Memperbaiki UPS Rusak

Entah kenapa tiba-tiba saja UPS ( Uninterruptible Power Supply ) ICA CE600 600 VA yang biasa nya memberikan supply listrik ke laptop gue tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa di nyalakan lagi. Kecurigaan gue saat itu adalah baterai yang di gunakan UPS ICA gue ini sudah aus alias koit gara-gara umur nya sudah 3 tahun lebih.

UPS ICA ini selalu gue gunakan setiap hari nya sebagai backup listrik untuk laptop gue karena baterai laptop sengaja gue cabut biar awet dan selain itu kebetulan juga bisa menstabilkan tegangan listrik layak nya stabilizer :keren:

UPS ICA 600 VA

Gue pun iseng-iseng berpikir ingin mencoba mengganti baterai UPS ICA gue ini tanpa membawa ke tempat service. Setelah membuka baut-baut di bawah dan belakang yang keras banget, untuk pertama kali nya gue baru tau isi dalam UPS.

Sekilas ngeliat sih simpel, tapi sehabis coba liat rangkaian kabel yang mengarah ke kabel gue jadi bingung apalagi pake solder-solderan, gue pun langsung membatalkan niat iseng-iseng gue dan lebih memilih membawa nya ke Harco Mangga Dua untuk mencari tempat service UPS disana.

Tempat Service UPS di Harco Mangga Dua

Kenapa gue langsung memilih Harco Mangga Dua sebagai tempat tujuan service gue ini? karena gue dulu membeli UPS ICA langsung di distributor nya di sana. Sesampai nya di tempat distributor UPS ICA ini, gue pun menyampaikan masalah pada UPS gue dan langsung di tawarkan membeli baterai ICAL baru yang harga nya ga jauh berbeda dengan yang di tawarkan di kaskus.

Dan sebagai biaya service pasang baterai ini cukup membayar 20 ribu saja dengan lama pengerjaan sekitar 20 menit karena di testing terlebih dulu dari segala kemungkinan yang ada. Dan setelah itu UPS ICA gue pun berjalan normal lagi hingga sekarang, syukur deh yang rusak cuma baterai nya saja karena memang sudah waktu nya diganti, maklum suka di pake sekitar 10 jam per hari nya hehehe…..

NB : Post ini TIDAK bermaksud PROMOSI tempat service di atas dan gue ga ada kaitan dengan tempat service di atas, ini murni pengalaman pribadi aja :)

12 thoughts on “Memperbaiki UPS Rusak

    • Frenky Post author

      Sekitar 150 ribu rupiah harga battery nya aja, tapi tergantung merk juga, ada yang lebih mahal lagi :)

  1. Wahyu Tri Purnomo

    Hihihi.. Gw minggu lalu jg make jasa Radian Service itu bro.. Tadinya cm mau beli baterenya aja, minta dikirim kerumah, dan ganti sendiri baterenya (gw udah bbrp kali ganti sendiri batere UPS gw)..
    Tp ternyata mrk ngirim teknisinya. Jd sekalian aja digantiin baterenya. Bayar 175rb utk baterenya, 25rb utk ongkos ganti batere dan gw tambahin 25rb utk tips teknisinya.

    • Frenky Post author

      Wah baru tau ternyata bisa kirim teknisi ke rumah juga ya, thank banget buat info pengalaman pribadi nya bro! :)

  2. Dicky Saputralin

    gan kalau saat UPS saya tidak dicok ke listrik PLN, tp saya hidupkan UPS saya kok gk hidup ya atau ke mode baterai, tp truss ketika saya sambungkan ke listrik PLN hidup dan ketika di lepas dr listrik PLN baru masuk mode baterai, kalau tidak melalui listrik PLN UPS saya gk hidup
    minta saranya gan, cepat bales ya

    • Frenky Post author

      Kemungkinan board UPS nya yang rusak tuh, waktu itu board UPS gue rusak juga setelah 5 tahun pemakaian, biaya ganti nya 150ribu di toko yang sama di postingan ini :)

  3. Ichwani

    Aku mau nanya Klu UPS ICA CE600 itu mengeluarkan suara panjang itu diakibatkan kenapa? trus tegangan outputnya buat ke komputer atau alat elektronik tegangannya tinggi kurang lebih 250 volt tegangan tinggi itu pada saat saya colokin kabel power tapi klu tidak saya colokin pake battery tegangan normal 220 atau dibawah 220. makasih tolong dibalas gan

    • Frenky Post author

      wah berarti output nya dah ga bener tuh, kemungkinan yg rusak di bagian mainboard nya, tapi berhubung saya sendiri juga ga punya ilmu di bidang elektronika, jadi coba bawa ke tukang service ya. Kemarin saya ada ganti mainboard UPS ICA 600 kena 150ribu rupiah ( pemakaian udah 5 tahun-an dan baru sekali ganti ).

    • Frenky Post author

      Wah kurang ngerti jg gan, coba di bawa ke tempat service dah. Soalnya kemarin cuma ganti baterai aja, udah ga ada masalah lagi :)

Comments are closed.