Trip Ceria ke Pantai Selatan Yogyakarta ( Baron, Kukup, Pok Tunggal, Indrayanti, Sundak, dll)

Pengalaman gue travelling ke Jogja baru 2 kali, pertama semasa SMA dalam rangka berziarah, kedua di awal Maret 2013 wisata di kota Jogja dan offroad di Kaliurang. Maka ketika ada salah satu member yang open trip dengan judul “Susur Pantai Selatan Yogyakarta 8 – 10 November 2013” di forum Backpacker Indonesia, gue pun tanpa berpikir lama langsung mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta dari total 9 peserta.

Kemudian gue pun membeli secara online tiket Kereta Api Progo ( Pasar Senen – Lempuyangan ) 50 ribu rupiah dan Kereta Gaya Baru Malam Selatan ( Lempuyangan – Pasar Senen ) 55 ribu rupiah. Setelah tiket berhasil terbeli dengan lancar, hati gue pun merasa tenang dan tinggal menunggu hari-H nya saja :senang:

* * * * *

Hari-H nya pun tiba, berangkat lah gue menuju Jogja menggunakan Kereta Api Ekonomi yang sudah di beli 3 bulan sebelum nya. Sekedar info saja, naik Kereta Api Ekonomi sekarang tambah nyaman lagi karena pelayanan nya di tingkatkan dengan menambah AC Split di tiap gerbong dan colokan listrik di tiap baris kursi, yang pasti buat tidur makin nyenyak dan jadi ga perlu takut lagi kehabisan baterai HP deh selama perjalanan :cheer:

AC dan Colokan Listrik di Kereta Api Progo & GBM

Sesampai nya di Stasiun Lempuyangan 9 jam kemudian dari Jakarta, gue dan kawan-kawan pun bersih-bersih diri dan makan di sekitaran Stasiun ini sambil menunggu kedatangan transportasi mobil Elf 14 seat yang akan membawa kita pada Trip Jelalah Pantai Selatan Jogja ini. Gue puas banget naik mobil Elf ini karena total peserta nya hanya 9 orang, sehingga akhirnya gue mem-booking 2 bangku yang hasil nya membuat gue tidur nyenyak banget selama perjalanan :siul:

Transportasi Mobil Elf yang di gunakan

* * * * *

Pantai Selatan Yogyakarta terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan jumlah nya ada sekitar 50-an pantai, berjejer dari ujung Barat ke ujung Timur. Tapi berhubung suasana pantai nya mirip-mirip dan waktu terbatas, jadi gue dan kawan-kawan hanya mampir ke beberapa pantai saja.

Secara umum tarif masuk mobil di kenakan 5000 rupiah per-pantai dan ada juga pantai yang mengenakan charge per-orang an sekitar 1 – 2 ribu rupiah. Untuk yang mau berenang / main air di pantai, pastikan mengecek dulu ada atau tidak larangan untuk berenang di pantai tersebut di karenakan ombak nya kencang-kencang brrrr…. :suram:

Berikut pantai-pantai yang sempat di kunjungi, urutan pantai berdasarkan tempat yang di kunjungi pertama hingga terakhir.

Pantai Selatan Yogyakarta

* * * * *

1. Pantai Baron

Pantai Baron ini merupakan pantai pertama yang di kunjungi oleh kelompok gue. Di sekitar pelataran pakir mobil banyak tersedia rumah makan, penjual baju dan aksesoris, toilet umum dan semuanya tertata secara rapi layaknya tempat wisata pada umum nya. Memasuki areal pantai nya, deburan ombak terlihat begitu dahsyat sehingga banyak pengunjung memilih melihat-lihat saja.

Pantai Baron – Gunung Kidul, Yogyakarta

Bagi anda yang ingin melihat Pantai Baron dari atas bukit, maka anda akan di kenakan retribusi 2 ribu rupiah / orang untuk dapat ijin menaiki tangga dari bambu menuju ke atas bukit. Di atas bukit ini terlihat ada beberapa penjual makanan ala kadar nya seperti pop mie, snack ringan dan minuman botol berbagai merk.

View Pantai Baron dari atas bukit

* * * * *

2. Pantai Kukup

Pantai Kukup berada tepat di sebelah Pantai Baron, jika menggunakan mobil hanya 5-10 menit perjalanan. Sama seperti Pantai Baron, di pelataran Pantai Kukup ini juga banyak tersedia rumah makan, penjual baju dan aksesoris dan penginapan. Kelompok gue waktu itu menyewa penginapan bernama “Kukup Indah” per kamar ( 2 orang – kamar mandi dalam ) seharga 70 ribu rupiah saja per malam nya.

Pantai Kukup – Gunung Kidul, Yogyakarta

Yang pasti jangan sampai melewatkan foto-foto di atas bukit di Pantai Kukup ini karena pemandangan nya kerennnn…….

Tidak di kenai biaya tambahan untuk naik ke atas bukit ini, tinggal modal niat dan tenaga saja.

Pemandangan di Atas Bukit Pantai Kukup – Yogyakarta

View Pantai Kukup dari atas bukit

Narsis di Pantai Kukup – Yogyakarta

* * * * *

3. Pantai Sepanjang

Di Pantai Sepanjang ini tidak ada yang terlalu spesial menurut gue, tapi sesuai nama nya Pantai Sepanjang ini memiliki panjang garis pantai yang paling panjang di antara pantai-pantai lain nya di Gunung Kidul.

View Pantai Sepanjang – Gunung Kidul, Yogyakarta

Yihaaa! @Pantai Sepanjang – Yogyakarta

* * * * *

4. Pantai Drini

Pantai Drini suasana nya nyaman untuk tidur-tiduran sejenak karena terdapat pondok yang di sediakan. Gue tidak terlalu mengeksplor pantai ini berhubung sudah lumayan lelah sehingga lebih memilih tidur-tiduran saja :yawn:

Pantai Drini – Gunung Kidul, Yogyakarta

Pondok Peristirahatan di sekitar Pantai Drini – Yogyakarta

* * * * *

5. Pantai Krakal

Pantai Krakal ini mirip-mirip seperti Pantai Sepanjang karena panjang garis pantai nya sebelas dua belas dengan Pantai Sepanjang. Tapi berhubung ombak nya juga kencang sekali dan badan juga sudah lelah, jadi lagi-lagi gue hanya bisa melihat-lihat saja dan tidak terlalu mengeksplore banget pantai ini.

Pantai Krakal – Gunung Kidul, Yogyakarta

Foto Bersama di Pantai Krakal – Yogyakarta

* * * * *

6. Pantai Wedi ombo

Pantai Wedi Ombo ini adalah Pantai terakhir yang gue kunjungi pada hari pertama. Suasana pantai nya saat itu sangat sepi sekali dan sudah sore ketika gue datang. Di Pantai Wedi Ombo ini banyak terdapat batu-batuan besar di pinggir pantai dan bagi anda yang mau sekedar bermain air  juga bisa saja.

Pantai Wedi Ombo – Gunung Kidul, Yogyakarta

Menjelang Sunset di Pantai Wedi Ombo

* * * * *

7. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal ini pantai recommeded buat di kunjungi, suasana nya nyaman dan ramai layak nya tempat wisata umum nya. Tapi akses jalan untuk menuju Pantai Pok Tunggal ini tidak terlalu bersahabat untuk bus ukuran besar karena jalan nya hanya pas untuk 2 mobil.

Pantai Pok Tunggal – Gunung Kidul, Yogyakarta

Untuk naik ke atas bukit ini, kita harus menaiki tangga yang terbuat dari bambu, tenang saja walau dari bambu tapi terasa kokoh haha…

Nah nanti ketemu gerbang yang di jaga warga sekitar, masukkan uang seikhlas nya saja ke kotak uang yang telah di sediakan. Di atas bukit ini juga terdapat penjual makanan & minuman serta penyewaan gazebo bagi yang mau tidur-tiduran sejenak.

Pemandangan Pantai Pok Tunggal dari atas bukit

Narsis @Pantai Pok Tunggal

* * * * *

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini mirip-mirip dengan Pantai Pok Tunggal suasana nya. Di Pantai ini, pengunjung nya paling ramai kalau menurut gue, soalnya dari parkiran sampai rumah makan nya ramai polll…..

Pantai Indrayanti – Gunung Kidul, Yogyakarta

Pemandangan Pantai Indrayanti dari atas bukit

* * * * *

9. Pantai Sundak

Pantai terakhir yang dikunjungi pada trip ini adalah Pantai Sundak. Suasana nya mirip dengan Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti dan lokasi nya memang berdekatan satu sama lain jadi wajar mirip-mirip haha…

Pantai Sundak – Gunung Kidul, Yogyakarta

Jika mau menaiki bukit, maka di kenakan biaya 2 ribu / orang. Di atas bukit terdapat gazebo yang cocok buat yang mau pacaran berduaan secara rahasia :ngakak:

Berhubung gue sendirian waktu itu, jadi cuma foto-foto aja deh, next time ke sini harus bawa pacar :crying:

Pemandangan Pantai Sundak dari atas bukit

Gazebo di atas bukit di Pantai Sundak – Yogyakarta

* * * * *

Demikian cerita perjalanan gue beserta foto-foto yang dapat gue share pada trip ke Pantai Selatan Yogyakarta ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang mau mengunjungi tempat ini :bye:

We Are Born to Be Free!

 

14 thoughts on “Trip Ceria ke Pantai Selatan Yogyakarta ( Baron, Kukup, Pok Tunggal, Indrayanti, Sundak, dll)

  1. Tiny Yuniar

    bro thanks buat referensinya, rencana taun depan bulan maret mau ke jogja. abis liat web ini jadi tergugah pengen nyusur pantai juga. kalau sehari doang kira-kira enakan ke pantai mana aja ya? yang dari 1 pantai ke pantai lainnya ga terlalu makan waktu :D
    pantai kukup, pok tunggal, indrayanti, sundak kira-kira bisa disusur dalam 1 hari ga? :D
    terus yang paling keren sunset/sunrise nya yang mana bro?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mba,

      Kalau menurut gw sih yang wajib di kunjungi itu pantai Kukup, Pok Tunggal, Indrayanti sama Sundak, pantai-pantai itu searah dan tidak terlalu jauh jarak nya satu sama lain.

      Kalau sunset sama sunrise kurang tau nih berhubung ga liat kedua nya saat itu, tapi feeling sih indrayanti paling bagus sunrise nya :)

      Reply
  2. amel

    gan..boleh tanya?itu Elf yg dr stsiun lmpuyangan hrs sewa atau memng udh stay dstsiun y?klau sewa boleh mnta no tlp nya?tqyu gan

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mba, untuk elf nya itu udah booking dari Jakarta terus di suruh stand by di Lempuyangan deh :)

      Untuk no telp nya maaf ni ga punya, soalnya waktu itu di koordinir satu orang, saya cuma terima jadi aja rincian harga nya :(

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi Ineke,

      Untuk rincian harga nya agak lupa sih persis nya, ini rancangan kasar nya ya :
      1. Sewa Elf 600ribu / malam
      2. Penginapan Kukup Indah – 100 ribu / malam ber 2 per kamar nya
      3. Harga tiket masuk tiap pantai 5 ribu / orang

      Waktu itu biaya per orang nya di kisaran 220ribu-an di luar harga tiket kereta dan makan.

      Reply
    • Frenky Post author

      Kalau begitu mari datang ke Gunung Kidul lagi, terus kita nikmati keindahan pantai di sana bersama2 ;)

      Reply
  3. Susy Fierce

    Bagus-bagus ya pantainya, love it!!
    Anyway itu ambil paket dari travel ya? Udh lama pengen ke Yogyakarta tapi belom kesampean juga. Semoga next trip pas balik ke Indonesia kami punya kesempatan untuk kesana, pengen ke Borobudur juga :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai Susy, bukan pakai paket travel, lebih tepat nya sharing cost tapi ada 1 orang yang pengalaman atur semua nya, jadi saya tinggal duduk manis gitu deh :cheer:

      Kalau misal udah balik ke Indonesia dan butuh jasa travel di sini, kabarin saja, sapa tau saya bisa bantu referensiin :)

      Reply
    • Frenky Post author

      Yoi bro, masih banyak yang keren Pantai lain nya di Gunung Kidul tapi sayang waktu nya terbatas waktu itu :crying:

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: