Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

Pengalaman membuat Visa China di Jakarta ini adalah pengalaman termudah gue dalam membuat Visa karena persyaratan nya asli simpel banget dan tidak ribet, tapi mungkin biaya nya yang kurang asyik ya di bandingkan harga Visa Jepang :ngakak:

Visa China

Visa China

* * * * *

UPDATE PER 01 SEPTEMBER 2017

Per 01 Mei 2017, berdasarkan info dari link berita berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/generalinformation/news/283386.shtml ) maka di perlukan 2 lembar foto dengan syarat sebagai berikut :

  • Ukuran Foto harus tepat ( 33mm x 48mm )
  • Foto berwarna terbaru 6 bulan terakhir
  • Wajah penuh, telanjang kepala, jelas dan latar belakang putih
  • Warna pakaian pemohon di foto harus berbeda dengan warna latar belakang foto

Per 01 Agustus 2017, berdasarkan info dari link berita berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/generalinformation/news/283392.shtml ) maka  pengisian formulir aplikasi Visa China harus di ISI SECARA ONLINE DAN DI PRINT di link berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/System/269851.shtml ), pengisian menggunakan tulisan tangan tidak akan di terima!

* * * * *

Di Post ini gue akan sharing cara membuat Visa China sebagai turis mulai dari persyaratan, biaya dan lama pembuatan Visa China yang mungkin berguna buat anda.

Persyaratan tentang mengurus Visa China dapat di cek langsung pada Website Chinese Visa Application Service Center

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Categories L ( as a Tourist ).

  • Paspor Asli dengan masa berlaku 6 bulan setelah tanggal kepulangan
  • Formulir Aplikasi Visa [Download PDF]
  • Dua lembar foto 3.3 x 4.8 background putih yang ditempel pada kolom foto pada formulir aplikasi. Per tanggal 1 Maret 2017, ukuran foto harus pas 3.3 x 4.8 cm selain itu di tolak!
    Note :
    Per 1 Mei 2017, harus lampirkan 2 foto ( Sumber Informasi 01 Mei 2017 ) dan untuk Syarat dan Ketentuan Foto Visa China bisa di lihat di sini ( Syarat Foto Visa China 01 Jan 2017 )
  • Fotokopi Paspor Depan ( Halaman Identitas ) dan Belakang ( Berisi Tanda Tangan )
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Pemesanan Tiket Pesawat
  • Bukti Pemesanan Penginapan selama di China ( Bisa memakai bukti konfirmasi dari BOOKING.COM )

 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Waktu Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00 – 15.00
  • Waktu Pengambilan Visa : 09.00 – 16.00
  • Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja
  • Lokasi Chinese Visa Application Service Center : Gedung The East Lantai 8 Unit 7 – 12

B.Biaya Pembuatan Visa jenis Reguler ( Per 01-Agustus-2016 )

  • Single Entry : Rp. 540.000,-
  • Double Entries ( Visa berlaku selama 6 bulan ) : Rp. 690.000,-
  • Multiple Entries ( 6 Bulan ) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Entries ( 12 Bulan ) : Rp. 1.140.000,-
  • Untuk detail lengkap biaya pembuatan Visa jenis lain nya, bisa di cek link ( Biaya Visa China )

* * * * *

The East Lantai 2 - Pengurusan Visa China

The East Lantai 2 – Pengurusan Visa China

Karena persyaratan dokumen Visa China nya telah gue lengkapi semua nya, akhir nya pada tanggal 04-Agustus-2016, gue pun menuju Kantor Chinese Visa Application Service Center yang terletak di Gedung The East lantai 2 di sekitaran Kawasan Lingkar Mega Kuningan.

Kebetulan Gedung The East terletak sangat dekat dari kantor, jadi gue pun datang di jam 14.00 ke The East lalu naik ke Lantai 2 dan menukar identitas diri dengan kartu visitor. Proses penyerahan dokumen Visa China ini berlangsung sangat cepat karena Counter yang buka banyak, gue saat itu cuma menunggu sekitar 10menit. Lalu setelah penyerahan dokumen, gue pun diberikan bukti penerimaan dokumen yang harus di kembalikan nanti ketika proses pengambilan Visa China.

Tanda Penerimaan Visa China

Tanda Penerimaan Visa China

* * * * *

Sebenar nya hal ini tidak perlu di lakukan tapi bagi anda yang penasaran dengan status Visa China anda sudah jadi atau belum dan ingin mengetahui nya lewat online, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa China ).

Anda hanya perlu memasukkan “Pickup Form No” ( Bukti penerimaan dokumen di kiri atas ) dan “Contact Phone Number” sesuai yang tertulis di bukti penerimaan.

Apabila aplikasi Visa China anda masih di proses maka status nya adalah “Application Being Processed by The Chinese Embassy/Consulate”, lalu berubah menjadi “Processed result has been returned in visa center” ketika Visa China anda sudah selesai di proses. Tapi status di sini hanya sekedar menjelaskan Visa China nya sudah selesai di proses ya, entah hasil nya approve atau reject.

Check Online Visa China

Check Online Visa China

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 09-Agustus-2016, gue cek status nya via Online sudah berada di “Processed result has been returned in visa center”. Gue pun datang kembali ke Gedung The East sekitar jam14.00 dan lalu menyerahkan bukti penerimaan Visa China dan kemudian membayar menggunakan Kartu Kredit, bisa juga membayar menggunakan Kartu Debit BCA ( untung Bank lain kurang tahu ya ). Akhir nya Paspor gue tertempel juga Visa China dengan masa berlaku 90 hari dan durasi tinggal 30 hari :yeah:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa China

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa China dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa China untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Visa China itu Visa termudah dari segi persyaratan dan kemungkinan reject nya hampir tidak ada kalau tujuan nya hanya sebagai turis.

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Tiket Pesawat dan Booking Penginapan mutlak harus di lampirkan dan pasti nya harus ada nama si aplikan dalam dokumen tersebut. Kalau Itinerary perjalanan sama sekali tidak perlu. Untuk booking penginapan bisa menggunakan email konfirmasi dari BOOKING.COM



Booking.com

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa China, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

251 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

  1. RETY

    Met sore bang Frenky…sy mau ty mgnai overstay di china, dlunya masuk pake visa L n OS selama 1th lebih. Apakah sekarang setelah 3th di indonesia bisa pengajuan visa lagi, baik visa L ato visa bisnis. Menurut info2 yg beredar,.tdk bisa pengajuan lg sebelum 5th keluar dr china. Mohon pencerahannya bang frenky…TRIMS, sebelumnya.

    Reply
  2. mala

    Mau tanya kalo kita tujuannya tourist tapi tinggalnya sama warga sana selama liburan bisa ga?! Itu persyaratannya beda lagi ya?! Mohon infonya!!!

    Reply
    • Frenky Post author

      Ya bisa tinggal sama warga lokal china, persyaratan nya jelas berbeda tapi saya kaga tau juga, lebih baik tetap buat syarat Visa Turis biasa saja mengikuti syarat di post ini.

      Reply
  3. tika

    Kak, aku mau tanya. Klo tiket pesawat harus terlampir juga ? Jadi harus pesan dulu? Kalau ditolak visanya gimana? Makasih kak

    Reply
  4. Fherina Erman

    Mas aq insyaallah ke shanghai mei tahun dpn tiket dh beli walaupun msih lama betangkatnya. Aw wiraswasta berdagang .. klo bikin visa china gak ada di minta siup siti npwp tdp referensi bank kah? Klo lewat travel agent apakah sm syaratnya ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga ada minta seperti yg di sebutkan, cuma di minta sesuai di post ini ya. Lewat travel agent mungkin agak berbeda sedikit, ada syarat tambahan untuk memperkuat dokumen aja.

      Reply
  5. OKATHAPIA

    KALO BUAT ANAK..PERSYARATAN TAMBAHAN ADA NGGA YA?
    SAYA MO KECHINA NENGOK KAKEK NENEK NYA PAKE VISA TURIS (L)
    MAKASIH SEBELUMYA

    Reply
  6. Chelsea

    kak, ini form yang harus di download dan diisi nya kok Versi 2013? masih berlaku kah?? ditunggu jawabannya

    Reply
  7. zelda

    kak, kalau pekerjaan milih wiraswasta (jualan online gada toko) nanti di alamat kantor lebih baik dikosongin atau isi alamat rumah aja kak???

    Reply
  8. Lina

    Mau tanya, klo nama cuma 1 suku kata, isinya di firstname ato lastname ??
    soalnya travel jawabannya beda2 :suram:

    Reply
    • Frenky Post author

      Cukup isi “First Name” atau “Given Name” nya aja, nama belakang “LastName” atau “Surname” di kosongkan saja.

      Reply
  9. Tjutju Gunawan

    Selamat siang…tolong tanya apakah untuk ke Shenzhen sekarang harus mengurus visa dari Indonesia? Terima kasih

    Reply
  10. Pipiet

    Hi kak,aku mau nanya nih,siapa tahu bisa bantu,jika ada seorang WNI yg bkrja menjadi TKI di negara lain dan dari bosnya dia mau diajakin ke negara China untuk berkunjung ke rumah family bos dia,bagaimana cara dia mengajukan permohonan visa?apakah hrs kembali ke jkrta untuk memprosesnya?apakah bos dia jg hrs ikut mendampingi klu hrs ke jkrta?anak ini blm pernah ke china sebelumnya,klu dulu bisa bikin visa dari Hongkong tp skrg aturan beda,untuk seorang yg sama skli blm prnh berkunjung ke China tidak diperbolehkan apply visa di Hongkong lagi,thanks 🙏🏻

    Reply
  11. Wiefanna

    Mau Tanya kalo kesana berkunjung ke rumah teman, pakai visa turis juga?
    Apa harus booking hotel juga?
    Bisa berapa lama max visanya ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Yep tetap Visa Turis ya. Lebih baik sih buat bookingan hotel sementara, nanti di cancel, kalau pake jaminan rumah teman, nanti repot sendiri dah, takut di minta bukti apa2 gitu sama kedutaan. 30 hari masa tinggal di China nya.

      Reply
  12. Azura

    Gak perlu surat referensi dr bank? Gak perlu surat keterangan kerja? Persyaratannya cuma yg disebutkan itu aja?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ya sesuai yang tertulis aja ya, itu sih pengalaman pribadi saya, mungkin tiap orang bisa beda lagi syarat nya tergantung kondisi dokumen nya.

      Reply
    • Frenky Post author

      Visa China kaga ada sesi interview umum nya, di perlukan interview jika ada status khusus aja dari yang apply, misal pekerjaan nya wartawan.

      Reply
  13. handoko

    Pagi Lopan frenky,mo nanya kmren di perjalanan sy bareng org indo dia pake visa L,ketika sy tanya mo brp hari disana,dia jawab 3 bulan,sy bingung kan aturannya utk stay berlaku 1 bln only,oh ya waktu itu sy pake visa M/bisnis kebetulan ada undangan dr bos cina utk ngobrol2 bisnis,,pertanyaaan sy bang itu betulkah skrg visa L berlaku utk stay nya 3 bln ?…mksh

    Reply
    • Frenky Post author

      Saya juga tau nya cuma 1 bulan masa tinggal dengan masa aktif Visa nya 90 hari ( 3 bulan ) untuk Visa China Turis ( tipe L ).

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: