Hari 4 : Ketemu Naruto di Toei Kyoto Studio Park ( Toei Uzumasa Eigamura )

Sekitar jam 06.45 Bus Willer S123 yang gue tumpangi akhir nya tiba di Gion Shijo Station – Kyoto setelah menempuh 7 jam perjalanan lama nya dari Tokyo, telat 15 menit dari jadwal, cuma engga ada masalah buat gue karena yang penting gue tidur nyenyak banget sepanjang perjalanan! :cheer:

Cuaca hari itu ( 28 Juni 2015 ) sangat cerah dan karena ini adalah hari pertama gue menginjakkan kaki di Kyoto, jadi otomatis plan utama nya hanya jalan-jalan di sekitar kota Kyoto. Berhubung tempat wisata di Kyoto kebanyakan berupa Temple dan gue kurang begitu suka wisata ke Temple, jadi nya untuk hari ini gue memutuskan hanya datang ke Kiyomizudera Temple dan dilanjutkan berkunjung ke tempat syuting film “Rurouni Kenshin alias Samurai X” yang berlokasi di “Toei Uzumasa Eigamura ( Toei Kyoto Studio Park)

Itinerary Kyoto ( Kiyomizudera Temple, Toei Kyoto Studio Park ) (28 Juni 2015) SelectShow

* * * * *

PERJALANAN MENUJU HOSTEL K’s HOUSE KYOTO

Bus Stop Gion Shijo Station, Willer Express Bus, Subway Gion Shijo

Bus Stop Gion Shijo Station, Willer Express Bus, Subway Gion Shijo

Petualangan hari itu di mulai dari Gion Shijo Station dalam keadaan lepek dan muka ‘bantal’, gue berusaha ‘mengumpulkan nyawa’ kembali dengan melihat-lihat nuansa kota Kyoto. Suasana kota Kyoto dan Tokyo kalau menurut gue cukup berbeda, kalau Tokyo lebih mencerminkan kota Jepang yang modern, nah kalau Kyoto itu lebih mencerminkan kota Jepang yang kental nuansa tradisional nya, yang paling jelas beda nya bisa dilihat dari arsitektur rumah penduduk nya.

Kebetulan titik berhenti Willer Bus di Kyoto ini terletak di Gion Shijo Station yang lokasi nya tepat di sebelah Sungai Kamo yang aliran air nya terlihat cukup deras dan BERSIH PAKE BANGET!!! Foto-foto sebentar di pinggiran sungai nya lalu kemudian berangkat lah kita ke Subway Gion Shijo Station sambil narik koper di trotoar yang juga friendly banget buat pejalan kaki untuk menuju “Hostel K’s House Kyoto” via Shichijo Station.

Suasana Kamo River di sekitar Gion Shijo Station

Suasana Kamo River di sekitar Gion Shijo Station

Direction Hostel K's House Kyoto

Direction Hostel K’s House Kyoto

Aktivitas pagi itu ( sekitar jam 07.10 ) di Subway Gion Shijo Station benar-benar terasa sangat sepi, seperti nya faktor hari minggu menjadi alasan utama kenapa sepi. Dengan tapping menggunakan pasmo card, gue pun melewati gate subway dengan lancar, alternatif buat yang mau beli tiket secara manual lewat mesin juga bisa seharga 150 Yen ( Gion Shijo Station ke Shichijo Station ).

Karena hanya beda 2 station, perjalanan selama 8 menit ke Shichijo Station menggunakan subway ini tidak terlalu terasa juga. Kemudian dari Shichijo Station perjalanan di lanjutkan menggunakan jalan kaki yang tidak terlalu jauh dan tepat jam 07.30 gue sampai di Hostel K’s House Kyoto tanpa ada acara nyasar sama sekali :cheer:

Hostel K's House Kyoto

Hostel K’s House Kyoto

* * * * *

PERJALANAN MENUJU KYOTO STATION

Setelah melakukan pembayaran full 2 malam untuk kamar private 4 orang total 20.800 Yen ( 1 orang = 5.200 Yen ), kami semua pun kemudian bergegas untuk mandi membersihkan minyak di wajah dan keringat di badan yang menempel dari semalam, tidak lupa juga gosok gigi pasti nya hahaha… untung ajah tidak perlu antri karena ruangan kamar mandi nya cukup banyak di hostel ini :sweating:

Dan akhir nya setelah 1 jam 30 menit untuk beres-beres diri dan beristirahat sejenak di hostel, gue pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Kyoto Station yang letak nya tidak terlalu jauh banget dari hostel. Tujuan utama ke Kyoto Station ini selain untuk membeli “Kyoto Bus Pass”, Kyoto Station ini juga merupakan central dari halte bus untuk menuju tempat wisata populer di Kyoto, jadi tinggal pilih nomor bus yang tepat saja untuk menuju destinasi tempat yang anda inginkan.

Bento Kyoto

Bento Kyoto

Di tengah perjalanan mampir dulu ke Family Mart untuk beli sarapan, dan gue heran kenapa selama di Jepang nafsu makan gue tidak terlalu besar ya,bukti nya hari itu gue cuma beli 1 kotak 2 onigiri kecil, telur dan daging seharga 250 Yen dan itu bisa tahan sampai sore pula :confused:

Sesampai nya di Kyoto Station yang terletak persis di depan Kyoto Tower, gue melihat 3 tokoh kartun yang gue engga pernah lihat sebelum nya. Tebakan gue sih tujuan karakter ini lagi mau promosiin sesuatu, tapi gue kaga tau apaan karena gue kaga bisa baca huruf kanji di badan nya haha.. tapi yang pasti 3 karakter ini pengen banget di ajak foto bersama :ngakak:

Kyoto Tower

Kyoto Tower

3 Tokoh Karakter Kartun yang gue engga tau siapa...

3 Tokoh Karakter Kartun yang gue engga tau siapa…

* * * * *

KYOTO BUS PASS

Price :  500 Yen ( One Day Pass )

Where to Buy : One-day passes can be purchased at information centers, kiosks, from bus drivers and at many convenience stores. The best place to buy the passes is at the main Kyoto Bus Information Center in front of Kyoto Station.

Source : Kyoto Access Transport and Inside Kyoto

Informasi Flat Fare Routes, Bentuk Fisik Kyoto Bus One Day Pass

Informasi Flat Fare Routes, Bentuk Fisik Kyoto Bus One Day Pass

Transportasi yang paling tepat untuk keliling kota Kyoto adalah menggunakan bus, alasan utama nya karena transportasi bus di Kyoto jalur nya sangat kompleks sehingga sangat mudah buat kita sebagai Turis untuk sampai ke seluruh tempat wisata di Kyoto. Asyiknya di Kyoto ini ada “Unlimited Bus Pass” yang memungkinkan kita sebagai turis untuk naik turun bus sepuas nya, harga “Kyoto Bus Pass” ini juga murah, hanya 500 Yen / One Day Pass dan pass ini cuma dijual versi “One Day Pass” ya, jadi misal nya mau pakai 3 hari, maka beli kartu nya sebanyak 3 lembar.

Dalam menggunakan Kyoto Bus Pass agar benar-benar efektif penggunaan nya, maka gunakan selalu bus “Flat Fare Routes” dengan ciri-ciri nomor berwarna putih dan latar belakangnya warna warni, jangan gunakan bus dengan nomor berwarna hitam dan latar belakang putih ( Contoh pada gambar di atas ) karena akan terkena charge lebih.

Kyoto Bus Map ( Klik untuk Full Screen )

Kyoto Bus Map ( Klik untuk Full Screen )

Kyoto Bus Ticket Center

Kyoto Bus Ticket Center

Untuk pembelian nya sendiri waktu itu gue membeli di Kyoto Bus Ticket Center yang terletak persis di depan Kyoto Station. Sehabis membeli Kyoto Bus Pass ini, gue diberikan peta Kyoto Bus yang berisi informasi nomor-nomor bus dan seluruh tempat wisata di Kyoto, pokok nya lengkap banget informasi di dalam nya dan sangat membantu dalam menentukan jalur bus!

Untuk penggunaan “Kyoto Bus Pass” ini, untuk penggunaan pertama kali, maka masukkan ke dalam mesin yang ada di sebelah supir, otomatis kartu pass tersebut akan tercetak tanggal penggunaan nya di balik kartu ( Lihat gambar di atas sebelah kanan bawah ). Untuk penggunaan kedua dan seterus nya, cukup kasih lihat saja tanggal nya ke supir bus, jadi tidak perlu di masukkan ke mesin, praktis ya :wow:

* * * * *

 KIYOMIZUDERA TEMPLE

Direction : Bus Number 100 or 206 via Kyoto Station to Check Point Kiyomizu-Michi

Official Website : Kiyomizudera Temple Link

Entrance Ticket : 300 Yen

Kiyomizudera Temple

Kiyomizudera Temple

Cara ke Kiyomizudera Temple

Cara ke Kiyomizudera Temple

Setelah membeli 2 tiket Kyoto Bus One Day Pass di Kyoto Bus Ticket Center ( Depan Kyoto Station ), gue dan rombongan pun ikut mengantri di antrian barisan bus nomor 206 yang kondisi nya cukup ramai saat itu. Kiyomizudera Temple Ini merupakan temple pertama yang gue kunjungi dalam trip Jepang kali ini dan yang buat gue berkesan dari tempat ini bukan Temple nya, melainkan aneka jajanan yang menarik di mata, bikin lapar mata asli.

Perjalanan dari Kyoto Station menuju Kiyomizu Michi ini membutuhkan waktu kurang lebih 20menit. Gue awal nya bingung kenapa banyak penumpang yang turun di titik Gojozaka ( 1 titik sebelum Kiyomizu Michi ) dan sempat kepikiran juga mau ikutan turun, tapi setelah cek peta dan nama nya, tetap lah gue yakin turun di Kiyomizu Michi. Tapi ternyata titik Gojozaka sama titik Kiyomizu Michi ujung-ujung nya juga ketemu di satu titik persimpangan sih, jadi tidak perlu bingung mau turun dimana.

Suasana Keramaian di sepanjang Gang menuju Kiyomizudera Temple

Suasana Keramaian di sepanjang Gang menuju Kiyomizudera Temple

Kuliner di sekitar Kiyomizudera Temple

Kuliner di sekitar Kiyomizudera Temple

Green Tea Ice Cream 300 Yen

Green Tea Ice Cream 300 Yen

Dari titik Kiyomizu Michi ini, masih butuh jalan 10-20menit melewati gang yang ramai, padat merayap dan banyak yang ‘bening’ HAHAHA… Di sepanjang gang ini ada restoran, sewa baju kimono, dan makanan minuman yang tampilan nya menarik di mata. Tapi karena cuaca saat itu cukup terik, gue akhir nya memilih membeli “Matcha Ice Cream” aja seharga 300 Yen. Menurut gue harga sama rasa Ice Cream ini sebanding banget, rasa matcha nya benar-benar terasa di mulut, pokok nya wajib coba kalau datang ke sini ya :wow:

Untuk masuk ke Kiyomizudera Temple ini sebenar nya gratis HANYA sampai batas Kiyomizu Stage, kalau mau masuk lebih dari batas tersebut, harus beli tiket masuk seharga 300 Yen lagi. Gue sendiri karena tujuan nya hanya sekedar datang dan check-in di media sosial ( halah ), jadi nya memilih tidak masuk lebih dalam. Tapi walaupun tidak masuk ke dalam, tenang saja, di gerbang depan nya juga banyak terdapat spot menarik buat narsis :relax:

Clockwise : Air Sumur yang tidak boleh di minum, Deva Gate, Zuigo Do Hall

Clockwise : Air Sumur yang tidak boleh di minum, Deva Gate, Zuigo Do Hall

Three Storied Pagoda

Three Storied Pagoda

Kyoto View

Kyoto View

Check Point : Kiyomizudera Temple Completed

Check Point : Kiyomizudera Temple Completed

Sample 'Bening' ala gue haha...

Sample ‘Bening’ ala gue haha…

Total 1 jam gue habiskan di Kiyomizudera Temple ini, waktu nya kebanyakan habis untuk duduk santai sambil melihat pemandangan indah Kyoto di temani angin semilir yang bikin ngantuk haha.. tapi beneran asyik loh duduk-duduk doang di sini, suasana nya benar-benar asyik apalagi banyak yang bening :crot:

* * * * *

Toei Kyoto Studio Park ( Toei Uzumasa Eigamura )

Direction : Bus Number 75 via Kyoto Station to Check Point Uzumasa Eigamura-mae

Official Website : Toei Kyoto Studio Park Link

Entrance Ticket : 2.200 Yen

Toei Kyoto Studio Park

Toei Kyoto Studio Park

Anda pernah mendengar film anime Dragon Ball, One Piece, Digimon, Sailor Moon? Anda tau apa yang sama dari film-film animasi tersebut? Jawaban nya adalah mereka di buat oleh satu company yang sama bernama “Toei Company“. Nah si Toei Company ini yang fokus nya memproduksi film anime dan film tokusatsu ( kamen rider, power ranger ) ini punya theme park di Kyoto yang sekeliling tempat nya di buat ber-nuansakan di jaman Edo.

Karena penasaran dengan review dari TripAdvisor yang mengatakan tempat ini worth untuk di kunjungi dan kebetulan juga gue pecinta film Sailor Moon Dragon Ball, jadi nya sehabis dari Kiyomizudera Temple gue memutuskan ke tempat ini via Kyoto Station menggunakan bus nomor 75. Lama perjalanan nya dari Kyoto Station sendiri ke halte bus Uzumasa Eigamura-Mae kira-kira 45 menit.

Timetable dan Bus Nomor 75 Tujuan Toei Kyoto Studio Park

Timetable dan Bus Nomor 75 Tujuan Toei Kyoto Studio Park

Gerbang Depan dan Ticket Toei Kyoto Studio Park

Gerbang Depan dan Ticket Toei Kyoto Studio Park

Begitu sampai di halte bus Uzumasa Eigamura-Mae ini, jalan masuk ke dalam gang kurang lebih 10menit, dan ketemu lah gedung Toei Uzumasa Eigamura ( Toei Kyoto Studio Park) yang dari depan sudah terlihat besar banget dan keren! Oh ya tips buat anda yang cepat lapar dan haus, lebih baik belanja dulu cemilan di supermarket dekat halte bus daripada harus belanja di area dalam Toei Kyoto Studio Park, harga, variasi makanan dan porsi nya tidak bersahabat di kantong dan di mulut :wait:

Begitu masuk ke dalam, wah suasana jaman Edo ( 1603 – 1868 ) sangat terasa banget, suasana nya persis seperti nonton ketika film Rurouni Kenshin ( Samurai X Live Version ) yang mengambil setting jaman Edo. Tapi film Rurouni Kenshin memang fakta nya mengambil beberapa scene di Toei Kyoto Studio Park ini sih haha… gue kaga tau tapi yang scene mana walaupun udah nonton film nya juga :shy:

Toei Kyoto Studio Park Map ( Klik Untuk Perbesar )

Toei Kyoto Studio Park Map ( Klik Untuk Perbesar )

Anyway Toei Kyoto Studio Park ini ternyata tempat nya lumayan luas loh dan layak nya theme park, ada beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi ( walau tidak semua nya ). Dan menurut gue, yang paling menarik dari tempat ini adalah banyak banget Cosplayer yang unjuk kebolehan di sini, tapi seperti nya sih kehadiran Cosplayer ini karena bertepatan dengan kedatangan gue di hari MInggu ( 28 Juni 2015 ) ya. Oh ya ada beberapa Cosplayer loh yang menipu gue dengan penampilan nya yang gue pikir cowok ternyata cewek!!! :kaget:

* * * * *

Berikut adalah review-review attractive spot yang ada di dalam Toei Kyoto Studio Park ini, tidak semua gue bahas karena memang tidak semua gue kunjungi spot nya :peace:

Nakamuraza Theater - Toei Kyoto Studio Park

Nakamuraza Theater – Toei Kyoto Studio Park

Ninja Show

Ninja Show

Photo Session bersama pemeran utama Ninja Show

Photo Session bersama pemeran utama Ninja Show

Ninja Show adalah pertunjukan pertama kali yang gue tonton di spot “Nakamuraza Theater”. Gerakan action sebenar nya menarik karena ala-ala Ninja, muter-muter salto, main-main pedang, tapi sayang dialog yang digunakan dalam bahasa Jepang ( wajar sih ), jadi selama pertunjukan gue benar-benar kaga paham jalan cerita nya deh, cuma excited sama gerakan nya aja :lonely:

Ninja Mystery House

Ninja Mystery House

Ninja Mystery House, tempat ini merupakan attractive spot yang paling gue suka! Sesuai nama nya rumah ini penuh teka-teki ala rumah Ninja. Jadi di dalam nya ada banyak sekat ruangan gitu, nah di setiap titik sekat, kita harus cari tau cara nya gimana keluar dari sekat itu, misal dorong tembok, di balik lemari, tekan tombol di dinding, dan cara lain nya.

Karena dilarang menggunakan kamera selama di dalam, jadi gue tidak bisa dokumentasikan foto di dalam nya, tapi yang pasti tempat ini wajib datang kalau ke Toei Kyoto Studio Park. Oh ya kabar buruknya di spot ini harus bayar lagi 500 Yen / orang kalau mau menikmati atraksi di Ninja Mystery House ini yang di bayarkan langsung ke petugas nya di dalam :desperate:

Haunted House - Toei Kyoto Studio Park

Haunted House – Toei Kyoto Studio Park

Haunted House - Toei Kyoto Studio Park

Haunted House – Toei Kyoto Studio Park

Haunted House, sesuai nama nya ini adalah tempat atraksi rumah hantu ala Jepang. Review nya coba di google aja ya, beberapa mengatakan bagus beberapa mengatakan biasa aja. Gue sendiri memilih tidak masuk ke spot ini bukan karena takut, tapi karena males bayar 500 Yen lagi haha.. lagipula gue merasa hantu ala Indonesia lebih seram :suram:

Toei Anime Museum

Toei Anime Museum

Toei Anime Museum : Check In Completed!

Toei Anime Museum : Check In Completed!

Toei Animation Museum, di tempat ini gue seakan flashback kembali ke masa jaman SMP gue dulu yang selalu rajin bangun pagi di hari minggu hanya buat demi nonton kartun Dragon Ball, One Piece, Digimon haha.. Di tempat ini banyak banget action figures, engga semua gue kenal sih film Anime nya, buat anda yang Otaku wajib datang ke sini dahhh….

Mini Waterfall Toei Kyoto Studio Park

Mini Waterfall Toei Kyoto Studio Park

Gue awal nya bingung apa yang menarik dari spot mini waterfall ini, karena bentuk nya cuma kaya kolam kecil biasa haha… Tapi bukan khas Jepang kalau engga ada sesuatu yang unik, eh benar aja pas gue niatin nunggu di menit ke 30 ( sesuai jadwal ), tiba-tiba ada naik ke atas wajah dewa keberuntungan ala Jepang!!! Gue merasa dejavu sih liat muka dewa keberuntungan ini di film anime apa, udah berusaha mengingat tetap aja kaga ingat :noooo:

Cosplay Rurouni Kenshin, tebak cowo atau cewe?

Cosplay Rurouni Kenshin, tebak cowo atau cewe?

Naruto lagi ngintip Sakura di seberang haha..

Naruto lagi ngintip Sakura di seberang haha..

Naruto lagi makan mie, Tebak Cewe atau Cowo?

Naruto lagi makan mie, Tebak Cewe atau Cowo?

Di Toei Kyoto Studio Park ini memang tempat yang pas banget buat Cosplay, terutama yang bergenre samurai dan ninja. Cosplayer disini datang nya rombongan dan ada photographer khusus buat foto sesi, benar-benar profesional cara kerja Cosplay nya dari segi custom yang di pakai, kamera yang di gunakan dan gaya pengambilan foto nya! Gue sempat melihat ketika mereka keluar dari rest area setelah selesai ber-cosplay, beuh bawaan nya 1 koper gede banget ( kira-kira 2x ukuran koper kabin pesawat ) :kaget:

Toei Kyoto Studio Park

Toei Kyoto Studio Park

Toei Kyoto Studio Park - Check in Completed

Toei Kyoto Studio Park – Check in Completed

Terakhir jangan lupa foto-foto di sekitar bangunan jaman Edo ini walaupun pakai baju biasa haha.. sebenar nya di Toei Kyoto Studio Park ini juga ada tempat sewa baju ala samurai / ninja gitu, tapi harga nya bisa bikin kantong menjerit… :wait:

Total 3 jam waktu yang di habiskan untuk explore Toei Kyoto Studio Park ini dan karena sudah bingung mau ngapain lagi di sini jadi nya gue dan kawan-kawan memutuskan keluar untuk cari makan malam sekaligus pulang.

* * * * *

JALAN-JALAN SEKITAR SHIJO KAWARAMACHI STREET

Gegara seharian baru makan snack dan matcha ice cream di tambah full aktivitas jalan-jalan, akhir nya perut gue pun ‘menjerit’ minta di isi, karena posisi supermarket ( yang mirip Giant ) adalah yang terdekat saat itu, tanpa pikir lama mampir dulu sebentar cari makan disana.

Takoyaki isi 10, 270 Yen - Supermarket dekat Toei Kyoto Studio Park

Takoyaki isi 10, 270 Yen – Supermarket dekat Toei Kyoto Studio Park

Sebenar nya banyak variasi makanan disana, cuma entah kenapa gue penasaran nyoba Takoyaki asli Jepang pertama kali yang kata nya enak. Akhir nya beli takoyaki isi 10 yang harga nya murah hanya 270 Yen, dan memang enak, kenyang, mantap! :siul:

Hari itu akhir nya ditutup dengan menuju Shijo Kawaramachi Street yang terletak di Central Kyoto menggunakan transportasi bus, lalu mencari random restaurant untuk makan malam dan ujung-ujung nya makan curry rice, entah kenapa gue suka banget memilih menu curry rice selama berwisata di Jepang haha..  :calm:

Curry Rice Japan - 490 Yen

Curry Rice Japan – 490 Yen

Suasana Shijo Kawaramachi Street Malam itu

Suasana Shijo Kawaramachi Street Malam itu

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1. 2 Malam di Backpackers Hostel K’s House ( Private Room 4 orang ) – Sharing Cost 5.200 Yen
2. Makan Pagi Bento 250 Yen
3. 2 Pcs – 1 Day Pass Kyoto Bus @500 1.000 Yen
4. Tiket Toei Kyoto Studio Park @2.200 Yen + Tiket Ninja Mystery House @500 Yen 2.700 Yen
5. Takoyaki isi 10 @270 Yen + Air Minum 2 Botol 150 Yen 420 Yen
6. Makan Malam Curry Rice 490 Yen
Total 10.060 Yen = Rp 1.100.000

26 thoughts on “Hari 4 : Ketemu Naruto di Toei Kyoto Studio Park ( Toei Uzumasa Eigamura )

  1. Merry

    Hallo ko, salam kenal :) Postingnya oke bgt, ngebantu bgt!!..

    mau nanya dong, penerbangan kita turun di Kansai Airport, dan sampai Kansai sudah sore jam 3an, rencananya kita mau langsung ke kyoto, atau lebih baik jalan di Osaka saja ya? (pulang lewat Osaka – Kansai juga)

    Trus, kalo dari Kansao Airport bisa langsung ke kyoto gak? Bisa pakai transportasi apa ya yg lbh terjangkau dan praktis? Kalo Kansai Thru Pass itu bisa dipakai buat ke Kyoto jga ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Osaka ke Kyoto dan sebalik nya itu deket ya, paling cuma 30menit perjalanan kereta api ( one way ), cari yang tipe limited express aja kereta JR nya biar ceoat sampai.

      Kansai Airport ke Kyoto bisa aja langsung, turun di Kyoto Station aja. KTP itu bisa di pakai di Kansai Area seperti Kyoto, Osaka, Himeji, Nara, Kobe, dll.

      Reply
  2. rury

    Halo mas, terima kasih postingan-nya sangat membantu untuk yang akan berangkat ke jepang. Saya akhir Nov ini akan kesana, masih bingung di Kyoto mau kemana saja. Hanya punya 1 hari full di Kyoto dan 1 hari Osaka sebelum besoknya kembali ke Jakarta dengan pesawat pk. 10.50 pagi.

    Oiya kalau turun whiller bus ke stasiun Kyoto gampang kan? saya mau titip koper di loker, seharian explore Kyoto sore/malam saya menuju Shin-Osaka dg shinkansen. Di Kyoto mau ke 1 kuil (masih galau antara kuil Fushimi Inari atau Kiyomizudera) atau bisa dua2nya ya mas? Lalu ke Toei Kyoto Studio Park ah nonton ninja, anak dan suami sy pasti seneng ;p

    Sy print tulisan mas ini sbg petunjuk, makasih ya..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Gampang kok, atau kalau mau lebih gampang lagi cari rute turun aja Willer bus nya di Kyoto Station. Terus titip loker di Kyoto Station juga bisa. Fushimi Inari sama Kiyomizudera lokasi nya tidak terlalu jauh sih, harus nya bisa ke dua tempat ini. Enjoy Kyoto buat nonton ninja nya :)

      Reply
      • rury

        Ternyata sy naik bus A133 turun di Gion Station, jadi tinggal 1 stasiun ke Kyoto station. Titip loker lalu cuzz ke Kiyomizudera, Fushimi Inari (kalau sempet) dan terkahir ke Toei Kyoto studio park.

        Ke Osaka naik shinkansen juga dari Kyoto station kan? Beli tiket pas sampe aja kali ya khawatir belum bisa dipastiin jamnya.

        Kalau dr penginapan di Shin-Osaka ke Kansai airport sebaiknya naik apa? Mengingat sy berangkat dr apartemen jam 7, mengejar pesawat jam 10.50. Terima kasih.

        Reply
  3. Amanda

    Halo mas Frenky, salam kenal. Pertama mau kasih thumbs up buat blognya yang super lengkap dan informatif terutama untuk orang yang awam Jepang seperti saya :wow:

    Saya berencana ke Jepang sama keluarga pertengahan November selama 10 hari, PP lewat Kansai Airport. Itinerary saya dari Kansai langsung ke Tokyo selama 4 hari, lalu sisanya menghabiskan hari di sekitar Kyoto-Osaka-Nara-Kobe. Pertanyaannya Pass apa saja yang sebaiknya saya beli?

    Mohon bimbingannya, Mas. Terima kasih :cheer:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau misal nya ada rencana PP Tokyo – Osaka nya menggunakan Shinkansen, maka bisa dipakai opsi membeli JR pass.

      Kalau rencana mau pakai Willer Bus PP nya, di Kyoto-Osaka-Kobe pakai pass ini saja buat transport nya http://www.kansai360.net/en/ticket/

      Kota Osaka – Nara PP beli tiket satuan manual saja kalau misal nya engga mau pakai Pasmo / Suica Card

      Reply
  4. Wahyu

    Hi Frenkey, kebetulan ini saya lg ada mao pergi ke Jepang November ini, nah blog kamu adalah salah satu yg bs saya jadikan patokan sebelum pergi ke sana. Berhubung deg2an juga baru mao ke sana pertama kalinya. Nah di bagian hari di Kyoto ini ada bagian yg saya bingung, setau saya kan kalian wkt pergi ke sana ada banyak org, kenapa ditulis di bus ticket passnya kamu hanya beli 2 tiket? Bukannya kalo pergi 4 orang=4 tiket dst? Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Wahyu,

      Yang di tulis di sini hanya hitungan per orang ya ( hanya saya esndiri ). Beli 2 tiket sekalian karena besok hari nya saya pakai kyoto bus pass lagi, jadi beli sekalian aja 2 tiket di hari yang sama.

      Reply
  5. Vita

    Nanya donk bro…
    Kl d toei itu admission ny cm bwt masuk k dalem aja y? Attraksi2 nya byr lg d dalem? Abis cek web ny n liat bagian atraksi, cm satu dua yg ga pake tulisan ‘additional charges’ :noooo:
    Thank you..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Sis,

      Engga semua perlu bayar lagi atraksi nya, cuma memang benar ada yang perlu bayar lagi sekitar 500Yen, yang gw inget perlu bayar itu Ninja House sama Ghost House, selebih nya kurang tau deh.

      Reply
  6. Ratih

    wahhh kerennn nih mas Frenkey! ga sabar nihhh ke Jepang! rencananya aku kesana september ini masss. mohon bimbingannya :D
    btw aku mau nanya perihal Willer Bus beli tiketnya dimana ya mas?
    berapa harha dari Tokyo ke Kyoto?
    hehe maap nanya2 makasih banyak :)
    :senang:

    Reply
  7. meriana kwee

    ko with me again, ko mo tanya nih..
    hostel ku di kawaramachi station kan, itu bisa pake kyoto bus pass?
    thanks

    Reply
    • meriana kwee

      truz cara lihat kyoto bus pass
      saya lihat dari map kawaramachi(saya tinggal di dekat station nya ko)di sekitarnya ada angka 5,207 dan 57
      truz ada transfer point di tulisan sijo-karasuma apa saya harus ke sijo-karasuma dl ko?
      lalu take bus terus sampe ke kyoto station

      misalnya saya dari kyoto station mau ke kinkakuji nih berarti saya naik bus no 101 atau 205 yah ko?

      lalu misalnya setelah dari kinkakuji mau ke tenryu-ji temple saya harus naik bus dari kinkakuji no 204 atau 205 ke transfer point di nishinokyo en-machi lalu ganti bus no 93 ke arah arashiyama tenryu-ji

      terus kalo dari arashiyama tenryu-ji mau balik ke kawaramachi(station dekat penginapan) naik bus no 11 terus turun di shijo karasuma transfer point

      begitu yah ko?

      shijo karasuma itu jauh gak ke kawaramachi ko?

      Reply
    • meriana kwee

      ko waktu koko ke Fushimi Inari Shrine naik train itu pake tiket apa ko?lokasi Fushimi Inari Shrine tidak termasuk dalam kyoto bus pass yah ko?
      dilihat dari map tidak ada nomor tertera kearah sana, jadi apa lebih baik saya pakai Kansai Thru Pass?
      (saya di sarankan koko pake ktp kmrn di osaka dan kobe jadi hari ketiga nya KTP mau di pakai untuk di kyoto
      karna hari dimana saya mau ke Fushimi Inari Shrine , juga mau ke kiyomizudera dan gion area.

      maaf yah ko banyak tanya..
      ko lain kali mampir ke AUS yah,,saya bawa jalan sebagai gantinya.

      Reply
      • Frenky Post author

        saya lihat dari map kawaramachi(saya tinggal di dekat station nya ko)di sekitarnya ada angka 5,207 dan 57
        truz ada transfer point di tulisan sijo-karasuma apa saya harus ke sijo-karasuma dl ko?
        lalu take bus terus sampe ke kyoto station
        >>>>> Yep. Di sekitar kawaramachi station itu ada bus 5, 207 sama 57, tapi kalau mau ke Kyoto Station recommended pake bus nomor 4 atau 205 aja. Coba ntar cek di hari H nya di halte bus nomor bus mana yang tersedia.

        misalnya saya dari kyoto station mau ke kinkakuji nih berarti saya naik bus no 101 atau 205 yah ko?
        >>>>> yap benar 101 sama 205

        lalu misalnya setelah dari kinkakuji mau ke tenryu-ji temple saya harus naik bus dari kinkakuji no 204 atau 205 ke transfer point di nishinokyo en-machi lalu ganti bus no 93 ke arah arashiyama tenryu-ji
        >>>>> yap benar, ini rasa nya paling efisien

        terus kalo dari arashiyama tenryu-ji mau balik ke kawaramachi(station dekat penginapan) naik bus no 11 terus turun di shijo karasuma transfer point
        >>>>> Yep benar naik nomor 11 aja. Terus kaya nya kaga perlu turun deh kaya nya sih bus nomor 11 lewat kawaramachi station juga.

        shijo karasuma itu jauh gak ke kawaramachi ko?
        >>>>> lumayan jauh tapi jalan kaki sih bisa2 aja, yang penting napas ny kuat haha

        ko waktu koko ke Fushimi Inari Shrine naik train itu pake tiket apa ko?lokasi Fushimi Inari Shrine tidak termasuk dalam kyoto bus pass yah ko?
        >>>>> waktu itu gue sih tapping pake “Pasmo Card” ya. Setau gw Fushimi Inari jalur nya tidak dilalui bus, jadi harus pake kereta JR atau subway.

        dilihat dari map tidak ada nomor tertera kearah sana, jadi apa lebih baik saya pakai Kansai Thru Pass?
        (saya di sarankan koko pake ktp kmrn di osaka dan kobe jadi hari ketiga nya KTP mau di pakai untuk di kyoto
        karna hari dimana saya mau ke Fushimi Inari Shrine , juga mau ke kiyomizudera dan gion area.
        >>>>> kalau memang KTP nya tidak di pergunakan lagi buat di hari lain nya, ya boleh di pakai di kota Kyoto ini, jadi akses transportasi ny bisa pakai kereta JR atau subway, lebih efisien sih scara waktu perjalanan di banding naik bus. Tapi kalau gue pribadi sih pakai KTP buat keluar kota ya atau engga buat ke bandara Kansai, baru worthed.

        maaf yah ko banyak tanya..
        ko lain kali mampir ke AUS yah,,saya bawa jalan sebagai gantinya.
        >>>>> ya santai aja, entar kalau gue takdir bisa trip ke AUS gue hubungi kamu haha..

        Reply
  8. Chika

    Hello makasi infonya berguna banget!!banyak fotonya jd ada bayangan kayak apa nanti

    Mau nanya nih.. aku rencananya mau naik willer overnight bus dr umeda turun di tokyo disneyland.. busnya itu kan banyak berhenti2.. d web harganya sama aja mau turun d pemberhentian mana.. emank begitu ya? Apa ada tambahan harga lagi? Saya liat disneyland pemberhentian terakhir dr willer bus yg akan sy gunakan..

    Terus.. willer itu bisa Cewe cowo sebelahan..atau bagaimana? perginya sama suami soalnya.. terus utk seatnya.. apa ada reservasi mau duduk dimana atau siapa yg dtg dia dluan milih?
    Thank youuu

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Chika,

      Iya sama aja harga nya mau turun di mana aja.

      Normal nya sih duduk nya sama gender, tapi waktu itu sih saya nomor tempat duduk nya sebelahan sama teman cewe karena booking dalam 1 kode. Untuk seat nya dipilih kan petugas nya, kurang paham juga bisa milih sendiri atau tidak.

      Reply
  9. Koeswandi

    Halo Frenkey. Spy gak bingung naik bus di kyoto menuju spot wisata,apakah ada petunjuk jelas di Mapnya ? Atau cara mudahny gmn buat tahu rute busnya ke spot wisata tsb. Beli bus pass nya bisa gak di station yg lain di kyoto selain kyoto station?

    Thank u

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Koeswandi,

      Petunjuk nomor bus nya udah sangat jelas ya di map nya, contoh nya bisa di liat pada “Kyoto Bus Map” pada post ini, sama persis nanti yang di dapat peta yang didapat ketika pembelian Kyoto Bus Pass.

      Cara tau rute bus nya tinggal tentukan aja titik point yang mau di tuju, terus liat nomor bus yang available apa aja di titik point tersebut. Terus liat titik point kita sekarang ada nomor bus berapa, kalau nomor bus nya ada yang samaan ya arti nya langsung naik aja. Tapi kalau engga ada nomor bus yang samaan, ya arti nya harus transit dulu di titik point yang tersedia nomor bus yang mau di tuju.

      Untuk beli Kyoto Bus Pass nya selain di Kyoto Station bisa beli di penginapan langsung ya, umum nya pada jual di resepsionis, dulu pengalaman di Hostel K’s House Kyoto ada jual. Alternatif nya cari minimarket ( Lawson, 7-11, Circle K, dll ) yang ada tanda jual “bla-bla 500 Yen” di jendela nya. Bisa juga beli di supir bis langsung cuma sangat engga recommended karena suka habis. Paling recommended sih beli di Kyoto Station secara itu central nya station di Kyoto, harus nya mampir lewat sini setidak nya sekali kalau ke Kyoto :)

      Reply
  10. Giska

    Tanya donk, kenapa dari Kiyomizudera Temple ke Toei Kyoto Studio Park harus balik dulu ke Kyoto Station? terus pas balik ke Kyoto Station itu naik bus ya? dan itu gratis semua karena udah ada One Day Pass itu atau ga? Hehe Makasiih :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Giska,

      Karena untuk ke Toei Kyoto Studio Park ini cuma di lewati oleh bus nomor 75, 91 dan 93. Sebenar nya sih engga harus balik ke Kyoto Station dulu ya, tapi resiko nya harus transit dulu ke tempat lain buat dapatin bus nomor 75, 91 dan 93 dari Kiyomizudera Temple nya, jadi ribet yang ada.

      Buat balik ke Kyoto Station nya naik bus kembali yang sama ketika kedatangan, harga tiket bus nya sudah include karena memakai One Day Kyoto Buss Pass ya, 500 Yen naik bus sepuas nya :)

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: