Hari 7 : Osaka Castle, Osaka Aquarium Kaiyukan, Shinsaibashi

Tepat 1 minggu sudah gue jalan-jalan di Jepang dan acara pada tanggal 1 Juli 2015 ini, fokus jalan-jalan dan itinerary hanya sekitaran Osaka saja. Mulai dari berkunjung ke Castle yang terkenal di kota Osaka bahkan di seluruh Jepang yaitu Osaka Castle, lalu melihat-lihat dunia bahari sama penguin lucu di salah satu aquarium terbesar di dunia yaitu Osaka Aquarium Kaiyukan, terus main Bianglala yang terletak persis di sebelah Osaka Aquarium Kaiyukan dan juga merupakan salah satu Bianglala terbesar di dunia yaitu Tempozan Ferris Wheel, dan di tutup dengan acara shopping seperti biasa di Shinsaibashi :star:

Itinerary Keliling Osaka ( 1 Juli 2016 ) SelectShow

* * * * *

MAMPIR SEBENTAR KE OSAKA CASTLE

Information : Osaka Castle Japan Guide

Tiket Masuk : FREE ( Lihat Osaka Castle dari Luar ), 600 Yen ( Masuk ke dalam Castle Tower )

Pemandangan Osaka Castle di 4 Musim di Jepang

Pemandangan Osaka Castle di 4 Musim di Jepang

Karena hari ini di Osaka hujan deras pagi hari nya, jadi acara hari ini dimulai cukup agak siang menunggu hujan nya reda dulu. Dan ketika hujan nya sudah reda mendekati jam makan siang, ya udah akhir nya diputuskan makan siang dulu di rumah makan yang terletak persis di sebelah Hotel Toyo. Seperti biasa kalau makan di rumah makan bukan di daerah turis, power of “Tunjuk Gambar / Tulisan” sangat di perlukan, jangan berharap banyak penjual nya bisa bicara bahasa inggris deh hahaha… Anyway entah kenapa gue suka nasi kari selama di Jepang, jadi nya gue pesan lagi deh menu Nasi Kari ( 450 Yen ) begitu lihat gambar nya dan terbukti rasa nya Oishi ( enak )!!!

Curry Rice dan Nasi Goreng ala Jepang

Curry Rice dan Nasi Goreng ala Jepang

Osaka Subway Pass dan Mesin Beli Pass nya

Osaka Subway Pass dan Mesin Beli Pass nya

Untuk trip keliling Osaka ini, gue memilih membeli One Day Osaka Subway Pass seharga 800 Yen yang dapat langsung di beli di mesin yang ada di tiap station subway di Osaka. Sesuai nama nya, Osaka Subway Pass ini hanya berlaku pemakaian sepuas nya untuk transportasi jenis Subway di dalam kota Osaka pasti nya.

Untuk ke Osaka Castle dari Hotel Toyo, maka gue memulai dari Dobutsuen-Mae Station lalu menuju ke arah Morinomiya Station dan di lanjutkan berjalan kaki kurang lebih 1 KM sebelum sampai ke Osaka Castle. Oh ya di Morinomiya Station gue sempat melihat selebaran entah mencari orang hilang atau mencari penjahat, yang pasti foto-foto wajah orang nya gahar-gahar :evilsmirk:

Contoh Brosur Entah Foto Orang Hilang atau Foto Pencarian Penjahat

Contoh Brosur Entah Foto Orang Hilang atau Foto Pencarian Penjahat

Taman di luar Osaka Castle dan Burung Gagak Hitam

Taman di luar Osaka Castle dan Burung Gagak Hitam

Dari pintu Exit stasiun Subway untuk menuju Osaka Castle, maka gue harus melewati area taman yang luas banget, kalau musim gugur pasti cakep aseli pemandangan nya, tapi berhubung gue datang di musim summer jadi pohon nya ya hijau biasa, tapi suasana nya aseli adem sih lewat taman ini.

Selain suasana adem, ada suasana lain yang gue rasakan ketika nonton film Jepang dengan setting tempat di suatu area taman, suasana apakah itu?!? Jawaban nya adalah suara burung Gagak Hitam! Suara nya khas banget aseli dan disana memang terlihat cukup banyak Gagak Hitam saat itu, di satu sisi suara nya menarik tapi kalau misal dengar suara nya di malam hari sih serem juga :suram:

Ice Cream Rasa Orange 300 Yen ( Not Worth it )

Ice Cream Rasa Orange 300 Yen ( Not Worth it )

Anyway, lagi-lagi untuk kesekian kali nya di dekat gerbang halaman Osaka Castle, gue membeli es krim hahaha.. Harga nya masih sama 300 Yen, beda nya kali ini rasa nya orange! Tapi gue akuin masih enakan es krim Vanilla Burger King yang harga nya cuma 3000 Rupiah, beda harga nya 10 kali lipat :lonely:

Oh ya buat anda yang ingin masuk ke Osaka Castle dan Osaka Museum of History, total harga tiket nya jadi 900 Yen. Gue sendiri pada akhir nya tidak masuk ke dalam Osaka Castle, cuma foto cantik di depan Osaka Castle saja haha.. Foto Check in Completed terus upload ke media sosial #halah terus cabut deh ke destinasi berikut nya, benar-benar cuma numpang eksis banget dah gue ke Osaka Castle ini :shy:

Suasana Sekitar Osaka Castle & Osaka Castle + Osaka Museum of History Admission Fee

Suasana Sekitar Osaka Castle & Osaka Castle + Osaka Museum of History Admission Fee

Osaka Castle, Check in Completed!

Osaka Castle, Check in Completed!

* * * * *

MELIHAT GAGAH NYA IKAN HIU PAUS, LUCU NYA PENGUIN DAN SERAM NYA JAPANESE SPIDER CRAB DI OSAKA AQUARIUM KAIYUKAN

Information : Osaka Aquarium Kaiyukan Official Website

Harga Tiket : 2.300 Yen ( Osaka Aquarium Kaiyukan ) – PAKET 3.000 Yen ( + Tempozan Giant Ferris Wheel )

Direction : Osakako Station

Osaka Aquarium Kaiyukan

Osaka Aquarium Kaiyukan

Karena cuaca saat itu mendung pertanda mau turun hujan, jadi nya langsung cari alternatif tempat wisata Indoor di Osaka dan kepikiran lah mampir melihat pemandangan alam bawah laut di salah satu aquarium terbesar di dunia yaitu Osaka Aquarium Kaiyukan. Untuk menuju Osaka Aquarium Kaiyukan ini sangat mudah, cukup cari rute ke Osakako Station, lalu begitu keluar dari pintu exit station tinggal ikuti saja arah ke Bianglala besar ( Tempozan Giant Ferris Wheel ), Osaka Aquarium Kaiyukan terletak persis di sebelah Tempozan Giant Ferris Wheel.

Di loket penjualan tiket, selain di jual tiket masuk ke Osaka Aquarium Kaiyukan ( 2.300 Yen ), juga di jual tiket paketan lain seperti

  1. Osaka Aquarium Kaiyukan + Captain Line ( Shuttle Boat ) – One Way 2.700 Yen ~ Round Trip 3.300 Yen
  2. Osaka Aquarium Kaiyukan + Santa Maria ( Sightseeing Ship ) – 3.200 Yen
  3. Osaka Aquarium Kaiyukan + Tempozan Giant Ferris Wheel – 3.000 Yen

Gue sendiri memilih paketan nomor 3 karena pengen nyobain liat kota Osaka dari ketinggian di salah satu Bianglala terbesar di dunia juga.

Osaka Aquarium Kaiyukan Ticket

Osaka Aquarium Kaiyukan Ticket

Sekilas info tentang Osaka Aquarium Kaiyukan, di sini ada 27 tanki akuarium dengan ukuran yang paling besar kapasitasnya 5.400 meter kubik atau sebesar gedung 3 lantai, sugoi kan ya!!! Osaka Aquarium Kaiyukan memiliki 29 ribu ekor hewan dari 470 spesies. Hewan ini dari yang paling besar yaitu ikan Hiu Paus sampai aneka ubur-ubur super kecil. Hewan-hewan ini dibagi dalam 16 zona mulai dari Laut Jepang, Samudera Pasifik sampai Antartika.

Pertama masuk di Osaka Aquarium Kaiyukan, ikan yang di sajikan bentuk nya kecil-kecil, ya nothing special. Lalu di sesi berikut nya melewati areal taman indoor gitu, ada pohon-pohon lebat terus di bawah nya ada aquarium buat ikan-ikan kecil, gue lupa ada burung nya atau enggak di taman indoor ini. Habis itu melewati areal aquarium ukuran sedang, nah di sini gue ngeliat penguin pertama kali di balik kaca yang dingin, lucu juga liat gerakan penguin :yeah:

Penguin Lucu ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Penguin Lucu ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Whale Shark ( Hiu Paus ) ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Whale Shark ( Hiu Paus ) ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Di Aquarium ukuran sedang ini ikan-ikan nya masih biasa aja, ya udah lanjut jalan ngelewatin terowongan mirip suasana nya kaya Seaworld di Ancol, yang ini juga masih sama biasa aja. Nah suasana luar biasa beda nya itu baru berasa waktu ngelewatin aquarium ukuran 3 lantai yang mana ruangan nya juga agak beda, bentuk spiral turun ke bawah gitu, behhh keren habis lihat ikan-ikan manta sama paus yang besar aseli depan mata!!! :wtf:

Tapi yang paling beda banget sih hewan ukuran besar nya cuma 1 disini yaitu kepiting! Sebutan nya keren nya Japanese Spider Crab, ukuran nya besar pake banget! Malahan ada yang besar kepiting nya melebihi ukuran tinggi badan gue, gimana engga ngeri liat nya, untung di balik kaca dia nya :sweating:

Japanese Spider Crab

Japanese Spider Crab

Penguin ( Hot Blood ) ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Penguin ( Hot Blood ) ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Oh ya di sini gue juga melihat dan ( baru tau ) ada spesies penguin yang bisa hidup di daerah engga dingin, jadi nih penguin di letakkan di ruang terbuka gitu, suhu udara ruangan normal sekitar 25 derajat. Beda sama penguin pertama yang gue lihat di dalam aquarium yang suhu udara nya dingin. Selain itu di sini juga bisa melihat jadwal pemberian makan hewan ya, tinggal lihat aja waktu yang tertera di dinding. Waktu itu gue cuma sempat melihat pemberian makan singa laut aja.

Jadwal Feeding Time and No Flash Photography!

Jadwal Feeding Time and No Flash Photography!

Anjing Laut ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Anjing Laut ~ Osaka Aquarium Kaiyukan

Di Pintu Keluar, di sini tersedia toko yang menjual aksesoris lucu seperti boneka, gantungan kunci, dll buat kenang-kenangan sudah mampir ke Osaka Aquarium Kaiyukan. Tempat ini worth it buat di kunjungi menurut gue, dan sekaligus bisa di jadikan tempat berteduh juga kalau di Osaka lagi hujan deras :ngakak:

* * * * *

MELIHAT KEINDAHAN KOTA OSAKA DARI TEMPOZAN FERRIS WHEEL

Information : Wikipedia Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel Osaka

Tempozan Ferris Wheel Osaka

Setelah main di salah satu Aquarium terbesar di dunia, maka kali ini gue mencoba Tempozan Ferris Wheel yang merupakan salah satu Bianglala terbesar di dunia ( tinggi 112,5 meter dan diameter 100 meter ) yang terletak bersebelahan dengan Osaka Aquarium Kayiukan.

Tidak banyak yang gue bisa ceritakan ketika naik bianglala ini ya karena memang sensasi nya sama aja kaya naik bianglala umum nya hahaha… Beda nya paling cuma bisa ngeliat kota Osaka aja dari atas, Osaka Castle juga bisa keliatan kalau mata anda tidak minus parah :evilsmirk:

Pemandangan kota Osaka dari Tempozan Ferris Wheel

Pemandangan kota Osaka dari Tempozan Ferris Wheel

Check in Completed! -Tempozan Ferris Wheel-

Check in Completed! -Tempozan Ferris Wheel-

* * * * *

BELANJA OLEH-OLEH DI SHINSAIBASHI SHOPPING AREA

Shinsaibashi Shopping Area - Osaka

Shinsaibashi Shopping Area – Osaka

Karena hari ini merupakan hari terakhir di Jepang buat teman-teman gue, maka malam itu akhir nya di habiskan dengan belanja oleh-oleh dengan kalap di Shinsaibashi. Gue sendiri karena masih ada sisa 3 hari ke depan yang akan di habiskan dengan solo travelling ( hikssss… ) jadi nya saat itu gue lebih memilih mengamati harga oleh-oleh ( mostly makanan ), jadi nya udah perkiraan bakal beli apa-apa aja dan harus save berapa duit di hari terakhir :keren:

Oh ya di malam ini juga ketemu rumah makan ( Engga tau cara nyebut nya ) dekat Hotel Toyo yang harga nya oke dan variasi menu nya banyak, jadi nya tiap malam selama di Osaka gue selalu memilih makan di rumah makan ini :siul:

Set Makan Malam 590 Yen

Set Makan Malam 590 Yen

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1. Makan Siang Curry Rice 450 Yen
2. Osaka Subway Pass 800 Yen
3. Ice Cream Orange 300 Yen
4. Osaka Aquarium Kaiyukan + Tempozan Ferris Wheel 3.000 Yen
5. Makan Malam Set 590 Yen
Total 5.140 Yen = Rp 570.000

18 thoughts on “Hari 7 : Osaka Castle, Osaka Aquarium Kaiyukan, Shinsaibashi

  1. kiky

    thanks for the info.

    mw tanya soal kereta ke bandara kansai.
    limited express train dicover sama osaka subway pass kah? klo enggak kena berapa ya?

    terima kasih

    Reply
  2. ELI

    Hi mau nanya jika kartu suica masih ada sisa uang & uang deposit .. bisa narek uangnya kembali di osaka?
    dan boleh minta petunjuk referensi kartu atau pass apa aj yang harus dibeli di tokyo,kyoto & osaka

    thx

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa di tukar lagi kartu nya beserta uang sisa nya, tapi cara nya google lagi ya. Tokyo bisa pakai subway pass, Kyoto bisa pakai buss pass, Osaka bisa pakai subway pass.

      Reply
  3. Novie

    Numpang nanya.. kl saya sdh pakai jrpass di tokyo apa msh perlu beli subway pass lainnya utk keliling osaka?

    Reply
  4. sun

    mau tanya.. katanya kansai thru pass bisa untuk di osaka juga, kenapa perlu beli osaka pass lagi?
    kalo beli kansai thru pass, apakah bisa digunakan di kyoto? perlu beli pass kyoto bus lagi ga?
    lagi ngitung2 hematnya gimana soal transport. hehe..
    mohon pencerahannya yak.
    thanks.

    Reply
    • Frenky Post author

      KTP buat trip ke kota-kota lain yang jarak nya jauh aja, kalau osaka pass cuma buat dalam kota Osaka aja. KTP support Kyoto bus sama subway nya juga.

      Reply
  5. Firdaus

    wow nice info! btw itu 800 yen yang buat subway itungannya per24jam atau sampe ganti hari aja? soalnya ada rencana juga mau ke japan april nanti, kan bisa ngirit ongkos juga kalo itungannya per 24 jam hehe

    Reply
  6. Oki

    Infonya bermanfaat bgt👍 maret bakal ke Osaka aquarium, it beli tiketnya antri bgt ga? Smg hrg tiket ttp sama ya 3000..Oya satu lagi kira2 butuh waktu brp lama utk mengitari kaiyukan aquarium? Thanks ka infonya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kaga pakai antri sama sekali ya waktu itu, loket nya ada lebih dari 1 yang buka. Kira-kira 2 – 2.30jam ya, tempat nya luas soalnya.

      Reply
  7. iraK

    wah informasi nya lengkap menarik dan informatif banget, kebetulan bakal ke osaka dan nara februari 2017. Terima kasih.

    Reply
  8. windy

    Hi

    Dari baca pengalaman op gigi geraham bungsu eh malah lanjut baca jalan2 hahaha

    Kbetulan juga gw ud ke jepang nov 2015 n bakal pergi lagi apr 2017. Btw kenapa ga ke theme park spt disneysea n usj

    Oh ya penulisn yg bener itu worth it lho bukan worthed

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi pembaca nyasar haha,,

      Karena mau kesana nya bareng calon istri aja hahaha,,, kebetulan teman seperjalanan gue juga kaga mau kesana, dan gue juga flexbile, jadi nya ntar2 aja deh kesana nya.

      Ok well noted buat pembetulan nya, baru ngeh selama ini gue salah paham, thank you!

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: