Kuda Besi Hitam “Vixion”

Memasuki awal tahun 2012, bulat sudah keputusan gue untuk mengganti motor yang sudah 7 tahun lama nya telah menemani gue. Motor Supra X125 edisi pertama ini dibelikan ortu gue di tahun 2005 ketika gue berhasil memasuki sekolah SMA negri yang berada di Jakarta Barat. Tujuan awal di belikan motor ini sebagai transportasi utama harian gue untuk menuju sekolah. Banyak hal sedih yang sudah di alami motor gue ini seperti kebanjiran di tahun 2007, jatuh di tengah jalan raya dan nyaris di rampok. Tetapi banyak juga hal senang yang gue alami salah satu contoh nya ngedate bersama gebetan :shy:

Dan akhirnya setelah terkumpul uang yang cukup setelah gue lulus kuliah, gue pun mulai mencari-cari nominasi motor Sport yang masuk kantong, ya tentu nya ga sampai sekelas Ducati atau Ninja 250, maklum tabungan mahasiswa *nasib*

Setelah bertapa depan internet 3 hari 2 malam dan nanya info sana sini, akhirnya gue pun memutuskan untuk membeli Vixion keluaran pabrik berlogo garpu tala. Banyak alasan nya memilih motor ini, ya tidak usah gue sebutkan, nanti di anggap meremehkan merek lain. Dan akhirnya setelah bertapa di internet selama 2 minggu lama nya di forum jual beli kaskus, gue pun berhasil membeli motor bekas Vixion keluaran tahun 2010 yang speedometer nya baru menunjuk 5500 KM saat gue membeli.

Alasan KM nya yang masih terbilang kecil padahal sudah 2 tahun pembelian, karena si seller ternyata punya CBR 150 keluaran terbaru, dan gue melihat sendiri memang benar apa ada nya, sehingga gue pun tidak ragu membeli motor tersebut dan langsung deal dengan seller di rumah nya.

Seperti yang terlihat di foto, berikut modifikasi yang sudah gue lakukan terhadap motor ini, tujuan nya untuk menambah kenyamanan berkendara dan gaya pasti nya :)

1. Menambah batok pada Headlamp Vixion

Berawal dari iseng-iseng melihat-lihat forum Aksesoris Motor di FJB kaskus dan langsung terpincut pada pandangan pertama, maka gue pun langsung memesan via online dari seller yang berada di Jogja. Gue merasa puas dengan pembelian gue yang satu ini karena bahan nya yang terbuat dari Fiber Glass sehingga menambah kesan kokoh.

2. Merubah Klakson Standard menjadi Klakson Hella

Klakson Hella di Bawah Plat

Berawal dari kurang greget nya bunyi klakson standard Vixion yang menurut gue tidak sebanding nya dengan besar motor nya, maka gue pun berinisiatif mengganti nya di toko langganan gue di daerah Palmerah. Alhasil sekarang biker yang suka ugal-ugalan atau menerobos lampu merah terkadang berhasil gue kagetkan dengan klakson yang suara nya mirip mobil BMW.

 3. Menambah Cover Radiator Vixion

Bermodalkan 20 ribu rupiah, maka gue pun memasang cover ini ke radiator motor vixion gue. Fungsi nya cuma buat keamanan dari batu-batu kecil yang terlempar ke radiator sama gaya dikit mungkin :)

4. Menambah Cover Mesin Vixion (Plastik)

Awal nya berniat memakai bahan ABS tapi susah mencari nya di toko aksesoris di Jakarta Barat, jadi sementara memakai bahan plastik dulu. Kelebihan memakai cover mesin ini untuk menambah gaya, kekurangan nya agak repot untuk mengisi ulang oli dan apabila ada keperluan menggosok nomor mesin tentu nya juga repot.

5. Menambah Box Kappa 42L dan Bracket Geser Kucay Lampung

Bracket Geser Kucay dan Box Kappa

Karena dulu gue adalah pengguna motor bebek yang notabene motor nya terdapat jok yang bisa menampung jas hujan, obeng, dll tetapi semenjak memakai motor Vixion ini gue kebingungan mau taruh di mana barang-barang yang di maksud. Maka gue pun memutuskan membeli Box Kappa 42L ini dan untuk bracket nya gue percayakan kepada Bracket Geser Kucay (Lampung). Dan hasil nya gue puas karena gue tidak perlu pusing jika terpaksa harus bawa barang banyak :cheer:

6. Menambah Spakbor Kolong Vixion dan Mengganti Ban Belakang Tubeless Corsa S123

Spakbor kolong Vixion ini sangat berguna buat menahan kotoran sekaligus buat nambah gaya. Untuk ban nya sendiri tepaksa ganti karena ban standard Vixion nya retak, tapi suatu saat pasti gue ganti ke Battlax biar makin tokcer.

7. Mengganti Aki menjadi 6A dan menambah XCS Hurricane

XCS Hurricane (Warna Biru) dan Aki Yuasa YT7C 6A

Tujuan mengganti aki sendiri berhubungan dengan point 2. Aki standard Vixion hanyalah 3,5 A sehingga gue memutuskan menggati dengan ukuran 6 A agar sistem kelistrikan motor gue tetap stabil dan agar tambah yakin gue pun menambah XCS Hurricane yang kata penjual nya berfungsi sebagai “Stabilizer”, entah benar atau ga :confused:

8. Menambah Jok Dingin Cooltech, Mengganti Lampu Belakang LED, Memasang Stiker Tank Pad

Jok Dingin Cooltech, Lampu Belakang LED, Stiker Tank Pad

Sampai dengan postingan ini dibuat, baru itu lah modifikasi yang gue lakukan terhadap motor gue ini, seiring berjalan waktu pasti ada modifikasi lain yang akan gue lakukan, tinggal menunggu waktu saja :keren:

14 thoughts on “Kuda Besi Hitam “Vixion”

  1. arangga

    gan, tadi ane bongkar kabel2 yg ada divixion,… tadinya ane mo pasang speedometer sendiri merek koso rx2 nah… tapi rpm nya ga gerak2 -_- gimana tuh gan??

    Reply
    • Frenky Post author

      Muat koq gan walaupun ada 2 juga. Yang penting engga nabrak lobang dalam banget, karena bisa kena spakbor depan nya.

      Sampai sekarang klakson nya masih jalan normal-normal saja :)

      Reply
    • Frenky Post author

      Bukan pengganti kiprok, itu cuma buat sebagai penstabil tegangan di aki aja, cara kerja nya mirip kaya stabilizer pada alat elektronik.

      Reply
    • Frenky Post author

      Spakbor kolong banyak jual di bengkel variasi motor, harga nya sekitar 80 – 100 ribu an, barang nya PNP.

      Reply
    • Frenky Post author

      Tergantung lampu projie ny minta daya berapa masbro, saran sih mending hitung dulu input daya ke aki dengan spesifikasi motor sekarang pake multimeter.

      Bisa di beli online masbro, coba cari di Forum Jual Beli Kaskus aja :)

      Reply
    • Frenky Post author

      350ribuan masbro, itu beli nya pertengahan tahun 2012 yang lalu, beli nya di Forum Jual Beli Kaskus :D

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: