamsui old street dan elephant mountain menurut sdr frenky apakah bagus untuk dikunjungi? Karena lokasinya jauh

    O ya frenky berarti ga pakai wifi pocket kan ya?cukup dgn hp yg sdh diisi sim sana ?
    Tq

    Reply
    • Frenky Post author

      Masih on progress ya cerita lanjutan nya, masih lama :)

      Terburu-buru sih engga, cuma engga bisa explore keseluruhan tempat nya ya, terutama di area Pasar Jiufen nya. Kalau Yehliu sama Shifen, engga ada masalah.

      itu sudah include ropeway? Karena jika include ropeway, sy tidak membawa anak2 lagi ke maokong gondola.Dan tiket bus pp dr gancheng station ke sunmoonlake ya?
      -> Iya benar, include ropeway + tiket bus PP dari gancheng station ke sunmoonlake

      sy melihat petanya cukup besar dan byk point2 tempat yg bisa dikunjungi baik memakai bus ataupun boat.sebaiknya jika sudah sampai sunmoonlake, susunan perginyakemana saja yang terbaik?
      -> ke area ropeway nya dulu, itu buka nya cuma sampai sore jam 5sore. Terus naik bus aja keliling area sun moon lake. Coba cari waktu tutup tiap spot aja, terus prioritas in ke situ dulu

      Untuk ke tamsui old street dan elephant mountain menurut sdr frenky apakah bagus untuk dikunjungi? Karena lokasinya jauh
      -> Tamsui old street bagus sih, recommended banget. Elephant mountain ga usah, ini cuma buat liat taipei tower aja, nothing special, bawa anak malah ribet karena harus trekking.

      O ya frenky berarti ga pakai wifi pocket kan ya?cukup dgn hp yg sdh diisi sim sana ?
      -> ya benar, pakai SIM Card beli di sana, ambil di airport. Engga ada masalah sama sekali dengan sinyal.

      Reply
  2. Veronica kunto

    Kami rencn 2019 ke taiwan..suami sy ada visa eropa 2011 apakah bisa mengajukan free visa taiwan?tq

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa, karena belum di atas 10 tahun. Visa Sticker Schengen nya harus ada ya di pasppor lama nya dan juga harus di bawa ketika pergi ke Taiwan nya.

      Reply
  3. Alexa

    Hi Frengkey..

    Visa jepang, Visa Waiver gpp?
    klo bisa…mau siap2 hunting tiket ke Taipei
    thanks

    Reply
  4. Angeline

    halo,, mau tanya di taiwan itu selain taxi ada uber / didi ga yah ? trus pas di taichung kan kamu ke sun moon lake, is it worth it? kalo sm family, cape banget gak ya? dari taichung ke sun moon lake nya naik apa ya? itu beda kota kan ya kalo ga slh? thank u infonyaa..^^

    Reply
    • Frenky Post author

      Uber ada, Didi ga tau deh. Iya ke Sun Moon Lake, kalau mau jalan2 santai, worth it sih, suasana nya nyaman. Taichung ke Sun Moon Lake tinggal naik bus Nantou aja. Masih satu kota kok, cuma agak jauh gitu, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Taichung.

      Reply
        • Frenky Post author

          Waktu itu saya beli Sun Moon Lake Pass ( paketan ) yang harga 720 TWD. Naik nya dari counter Bus Nantou nya dekat Hotel VIP Taichung situ, engga tau nama jalan nya, tapi dekat banget lokasi nya sama Hotel VIP Taichung.

          Cek di sini jadwal keberangkatan bus nya http://www.ntbus.com.tw/en-sml.html

          Reply
  5. Dewi

    Pengajuan visa taiwan hanya bisa di jakarta ya? Soalnya saya tinggal di medan. Kalau suruh teman atau saudara yang wakilkan untuk minta visa nya, apakah boleh??

    Reply
  6. Danny

    Halo bro frenkey, salam kenal..

    mau nanya untuk masuk ke taiwan selain apply visa online, harus isi apply arrival card jg ga? di web ini https://acard.immigration.gov.tw/nia_acard/acardAddAction.action .

    kalau misal isi ini, isi dr seminggu sebelum masuk bisa? atau harus 2 / 3hari sbelum masuk taiwan?

    sama untuk bagian entry permit / visa no itu kalau di authorization ceritificate itu yg dibagian mana ya?
    apakah Authorization No. ?

    Mohon batuan nya,

    Thank you…

    Reply
    • Frenky Post author

      Arrival card nanti isi saja ketika sampai di airport Taoyuan, tulis tangan sebelum imigrasi, ad kertas formulir gitu.

      Saya waktu itu buat 1 bulan sebelum perjalanan.

      Nomor Visa, itu di kanan atas.

      Reply
  7. Tiara

    waktu ke Korea , ngurus ini itu plus dpt info dari Frenkey oke bgt . top lah.
    Nah kalau ada rejeki emang pengen ke Taiwan , ehhh udah di review . mantap .
    Terima kasih . Kamsahahabnida . eh salah ;)
    Solo trip cewek , oke kan , ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Solo trip cewek aman dah ke Taiwan mah, paling engga aman nya engga ada yg bisa kontrol makan nya aja :))

      Reply
  8. Susan

    Thank you udah sharing info ttg trip ke TW. Jadi pengen kesana.
    Kalau travel sendiri ke tw cukup aman ga kira2 buat cewe?

    Reply
  9. Luki

    Permisi gw mau nanya nih rencana di taiwan sebulan nih ad saran atau gak masukkan enaknya ngapain?kayaknya sepuluh masih ad sisa 20 hari :cheer:
    Btw gw ad rencana kulineran mgkn ad saran thank you ya

    Reply
  10. susana

    Hi Frenky… Klo g pernah pny visa bgm? Cara carinya bgm? Krn liburan seringnya hny di Ind, SI,
    malaysia. Terima kasih u sarannya.

    Reply
  11. Matius Teguh Nugroho

    Walah kok musim gugur aja 28 derajat? Lebih sejuk di Bandung dong. Mungkinkah ini pertanda pemanasan global? JENG JENG JENG!!!
    Btw 2 kota terbesar di Taiwan setauku Taipei dan Kaohsiung, cmiiw.
    Lu selalu traveling dalam waktu lama ya, koh. Kalo gue paling cuma jadi 5 hari aja buat babat Taipei sama Taichung itu, hahaha.

    Ditunggu tulisan detilnya yang per hari, koh :))

    Reply
  12. Angel

    Hai, blog nya sangat membantu sekali. Mau tanya soal sun moon lake pass nya beli dimana ya? Saya rencana berangkat tgl 13 Maret. Mohon infonya ya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Beli langsung di loket bus “Nantou”. Cari dulu info loket bus “Nantou” terdekat dari penginapan anda, nanti langsung beli disitu. Saya sih tau nya loket bus “Nantou” ini ada di stasiun kereta cepat ( HSR ) Taichung sama di dekat VIP Hotel Taichung juga ada.

      Reply
  13. Lusi

    Hi Frenky :hi:

    Saya rencana kesana musim gugur mendatang. Tiba di Taipei pukul 20.45 lalu ingin langsung ke Taichung naik THSR. Bagaimana suasana di Taichung malam hari? Apakah mudah mencari taxi atau masih adakah bus yg menuju kota? Atau lebih enak stay dahulu di Taipei dan berangkat ke Taichung hari berikutnya?
    Lalu dimana spot2 terbaik Taiwan saat musim gugur untu melihat pohon2 berubah warna?
    Mohon sarannya ya.
    Ditunggu banget update cerita per hari kamu di Taiwan :wow:

    Reply
    • Frenky Post author

      Taichung sepi di malam hari, better ke Taichung besok nya aja, pas pagi2 atau siang. Kalau spot terbaik lihat pohon2 musim gugur engga tau juga, coba googling aja ya :)

      Reply
      • Lusi

        Saya ingin tanya juga mengenai one day tour Yehliu-Jiufen-Shifen.
        -Berapa lama waktu wisata yg diberikan di masing2 tempat?
        -Apakah selama perjalanan ada biaya tambahan lain? Misal tips driver, tiket masuk ketiga tempat tsb
        -Brp jumlah peserta dalam tour?
        -Pukul brp kembali di Ximen station?
        Terima kasih ya
        :calm:

        Reply
        • Frenky Post author

          – Sesuai itinerary yang tertulis di website Klook nya sih, persis sama, rata-rata sekitar 1jam30menit setiap tempat.
          – Biaya tambahan nya cuma tiket masuk Yehliu aja, sisa nya gratis. Tips driver optional kalau mau ngasih aja
          – Jumlah peserta nya sesuai kapasitas mobil Van, kalau ga salah inget sekitar 15 orang ya
          – Sesuai itinerary yg dipilih, waktu itu saya pilih jam8pagi-4sore sih

          Btw tour ini cuma akomodir transport perjalanan aja ya, jadi supir cuma nganterin ke tempat-tempat yg dimaksud lalu drop peserta, habis itu bebas jalan2 sendiri deh.

          Reply
          • Lusi

            Di dalam ketentuan tour itu kan bilang gak masalah jika mau pulang sendiri dari Shifen. Nah karena belum termasuk dalam itinerary dan saya lihat waktu selesai tournya masih sore, saya juga ingin mengunjungi Shifen Waterfall dan menerbangkan lampion. Saya juga ingin mengunjungi Keelung night market yg membutuhkan waktu perjalanan 30 menit. Apakah ada transportasi umum dari Shifen ke Keelung night market? Lalu untuk kembali ke Taipei dari Shifen atau Keelung, sekitar jam 7 malam naik apa? Mohon saran sebaiknya gimana.
            Terima kasih banget Frenkey
            :calm:

            Reply
            • Frenky Post author

              Waduh, saya engga paham juga deh naik apa buat ke Keelung Night Market, coba di googling aja ya info nya, nanti saya kasih info menyesatkan lagi, karena bukan pengalaman pribadi :)

              Reply
  14. sansan

    Hi Frenky… sekedar memperjelas saja mengenai bebas visa taiwan nya.
    Bebas visa taiwan ini yg dimaksud ini apakah benar kita tidak perlu mengajukan visa lagi di kedutaan namun cukup mengajukan via online di web https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ hanya dengan menggunakan visa negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen yang pernah ada?
    Saya pernah mendapatkan visa jepang di tahun 2015 dan tentunya sudah expired.
    Jika benar yang dimaksud adalah demikian, sebaiknya bulan berapakah saya sebaiknya mengajukan bebas taiwannya.
    Plan bulan agustus 2018 ini saya akan berlibur ke taiwan.
    Sebelumnya terima kasih atas informasinya?

    Reply
  15. tinalestary

    Waaa… Beneran bisa yaaaa ke taiwan pake visa yg sudah expired? Hihi.. Saya berniat ke taiwan juga, dan lagi searching2 aturan visa-nya…

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: