Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

Pengalaman membuat Visa China di Jakarta ini adalah pengalaman termudah gue dalam membuat Visa karena persyaratan nya asli simpel banget dan tidak ribet, tapi mungkin biaya nya yang kurang asyik ya di bandingkan harga Visa Jepang :ngakak:

Visa China

Visa China

* * * * *

Di Post ini gue akan sharing cara membuat Visa China sebagai turis mulai dari persyaratan, biaya dan lama pembuatan Visa China yang mungkin berguna buat anda.

Persyaratan tentang mengurus Visa China dapat di cek langsung pada Website Chinese Visa Application Service Center

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Categories L ( as a Tourist ).

  • Paspor Asli dengan masa berlaku 6 bulan setelah tanggal kepulangan
  • Formulir Aplikasi Visa [Download PDF]
  • Dua lembar foto 3.3 x 4.8 background putih yang ditempel pada kolom foto pada formulir aplikasi. Per tanggal 1 Maret 2017, ukuran foto harus pas 3.3 x 4.8 cm selain itu di tolak!
    Note :
    Per 1 Mei 2017, harus lampirkan 2 foto ( Sumber Informasi 01 Mei 2017 ) dan untuk Syarat dan Ketentuan Foto Visa China bisa di lihat di sini ( Syarat Foto Visa China 01 Jan 2017 )
  • Fotokopi Paspor Depan ( Halaman Identitas ) dan Belakang ( Berisi Tanda Tangan )
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Pemesanan Tiket Pesawat
  • Bukti Pemesanan Penginapan selama di China ( Bisa memakai bukti konfirmasi dari BOOKING.COM atau AGODA.COM )

 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Waktu Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00 – 15.00
  • Waktu Pengambilan Visa : 09.00 – 16.00
  • Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja
  • Lokasi Chinese Visa Application Service Center : Gedung The East Lantai 8 Unit 7 – 12 ( Update per Januari 2017 )

B.Biaya Pembuatan Visa jenis Reguler ( Per 01-Agustus-2016 )

  • Single Entry : Rp. 540.000,-
  • Double Entries ( Visa berlaku selama 6 bulan ) : Rp. 690.000,-
  • Multiple Entries ( 6 Bulan ) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Entries ( 12 Bulan ) : Rp. 1.140.000,-
  • Untuk detail lengkap biaya pembuatan Visa jenis lain nya, bisa di cek link ( Biaya Visa China )

* * * * *

The East Lantai 2 - Pengurusan Visa China

The East Lantai 2 – Pengurusan Visa China

Karena persyaratan dokumen Visa China nya telah gue lengkapi semua nya, akhir nya pada tanggal 04-Agustus-2016, gue pun menuju Kantor Chinese Visa Application Service Center yang terletak di Gedung The East lantai 2 di sekitaran Kawasan Lingkar Mega Kuningan.

Kebetulan Gedung The East terletak sangat dekat dari kantor, jadi gue pun datang di jam 14.00 ke The East lalu naik ke Lantai 2 dan menukar identitas diri dengan kartu visitor. Proses penyerahan dokumen Visa China ini berlangsung sangat cepat karena Counter yang buka banyak, gue saat itu cuma menunggu sekitar 10menit. Lalu setelah penyerahan dokumen, gue pun diberikan bukti penerimaan dokumen yang harus di kembalikan nanti ketika proses pengambilan Visa China.

Tanda Penerimaan Visa China

Tanda Penerimaan Visa China

* * * * *

Sebenar nya hal ini tidak perlu di lakukan tapi bagi anda yang penasaran dengan status Visa China anda sudah jadi atau belum dan ingin mengetahui nya lewat online, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa China ).

Anda hanya perlu memasukkan “Pickup Form No” ( Bukti penerimaan dokumen di kiri atas ) dan “Contact Phone Number” sesuai yang tertulis di bukti penerimaan.

Apabila aplikasi Visa China anda masih di proses maka status nya adalah “Application Being Processed by The Chinese Embassy/Consulate”, lalu berubah menjadi “Processed result has been returned in visa center” ketika Visa China anda sudah selesai di proses. Tapi status di sini hanya sekedar menjelaskan Visa China nya sudah selesai di proses ya, entah hasil nya approve atau reject.

Check Online Visa China

Check Online Visa China

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 09-Agustus-2016, gue cek status nya via Online sudah berada di “Processed result has been returned in visa center”. Gue pun datang kembali ke Gedung The East sekitar jam14.00 dan lalu menyerahkan bukti penerimaan Visa China dan kemudian membayar menggunakan Kartu Kredit, bisa juga membayar menggunakan Kartu Debit BCA ( untung Bank lain kurang tahu ya ). Akhir nya Paspor gue tertempel juga Visa China dengan masa berlaku 90 hari dan durasi tinggal 30 hari :yeah:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa China

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa China dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa China untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Visa China itu Visa termudah dari segi persyaratan dan kemungkinan reject nya hampir tidak ada kalau tujuan nya hanya sebagai turis.

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Tiket Pesawat dan Booking Penginapan mutlak harus di lampirkan dan pasti nya harus ada nama si aplikan dalam dokumen tersebut. Kalau Itinerary perjalanan sama sekali tidak perlu. Untuk booking penginapan bisa menggunakan email konfirmasi dari BOOKING.COM atau AGODA.COM



Booking.com

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa China, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

139 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

  1. Tika

    Hi mas,mau nanya..klo visa visiting org yg study undangan harus resmi dr lembaga/sklh or ditulis pribadi?sy dg 2 anak sy recana mau ke shanghai visit suami. Sdh buat surat pernyataan ttg anak tp ditolak yg ttd harus bpknya..gimana tuh?

    Reply
  2. anita

    Thanks buat Informasinya, cukup membantu.
    Tapi aku punya masalah kesehatan ini, baru 2 bulan ini aku didiagnose TB kelenjar, sekarang lg under treatment, nah di opsi form nya ada riwayat penyakit, salah satunya TBC. mgkn ada yg pngalaman, apakah kita dg riwayat TBC akan ditolak visanya. Sedih banget rasanya, padahal plan mau stay di Shanghai :'( :'(

    Reply
  3. lidyawati

    kalau foto nya pake kaos boleh tidak ya? dan kaosnya warna warni. lolos gak ya? thanks

    Reply
  4. Vivi suyanti

    Hai ko, mau tanya kalau paspor baru keluaran 2017 belum pernah kemana2 dan mau apply visa China keberangkatan Juni 2017 apakah tetap akan ditolak ya ? Soalnya saya dpt info dari pihak Travel bahwa paspor baru masih tidak diperkenankan untuk apply China. Apakah ada solusi lain ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga ada masalah walau paspor kosong. Yang penting syarat dan ukuran foto nya sesuai seperti yang di tulis di post ini

      Reply
    • Vivi suyanti

      Untuk saat ini saya ada memohon visa china melalui jasa travel Agent, namun malah diberitahukan kalau untuk paspor tahun 2014 ke atas tidak akan dikabulkan permohonan visanya dikarenakan tidak ada paspor lama, dan kebetulan paspor saya malah terbitan 2017 dan malah masih kosong. Apa benar ada peraturan seperti itu ya ?

      Reply
      • Frenky Post author

        Kaya nya ini peraturan baru dari kedutaan China, mereka memang suka buat peraturan baru dadakan gitu, ikutin aturan dari Travel Agent aja ya, mereka harus nya lebih paham.

        Reply
  5. Susan Wijaya

    Saya rencana pergi dgn suami dan 2 anak umur 14 sama 12, untuk hotelnya apa saya harus booking tiap nama masing masing atau cukup satu nama saja. Terus untuk fotonya apa disana disediakan tempat foto juga atau harus foto diluar. Mohon infonya, makasih

    Reply
  6. evan

    Mas untuk tiket pesawat kul-cina pp saya udah punya tp blm punya tiket ke indonesia nya apakah bisa untuk mengajukan visa ? juga untuk perpindahan antar kota pk train apa harus dilampirkan tiket nya ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Harus nya bisa sih, karena udah ada masuk keluar China nya. Untuk perpindahan kota engga perlu di lampirkan.

      Reply
    • ssn

      Saya sudah beberapa kali apply visa china, bahkan pernah 2 kali dapat visa multiple entry beberapa tahun yg lalu. Kemarin saya coba apply sendiri tanpa melalui travel agent dan pengajuan visa saya ditolak karena tiketnya cuma KUL-China. Saya belum beli tiket dari Indonya karena masih belum pasti tanggalnya dan tetap ditolak dengan alasan tiketnya harus dari Indonesia. Alasan lain pengajuan saya ditolak karena bookingan hotel dari booking.com dipermasalahkan, katanya print2an harus dari email konfirmasi, padahal saya print dari email trus saya klik ‘print view’ tapi katanya harus dicopy paste ke word dulu. WTH?! Waktu saya habis sia2 nunggu antrian di kantor China Visa Centre hampir 3 jam. Habis dari sana saya langsung pergi ke travel agent dan membayar 575.000 untuk visa single-entry, hanya 35 ribu rupiah lebih mahal dari harga yg harus dibayar kalo apply sendiri. Kesimpulan saya, apply visa China sendiri NOT worth the time and effort

      Reply
        • ssn

          Kemarin saya urus visa melalui Dwidaya Tour, sebelum2nya melalui Bayu Buana.

          Ralat, maksud saya diatas tiket saya KUL-China pp, bukan one way ya

          Reply
          • Evan

            Trus waktu ke bayu bhuana mas sertakan jg tiket dr indo ke kul nya ?? Apa hanya tiket kul china yg pp itu ?

            Reply
            • ssn

              Kalo urus visa melalui travel agent gak perlu menyertakan tiket/itinerary apapun karena mereka bisa bikinin dummy booking untuk pengajuan visa kita. Jadi kalo jadwal perjalanan belum pasti atau mau lebih fleksibel, lebih baik urus visa melalui travel agent.
              Sebenarnya bisa aja saya book tiket Indo-KUL pp Lion Air karena setau saya tiket Lion bisa direschedule, tapi berhubung saya sudah malas balik lagi jadi saya langsung aja urus visa ke travel agent, apalagi fee nya juga tidak seberapa dibandingkan ongkos transport bolak balik ke kantor China Visa Centre

              Reply
      • Mjlm

        Hi trus urus lewat travel agent dapat nga visa China nya ? Dulu juga saya urus visa China pake travel agent dapat, tp skarang rencana mau urus sendiri

        Reply
  7. Meilina

    Hi, syarat pengajuan visa perlu rekening koran ga ya?
    Jadi beli tiket dulu atau apply visa dulu utk syarat booking pesawatnya?

    Makasiih

    Reply
  8. MS

    Bang mau nanya,, saya mau urus yg rush/urgent, tp saya klo booking hotelnya cuma semalem aja cuma utk punya bookingan bisa ya? Soalnya saya mau nginepnya di rumah temen. Sblmnya udh bolak balik china sih tp bikin visa selalu pake agent, dan selalu yg reguler karena saya di luar jakarta.

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga bisa, pasti di reject sama petugas loket nya. Kalau visa travel agent, itu pasti di buatkan dummy bookingan penginapan nya, tetap saja hitungan nya lengkap penginapan nya dari hari pertama – akhir.

      Reply
  9. Nikma Fista

    Hai, mw nanya nih
    Kebetulan kmrn saya apply visa dan uda diterima,
    Jadwal selesainya tanggal 2, dan awalnya penerbangan tanggal 3 namun uda saya cancel dan sya undur 3 hr ke depan karna tanggal 2 ada keperluan mendadak. Kalau saya ambil visanya ga sesuai yg di tanggal pengambilan, tanggal 3/4 gt bisa tidak ya mas biasanya?apa anda tahu?hehe
    Makasih infonya

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau pengambilan sih gpp telat 1-2 hari mah dari jadwal yang di berikan, kalau sebulan ituh baru masalah. Seminggu telat juga gpp kok, santai aja hehe…

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: