Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

Momen operasi gigi bungsu di penghujung akhir tahun tepat nya di bulan november 2010 lalu tentu merupakan pengalaman yang tak dapat saya lupakan. Saya masih ingat betul detail kejadian yang saya alami walau kejadian nya sudah berlalu cukup lama, ya mungkin karena saya mengalami kejadian yang tidak biasa ketika operasi gigi bungsu berakhir :lonely:

Kejadian ini berawal sekitar awal november 2010, gusi sebelah kiri paling pojok belakang saya mengalami cenat cenut dan sakit nya luar biasa sekali sampai kepala saya juga ikut-ikutan pusing. Saya pun bingung dari mana asal sakit nya karena setelah saya meraba dengan lidah di sekitar area yang cenat cenut, saya hanya merasakan sebuah gigi kecil.

Awal nya saya berasumsi bahwa sakit nya berasal dari gigi yang bolong, namun karena yang diraba hanya gigi kecil saya pun menjadi ragu. Saya kemudian mencari tau informasi dengan internet dan setelah berjam-jam searching, jawaban yang paling mendekati dengan rasa sakit di gigi saya ini adalah sebagai akibat efek gigi bungsu yang mendorong gusi dan gigi depan nya karena posisi tumbuh tidak benar. :sigh:

Setelah itu saya pun berinisiatif ke dokter gigi minggu depan, agar dapat secepat nya menyembuhkan sakit ini. Hari demi hari sebelum ke dokter, saya menahan sakit dengan cara praktis yaitu berkumur air garam untuk menghilangkan kuman yang ada dan selain itu menenangkan saraf yang ada di gigi saya, menurut saya cukup ampuh metode ini walau sakit nya tidak hilang seluruhnya.

* * * * *

Akhirnya tiba juga hari saya berobat, hari sabtu pagi-pagi saya menuju ke rumah sakit di daerah jakarta barat. Setelah mengurus administrasi ini itu, saya pun akhirnya di pertemukan dengan seorang dokter gigi wanita yang cantik :shy: Saya pun menceritakan dengan detail kejadian yang saya alami dan kemudian gigi saya di periksa dan tepat dugaan saya dari awal bahwa ini semua akibat gigi bungsu yang tumbuh dengan posisi tidak benar.

Saya pun bertanya kepada dokter apakah gigi bungsu saya bisa di cabut sekarang juga karena saya telah membaca berbagai artikel yang inti nya menjelaskan bahwa sebenarnya gigi bungsu itu lebih baik di cabut bila keadaan memungkinkan. Dokter kemudian memberitahu saya bahwa proses pencabutan gigi bungsu harus melalui operasi dan akan di bius lokal selama operasi gigi bungsu berlangsung.

Mendengar kata operasi agak membuat saya agak takut juga, namun karena itu salah satu pilihan ya saya pun turuti saja dan kemudian membuat janji untuk jadwal operasi gigi bungsu minggu depan di rumah sakit (apabila di tempat praktek / rumah dokter, harga nya lebih mahal).

Sebelum pulang saya di beri surat rekomendasi untuk melakukan rontgen mulut di daerah jalan panjang dan beberapa bungkus obat yang harus rutin di minum sesuai aturan sebelum operasi minggu depan. Hari berganti hari, 3 hari sebelum hari operasi gigi bungsu saya menyempatkan diri menuju klinik di daerah jalan Panjang Jakarta Barat untuk rontgen mulut. Proses rontgen nya cepat dan hasil nya juga cepat jadi (sekitar 1 jam), biaya nya 100 ribu rupiah waktu itu.

* * * * *

Dan akhir nya tiba juga hari eksekusi, sepulang dari kampus saya menyempatkan diri untuk makan malam yang banyak, karena setelah operasi tidak mungkin saya makan lagi :wait: kemudian saya bergegas menuju rumah sakit karena sesuai janji jam 7 malam adalah waktu operasi gigi bungsu saya. Sesampai dirumah sakit saya pun di beri informasi untuk langsung saja menuju lantai 4 dan ruangan gigi karena dokter sudah menunggu disana. Sesampai diruangan operasi, saya pun di persilakan masuk oleh dokter dan kemudian meminta hasil rontgen mulut saya.

Pada gambar, sebenar nya gigi bungsu yang menyebabkan sakit cenat cenut itu ada di sebelah kiri (panah biru). Namun karena saya merasa gigi tersebut sudah tidak sakit lagi setelah minum obat dokter dan terlihat pada gambar gigi (panah biru) sudah keluar dengan utuh, saya memilih mencabut gigi pada panah merah saja karena gigi tersebut suka menjadi tempat kotoran karena posisi nya yang miring sekali.

Dokter memberitahukan saya bahwa harga nya berbeda apabila mencabut gigi pada panah merah, dan diberitahukan harga nya menjadi 2 juta rupiah, lebih mahal 500 ribu rupiah dari gigi pada panah biru. Setelah sepakat, saya kemudian disuruh menuju kursi operasi.

Kemudian dokter di bantu satu orang suster mulai menyiapkan peralatan-peralatan untuk operasi gigi ini. Peralatan yang disiapkan cukup familiar karena saya sudah sering ke dokter gigi untuk periksa dan tambal gigi. Operasi kali ini sebenar nya tidak terlalu membuat saya takut karena di bius lokal juga pikir saya :hero:

Dokter kemudian menyuruh saya berkumur-kumur terlebih dahulu, kemudian dokter menyuruh saya membuka mulut dan menahan sakit sedikit. Terlihat dokter memasukkan jarum suntik ke mulut dan cussss…. terasa jarum suntik menembus gusi saya dan memasukan cairan bius ke dalam gusi.

Efek obat bius terasa cepat, sekitar 5 menit, gusi saya terasa menjadi keras dan apabila di raba dengan lidah tidak terasa apa-apa. Kemudian dokter mulai menyalakan bor gigi dan suster mulai memasukkan alat penghisap cairan ke dalam mulut. Pertama-tama dokter memotong gusi saya terlebih dahulu, hal ini dilakukan dengan mudah. Lalu dokter mulai mengebor gigi bungsu saya, tercium aroma asap pekat sekali khas benda terbakar.

Proses mengebor gigi ini cukup memakan waktu lama, terlihat beberapa kali dokter mengganti bor nya dengan mata bor lebih besar atau kecil. Tapi tenang saja, proses pengeboran ini tidak terasa sakit nya, tapi bagi yang tidak kuat melihat nya di sarankan tutup mata saja asal tidak ketiduran aja :evilsmirk:   Saya sendiri lebih memilih membuka mata untuk melihat senjata perang si dokter ketika mengoperasi gigi ini :D

Ketika dokter sibuk mengebor maka suster sibuk menghisap cairan darah dan air liur yang mengalir deras dengan alat penghisap. Dan setelah 1 jam melelahkan, dokter memberitahu saya bahwa gigi nya belum berhasil di cabut juga dan memutuskan membelah dua gigi bungsu, mendengar hal tersebut, agak gelisah juga saya karena waktu operasi menurut saya sudah cukup lama. Dan pada akhirnya dokter memberitahu saya bahwa gigi saya telah berhasil dicabut dan tinggal di jahit saja :cheer:

* * * * *

Setelah dokter memberitahu proses operasi sudah selesai, saya pun sudah di perbolehkan menutup mulut saya kembali. Ketika mencoba menutup mulut, saya bingung kenapa rahang mulut saya tidak bisa bergerak  :wtf:   Saya pun seketika menjadi panik dan memanggil dokter sambil menunjuk ke mulut saya dan dengan mulut terbuka menganga, saya berusaha memberitahu dokter bahwa rahang mulut saya tidak bisa ditutup. :crying:

Dokter pun melihat keadaan rahang saya dan menanyakan ke saya apakah tadi saya membuka mulut lebar sekali karena tegang mungkin? Saya pun mengiyakan karena memang agak sedikit tegang tadi sehingga saya membuka mulut lebar-lebar. Kemudian dokter berusaha mengangkat kembali rahang ke posisi semula, namun usaha nya tidak berhasil, suster pun memcoba membantu dan hasil nya nihil, keadaan itu membuat saya makin panik :noooo:

Sampai akhirnya saya di suruh menuju kamar spesialis tulang untuk di bantu oleh dokter bagian sana. Dengan keadaan mulut terganga saya berjalan kaki menuju kamar spesialis tulang, orang-orang sekitar melihat keadaan saya dalam keadaan mulut terganga :wait:

Sampai akhirnya saya bertemu dengan dokter tulang, di amati oleh beberapa calon dokter (mahasiswa/i), dengan beberapa usaha pengangkatan rahang dengan tenaga yang lebih keras, dokter tulang itu berhasil mengangkat rahang saya kembali ke posisi semula, mungkin karena tenaga yang lebih kuat (karena cowok) sehingga proses pengangkatan lancar.

Setelah itu muka saya di ikat seperti pocong untuk menghindari mulut saya menganga kembali karena engsel tulang nya belum sepenuh nya stabil. Setengah jam lama nya saya menunggu diam di kursi pojokan, saya mengamati calon dokter muda yang sedang lewat depan saya, beberapa ada yang “bening” loh :ngakak:

Sekedar info saja penderitaan operasi gigi bungsu itu baru terasa ketika obat bius nya sudah hilang, makan juga harus di pilih-pilih dan harus pelan-pelan mengunyah makanannya agar tidak terkena gumpalan darah di bekas operasi, ya kurang lebih sekitar 1 minggu, sakit sehabis operasi ini sudah lumayan sembuh nya. Waktu itu saya 3 minggu sesudah operasi sudah cabut jahitan, karena tidak nyaman rasa nya makan ada benang di gigi :D  Sesudah itu tinggal tunggu waktu saja hingga gusi sepnuhnya baikan.

Pesan saya jangan takut operasi gigi bungsu daripada nahan sakit nya yang wow :P  Mending Sakit Hati (Perasaan) daripada Sakit Gigi :peace:

66 thoughts on “Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

  1. Miss Chen

    Saya baru cabut gigi geraham kanan paling belakang tgl 22 Mar lalu. Awalnya bolong aja, niat mau tambal, malah disuruh cabut sama dokternya. Awalnya doknya blg biaya Rp 1jt. Ternyata pas hari H di depan kasir, ditagih 2jt (alamak pdhl udah ambil duit di atm cuma 1jt, terpaksalah gesek kartu kredit).
    Dan sejak hari pencabutan itu sampai dengan hari ini, makan minum tersiksa buanget. Sariawan dimana mana. Ditempat jahitan sariawan gede bgt. Harusnya kemarin disuruh balik utk buka jahitan. Tapi gara2 sariawan, ga brani ah.

    Reply
  2. desy

    waduh,pdhal sy jga di suruh oprsi gigi bungsu kiri bawah,tp baca dr atas smpe hbis kok horor smua?
    di jahitnya itu lho,pdhal msih trauma saat lairan,di jahit tnpa obat bius
    rasanyaaa,,,
    ini kok ada acra jahit juga

    cuma rahang yg g bisa mingkem aja tuh yg bkin ngakak

    Reply
  3. Ivan

    Sedikit share, ijin yaa yg punya blog hihihi. Kalo takut secara mental yaa bius total aja hihihi. Aku abis cabut 3 nih sm gigi yg impaksinya. Karena aku sangat anti sm jarum yaa minta bius total. Bius total seru2 gitu soalnya pas nanti pasca operasi dan sadar, pasti banyak ngigaunyq wkkkk

    Reply
  4. Ratih Dwi Saputri

    Seminggu lagi saya di jadwalin buat operasi impaksi, ngebaca blok ini kok rasanya makin takut yaa😭😭

    Reply
    • Ivan

      Yg ditakutin cuman gk bisa lagi makan makananan favorit selama penyembuhan hahahahah. Yg lainnya aman aja kok heheheh

      Reply
  5. Harri

    Halo Mas Frenky,
    Sekitar 3 minggu lagi saya akan menjalani operasi gigi bungsu.
    Ada 2 gigi yang bermasalah. kata dokter nya satu2 dicabut.
    Operasi nya per 2 minggu. Setelah membaca postingan si mas, sepertinya 2 minggu kemudian saya buka benang sekaligus operasi yang satu nya lagi.
    Masalahnya, 2 minggu setelah operasi pertama saya gak bs hadir.
    Kalau saya undur menjadi 3 minggu, apa tidak masalah?bisakah dokter gigi lain yang membukakan benang nya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Ga masalah sih di undur cabut benang nya, cuma di mulut nya jadi ga enak aja makan nya paling ya ada benang2 gitu. Kalau di tanya apakah bisa dokter gigi lain, harus nya bisa sih, soalnya cuma cabut benang doang.

      Tapi coba tanya dokter gigi ( biar pasti ) nanti ketika operasi boleh atau engga nya ya.

      Reply
  6. adam satya agung

    Saya juga habis operasi 1hari yg lalu. Lama operasi sekitar 40menit, awal disuntik bius sakit sedikit kaya digigit semut, tapi pas proses pencabutan ga berasa sakit, cuma sedikit geregetan karena dokternya berkali2 gagal nyongkel gigi saya , akhir terpaksa giginya dibelah 2 pake bor, itupun sampe 3x ganti mata bor. Dan yg paling sakit itu saat proses penjahitan, mungkin karena efek obat baal udh mulai mau habis, pas ditusuk jarum jahitnya sakit banget apalagi waktu benangnya ditarik2 ngilunya sampe ngeluarin air mata😂. Selesai operasi, mulut ga bisa mangap ( cuma terbuka selebar 1jari tangan) dan ga bisa mingkem, ga bisa ngunyah makanan karena gigi atas dan bawah ga bersentuhan waktu ngunyah, kira2 normal ga ya? Makan bubur kacang ijo pun diblender minumnya pake sedotan

    Reply
  7. ria cerìa

    Sy br operasi jg sdh 9 hr kata dokter nanti 10 hr kemudian br d buka jahitnx..tp knp d sekitar gigi yg d cabut jd sariawan gusix susah makan , minum air sj susah mennelan ….wktu d operasi lama hampir 2 jm prosesx krn akar gigi melengkung seperti mata pancing jdx nyangkut d tulang… yg sy heran knp d sekitr gigi yg d cabut jd luka akhirx jd sariawan gusi

    Reply
  8. Febri

    Haha… aku baru 4 hari yg lalu operasi geraham bungsu juga.
    Ngekek baca tulisan Anda. :ngakak:
    Lama operasi sekitar 30 menitan, 3 kali suntikan tuh. Pasca operasi, aku nggak bisa omong sama sekali. Baru H+1 bisa ngomong dikit-dikit, sampai sekarang juga efek biusnya masih kerasa ( kebas ). Makan jadi nggak nafsu padahal perut dah kelaparan banget rasanya. :dead:
    Pipi bengkak pas H+2. Apa itu harus kontrol lagi setelah obat habis ?
    Soalnya kemarin aku operasinya nggak ada yang nganter. Selesai operasi rahang kaku+bengkak=nggak bisa buat ngomong. Dokternya nggak bilang suruh balik lagi, cuma nyuruh makan,minum dingin saja begitu. Padahal saya juga ingin nanya ke dokternya apa harus kembali kontrol ke sana apa nggak? tapi terlanjur mulutku nggak bisa buat ngomong. :lonely:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau pengalaman pribadi sih ga ada kontrol lagi ya, jadi datang lagi ke dokter nya cuma buat cabut jahitan benang nya aj ( kurang lebih 3minggu pasca operasi ). Tapi kalau kasus pipi bengkak + obat sudah habis, rasa nya lebih baik kontrol lagi ya.

      Reply
  9. Anna Meutia

    pengalamannya persis banget sama yg saya alamin 3 hari yg lalu, yg dioperasi geraham kiri paling belakang dan posisinya sama persis miring kayak gitu. tapi bedanya saya udah sampe 3 kali bius tetap kerasa banget sakitnya, apalagi pas akarnya berusaha disongket/dicabut saya sampe nangiss sakit banget . sehingga akhirnya menurut dokter sebaiknya dihentikan, akarnya ditunda dulu dicabutnya tunggu 6 bulan lagi (ini lazim gak sih?). yang baru diambil cuma mahkotanya, akarnya masih tinggal di dalam.

    Btw untungnya sekarang ada bpjs, jadi semuanya gratis :relax:

    Reply
  10. Anatika

    Hai mas, mau berbagi pengalaman nih. Saya juga habis operasi geraham bungsu kiri bawah kemarin. Salah fokus pas baca bagian yang mangap ga bisa nutup itu, ga tahan ngakak sembari pipi bengkak begini hehehe :peace: Pasca operasi senat-senut sih rasanya, plus pipi bengkak, dan sakit nelan tapi ga terlalu gimana2. Nah, justru yg sakit banget pas operasi, apalagi waktu giginya dicabut. Ya tuhaaaan :crying: sampe kedengeran suara “krek”, refleks air mata saya keluar deres ga berhenti, plus bibir dan tangan gemetaran. Beberapa menit setelah gigi diangkat (sblm dijahit), saya masih gemetaran (karena shock sama rasa sakitnya kali ya). Untungnya pas dijahit ga kerasa sama sekali. Dokternya sih bilang krn posisi gigi dekat sekali dengan saraf makanya waktu dicabut ngilu luar biasa :desperate: sekarang tinggal nunggu seminggu nih untuk cabut jahitan. Wish me luck ya!

    Reply
  11. LauLau

    IMHO, sebaiknya operasi gigi impaksi sama spesialisnya yaitu dokter gigi spesialis bedah mulut, jadi klo kasus mas frengky rahang ga bs ngatup abis operasi bisa dibenerin lagi ma dokternya; ga perlu dibawa2 k sp ortopedi :p
    Btw, klo pada takut krn psikis utk operasinya, bisa kok dengan bius umum/total aja, lebih nyaman dan kalo dengan bpjs gratis kok :)
    Kebetulan I’m an oral surgeon :)

    Reply
    • yaya

      Klo sekitar solo semarang dan sekitarnya ada yang tau ga dimana operasinya yang ga nyekek kantong

      Reply
  12. DESTI

    Mas ,, ini kemarin pas bulan Februari abis cabut gigi bungsu 2 yang sebelah kiri. Pas di oprasi cuex bebek saja kan memang ga sakit cuma bau2 darah saja. pas mau dijahit itu biusan cepet banget ilang , jarumnya sama benangnya masuk sakitnya luar biasa, aku bilang ke dokternya , dokter malah bilang tahan saja ya ini biusnya cepet banget ilang dikamuuu. jadi aku dijait tanpa dibiusss :noooo:
    nahhh selesai kan cabut tu 2 gigi. sisa 2 gigi bungsu lagi nii yang di sebelah kanan. mas info RSnya sama biayanya dong. yang kemaren aku abis 3.5jta :crying: .. buat oprasi yang k-2 mau cari tempat yang aga murah . mungkin ada info di sharee dooongggggg .. makasihhh :info:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau masalah obat bius memang daya tahan di tiap orang beda-beda ya walaupun dosis nya sama, untung aja di gw daya tahan nya lama banget, bahkan sampai pulang masih tahan haha..

      Wah waktu itu gw juga operasi gigi bungsu di sumber waras kena per gigi nya 2jt ya, masih ada gigi bungsu di sebelah bawah kiri tapi belum di eksekusi juga, nunggu nanti kalau suatu hari “berontak” baru di operasi.

      Reply
  13. Eruna

    Halo, mas. Saya (juga) baru mengalami operasi gigi bungsu, yang kasusnya mirip dengan mas.
    Bedanya, kalo saya yang tumbuh itu kiri atas, sakiiit banget kemana-mana. Tapi setelah rontgen ternyata problemnya ada di gigi kiri bawah yang impaksi. Si kiri atas malahan tumbuh lurus2 aja. Baru dua hari pasca operasi ini, dan pipi saya membengkak sebelah. Makan juga pake sebelahnya, soalnya ga enak yang sebelah kiri benangnya kegigit terus

    Oiya, saya prosedurnya pakai BPJS, gak bayar sama sekali :D cuma nebus obat aja yang bayar. Kata dokternya, kalo tanpa BPJS bisa 2jt lebih itu biaya gigi saya (padahal operasinya ga sampai setengah jam).

    Reply
      • Eruna

        Sip, mas. Makasih juga ehehe.
        Btw mau nanya, mas, waktu operasi itu mas umurnya berapa?
        Soalnya saya 18th, pas mau anestesi asisten dokternya bingung, katanya kenapa baru 18 tapi udah numbuh giginya ._.

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau yang gigi kiri bawah umur 20, gigi kanan bawah umur 19. Yang bikin sakit kiri bawah. Tapi kalau masalah harus nya umur berapa gigi nya harus tumbuh kurang paham juga, anyway gigi bungsu gw tinggal 1 aja yang kiri bawah, sisa gigi bungsu lain nya udah di cabut ( cari aman ) hahaha

          Reply
          • Eruna

            Keren si mas, impaksi semua gak tuh?
            Saya yang impaksi tiga, yang satunya udah nongol dan aman posisinya.
            Btw mas, pipinya bengkak berapa lama? Saya udah bisa ngunyah tapi bengkaknya masih ada :(

            Reply
            • Frenky Post author

              Yang impaksi sebelah kiri bawah yang bikin kepala nyut2an pusing kepala barbie rasa nya aseli, yang kanan bawah posisi nya miring 180 derajat, untung kaga ngedorong gigi depan nya. Kalau yang atas sih masih keluar dikit, tapi langsung cabut aja ( tahun 2012 ) selagi kondisi aman haha.. yang atas sih cabut doang, engga pake operasi, cuma 5 menit selesai haha..

              Habis operasi engga ada acara pipi bengkak sama sekali ya, semua normal aja, seperti nya antibiotik nya bekerja sempurna. Kurang lebih 2-3minggu gusi nya udah mengeras kembali. Anyway selamat diet dan jaga makanan, cuma 2-3minggu aja kok~ :)

              Reply
  14. Putri

    Hai Mas Frengky,
    Agak serem bacanya di H-7 operasi gigi bungsu. Ga kebayang rahangnya gak bisa ditutup gitu -_-‘ btw, posisi giginya sama persis mas, cuma ak di kiri, udh nimbulin bolong juga di geraham yg dia tabrak :’D mau gamau kudu dicabut dan balik lagi buat nambal.
    Thanks mas udah share pengalamannya :D

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Putri,

      Yep sama-sama, semangat buat operasi gigi nya, jangan takut duluan ya, tiap orang punya cerita masing-masing :)

      Reply
  15. Icha

    Hallo mas Frenky,
    Mau tanya dong itu operasi kecilnya kok pake di jahit segala ya? Aku mau operasi gigi bungsu juga, tapi setelah baca postingan ini jadi ngeriii..
    Yang dijahit itu di dalam mulut apa di luar mulut ? Bekasnya gak kelihatan kan?
    Thanks before

    Reply
    • Frenky Post author

      Hello Icha,

      Jelas harus di jahit ya soal nya gusi nya kan di ‘potong’ biar gigi bungsu nya biar bisa di cabut, soal nya akar gigi bungsu ini kan dalam banget ya.

      Yang di jahit itu cuma bagian busi yang di potong aja, jadi jelas di dalam mulut. Bekas nya mah engga ada sama sekali, nanti gusi nya lama kelamaan menyatu dan keras lagi, sekitar 1bulan-an ya.

      Engga perlu takut buat operasi gigi begini mah, daripada sakit melulu gigi nya, mending langsung eksekusi cabut aja! :keren:

      Reply
  16. PRISCA

    Besok aku mau operasi gigi bungsu, bacanya merinding sendiri, aku boleh tanya gak ? pada saat di jaitnya itu masih dalam keadaan bius kan ya mas? trus di lepas jaitanya juga di bius kan mas ? :beg: :beg:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Prisca,

      Harus nya operasi dulu baru baca cerita saya biar engga merinding haha :peace:

      Pada saat jait itu obat bius nya masih bekerja, seingat saya sekitar 3-4 jam ya efek bius nya.

      Kalau lepas jahitan sih udah engga pakai bius, soalny emang udah engga ada rasa sakit lagi, cabut jahitan nya cuma pakai gunting sama penjepit aja buat narik benang nya.

      Bagian sakit dari acara operasi gigi bungsu ini cuma pas suntik gusi nya aja sama pas efek bius nya habis abis operasi :suram:

      Reply
      • adam satya agung

        Ko efek bius saya cuma sekitar 1jam lebih ya mas, lama operasi sekitar 40menit, nah pas ngantri obat sekitar 40menit ( maklum RS pemerintah penuh sama pasien lain yg juga antri obat)itu udh berasa sakit ngilu sama sakit pas nelen ludah. Sampe dikatain cengen sama istri 😂😂

        Reply
  17. dilla

    Mas mau nanya saya abis operasi gigi bungsu lalu udah 3 hari pipi saya bengkak ?
    Dan sakitnya terasa sakit sekali saya sangat takut

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Dilla,

      Saya pernah baca pengalaman orang lain ada yang mengalami pipi bengkak pasca operasi gigi bungsu, oleh karena itu minum obat antibiotik dan obat-obat lain nya yang di berikan oleh dokter harus rajin di minum sesuai aturan.

      Harus nya setelah 1 minggu, sakit nya sudah hilang, jika masih sakit banget, lebih baik datang ke dokter lagi untuk di cek :)

      Reply
  18. Umay

    Bang mau tanya waktu itu abang operasi gigi bungsunya di mana ya? Soalnya saya takut kalo di tempat yang asal2an. Makasih sebelumnya bang

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mba/mas, untuk efek nya sendiri tergantung gigi bungsu nya buat masalah seperti nyeri atau tumbuh miring ga?

      Kalau pengalaman pribadi, gigi bungsu bawah saya itu tumbuh nya satu miring yang mana makanan suka nyangkut jadi suka tempat berkumpul kotoran gitu deh, satu ny tumbuh normal cuma nyeri banget.

      Jadi karena alasan di atas, saya putus kan cabut gigi bungsu saya deh :)

      Reply
  19. sinta

    waktu jahitannya dicabut,pada benangnya ada yang putih ga?soalny jahitan pada gusi saya udh hampir sebulan g hilang.sedangkan yang lain udh pada hilang.dokternya g bilang hrz kontrol dan g bilang juga harus buka jahitan.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Mba kalau pengalaman saya jahitan nya ga bisa lepas sendiri gitu, jadi harus di bantu lepas jahitan nya oleh dokter yang waktu itu operasi :)

      Coba aja mba rasain gusi nya apakah sudah tidak terasa nyeri? lalu sudah tidak terasa gumpalan darah sama sekali? Jika iya, maka itu saat tepat untuk cabut jahitan nya.

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi sis, pengalaman saya waktu cabut jahitan gigi nya benar-benar tidak ada sakit sama sekali, jadi ga perlu ada yang di takuti ;)

      Reply
  20. arif

    Tks sharingnya mas, di RS Pemerintah seperti RS Fatmawati , RSCM 600ribuan loh . di RS GIgi Mulut FKG ui juga sekitaran segitu heh..600rb/gigi

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo masbro,

      Waktu itu rontgen nya di “Pramita Lab” di Jalan Panjang, Jakarta Barat. Harga nya sekitar 100 ribu-an.

      Reply
  21. manda

    waah saya pernah operasi gigi bungsu tuh tahun 2010 juga, bulan oktober. Karena sekalian 3 jadi bius total. masuk kamar operasi beneran kaya operasi besar, padahal operasi gigi doang hahaha. entah dokternya emang hebat banget atau gimana, setelah dibolehin makan(klo bius total kan baru boleh makan/ minum setelah buang angin) saya langsung makan sate padang 1 porsi dengan gusi penuh jahitan dan sempet lupa klo abis operasi gigi, padahal ternyata makanan dr rumah sakitnya cuma bubur dan ikan.
    menurut saya sih, kalo takut operasi padahal diharuskan, mending minta bius total, ga tegang buka mulut dalam keadaan sadar, liat prosesnya dll. klo bius total kan bangun2 mulut udah bersih ga berasa darah lg. ^_^

    Reply
    • Frenky Post author

      Wah sekali operasi 3 gigi, kalau itu emang harus bius total sis karena ngeri juga kita sebagai pasien kalau cuma bius lokal tapi yang di operasi 3 gigi :kaget:

      Tapi hebat juga ya habis selesai operasi, makan nya lancar-lancar aja sis, dulu gue agak susah untuk 3hari pertama, jadi kunyah nya pake bagian sebelah aja deh.

      Thanks udah sharing pengalaman nya sis!

      Reply
      • manda

        Tadinya mau lokal, tp dokternya ngingetin klo harus mangap paling sebentar 2 jam. Hahaha.
        iya enak klo cuma sebelah yg di belek, jadi bs pake sebelahnha, klo sy hantam aja semua smpe nasi rendang. Cuma ribet bersiinnya doang. Hahaha
        Buat yg mau operasi gigi bungsu, jgn takut. Klo sama dokter spesialis bedah mulut pasti lebih rapih, dan ga bengkak2. ^_^

        Reply
  22. Arman

    ane lagi nyari tarif operasi cabut gigi bungsu, thanks infonya.. :)

    bener tuh, ane mangkir udah tiga kali disuruh cabut sama 3 dokter gigi yang beda, habisnya klo dah dikasi obat, sakitnya ilang, udah deh g balik, hhe..

    padahal bener, jangan melihara penyakit, penyakit kok dipelihara, hhe..

    Tapi ane kok masih takut ya…

    :suram: :noooo:

    Reply
    • Frenky Post author

      Ya secepat nya jika sudah ada uang nya bisa di ‘eksekusi’ tuh gigi nya mas daripada nanti cenat-cenut lagi kepala nya kalau gigi nya ngamuk lagi haha…

      Kalau masih takut, cari dokter gigi nya wanita yang cantik biar jadi bawaan nya ketika operasi tidak tegang deh :crot:

      Reply
  23. iwan

    …..ma ksih bekalnya mas bos…3 hr lg aq jg mo brhadapan dng dkter gigi, tp kok hrus opname dlu 1 hr, knapa ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hmm buat apa opname ya, gw jg bingung soalnya cuma masalah gigi haha..
      dulu itu sebelum operasi yang penting rutin minum obat (antibiotik kaya nya) selama 1 minggu sebelum operasi dah itu habis operasi rutin lagi minum obat (penahan sakit) :D

      Reply
  24. debz

    ahahahaha… Baru baca nih cerita… ngebayangin lo keluar ruang dokter sambil mangap bikin gw ketawa geli….

    Reply
    • Frenky Post author

      Gue jg klo inget-inget lagi saat-saat lagi mangap jadi pengen ketawa, tapi pas ngalamin kejadian nya ngeri dan panik benar kaga bisa gerak rahang nya soalnya :suram:

      Reply
    • Frenky Post author

      Horor nya cuma sesaat, udah itu bye2 sakit gigi. Tenang aj selama operasi kan di bius, jadi ga terasa sakit nya :relax:

      Reply
      • wiwi :)

        horror bgt yah mas?
        aku jadi ngeri nih sampe rahangnya gk bias di tutup gitu…

        niatnya pengen disembuhin nih gigi bungsu yang mengganggu dan terasa sakit ini, tp karna denger dioperasi jd mendadak sembuh deh sakitnya *karenatakut

        btw biaya untuk keseluruhan brp yah?

        Reply
        • Frenky Post author

          Ga horor koq mba, itu kebetulan aja karena saya belum tau kalau kelamaan buka rahang nya lebar-lebar bisa nyangkut gitu, bukti nya pas saya operasi yang kedua kali nya untuk cabut yang bagian atas, lancar-lancar aja :)

          Untuk biaya waktu kasus saya sih kena sekitar 2,2jt an ( cabut, obat, rontgen ), dan itu masuk kategori operasi yang di lakukan oleh dokter gigi di rumah sakit swasta.

          Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: