JepangTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota ( Updated 2023 )

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Haiiii pembaca setia blog gue ( kaya ada aja ) yang ganteng dan cantik, kalau kalian tidak sengaja mampir ke post ini untuk mencari info seputar Anime, AKB48, Gundam maka anda 101% di jamin tidak akan menemukan info tersebut! Karena pada post ini gue mau sharing catatan perjalanan gue jalan-jalan keliling Jepang selama 10 hari dan 6 kota yaitu Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe, Himeji :keren:

Selain itu ada info seputar penerbangan, visa, itinerary, biaya, internet wifi, biaya dan informasi lain nya yang akan berguna buat kamu yang ingin ke Jepang :cheer:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan Ke Jepang ( Tokyo / Osaka )

Untuk dapat menuju Jepang dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Jepang terdapat banyak bandara Internasional, namun yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Haneda yang terletak di kota Tokyo, Bandara Internasional Kansai yang terletak di kota Osaka, dan Bandara Internasional Chitose yang terletak di kota Sapporo.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Jepang, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. AirAsia – transit di Kuala Lumpur ( LCC ) – harga promo kisaran 2.5 – 3.5 juta rupiah Pulang Pergi

2. Garuda Indonesia ( Full Services ) harga kisaran 5.5 – 7 juta rupiah pulang pergi

* * * * *

Visa Jepang

Visa Jepang
Visa Jepang

Untuk dapat masuk ke Jepang dengan menggunakan Passport WNI Sipil, maka kita harus mempunyai Visa Jepang. Cara mendapatkan Visa Jepang, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang. Tapi sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Jepang, pastikan anda terlebih dahulu punya Paspor ya! Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020.

Per 1 Desember 2014, kabar gembira khusus buat pemegang E-Passport Indonesia karena pemerintah Jepang memberikan Bebas Visa Jepang ( Visa Waiver ) dengan cara hanya cukup mendaftarkan E-Passport nya di Kantor Kedutaan Jepang, detail nya dapat di baca pada Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

* * * * *

4 Musim di Jepang

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang
Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Di Jepang terdapat 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Setiap musim di Jepang mempunya keunikan masing-masing yang tidak boleh anda lewatkan :yeah:

Pada Musim Semi ( Spring ), wisata piknik sambil melihat bunga Sakura yang bermekaran tentu menjadi tujuan utama pada musim ini. Permasalahan utama nya adalah timing bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang itu berbeda, sehingga anda perlu jeli memilih hari dan bulan yang tepat. Untuk prediksi bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Cherry Blossom Forecast.

Pada Musim Panas ( Summer ), akan banyak festival kembang api atau dalam bahasa Jepang disebut dengan “Hanabi Taikai”. Untuk melihat jadwal festival kembang api tersebut dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Hanabi Taikai.

Pada Musim Gugur ( Autumn ), mata anda akan di manjakan dengan pemandangan daun-daun berguguran dan berwarna kemerahan hingga ke orange-an!

Pada Musim Dingin ( WInter ), saat nya waktu untuk bermain salju dan ski!

Dari keempat musim di atas, yang paling saya suka adalah musim Gugur, alasan nya karena udara nya masih cukup bersahabat dan pemandangan daun-daun kemerah-merahan itu sangat menyegarkan mata :wow:

Oh ya jangan lupa juga untuk selalu mengecek prakiraan cuaca hari itu dan besok ketika travelling ke Jepang, gue bisa katakan tingkat akurasi nya 95% berkaca pengalaman travelling gue ke Jepang kemarin di musim Panas, jadi kalau di katakan besok hujan ya arti nya hujan, jadi pastikan bawa payung atau engga gigit jari dah gara-gara kehujanan di jalanan :wait:

Anda bisa menggunakan link berikut untuk mengecek prakiraan cuaca di Jepang, Japan Weather Forecast.

* * * * *

Itinerary Keliling Jepang

Itinerary Liburan Ke Jepang
Itinerary Liburan Ke Jepang

Jepang terlalu luas jika hanya di explore hanya selama 10 hari karena terlalu banyak tempat yang harus di kunjungi. Jika ada kesempatan pergi ke Jepang lagi, gue pengen banget explore kota Tokyo dan pulau Hokkaido di utara Jepang.

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya pada masing-masing hari ( Link akan di update jika Post nya sudah jadi ) :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Jepang 10 hari 6 kota

Japan Money
Japan Money

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 10 hari 6 kota di Jepang berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Kuala Lumpur – Tokyo ( Haneda )

AirAsia – Sharing Bagasi 20 Kg
Rp 1.680.000
2.Tiket Pesawat Pulang Osaka ( Kansai ) – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Bagasi 25 Kg and Meal
Rp 1.630.000
3.Visa Jepang Single EntryRp 330.000
4.Penginapan 7 Malam di 3 Kota

4.1 Tokyo – 1 Malam di Khaosan Tokyo Laboratory ( Private Room 3 orang ) = 3.400 Yen

4.2 Kyoto – 2 Malam di Backpackers Hostel K’s House ( Private Room 4 orang ) = 5.200 Yen

4.3 Osaka – 2 Malam di Backpackers Hotel Toyo ( Private Room 1 orang ) = 4.000 Yen

4.4 Osaka – 2 Malam di Hotel Shin Imamiya ( Private Capsule Room 1 orang ) = 3.900 Yen
16.500 Yen = Rp 1.815.000
5.Transportasi lokal di 6 Kota

5.1 2 Day Pass Tokyo Subway = 1.200 Yen

5.2 Airport Haneda ke Sengakuji Station = 410 Yen

5.3 Pasmo Card dan Top Up = 4.000 Yen

5.4 Tiket Bus Shinjuku Station ke Kawaguchi Station ( One Way @1.750 Yen ) = 3.500 Yen

5.5 Sight Seeing bus di sekitar Kawaguchi Lake = 1.200 Yen

5.6 Willer Bus Tokyo ke Kyoto Bus S123 = 6.300 Yen

5.7 2 pcs – 1 Day Pass Kyoto Bus ( @500 Yen ) = 1.000 Yen

5.8 3 Day Kansai Thru Pass = 5.200 Yen

5.9 2 pcs – 1 Day Pass Osaka Subway ( @800 Yen ) = 1.600 Yen
24.410 Yen = Rp 2.685.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 10 hari14.250 Yen = Rp 1.567.500
7.Tiket Masuk Tempat Wisata8.429 Yen = Rp 926.000
8.Sharing Sewa Pocket Egg WIFI di Jakarta

( 7 gb = Rp 1.110.000 )
Rp 330.000
Total Pengeluaran Jepang 10 Hari

( Exclude Belanja dan Oleh-Oleh )
Rp 10.963.500

Pengeluaran terbesar gue untuk trip Jepang ini adalah belanja fashion dan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat. Banyak harga fashion murah di bawah 1000 Yen dengan kualitas H&M dan Uniqlo yang tentu buat gue ‘lapar mata’ saat itu terus kalap deh belanja nya :noooo:

Untuk oleh-oleh Tokyo Banana gue kebetulan membeli di Bandara Kansai harga nya 1.429 Yen untuk isi 12 dan 953 Yen untuk isi 8, sedangkan Kitkat plastik besar ( seperti pada gambar ) rata-rata di kisaran 280 Yen / bungkus.

Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi

* * * * *

Penginapan Jepang

BOOKING.COM ( Klik banner di bawah )

Booking.com

Klook ( Klik banner di bawah )

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 5.000 – 7.000 Yen tergantung kota dan lokasi nya. Tokyo, menurut gue adalah kota paling mahal menurut untuk biaya penginapan semalam nya. Gue merekomendasikan menggunakan Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana.

* * * * *

Voucher Discount

Tujuan wisata turis ke Tokyo / Osaka pasti menuju Universal Studio Japan atau Disneyland Tokyo. Kabar baik nya bisa beli beli tiket atraksi ini secara online loh, bisa di klik di link di bawah ya :

Klook.com

* * * * *

Internet Jepang

Internet merupakan hal penting banget buat gue selama trip ke Jepang, selain buat eksis di social media, internet di sini sangat berguna banget buat menunjukkan jalan, rute subway, kereta, bus dan juga tempat wisata yang akan gue kunjungi. Karena jumlah total peserta trip ke Jepang ini ada 4 orang, jadi nya opsi menyewa Pocket Wifi dari Indonesia merupakan pilihan terbaik buat kelompok gue.

Alternatif nya buat yang mau melakukan membeli SIM Card Jepang / menyewa Portable WIFI secara online tetapi melakukan pick up barang nya di bandara Jepang, bisa mencoba link di bawah :

Klook.com

* * * * *

Aplikasi Petunjuk Arah – Google Maps

Tampilan Google Maps Jepang
Tampilan Google Maps Jepang

Buat anda yang ingin mengandalkan Free Wifi selama berwisata ke Jepang, gue sarankan berpikir 10x karena itu bukan lah pilihan yang menguntungkan. Lebih baik keluar uang lebih untuk mendapatkan fasilitas internet di Jepang karena hal tersebut dapat membantu anda dalam mencari petunjuk arah “How to Get There” ke tempat yang anda ingin tuju.

Pada trip Jepang ini, gue hanya mengandalkan pocket WIFI Internet dan aplikasi “Google Maps”, hasil nya? Engga ada tuh acara nyasar :keren:

Oh ya asik nya di aplikasi “Google Maps” ini adalah gue bisa mengetahui line kereta yang di gunakan adalah line JR atau bukan, karena tidak semua pass mengcover JR sehingga harus di butuhkan alternatif line lain yang tidak memerlukan line JR, untung nya dengan aplikasi “Google Maps”, semua masalah tersebut dapat di selesaikan dengan mudah. Yang paling penting adalah petunjuk nama stasiun yang diberikan semua dalam BAHASA INGGRIS, kalau dalam kanji mah bisa bohwat dah! :dead:

* * * * *

Transportasi Jepang

Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway
Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway

Di Jepang ada banyak sekali jenis Pass yang sangat berguna untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu buat yang suka berpindah-pindah lokasi menggunakan Subway / Kereta. FYI harga tiket satuan Subway / Kereta itu mahal, jadi lebih baik gunakan Pass.

Alternatif nya buat jenis transportasi yang tidak tercover oleh Pass, bisa membayar menggunakan Pasmo Card untuk segala jenis transportasi ( Subway, Kereta, Bus ) yang penggunaan nya hanya tinggal Top Up dan Tapping, tidak perlu repot membeli tiket satuan terus menerus.

Yang mau beli Subway Pass, Transfer Kereta / Bus dari Bandara ke Pusat Kota, bisa cek link di bawah ya :

Klook.com

Untuk menentukan Pass yang cocok untuk acara travelling ke Jepang adalah harus membuat itinerary acara mau kemana aja selama di Jepang, dari rundown itinerary tersebut baru bisa di tentukan jenis Pass mana yang meng-cover rute yang dipakai. Berikut macam-macam pass di Jepang yang sekira nya berguna buat anda beli :

  1. Japan Rail Pass
  2. Macam-Macam Pass yang berguna untuk keliling di Tokyo
  3. JR East Pass
  4. JR Tokyo Wide Pass
  5. Tokyo Subway Pass + Airport Return Haneda or Narita
  6. Kyoto Bus dan Subway Pass
  7. Osaka Amazing Pass ( Buat Keliling di Kota Osaka Seharian )
  8. Kansai Thru Pass ( Berguna untuk keliling di Kansai Area seperti Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Himeji, Wakayama, dll )
  9. Hankyu Touris Pass ( Keliling Osaka, Kyoto, Kobe – Hanya Valid di semua jalur Hankyu )
  10. Willer Express Bus Pass ( Buat Pecinta Bus Jepang untuk Perjalanan Jarak Jauh )

JR Pass itu sendiri macam-macam nya banyak, khusus JR Pass sendiri hanya bisa di beli di negara asal ( tidak bisa di beli di Jepang langsung ), selain itu bisa di beli di Jepang langsung, untuk yang mau membeli secara online, bisa mencoba link di bawah ( jamin trusted! ) :

Klook.com

* * * * *

Colokan Listrik di Jepang

Colokan Listrik Jepang
Colokan Listrik Jepang

Jangan lupa bawa converter listrik ini sejak dari Indonesia kalau berwisata ke Jepang atau anda akan kerepotan untuk urusan charge gadget anda. Beli di Jepang langsung juga engga recommended ya, pengalaman gue hunting converter listrik ini di Akihabara Tokyo untuk teman gue yang lupa bawa, gue harus sampai cari kira-kira 7 toko baru dapat toko elektronik yang jual converter listrik ini :sweating:

* * * * *

Info Lain

Berikut list-list website yang sekira nya berguna buat anda untuk referensi ke Jepang :

  1. Japan Guide ( Semua tentang Jepang ada di sini )
  2. Hyperdia ( Untuk Menghitung Biaya Transportasi )
  3. Japan Rail ( JR ) Pass Calculator ( Untuk Membandingkan Biaya Perjalanan Antara JR Pass dengan Non JR Pass )

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Jepang, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab  :senang:

NOTE : JANGAN minta tolong gue untuk buat / menyusun itinerary ya karena gue sendiri juga tidak ahli dalam urusan itinerary~ dan jangan tanya tentang tempat wisata / kuliner yang recommended di Jepang! :peace:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

407 Comments

  • Mas mau nanya ada rekomen buat kami guide bahasa indonesia dijepang ..rencana akhir juni mau kesana ..
    Terima kasih

  • haloo Frenkey…

    Tolong tanya.. kalo mau ke jepang dengan rute;
    Osaka – Kyoto – takayama – kawaguchi – Tokyo enak pake JR PASS ato yg lain?

    btw, kalo beli tiket di Klook.com nanti ambil tiketnya di USJ?

    Thanks before :)

    • Pakai JR Tokyo Wide Pass aja ya buat rute tersebut.

      Tiket USJ nya cukup di print aja ( dapat dari email ), tapi harus datang sesuai dengan tanggal yang di pilih.

  • Salam kenal bro frenky

    Saya rencana trip ke jepang bulan februari 2017…
    Rute perginya UPG-KUL-KIX n baliknya HND-KUL-UPG…6 hari di jepang,rencana kunjungi Osaka, Kyoto n tokyo….pengennya sih bisa ngerasaain salju….pilihannya sih ke Toyama atau Gala…pengen ngerasain naik shinkansen juga…bagusnya beli JR Pass atau tokyo-osaka Hokuriku Arch pass…

    • Rasa nya lebih baik beli Hokuriku Arch Pass ini ya, tapi seperti nya tidak cover jalur ke Gala Yuzawa ya, maaf kurang paham juga jalur2 JR di Jepang saya nya

  • Halo bro Frenkey..salam kenal.. minta tolong infonya :
    1. kalau saya pakai pass xl dibanding pocket wi fi..mana lebih yang lebih bagus?
    2. Rencana 28/12 – 09/1 ..mendarat di narita 7.15 pagi sudah booking hotel di mitsui garden shiodome italia 29 – 1
    Tanggal 2 di Mitsui garden chiba
    dengan model penginapan semua di Tokyo dan rencana ada ke osaka dan kyoto ( balik hari ) apakah membeli JR pass merupakan pilihan yang pas ?
    29/12 sampai narita 7.15 … check in hotel jam 15.00..
    a. apakah bisa menitip koper di hotel dulu ?
    b. rencana menjelajah tokyo dahulu , langsung mengaktifkan jr pass atau pakai ketengan dulu ?

    Terima kasih

    • 1. XL pass sempat baca beberapa testimonial, ada yang mendapatkan speed nya super slow karena jaringan nya tidak support. Pocket wifi sih jaminan cepat, cuma efisien nya kalau dipakai sharing at least ber3

      2. Daripada beli JR Pass, gimana kalau beli Pass ini? http://www.japan-guide.com/e/e2361_arch.html valid buat 7hari consecutive.
      a. Ada yang bisa, ada yang engga, tergantung kebijakan hotel nya. Kalau ga bisa, opsi titip di locker stasiun bisa dipakai.
      b. lebih baik pakai ketengan dulu, baru di aktifkan pass nya mulai dari 7 hari sblum keluar dari Jepang

      • 1. Pagi mas Frengkey… Untuk dari Narita terminal 2 menuju ke Hotel Mitsui Garden Shiodome apakah lebih baik dijangkau dengan bus atau kereta ? berhubung saya belum mengaktifkan JR pass.. terima kasih ( agak ragu menggunakan jr pass )

        2. Maaf nimbrung.. Mau nanya Mas Frenky.. kalo buat pp tokyo-osaka buat ke universal..besok pp lagi tokyo osaka ( ke wisatanya )..apakah ini efektif? :keren:

        3. Halo Bro Frengky.. saya cek digoogle map dari setelah sampai

        19.36

        三井ガーデンホテル千葉
        Jepang, 〒260-0013 Chiba Prefecture, Chiba, Chuo Ward, Chuo, 1−11−1
        BerjalanBerjalan
        Sekitar 11 mnt , 900 m
        19.47
        Chiba Station
        20.18
        Kereta apiSobu Line(Rapid)快速Yokosuka
        31 mnt (6 perhentian)
        20.21
        Kinshicho Station
        20.27
        Kereta apiChuo-Sobu Line(Local)各停Nakano
        6 mnt (3 perhentian) · Platform 1
        20.30
        Akihabara Station
        Kereta apiYamanote Line各停For Ueno / Ikebukuro (Counter-Clockwise)
        4 mnt (2 perhentian) · Platform 2
        20.34
        Ueno Station
        BerjalanBerjalan
        Sekitar 2 mnt
        20.58
        Ueno Station
        ShinkansenJoetsu ShinkansenToki 349ときNiigata
        1 jam 24 mnt (6 perhentian)
        22.22
        Echigoyuzawa
        BerjalanBerjalan
        Sekitar 26 mnt , 2,1 km ==========> nah ini apakah jalannya ga kejauhan ? jalan di salju dan musim dingin..thanks

        4. apakah Joetsu Shinkansen dicover JR pass 7 hari ? Terima kasih

  • Selamat sore Frengky ……

    Saya rencanyanya mau ke Jepang tgl 13 – 18 April 2017, dengan backpackeran saja. Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Apakah sebaiknya utk pemesanan penginapan saya lakukan dalam bulan ini atau 2 bulan sebelum keberangkatan?
    2. Mungkin ada temen-2 lain yang berangkat pada tanggal tersebut, jadi saya bisa bareng utk memudahkan komunikasi disana.

    Mohon penjelasan ya mas Frengky, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  • Mas mau Tanya kalau udah bikin pasport elektrik trs boking tiket airasia nanti dapat visa Nya gimana? Apa harus mencantum kan tempat alamat tinggal atw gimana? Kebetulan saya punya teman tinggal di Japan jadi rencana nginap di rmh Nya .apa itu bisa lolos visa?saya tidak mengerti cara Nya Dan satu lago berapa hari jatah visa jalan2 nya mohon info Nya

    • Kalau udah E-Passport, cukup registrasi terlebih dahulu E-Passport nya ke kedutaan Jepang buat dapat Visa Waiver Jepang nya. Lalu sebelum di Jepang, di print out dulu ya tiket bookingan pesawat keluar Jepang, bukti nginap di rumah teman nya ( entah gimana cara nya ) sama sejumlah uang Yen, karena kalau pake Visa Waiver Jepang ini kemungkinan besar kena random check. Cuma 15 hari masa tinggal untuk Visa Waiver Jepang sekali masuk nya.

  • Kalau beli JR pass 7 hari dan pemakaiannya hanya untuk 1 way tokyo- osaka dan sblmnya di tokyo & sesudahnya ke kyoto dan sekitarnya bagaimana menurut mas frengky kayanya lebih murah / lebih mahal. Mohon petunjuk kalau JR pass di gunakan min perjalaanan nya kemana aja?
    Terimakasih

    • Rugi sih kalau beli JR Pass cuma buat one way. JR Pass cocok nya di pake kalau pindah2 kota. Kalau cuma buat wisata dalam kota, mending beli pass2 lain nya ( tergantung itinerary ).

  • Wah, informasinya sangat bermanfaat banget. Saya lagi ngumpulin sebanyak2nya cerita traveller2 yang udah lebih dulu ke Jepang. Maafkan saya kalo nantinya banyak nanya ya Mas :yeah:

      • Hallo FRenky…
        Salam kenal.
        Mau tny sy rencana mau ke jpng backpacker 9hari.
        Stay di tokyo selama 9hari dan Ada rute ke Disney-mt fuji- yuzawa. Sy mau tny baiknya Sy Pake JR pass atau gmn ya? Krn Engga pindah2 kota. Mohon pencerahan krn sy bingung mslh transportation selama disana. Thank u so much b4

  • mas frengky kembali bertanya, kalau mau pesen hotel via agoda (ada pembatalan gratis) untuk di tokyo dan osaka sebenarnya untuk data kelengkapan sesuai itenerary terus nanti dibatalkan kembali setelah pengajuan visa sudah berhasil. Apakah memang bisa ? karena pembatalannya masih lama untuk chek in nya. Terima kasih

    • Waktu itu saya juga gitu, ga ada masalah sih. Nanti pas sudah di approve Visa Jepang nya, jangan lupa di cancel bookingan penginapan nya.

  • Hallo …
    Numpang tanya ya.
    Kami akan liburan ke Jepang dengan Eva Air flight KHH – KIX – KHH, berangkat tanggal 04-01-2017 dan pulang tanggal 13-01-2017. 6 Hari di Tokyo dan 4 hari di Osaka.

    Pertanyaannya adalah :
    1. Apakah kami perlu memberli JR Pass ? Mengingat airport yang kami gunakan adalah Kansai Airport.
    2. Sebaiknya setibanya kami di Osaka, kami langsung ke Tokyo atau keliling Osaka dulu ?

    Mohon masukannya ya.

    Terima kasih

    • Hi,

      1.
      Ini tergantung ya Pergi Pulang Osaka – Tokyo nya mau menggunakan Shinkansen atau Willer Bus?
      1. Kalau PP Shinkansen – beli JR Pass 7hari
      2. Kalau PP Willer Bus, jangan beli JR Pass
      3. Kalau 1 arah Shinkansen 1 arah willer bus, jangan beli JR Pass

      2.
      Kalau pake opsi 1, maka rute nya di Osaka 2hari -> hari ke 3-8 di Tokyo -> Osaka 2hari ( inti nya dalam 7hari sudah harus PP Osaka – Tokyo )
      kalau pake opsi 2 dan 3, terserah sama aja, tapi pendapat saya mungkin langsung ke Tokyo aja.

      • Hi …
        Terima kasih atas sarannya ya. Rencananya kami PP Osaka-Tokyo-Osaka dengan Shinkansen.
        Opsi yang akan saya gunakan adalah opsi 1. Kami membeli JR pass 7 hari. Selama di Tokyo kami akan mengunjungi Gala Yuzawa dan Tateyama Kurobe.

        1. Berarti rute terbaik adalah setibanya kami di Osaka. Langsung ke Tokyo dulu ya ?
        Berarti tanggal 4/1/2017 ke Tokyo, sampai tanggal 10/1/2017 baru kami ke Osaka ya ?

        2. Frenky, jika mulai tanggal 10/1/2107 kami ke Osaka, sebaiknya kami ke Kyoto itu menginap atau kembali ke Osaka. Perjalanan dari Osaka ke Kyoto perlu JR pas gak ?
        Di Osaka, jika kami hendak mengunjungi Osaka dan Nara, pass atau kartu apa yang harus kamu beli.

        Hadohhh … bingung saya pelajari jalur kereta di Jepang.
        Maaf karena mengajukan banyak pertanyaan.

        • 1. Iyup menurut saya begitu sih bagus nya, selama di 7 hari menggunakan JR Pass harus sudah akomodir transport Osaka-Tokyo-Kyoto dan ke Gala Yuzawa+Tateyama.

          2. Kalau menurut saya sih enakan menginap di Kyoto ya, jadi pas kembali dari Tokyo, ambil ke Kyoto aja turun di Kyoto Station. Kyoto ke Osaka pake kereta JR cuma beli tiket satuan atau pake pasmo/suica card juga engga mahal, paling cuma 500 Yen / one way nya.

          Di Osaka nya bisa pake Osaka Subway Pass atau Osaka Amazing Pass tergantung mau ngapain dulu. Kalau ke Nara beli tiket satuan aja, selama di kota Nara bisa beli Bus pass kalau memang di rasakan perlu ( note : saya kaga ada experience menggunakan Nara Bus Pass ini ).

  • Om Frenky, akhir bulan rencana ane mau ke Jepang nih. Rencana sih cuma mau jalan-jalan aja di Tokyo sama sehari ke Kawaguchiko (Fuji). Dua pertanyaan yang mohon dapat dibantu jawab ya, heee.. :
    1. Lebih hemat pakai SUICA/PASMO aja atau pakai yang pass2 itu ya?
    2. untuk ke Fuji, rencana mau naik bus aja biar lebih hemat. nah untuk bus ini, apakah harus book via website dulu apa bisa langsung beli di lokasi sebelum berangkat ya?

    Makasih.

    • Hi,

      1. Tergantung itinerary nya, kalau banyak menggunakan transportasi kereta, lebi hemat pakai pass

      2. Tidak usah book, langsung datang aja on the spot, tapi lebih baik datang ke terminal bus nya jangan mepet2 dengan waktu keberangkatan, biar masih kebagian tiket buat keberangkatan selanjut nya

  • sangat bermanfaat infonya, jangan di hapus ya, saya ada rencana mau tahun depan, ini sangat detail infonya

    tq ko Frenky

  • Hi mau tanya, rencana saya mau pakai XL Pass.. apakah signal nya disana bagus? (rencana ke Tokyo, shirakawa go, takayama, Kyoto dan Osaka)

    Thanks

  • Mas frenkey, saya mau tanya. Kalo beli sim card di bandara kansai itu berapa ya? Dan kuota nya berapa gb?

  • Mau nanya nih, kalau ke Jepang itu lebih serunya keliling tokyo aja atau ngunjungi beberapa kota lainnya?
    Kalau cuma ke tokyo biar lebih pas dan puas, berapa hari ya?

    • Seru nya tentu maen ke kota lain juga ya, bosen kalau cuma 1 kota aja, tiap kota ada ciri khas soalnya. Tokyo aja rasa nya 4-5hari udah cukup deh.

  • Hi Frengky,

    wht a nice blog!

    Saya mau tanya.. Rencana saya akan pergi di bulan Maret 2017, jkt-narita-jkt, tgl 10 maret sampai narita jam 19.30, tgl 17 maret pulang ke jakarta dari narita jam 10.30.
    Yang ingin saya tanyakan adalah untuk 8 hari tsb, apakah cukup waktunya untuk ke tokyo, kyoto, osaka, lalu kembali lg ke narita untuk pulang?

    untuk transportasi lebih baik saya beli JR Pass atau beli disana saja ya? tiket kereta & bis?

    Boleh kah sarannya untuk urutan kota yang harusnya saya kunjungi (tokyo/kyoto/osaka) agar waktu jalan2nya lebih maksimal dan tidak terkesan bolak-balik

    Many Thanks Before :) :star:

    • Hi,

      Bisa saja, tapi mungkin setiap kota hanya bisa 2hari ya maksimal lama tinggal nya. Kalau cuma 1 minggu dan bolak-balik, saya rekomendasikan beli JR Pass 7hari.

      Urutan kota nya Tokyo – Kyoto – Osaka – Tokyo.

  • Hei Frenky

    Insyaalah klu jadi kami sekeluarga des’2016 mau ke jepan
    lagi musim dingin ya mohon sarannya apa aja yang kami bawa
    dan bila kami kesasar mau tanya kemana ya dan pakai bahasa apa ( sedangkan saya nggak ngerti bahasa jepang )
    mohon sarannya

    Terimakasih

    • Waduh, saya juga belum pernah ke Jepang musim dingin, tapi kalau winter gitu harus nya bawa jaket / coat tebal dan sepatu ya. Untuk petunjuk arah, sangat di sarankan menyewa internet wifi ya, lalu gunakan aplikasi Google Maps, itu sudah cukup, petunjuk nya sudah sangat jelas soalnya.

  • hi frengky
    :yeah: informasinya komplit banget :yeah:
    mau tanya nih ada yang mau berangkat ke jepang 2017 gak ? biar bisa berangkat bareng2 :peace:

    • Aku rencana thn 2017 ke jepang, mgkn bln 10.. Sebelumnya sudah prnh pigi juga.. Mana tau mau bareng kami jalannya.. Haha

    • Selamat sore Fina …….

      Saya ada rencana ke Jepang tanggal 13 – 18 April 2017 dg ANA Air, tapi belum ada teman, dan juga saya belum pernah ke Jepang. Kalau mungkin ada teman kan lebih baik, biar bisa minta tolong untuk dokumentasi atau yang lain.

      Memang rencananya mau berangkat tanggal berapa?

  • Saya ingin menanyakan kalau Sy tiba di kansai Osaka bagaimana transportasi dari bandara ke kota Osaka dan kembali dari Tokyo ke bandara Haneda ada gak Modul transportasi yang bisa di gunakan dan low budget , kemudian perjalanan dari Osaka ke Tokyo sebaiknya saya memakai bus atau jr pass atau shienshun kippu ? Local train ?
    Dan modul transportasi selama berada di Tokyo apakah saya lebih hemat apabila menggunakan Tokyo Wide pass ? Terima kasih sebelumnya mohon penjelasan karena tgl 12 Oktober ini Sy Akan berangkat ,

    • Sorry pertanyaan nya terlalu umum ya, jadi gw kg bisa jawab spesifik. Antar kota yg jauh kalau mau hemat bisa pake willer bus, kalau pass di dalam kota ya tergantung itinerary nya mau kaya gmana dulu. Kalau bingung, baca baik2 ulang aja post saya lagi tentang pass, udah jelas soalnya.

    • Tokyo memang mahal, rata2 standard hostel kisaran 300rban permalam nya. Tapi ya lokasi nya strategis juga, hemat transport juga kan jadi nya. Daerah asakusa, shinjuku, shibuya tuh lokasi bagus.

  • Hi frenky…
    mo tanya tntg willer bus nih,tu beli hrs lwt willer webnya?ga bs lngsng on the spot d shinjuku st?(untuk pergi tokyo-kyoto)klo siang to pagi ga ad direct lgsng k kyoto /osaka?thx

    • Ga bisa on the spot, harus online beli nya. Masalah schedule, coba buka langsung situs willer bus nya aja ya, keberangkatan pagi – malam ada semua kok, semakin malam semakin mahal.

  • Great info mas, mau tanya untuk pocket wifi wi2fly, pengalaman mas waktu di Jepang untuk semua daerah sinyal wi2fly ini cukup aman dan bagus mas? mohon infonya, thanks!

  • permisi koh frenkey, saya sudah bikin ittenary ke jepang buat bulan oktober ini trus mw tanya masalah transport buat meminimalkan biaya, kira2 kalo boleh bertanya saya bisa kontak kemana ya, thx sebelumnya :D

    • Tanya langsung aja di blog ini, tapi sejujur nya saya juga masih kurang paham tentang transport jepang sih, lebih baik baca satu2 aja jenis pass di jelaskan di post ini, terus sesuaikan sama itinerary nya.

      • ini ittenary saya koh:
        1. dari kix ke daerah NAMBA (nginep di nest hotel 2 malem 25,26 okt), nah rencana sih cm jalan di daaerah shinsaibasi, dotonburi deket2 namba aj, scara pasti ud sore.
        2. hari kedua(26 okt) rencana ke (Umeda Sky Building, Osaka Castle, sumiyoshi taisha) – nginep di nest hotel juga
        3 hari ketiga (27 okt) rencana ke kyoto (Kinkakuji Temple,Gion Corner,arashiyama) – nginep di K House Kyoto – Backpackers Hostel
        4 hari ke-4 (28 okt) rencana ke (Fushimi Inari,Kiyomizudera Temple, nijo castle) -nginep di willer express ke tokyo shinjuku
        5 hari ke 5 & 6 (29,30)jalan area (Shinjuku, Yoyogi Park, Meiji Shrine, kabukicho ,shibuya, harajuku) – nginep di Oyamacho shibuya airbnb
        6 hari ke 7,8,9 (31,1,2) jalan area (Tsukiji Fish Market,Ginza,Tokyo Tower, Akihabara,Ueno Park,Sensoji Temple,asakusa,Odaiba,Roppongi)- nginep di Nihonbashi Villa Hotel akihabara, malemnya balik jakarta via NARITA airport.

        ini ittenary tiket saya koh:

        1 dari KIX ke Namba beli ketengan pake Nankai – 920 YEN, jalan2 sekitar dotonburi jalan kaki
        2 hari ke 2-4 pake icoca / Kansai Thru Pass 3-day/ Hankyu Tourist Pass 2 day/ Osaka Amazing Pass 2 day/KYOTO-OSAKA SIGHTSEEING PASS
        3 hari ke 5-9 ketengan pake PASMO/SUICA / Tokyo Subway Ticket 3 day+1 day / Tokyo Metropolitan District Pass(tokunai) (4 hari) / Tokyo Metro 24-hour Ticket(4 hari)/ Tokyo Tour Ticket(kippu) (4hari) ????

        nah kemaren ane coba bikin rutenya kira2 ittenary tiket ane seperti ini kira2 mending pake yang apa yah koh frenkey?

        thx bgt buat sarannya koh :D

          • Hallo Davin,

            Bisa sharing pengalaman ya setelah trip ke Jepang nanti, rencana saya April 2017 akan trip ke Jepang supaya bisa berbagi pengalaman dan dengan low cost tentunya.
            tks

  • Hello frenkey
    Mau tany2 utk pass di osaka dan kyoto, ini itin saya
    Day 2 : kix – namba – osaka castle – kaiyukan aquarium – dotonburi
    Day 3 : usj
    Day 4 : huistenbosch
    Day 5 : kyoto – kiyomizudera – gion
    Day 6 : fushimi inari – arashiyama – tokyo
    Aku pake jr pass mulai dr day 4 waktu ke huistebosch
    Yg mau aku tany in : selama di osaka – kyoto mending pake pass apa ya? Kansai thru pass, osaka amazing pass ato yg free one day pass per kota?
    Thx a lot ya

    • Hi Lisa,

      Ini kamu pergi berapa hari ya? JR Pass kan paling minimum 7hari pemakaian soalnya, kalau cuma 6hari, kenapa tidak pakai full JR Pass aja?

      Kalau yang Osaka, bisa pakai Osaka Amazing Pass, di Kyoto pakai Kyoto Bus Pass saja. Tapi kalau memang benar cuma 6hari sih, JR Pass aja udah cukup.

      • Hi, thx for reply
        Aku ke jepangnya 10-12 hari .. Mau di habisin di tokyo dan sekitarnya.. Jd rencana jr pass di pake dr day 4 – day 10 ..
        1. Btw utk osaka amazing pass ini men-cover dr kix – namba ga? (Naik yg nankai airport exp)
        2. booking limousine bus utk ke haneda airport, lewat mana ya? (bus nya ada utk simpan koper ga y?)
        3. Pasmo bisa dipake di osaka? Soalnya aku baca2 koq disana pake icoca
        Thx a lot 😁

  • Hi Frenkey , salam kenal. Blog kamu bener2 helpful deh. Sy rencana ke Jepang bulan November dan udah baca2 seputar transport disana tp masih bingung juga nih:
    1. Apakah JR pass itu hanya bisa digunakan untuk transport antar kota ? ( mis. Tokyo, Osaka, Kyoto )
    2.Bila saya membeli JR Pass dan ingin jalan2 ke 3 kota tersebut perlukah membeli lagi Tokyo Subway, Kansai Thru Pass dan Osaka/ Kyoto Day pass, Suica, Pasmo ? sy rada males beli eceran kecuali lebih hemat jauh harganya….hehe

    Mohon pencerahannya yaa…..takutnya dobel2 beli tiket pass mending duitnya buat beli tokyo banana…hehehe thanks frenkey :)

    • Hi,
      1. Tidak, JR Pass itu bisa di gunakan semua transport yang di kelola oleh JR ( Japan Railways ). Dan transport di kelola JR itu pasti ada di setiap kota buat transport lokal.

      2. Tidak perlu lagi ya, tinggal cari aja rute transport yang di kelola JR. Cuma berhubung harga JR Pass nya ini mahal ( paling murah 7hari / 3jutaan ), kalau seandai nya cuma main kota Tokyo, Osaka dan Kyoto dan tidak bolak-balik ke kota Tokyo – Osaka, lebih baik tidak usah beli JR Pass, beli tiket satuan aja.

      • Nanya nya nyaut, tiket satuan maksudnya dengan top-up in Pasmo ya?
        Trus untuk Kyoto-Osaka mending beli Kansai Thru Pass atau Hankyu Tourist Pass?

        Thanks muccchhh!! :yeah:

        • Iya benar, maksud tinggal tap2 aj dengan pasmo / suica juga bisa, jangan lupa top up dulu ya. Mau beli tiket satuan di mesin juga bisa, cuma ribet aja.

          Kalau cuma Kyoto-Osaka, lebih baik Kyoto nya pake Kyoto Bus Pass aja 500 Yen/day, Osaka nya bisa pake Osaka Subway Pass / Osaka Amazing Pass. Rugi kalau beli Kansai Thru Pass mah, kalau Hankyu Tourist Pass liat jalur nya dlu mau kemana2 aja, soalnya cuma support jalur Hankyu doang ( terbatas jalur nya ).

  • Hi saya Magdalena,
    rencana mau ke Jepang tahun depan pas winter,
    6 Hari 5 malam
    apa aja sih point penting kalo wisaa pas winter di jepang?
    sama gimana ya harga harga disana pas winter?

    • dari segi pakaian jelas harus rapat dan tebal ya, siap2 sama jalan agak licin kalau bersalju, ikhlas kalau misal nya ada beberapa rute tidak bisa di lewati akibat hujan badai salju.

      Selebih nya sorry no info, no experience jalan2 pas winter juga :peace:

    • Hi Magdalena,

      Winter di Jepang gak terlalu dingin kok. Cukup dengan uniqlo heattech, kaos , sweater dan jaket, bahkan anak saya yang 8 tahun aja di siang hari jaketnya gak dikancing

      Winter di jepang bagus ke takayama lho kalo ada kesempatan.

      Di musim dingin harga pakaian dingin di jepang relative murah dibanding di jakarta. Coba aja cari di GU yang lebih murah dari Uniqlo. Pengalaman belanja soalnya waktu winter di jepang bagasinya ditinggal sama maskapainya di jakarta dan baru dapat setelah 4 hari.

      Sorry

      Disclaimer ya: comment saya mengenai pakaian untuk kota Osaka, Kyoto, Takayama, dan sekitarnya di bulan january
      Dan bukan di Hokkaido

  • Halo ko frengky,

    Saya baca-baca blognya ko frengky mantap banget,
    Ko saya mau tanya memangnya susah ya di jepang dapat akses free wifinya sehingga ko frengky harus beli paket data dari his dulu. Tolong infonya ya ko mengenai wifi ini soalnya kemungkinan sy mau berangkat di akhir agustus ini ko.

    Dylan

    • Hi Dylan,

      Free Wifi ada di sedain gratis cuma ya ada nya di tempat wisata aja, tapi gue pribadi kaga sempet nyobain sih, cuma sempet lihat aja ada ketemu hotspot nya di beberapa titik.

      Alternatif nya kalau engga mau sewa pocket wifi, kalau kamu pakai nomor XL, pakai XL pass aja daftarin sejak dari Indonesia. Atau beli SIM Card aja di Jepang, lebih recommend punya koneksi internet sih daripada mengandalkan free wifi ya.

  • Hi mas seringnya salam kenal ya, artikel.nya bagus banget terutama buat tambah info saya yg lagi pingin banget ke jepang, kalo untuk traveling sendiri ke.jepang kira 2 aman gak ya, takut nyasar dan bingung kereta/kendarannya ,xixiixixi

    • Aman banget ya, kalau masalah nyasar tergantung masing-masing orang persiapan nya gimana. Kalau mau aman, mending beli paket data internet lalu gunakan fasilitas google search sama google maps, di jamin kaga nyasar kalau pakai 2 aplikasi itu.

  • Wiiih seru yaaa… Masih wish list nih mau ke Japan.. Lagi mikirin momen yang pas ke Japan tapi yang gak nguras kantog juga *blush*

    Kepengen pas autumn liat daun2 merah-orange, menurut agan ts enakan kapan ya ke Japan buat yang pertama kali?

    • Buat first time better datang ketika musim semi atau sakura sekalian di sekitar tengah – akhir April, musim gugur di sekitar bulan november tengah.

      Tapi kalau datang bertepatan dengan musim bunga sakura, siap-siap harga penginapan nya naik karena hitungan nya masuk high season. Kalau saya pribadi sih prefer musim gugur ya.

  • halo frengky salam kenal sy limjin,

    Saya ada rencana mau visit jepang (Tokyo aja kira2 agt ini), saya ingin menanyakan sesuatu kepada frengky.

    Apa perbedaan Japan Rail (JR) dengan yang tidak (Keiku line) saya baca frengky pakai ini ke asakusa. ?
    dan bagaimana membedakannya ?
    Dan saya baca frengky menyewa pocket wifi dr HIS ? Susah ya untuk baca line kereta disana ?
    Dan satu lagi nih, kalau Shinjuku area untuk area hotel gimana apa lebih baik di daerah asakusa seperti frengky?

    Thanks ya, sorry ya saya banyak nanya,

    • Hi Limjin,

      Apa perbedaan Japan Rail (JR) dengan yang tidak (Keiku line) saya baca frengky pakai ini ke asakusa. ?
      dan bagaimana membedakannya ?
      >>>> Japan Rail di sini maksud nya JR Pass bukan ya? kalau saya karena tidak beli JR Pass jadi beli tiket satuan buat menuju stasiun subway terdekat dan itu bisa di capai dengan keikyu line. Kalau misal nya beli JR Pass sih langsung bisa di gunakan dari Bandara, menggunakan jalur lain juga pasti nya.

      Dan saya baca frengky menyewa pocket wifi dr HIS ? Susah ya untuk baca line kereta disana ?
      >>>> Yup saya nyewa pocket wifi di HIS, alasan nya karena grup saya terdiri dari 4orang sehingga bisa sharing biaya internet. Saya sih pakai aplikasi google maps ya, baca petunjuk arah nya mudah sekali dan akurat.

      Dan satu lagi nih, kalau Shinjuku area untuk area hotel gimana apa lebih baik di daerah asakusa seperti frengky?
      >>>> Tidak ada masalah di Shinjuku area, itu juga pusat keramaian jadi gampang kemana-mana

  • hi frenkey, salam kenal.. mau tanya donk..

    1. saat naik willer bus malam itu :
    – boleh bawa bagasi ga ya untuk standard? karena sy liat ada bus yg standard dan ada bus yg note : no trunk, no luggage available

    – di bus itu apa ada berhenti di rest area untuk standard atau lanjut terus sampai tujuan? (takutnya kebelet pipis atau bawaan alam hehehe) karena standard ga ada icon toilet di bus nya

    – sy be 2 (co & ce) perginya, itu bisa pilih seat duduk biar bareng atau random dapetnya? karena sy liat ada ladies seat policy jadi takutnya duduk terpisah

    2. saya rencana mau beli wifi router di HIS, saat beli langsung dapet di HIS jakarta langsung atau harus tukar di jepang?

    3. beli tokyo 3 day subway & toei dari jakarta atau bisa pas di jepang?

    terima kasih :yeah:

    • Hi,

      1. Kalau tidak ada note : No Trunk, No Luggage available, arti nya bus tersebut ada tempat simpan bagasi nya. Pengalaman pribadi pakai bus tipe S123 itu ada bagasi standard bus ( yang di luar ).

      Tiap 1jam atau 1jam30menit berhenti di rest area, tiap pemberhentian 10-15menit kira-kira waktu nya.

      kalau beli nya dalam 1 kode booking ( ce dan co ) pasti duduk barengan, pengalaman pribadi saya juga duduk sama teman cewe karena 1 kode booking.

      2. Di HIS ini bukan beli Wifi Router ya di sini, tepat nya nyewa. Nyewa alat nya langsung di Jakarta, bisa di ambil 1-2 hari di kantor nya jelang keberangkatan. Sesampai di Jepang, engga perlu setting apa-apa lagi, langsung nyambung internet nya.

      3. Selain JR Pass yang harus di beli di Indonesia, jenis pass lain nya beli langsung di Jepang.

  • Halo frengkey, saya indra ingin menanyakan perjalanan ke jepang nih, karena waktu terbatas sy harus milih antara Tokyo (rencana Tokyo sekitar dan mt. Fuji, disneysea) dan kalau Osaka (Kyoto, Osaka).

    Kira-kira jika waktu terbatas 4 hari (12 – 17 agt) lebih prefer mana ya Tokyo apa Osaka?
    Thanks ya sebelumnya,

      • Thanks ya responsenya.
        Tp sy mau nanya lagi boleh ya soalnya lagi mau buat itinerary.

        Yang sy ingin Tanya :
        1. Waktu dr bandara haneda – ke hotel – sengakuji station seharus langsung ya tnp stop di shinagawa ?

        2, Apa bs langsung dr bandara lgsg ke mt Fuji kawaguchinya ? Apa harus stop di hotel taruh koper dulu ? karena sy pernah lihat posting frengky bs langsung dr bandara ke kawaguchi (kl nga salah).

        3. Apa ueno station masih dekat atau mudah diakses ? Karena sy cek hotel khoasan sdh full book dan sy lagi cari hotel dekat dekat daerah sana ? Atau ada rekomendasi area hotel yang mudah diakses dengan train atau hotel ?

        Terima kasih ya
        indra

        • 1. Yup benar, langsung saja ke Sengakuji Station, itu “Subway Station” pertama jika datang dari arah bandara Haneda.

          2. Bisa langsung dari Bandara Haneda ke Kawaguchiko via Bus ( http://hnd-bus.com/route/kawaguchiko.html ), kalau kereta saya engga tau, bisa coba googling ya

          3. Ini maksud pertanyaan nya Ueno Station dekat dengan Asakusa Station kah? Kalau iya, cuma beda 1 station subway sih jadi nya dekat jarak nya. Mungkin bisa cek sendiri di http://www.booking.com ya lalu cari area sekitar Asakusa. Dari saya pribadi, cuma bisa rekomen SAKURA HOSTEL ASAKUSA , KHAOSAN TOKYO ORIGINAL.

          Semoga membantu

          • Thanks ya atas responsenya.
            Sangat membantu saya.

            Saya masih ingin bertanya boleh ya,
            Menurut frengky antara Shinjuku area dengan asasuka area untuk hotel lebih prefer mana, karena semua hotel yang direkomendasikan sudah full book.

            1. Untuk area yang masih deket hotel khaosan atau asasuka masih ada :
            – Hotel MyStays Asakusa-bashi
            dan diarea Shinjuku saya dapat hotel shin-okubo city hotel/
            169-0073 Tokyo Prefecture
            Shinjuku-ku, Hyakunin-cho 1-4-9
            Japan

            2. Rencana saya sama seperti frengky akan pergi ke mountain Fuji, Disney sea, jalan2 sekitar Tokyo (Shibuyo, odaiba, meiji shrine, imperial palace).

            Rekomendasi nya lebih mana ya. Saya takut salah pilih area.

            Terima kasih sekali sebelumnya ya.
            Salam,
            Indra

  • Hai Frengky,

    Saya akan ke Jepang tanggal akhir Maret s.d April sekitar 8 hari, rencananya Tokyo 3 hari, Osaka 3 hari, Kyoto 2 hari. Tapi masih galau banget kira2 untuk daily commuting pakai SUICA aja karena beberapa rute bisa ditempuh dengan jalan kaki, sehingga pakai SUICA nya hanya yang rutenya jauh2, atau lebih baik pakai PASS?

    Contoh di Tokyo coba2 buat itinerary and ngitung kalau ke 5-6 spot sehari, dan pakai transport cuma 2-3x aja, rata2 200 Yen total 600, jatuhnya lebih murah daripada ONE-DAY PASS ya? Terutama di Tokyo…

    Di Kyoto – juga coba arrange itin mau ke fushimi, golden pavilion, gion, arashiyama, sumiyoshi, tapi banyak yang berdekatan dan bisa reach by walk, sisanya by bus. Kalau pake SUICA jatuhnya mahal gak ya? Soalnya 1-day pass nya 500 yen :(

    Kalau di Osaka, masih coba susun itinerary, tapi ada saran gak kira2 mending pakai OSAKA AMAZING PASS aja – apakah se worth it itu karena sekarang harganya 3.000 yen?

    Buat KANSAI THRU PASS apa bisa dipakai untuk transportasi dan attraction – atau cuma trasnportasi nya aja ya? Rugi ya kalau cuma transportasi aja – better amazing pass?

    Mohon advisenya ya :)

    Thanks so much.

    Sri.

    • Hi,

      Mau pakai SUICA atau PASS ya tergantung rute nya dulu ya.

      Yang di Kyoto kalau pake SUICA full harus nya biaya nya >500 Yen ya.

      Kalau memang ada rencana maen ke tempat wisata yang di dukung OAP, ya worthed karena OAP ini support transportasi + beberapa tiket tempat wisata juga ( bayar full ).

      Kalau KTP cuma support transportasi aja di Kansai Area, untuk tempat wisata nya cuma diskonan kecil ( engga seberapa ), ini emang lebih fokus ke transportasi aja.

      Sorry engga bisa kasi advice banyak tentang murahan mana ya, soalnya semua tergantung itinerary nya kaya gimana dan mau praktis atau engga nya dalam hal membayar maksud nya kalau pake PASS kan udah bisa di pake sepuas nya tanpa mikir-mikir lagi.

  • Keren bgt blognya. Mantabb.

    Btw yg paling keren dr blog ini adalah, detil bgt kasih informasinya. Terutama masalah budget. Terimakasih Frenky!

  • Wowww.. Ini sih bukan cuma blognya yg keren, si empunya blognya kerenn bgt balesnya pake cepet n cukup menjawab pertanyaan2 yg ada..

    Thanks a lot frenkey..

    Ditunggu update-an last day yaa.. :star:
    Sayang di blog ini ga ada ulasan disney sea n universal studionya.. Padahal pengen bgtt klo ada info2 menarik.. Hohoho

  • Alohaaa frenkey yg blognya keren..

    Mao nanya dunkz.. Ini kan di blog kamu pergi nya nyampe di tokyo pulangnya dr osaka. Mao nanya :

    1. Untuk jalan2 di jepang enaknya mulai dr osaka or tokyo dulu?
    2. BI (bandara internasional) lebih enak yg mana osaka or tokyo (n lebih besar yg mana) ? Terutama pas pulang buat belanja oleh2.. Hehhehe
    3. Untuk pocket wifi, thanks 4 infonya yg keren.. Mao nanya soal harga, biasa selama pemakaian dsana 10d9n itiu perlu biaya brp untuk pocket wifinya?

    Thanks 4 ur information..

    • Hi Debora,

      1. Sama aja kaya nya, tergantung main area explore nya mau skitar Tokyo atau Osaka. Umum nya tiket balik ke Indonesia lebih murah di Bandara Osaka

      2. Secara ukuran jelas lebih besar bandara Kansai ( Osaka ) secara itu 1 pulau reklamasi buat bandara doang. Kalau masalah tempat belanja kaya nya sama aja, di Haneda engga sempat lihat tempat belanja ny sih, tapi kalau yang bandara Osaka lengkap juga store nya dari toko baju, parfum, makanan oleh2, semua ada.

      3. Langsung cek di situs HIS ( http://his-travel.co.id/pocket-wifi ), harga Rp 810rb buat 10 Day

  • Mhuahahahahahaha… kak lengkap sekali ya petunjuk jalan-jalannya. Ini sekarang aku lagi nabung biar tahun depan bisa juga jalan-jalan ke Jepang.

    Akomodasi dkk sih sudah pasti disekitara Rp10jutaan keaatas, cuman yang sering melebihi angka itu ya oleh-olehnya. Apalagi kalau mau borong figurin dari sana. Hufffttt susah deh kalau ga bisa mengendalikan diri.

    Anyway makasih ya kak infonya :D

    • Hi Elsa,

      Benar banget tuh biasa nya beli oleh-oleh sama belanja-belanja itu yang bikin ‘lapar mata’ sekaligus ‘nangis isi dompet’, jadi ya harus pinter-pinter tahan nafsu belanja nya agar budget nya masih bisa di kontrol hahaha…

      Semoga kesampaian ya ke Jepang nya tahun depan, di tunggu cerita nya di blog kamu :bye:

  • hai ko frengky..
    mau nanya2 soal jepang krn ini negara impian saya..
    1.brp hr minimal kita hrs ckp puas di jepang?(tokyo aja)6 hari 5 mlm cukup ga?
    2.berapa kira2 budget untuk 5 hari dijepang (tokyo aja) yang paling hematnya (diluar pesawat dan belanja dan oleh2) jadi ckp hotel,makan,transport,tiket wisata(yg pasti disneyland masuk)?
    3. kalo ga pake internet apakah bisa dgn ckp bertanya2 aja sm org disana?mrt nya ckp jelas kah?
    thx ya ko

    • Hi,

      1. Seharus nya lebih dari cukup banget ya di Tokyo kalau sampai 5 malam, saran sih lebih baik maen ke kota / spot lain yang masih di sekitar kota Tokyo. Berapa hari minimal nya tergantung mau main kemana aja dan duit pasti nya haha

      2. Asumsi aja sehari di kisaran 1 juta – 1.5 juta rupiah ya, Tokyo cukup mahal harga2 nya soalnya di banding kota lain. Tiket disney land aja sudah di kisaran 700ribu an rupiah ya.

      3. Orang Jepang sih sebenar nya helpful banget mau bantu, cuma ya karena terkendala bahasa, sometimes buat kita yang nanya jadi kaga enakan juga kan ke orang Jepang nya. Lebih baik sih coba usaha mandiri ya cari info nya entah lewat aplikasi offline, peta kertas, kalau terpaksa nanya, lebih baik tanya ke petugas. Kalau masalah transportasi sih jelas ya info nya, cuma mungkin kalau Tokyo jalur kereta nya ribet banget, jadi lebih baik pakai aplikasi daripada harus baca peta sendiri.

      • kalo ke kota lain takutnya mahal biaya keretanya gitu..
        aku yg penting pgn ke disney sm harajuku nya ajah haha..
        harga di tokyo mahal2 mksdnya makanannya ya? kira2 paling mrh brp ya makan di tokyo?
        kalo kaya yoshinoya gitu seharga yoshinoya sini apa lbh mahal ya?
        oiya ko smpt nginep di bandara ya? mandinya gimana?
        kalo hostel gitu di tokyo paling mrh brpan ya ko?
        pgn backpacker bgt ni terkendala sm budget soalnya..

        • Makanan cukup mahal sih klo di daerah turis ya, sekali makan berat ya kira2 600 – 1000 Yen tergantung makan apa dulu.

          Yoshinoya lebih mahal di sana, tapi untuk ukuran di Jepang, Yoshinoya termasuk murah ( kata nya ), jangan tanya gw berapaan harga nya, gw engga pernah makan di Yoshinoya waktu di Jepang.

          Gw kaga mandi waktu itu, cuma cuci muka aja. Kalau mau mandi di bandara ada penyewaan fasilitas shower, 1000 Yen per 30 menit harga nya.

          Nih definisi murah nya kaya gimana dulu? Asumsi aja 2000-3000 Yen per malam untuk yang nyaman tempat nya dan lokasi nya cukup strategis. Kalau yang pergi ada 4 orang atau lebih, bisa di coba pake jasa https://www.airbnb.com/ tapi jangan tanya gw harga termurah nya berapa, cek sendiri ya.

          Kalau terkendala sama budget, mending nunggu dulu sampai ada budget nya, daripada kaga nyaman travelling nya. Pengalaman gw sih yang paling mahal itu di transportasi, cuma kalau kamu cuma di Tokyo doang harus nya engga mahal sih.

          • kalo mau ke kota laen lbh mndg mana ya ko? kyoto atau osaka?yg byk tempat wisatanya gitu plus hemat.
            3000 yen dpt ya semalem? itu kaya barak gitu ya sekamar bs 20 org?
            btw ga ke disneyland ya?liat2 postnya koq gada..
            kalo untuk di tokyo aja berarti cukup naik bis aja ga usa kereta ya? dan ckp beli eceran aja kalo cuman untuk 5 hr?
            hehee abis ktnya yoshinoya dijepang mknan murah ya kali aja bisa buat alternatif makan hemat disitu..
            thx yaa

            • Umum nya sih ya Kyoto Osaka itu pasti sepaket karena jarak nya dekat banget, paling cuma 30menit – 1jam perjalanan kereta api. Kalau yang banyak tempat wisata nya dan hemat antara osaka dan kyoto, maka Kyoto jawaban nya.

              Bukan dorm juga, kamar private sharing 1 kamar ber 3-4 juga bisa dapat, itu ada yang harga nya kisaran 9000 Yen / malam, coba cek sendiri ya di website http://www.booking.com buat jelas nya.

              Engga maen ke Disneyland karena engga suka, harga tiket nya lumayan juga.

              Kalau di Tokyo jelas transportasi kereta / subway jadi andalan ya karena efisiensi waktu dan praktis mau ke tempat wisata nya, beli eceran aja boleh, tapi lebih baik pake Pass kalau mau irit, tapi semua tergantung itinerary nya dulu mau maen kemana.

  • ko, maaf boleh minta email nya? atau id line ? ada yang mau ku tanya soal JR pass
    thankyou so much for your help

  • Halo! This article reallyyyyyy helping me!! hehehe just wanna thnks to you! have a great day:D hope you can go to Japan again sooon :cheer:

  • Slam kenal.postingan yg bagus..bang mau tanya soal pengalaman anda di imigrasi bandara jepang.lancar/ada kendala
    Kelengkapan apa sja yg dibutuhkan petugas imigrasi bandara saat pengecekan..dan apakah pertanyaan jg membingungkan..
    Misal pasport,visa,tiket pesawat pulng,tiket boking hotel sudah lengkap..apa lg yg di perlukan?tks

    • Waktu itu saya pakai Visa Sticker Jepang ( Bukan Visa Waiver ), tidak ada masalah dan di tanya apapun ketika di imigrasi, cuma scan barcode Visa Sticker nya, udah selesai.

      Kalau pakai Visa Waiver Jepang, dipersiapkan aja dokumen tiket psawat pulang, bukti booking penginapan sama sejumlah uang Yen ya, paling di tanya nya simpel ya, mau kemana aja di Jepang dan nginap di mana, udah gitu aja :)

  • salam kenal mas frengky..cantik banget share bloknya…buat kita2 jd pengen cepat2 ke jepang dan jadi berani.

    selama ini takut mau jalan sendiri..selalu identik via tour tp muahal….

    tak bisa bhs jepang..bhs inggris jg hya dikit..kira2 bisa gak jln sendiri ke jepang mas???? takut nyasar

    • Hi Harni,

      engga ada masalah ya engga bisa bahasa Jepang ( saya juga kaga bisa ), saran beli sim card / sewa pocket wifi aja kalau takut nyasar, jadi setidak nya dengan terkoneksi google maps selalu bisa meminimalisir acara nyasar :)

  • Mas, untuk artikel yang dibawah kok gak ada:
    Hari 9 : Himeji – Osaka ( Himeji Castle, Kokoen Garden, Umeda Sky Building )
    Hari 10 : Osaka ( Instant Ramen Museum, Shinsaibashi, Dotonbori – Glico Man )

    Boleh minta mass. Soalnya saya juga mau berangkat besok hari Jumat ke Jepang.
    Oiya saya nanya dong, kenapa pas di osaka selama jalan2 dsna gk menggunakan Kansai Thru Pass?
    Kenapa harus beli one day pass osaka lagi yaa?
    Terimakasih.

    • Artikel nya memang belum ada mas, jadi link nya belum available deh buat hari 9 dan 10.

      Soalnya saya sengaja pakai Kansai Thru Pass nya buat ke kota-kota di luar Osaka ya, kaya Nara, Kobe, Himeji sama ke Bandara Kansai. Hari 9 sama 10 saya pake Kansai Thru Pass biar lebih efisien biaya transport nya.

      Kalau mau jalan-jalan di Osaka aja bisa pakai pasmo card, 1 Day Osaka Subway Pass atau Osaka Amazing Pass.

      • Hi, Frengky

        Aku kebetulan udah susun itinerary buat ke Jepang bulan depan, cuma 3 kota
        Mau tanya nih, Pasmo atau Suica bisa dipakai di Tokyo, Osaka dan Kyoto kan ?
        kedua IC card ini bisa dipakai di JR, Subway or Bus
        Bener kan ya ?

        Soalnya setelah hitung2 biaya, kalo IC bisa dipakai diketiga kota pada JR, Subway dan Bus
        Rencana mau skip Osaka Pass hehehehe
        Mohon informasinya, terima kasih

Leave a Reply