Hari 3 : Keliling Yehliu, Jiufen, Shifen Seharian dengan Tour Lokal

Di hari ketiga ( 07 November 2017 ) di Taipei ini, gue memilih memakai jasa tour one day trip ke Yehliu Geopark, Jiufen dan Shifen dari Klook Tour, alasan nya biar engga ribet dan pengen jalan-jalan santai aja hahaha…. Soalnya sehabis tour one day trip ini, gue akan langsung gerak cepat dari Taipei menuju kota Taichung dengan kereta cepat Taiwan. Review dari gue tentang tour one day trip ini dari segi waktu sangat on time ya sesuai jadwal yang di berikan di website nya, begitu juga tempat yang di kunjungi sesuai juga, minus nya mungkin supir nya sangat minim bicara bahasa Inggris jadi ya engga bisa tanya banyak seputar tempat nya :sweating:

* * * * *

MEETING POINT TOUR YEHLIU, JIUFEN, SHIFEN DI GAKUDEN BAKERY ( XIMEN STATION EXIT 4 )

Meeting Point Gakuden Bakery ( Ximen Station Exit 4 ), Mobil Tour yang di gunakan

Meeting Point Gakuden Bakery ( Ximen Station Exit 4 ), Mobil Tour yang di gunakan

Cuaca hari itu sangat cerah sekali cenderung panas terik, pas banget untuk melakukan aktivitas tour Yehliu Geopark, Jiufen dan Shifen yang akan menghabiskan waktu seharian di area outdoor. Waktu itu gue memilih jam keberangkatan 08.00 dengan meeting point di Gakuden Bakery yang terletak di Ximen Station Exit 4. Gue sengaja pilih jadwal paling pagi karena di malam hari nya gue berencana pindah kota dari Taipei ke Taichung dengan kereta cepat Taiwan.

Hari ini gue terbangun cukup pagi di banding hari sebelum nya, tepat nya jam 06.30, langsung buru-buru mandi dan packing barang dengan rapi ke dalam koper karena hari itu juga gue akan check out dari Sleepbox Hostel. Titip tas terlebih dulu di Sleepbox Hostel, lalu langsung jalan kaki cuma 5 menit ke arah Ximen Station Exit 4, tidak lupa mampir dulu ke minimarket dekat situ buat beli sarapan pagi susu dan 2 bakpao, total nya 92 TWD ( = 43.000 IDR ), lumayan buat ganjal perut sampai siang :siul:

Mobil tour sudah tiba sekitar jam 07.45 persis di depan outlet Gakuden Bakery, staff nya hanya ada benar-benar supir aja 1 orang, dan tidak bisa berbicara inggris sama sekali, tapi dia udah nyiapin informasi di kertas gitu seperti titik kumpul dan jam kumpul nya per tempat dalam bahasa inggris, cukup jelas informasi nya, jadi tenang saja. Oh ya, si supir juga kasih 1 botol minum 600ml kepada setiap peserta ya :cheer:

* * * * *

KELILING YEHLIU GEOPARK 1 JAM SAJA

Perjalanan menuju Yehliu Geopark dari Ximen Station sendiri berjalan sangat lancar, seingat gue hanya kena macet sedikit karena lampu merah, selebih nya lancar, jam 08.45 udah sampai dan kondisi nya saat itu engga terlalu ramai sih parkiran mobil nya. Si supir memberikan instruksi bahwa jam 10.00 harus sudah kembali di titik parkir mobil ini. Well, sebenar nya kalau boleh jujur, explore 1 jam Yehliu Geopark harus buru-buru sih kalau mau ngiter semua nya ya, tapi kalau cuma mau foto-foto cantik dari jauh sih udah cukup banget.

Harga Tiket Yehliu Geopark 80 TWD ( = 38.000 IDR )

Harga Tiket Yehliu Geopark 80 TWD ( = 38.000 IDR )

Deretan Batu Karang di Yehliu Geopark

Deretan Batu Karang di Yehliu Geopark

Harga tiket masuk Yehliu Geopark ini 80 TWD ( = 38.000 IDR ), bisa di beli langsung di loket. Secara umum Yehliu Geopark ini wisata yang terletak di pinggiran laut gitu jadi angin nya kencang secara angin laut gitu, bau garam nya juga kuat. Daya tarik utama yang di tawarkan adalah batu karang yang berdiri tegak dan yang menjadi maskot di Yehliu Geopark adalah batu karang Queen’s Head.

Diberi nama Batu karang Queen’s Head karena kata nya batu karang ini mirip seperti Ratu Inggris Queen Elizabeth I, tapi batu karang ini udah banyak terkikis sih karena efek air laut dan angin kencang ya, jadi nya badan nya terlihat kurus gitu kaya ukuran badan gue :peace:

Antrian Pengunjung untuk berfoto di depan Queen's Head

Antrian Pengunjung untuk berfoto di depan Queen’s Head

Wisata Batu Karang di Yehliu Taipei

Wisata Batu Karang di Yehliu Taipei

Kalau mau nyaman jalan-jalan di Yehliu Geopark, pastikan bawa kacamata hitam terutama nya kalau cuaca lagi terik, lalu pakai sunblock / topi dan jaket penahan angin karena angin nya kenceng di sini, terakhir pakai sepatu kalau mau nyaman, hati-hati ketika melangkah di area yang licin terutama yang di lewati air laut. Bawa air minum dan snack buat cemilan juga oke tapi jangan buang sampah sembarangan ya di sini, ingat ingat ingat!

Akhir nya setelah 1 jam keliling Yehliu Geopark ini, gue pun kembali ke area parkir mobil, mampir dulu sebentar di area pasar nya, ada jual macam-macam snack tradisional hasil laut, gue beli abon ikan sama snack ikan yang panjang sama tipis itu, enyakkkkk :calm:

Pemandangan Yehliu Geopark dari atas

Pemandangan Yehliu Geopark dari atas

Check In Done @Yehliu Geopark

Check In Done @Yehliu Geopark

* * * * *

PERJALANAN DARI YEHLIU MENUJU JIUFEN

Sesuai dengan itinerary yang di berikan, jam 10.00 tepat mobil pun beranjak dari Yehliu untuk menuju destinasi berikut nya yaitu Jiufen. Tapi sebelum ke Jiufen mampir dulu ke Ying Yang Sea dan Golden Waterfall, kira-kira lama perjalanan 45 menit gitu. Yang objek wisata Ying Yang Sea nya sih asli ga jelas ( engga gue masukkin foto nya karena asli ga jelas ) hahaha… kalau yang Golden Waterfall nya baru oke, air terjun nya mini gitu tapi aliran air nya berliku-likuuuuu… mantappppp!  :good:

Tebakan asal-asalan gue sih kenapa di namakan Golden Waterfall karena warna dataran air terjun nya kaya warna emas, bukan warna air nya ya. Anyway di Ying Yang Sea dan Golden Waterfall cuma bentaran sih, cuma 20 menit kira-kira di 2 tempat tersebut. Habis dari Golden Waterfall ini langsung menuju Jiufen lewatin jalan berliku-liku yang asli bikin pusing, jalan nya sempit cuma benar-benar ngepas 2 mobil.

Golden Waterfall dekat Jiufen

Golden Waterfall dekat Jiufen

* * * * *

JALAN SANTAI DAN WISATA KULINER DI JIUFEN

Sampai di Jiufen kira-kira jam 11.40 an, para peserta di turunkan di area parkiran mobil, di berikan instruksi oleh si supir untuk kembali ke area parkiran mobil ini sekitar jam 13.40, 2 jam sebenar nya cukup sih buat explore Jiufen secara keseluruhan dengan jalan santai gitu, malah waktu itu gue sempat makan siang juga di sini karena memang jam nya makan siang hahaha…

Jalanan Gang Kecil di kota tua Jiufen

Jalanan Gang Kecil di kota tua Jiufen

Santapan Makan Siang yang Nikmat di Jiufen

Santapan Makan Siang yang Nikmat di Jiufen

Sepengamatan gue sih Jiufen ini desa tua / klasik gitu model nya, jalanan nya berbentuk gang kecil dan harus naik anak tangga terlebih dulu, jadi jalan-jalan di sini ya jalan kaki secara otomatis. Kiri-Kanan nya jual berbagai macam makanan dan minuman yang bikin perut lapar sehabis mendaki beberapa anak tangga yang tinggi. Oh ya sebelum sampai di area titik keramaian di Jiufen ini, gue harus naik anak tangga yang cukup tinggi, nah gue merasa tempat ini engga cocok buat orang tua yang kaki nya sudah tidak kuat atau bahkan yang memakai kursi roda, karena seinget gue tidak ada jalur kursi roda gitu.

Begitu sudah naik anak tangga yang lumayan, sampai juga di titik yang landai yang mana kiri kanan nya banyak menjual makanan dan minuman, akhir nya gue yang lapar berat, mampir ke salah satu warung makan, makan 1 mangkok isi nasi daging babi kecap dan daging ayam 1 seperempat, harga nya sekitar 170 TWD ( = 80.000 IDR ), rasa nya sudah pasti enak, wong lagi lapar berat hahaha…. Habis makan, gue pun beli lagi Bubble Milk Tea seharga 50 TWD ( = 24.000 IDR ), minum Milk Tea selama di Taiwan tidak pernah mengecewakan rasa nya :calm:

Ya habis perut kenyang, gue pun jalan-jalan santai aja lihat kiri kanan aneka makanan di jual, aneka oleh-oleh juga ada di jual, kalau anda punya waktu lebih dan mau santai-santai lihat pemandangan juga ada cafe di sini dengan view melihat area laut dan hijau-hijau gitu.

Salah Satu Sudut di Jiufen, Banyak Jual Makanan dan Minuman

Salah Satu Sudut di Jiufen, Banyak Jual Makanan dan Minuman

Pemandangan yang Bening banget dilihat dari Jiufen

Pemandangan yang Bening banget dilihat dari Jiufen

Salah Satu Sudut di Jiufen, tempat buat Nongkrong buat yang mau nyantai

Salah Satu Sudut di Jiufen, tempat buat Nongkrong buat yang mau nyantai

* * * * *

MELIHAT ANEKA LAMPION TERBANG DI SHIFEN

Sehabis dari Jiufen, tujuan berikut nya nya adalah Shifen sekaligus menjadi destinasi terakhir tour one day trip ini. Berangkat dari area parkir Jiufen jam 13.50 dan tiba di Shifen sekitar jam 14.30, waktu main di Shifen ini di berikan waktu hingga jam 15.40 atau sekitar 1 jam dari waktu tiba. Atraksi utama di Shifen ini adalah sudah pasti menerbangkan lampion, jadi lampion nya sebelum di terbangkan, di coret-coret dulu dengan harapan yang di inginkan dan di harapkan pasti terkabul dong, terutama buat yang mau cari jodoh :ahaaah:

Harga lampion nya sendiri kalau 1 warna sekitar 150 TWD ( = 70.000 IDR ) dan 4 warna sekitar 200 TWD ( = 95.000 IDR ). Warna di lampion itu mencerminkan harapan yang di inginkan, seperti

  1. Kuning ( Uang – Rejeki dan Keberuntungan )
  2. Merah ( Kesehatan – Sehat dan Aman )
  3. Biru ( Karir – Bisnis )
  4. Orange ( Asmara – Hubungan dan Pernikahan )
  5. Ungu ( Study – Dapat nilai baik, cocok buat mahasiswa / pelajar )
  6. Putih ( Di berkati oleh kesenangan )
Proses Penerbangan Lampion di Shifen

Proses Penerbangan Lampion di Shifen

Rangkaian Rel Kereta yang masih aktif, Jembatan Gantung yang deg deg deg suer, Toilet Portable di Shifen yang bauuuu

Rangkaian Rel Kereta yang masih aktif, Jembatan Gantung yang deg deg deg suer, Toilet Portable di Shifen yang bauuuu

Oh ya area Shifen ini juga letak nya persis di atas rangkaian rel kereta yang masih aktif, jadi ya kalau ada kereta mau lewat, langsung minggir ya, jangan main-main di atas rel lagi, kereta di sini jalan nya pelan sih, ya tapi tetap aja kalau ada bel kereta, langsung pada minggir :kaget:

Selain itu ada area jembatan gantung juga yang rasa nya deg deg deg suer karena bisa ke kiri kanan gitu terutama kalau ada orang berat yang lewat hahaha… sama angin kencang juga yang lewat deh. Selain foto bersama lampion, foto di atas jembatan gantung, foto di atas rangkaian rel, paling selebih nya cuma lihat-lihat aja kiri kanan ada tempat jualan makanan dan minuman dan oleh-oleh juga ada. Untuk anda yang kebelet pengen pipis, di sini ada toilet umum portable gitu, cuma siap-siap ya sama aroma nya, nama nya juga toilet portable hahaha :suram:

Suasana Keramaian di Shifen

Suasana Keramaian di Shifen

Setelah destinasi Shifen ini, jam 15.40 mobil kembali Ximen Station exit 4 lagi seperti titik meeting point awal, skeitar jam 16.30 sudah sampai kembali di Ximen Station exit 4. Sehabis itu gue pun bergegas kembali ke Sleepbox Hostel untuk mengambil tas dan koper yang di titipkan di sini, lalu menuju Taipei Main Station ( cuma beda 1 station dari Ximen ) karena di sana lah basecamp terdekat untuk menggunakan kereta cepat Taiwan ( High Speed Rail ).

* * * * *

PENGALAMAN NAIK KERETA CEPAT TAIWAN DARI TAIPEI KE TAICHUNG

Kereta Cepat Taiwan dari Taipei ke Taichung

Kereta Cepat Taiwan dari Taipei ke Taichung

Sesampai nya Taipei Main Station, gue ke counter penukaran tiket dengan membawa paspor dan voucher kereta yang sudah di beli sebelum nya ( di tunjukkan saja di HP ), proses penukaran berjalan sangat lancar, pastikan aja itu tiket dan cover besar yang menutup nya tidak di lepas ( tetap biarkan jadi satu ), karena proses masuk dan keluar gate kereta cepat nya melalui jalur khusus gitu, bukan pakai tapping.

Secara umum sih pengalaman menggunakan kereta cepat Taiwan ini menyenangkan ya, sama aja sih kenyamanan nya seperti kereta cepat waktu gue pakai dari Beijing mau ke Shanghai, cuma ini kecepatan nya hanya sekitar 300 km / jam saja. Tapi walau begitu, jarak tempuh Taipei – Taichung sekitar 170 km bisa di tempuh dalam waktu 40 menit saja! :good:

Setelah sampai di Taichung High Speed Railway ( HSR ) Station sekitar jam 18.20, gue langsung bergegas menuju VIP Hotel Taichung menggunakan bus dan selesai lah perjalanan hari ini ketika sudah tiba di VIP Hotel Taichung dengan selamat sentosa :peace:

Gue akan menginap di Taichung selama 2 malam untuk jalan-jalan keliling Sun Moon Lake dan Cingjing Farm ( Swiss Sheep Farm rasa Taiwan ), penasaran cerita nya? di tunggu sajaaaa ya :relax:

* * * * *

3 thoughts on “Hari 3 : Keliling Yehliu, Jiufen, Shifen Seharian dengan Tour Lokal

  1. Matius Teguh Nugroho

    Lanjutannya jangan kelamaan, koh. Biar seru! :D

    Penyedia jasa tur itu memang dibutuhkan saat kita harus mengunjungi satu atau beberapa lokasi yang sarana transportasinya belum praktis, atau malah nggak ada sama sekali, atau mahal kalau cuma sendirian.

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: