Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

Pengalaman membuat Visa China di Jakarta ini adalah pengalaman termudah gue dalam membuat Visa karena persyaratan nya asli simpel banget dan tidak ribet, tapi mungkin biaya nya yang kurang asyik ya di bandingkan harga Visa Jepang :ngakak:

Visa China

Visa China

* * * * *

UPDATE PER 01 SEPTEMBER 2017

Per 01 Mei 2017, berdasarkan info dari link berita berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/generalinformation/news/283386.shtml ) maka di perlukan 2 lembar foto dengan syarat sebagai berikut :

  • Ukuran Foto harus tepat ( 33mm x 48mm )
  • Foto berwarna terbaru 6 bulan terakhir
  • Wajah penuh, telanjang kepala, jelas dan latar belakang putih
  • Warna pakaian pemohon di foto harus berbeda dengan warna latar belakang foto

Per 01 Agustus 2017, berdasarkan info dari link berita berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/generalinformation/news/283392.shtml ) maka  pengisian formulir aplikasi Visa China harus di ISI SECARA ONLINE DAN DI PRINT di link berikut ( https://www.visaforchina.org/JKT_EN/System/269851.shtml ), pengisian menggunakan tulisan tangan tidak akan di terima!

* * * * *

Di Post ini gue akan sharing cara membuat Visa China sebagai turis mulai dari persyaratan, biaya dan lama pembuatan Visa China yang mungkin berguna buat anda.

Persyaratan tentang mengurus Visa China dapat di cek langsung pada Website Chinese Visa Application Service Center

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Categories L ( as a Tourist ).

  • Paspor Asli dengan masa berlaku 6 bulan setelah tanggal kepulangan
  • Formulir Aplikasi Visa [Download PDF]
  • Dua lembar foto 3.3 x 4.8 background putih yang ditempel pada kolom foto pada formulir aplikasi. Per tanggal 1 Maret 2017, ukuran foto harus pas 3.3 x 4.8 cm selain itu di tolak!
    Note :
    Per 1 Mei 2017, harus lampirkan 2 foto ( Sumber Informasi 01 Mei 2017 ) dan untuk Syarat dan Ketentuan Foto Visa China bisa di lihat di sini ( Syarat Foto Visa China 01 Jan 2017 )
  • Fotokopi Paspor Depan ( Halaman Identitas ) dan Belakang ( Berisi Tanda Tangan )
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Pemesanan Tiket Pesawat
  • Bukti Pemesanan Penginapan selama di China ( Bisa memakai bukti konfirmasi dari BOOKING.COM )

 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Waktu Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00 – 15.00
  • Waktu Pengambilan Visa : 09.00 – 16.00
  • Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja
  • Lokasi Chinese Visa Application Service Center : Gedung The East Lantai 8 Unit 7 – 12

B.Biaya Pembuatan Visa jenis Reguler ( Per 01-Agustus-2016 )

  • Single Entry : Rp. 540.000,-
  • Double Entries ( Visa berlaku selama 6 bulan ) : Rp. 690.000,-
  • Multiple Entries ( 6 Bulan ) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Entries ( 12 Bulan ) : Rp. 1.140.000,-
  • Untuk detail lengkap biaya pembuatan Visa jenis lain nya, bisa di cek link ( Biaya Visa China )

* * * * *

The East Lantai 2 - Pengurusan Visa China

The East Lantai 2 – Pengurusan Visa China

Karena persyaratan dokumen Visa China nya telah gue lengkapi semua nya, akhir nya pada tanggal 04-Agustus-2016, gue pun menuju Kantor Chinese Visa Application Service Center yang terletak di Gedung The East lantai 2 di sekitaran Kawasan Lingkar Mega Kuningan.

Kebetulan Gedung The East terletak sangat dekat dari kantor, jadi gue pun datang di jam 14.00 ke The East lalu naik ke Lantai 2 dan menukar identitas diri dengan kartu visitor. Proses penyerahan dokumen Visa China ini berlangsung sangat cepat karena Counter yang buka banyak, gue saat itu cuma menunggu sekitar 10menit. Lalu setelah penyerahan dokumen, gue pun diberikan bukti penerimaan dokumen yang harus di kembalikan nanti ketika proses pengambilan Visa China.

Tanda Penerimaan Visa China

Tanda Penerimaan Visa China

* * * * *

Sebenar nya hal ini tidak perlu di lakukan tapi bagi anda yang penasaran dengan status Visa China anda sudah jadi atau belum dan ingin mengetahui nya lewat online, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa China ).

Anda hanya perlu memasukkan “Pickup Form No” ( Bukti penerimaan dokumen di kiri atas ) dan “Contact Phone Number” sesuai yang tertulis di bukti penerimaan.

Apabila aplikasi Visa China anda masih di proses maka status nya adalah “Application Being Processed by The Chinese Embassy/Consulate”, lalu berubah menjadi “Processed result has been returned in visa center” ketika Visa China anda sudah selesai di proses. Tapi status di sini hanya sekedar menjelaskan Visa China nya sudah selesai di proses ya, entah hasil nya approve atau reject.

Check Online Visa China

Check Online Visa China

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 09-Agustus-2016, gue cek status nya via Online sudah berada di “Processed result has been returned in visa center”. Gue pun datang kembali ke Gedung The East sekitar jam14.00 dan lalu menyerahkan bukti penerimaan Visa China dan kemudian membayar menggunakan Kartu Kredit, bisa juga membayar menggunakan Kartu Debit BCA ( untung Bank lain kurang tahu ya ). Akhir nya Paspor gue tertempel juga Visa China dengan masa berlaku 90 hari dan durasi tinggal 30 hari :yeah:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa China

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa China dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa China untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Visa China itu Visa termudah dari segi persyaratan dan kemungkinan reject nya hampir tidak ada kalau tujuan nya hanya sebagai turis.

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Tiket Pesawat dan Booking Penginapan mutlak harus di lampirkan dan pasti nya harus ada nama si aplikan dalam dokumen tersebut. Kalau Itinerary perjalanan sama sekali tidak perlu. Untuk booking penginapan bisa menggunakan email konfirmasi dari BOOKING.COM



Booking.com

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa China, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

188 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

  1. dyas

    Hi Mas, mau tanya
    kalau pekerjaan beda antara di KK dan di KTPm pake yang mana yahh ?
    Di KTP tidak bekerja dan di KK tertulis karyawan swasta

    terima kasih

    Reply
  2. Arya Ken

    Sangat Luar biasa Ilmunya Mas Frenky… Oiya saya mau tanya, saya ingin kuliah di rusia, tapi diminta Visa Student, sedangkan saya sudah di Moscow. Gimana cara nya ya? Mohon Bantuannnya…

    Reply
  3. Nita

    Hai Ka,

    Saya Minggu lalu apply sumbit doks untuk pengajuan visa dan ternyata ditolak. kerana diperlukan dokumen seperti :
    1. referensi bank
    2. surat undangan dari Helen & Indentitas Helen ( teman saya book Helen’s Hotel di GUilin melaui travel agent) setelah saya bicarakan dengan owner oleh hotel . si pihak hotel hanya dapat memberikan konfirmasi booking dari beliau .

    Saya takut jika saya melampirkan dokumen konfirmasi booking hotel dari Helen dan mengajukan kembali dengan menambhakan document yang kurang. nanti tidak disetujui.

    Bagaimana baiknya ya ka?

    Reply
  4. Adrina

    Thank you ulasannya sangat berguna sekali…
    Tp sy masi ada yg kurang jelas, misalnya nama di passport sy berbeda dng di KTP (Krn di passport ditambahin nama keluarga). Apakah itu berpengaruh? Atau sy harus melampirkan document pendukung?
    Terima kasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Visa China agak ketat masalah perbedaan nama nih, jadi lampirkan dokumen pendukung ya kenapa di paspor nya ada nama keluarga.

      Reply
  5. christian

    Bro, untuk syarat lampirkan tiket pesawat & booking hotel harus ada nama aplikan. Pertanyaannya kalau hotel kan yang tertera cuma 1 nama aja yang booking, sedangnan saya pergi berdua dengan istri saya, 1 kamar kan 2 orang. Trus gimana ya nanti saat istri saya apply visanya? Di bukti bookingan hotelnya yang tertulis kan hanya nama saya.

    Mohon infonya, tks.

    Reply
    • Frenky Post author

      terakhir apply visa china bantuin buatin teman seperjalanan engga ada masalah sih walau nama nya engga tercantum di booking penginapan.

      Reply
  6. Utariana S

    Mas Frankey tulisannya bagus dan sangat mudah di mengerti. Tksh.
    Mau nanya itu kl urus visa hrs dilengkapi dng booking hotel , pdhal kan unt ke tibet sebaiknya tdk blg mau kesana jd tdk ada booking hotel di tibet.
    Jd unt hotel bgmn bookingnya ? Kl sampe 12 hr di chengdu apa gak jd pertanyaan ?
    Tksh .

    Reply
    • Frenky Post author

      Pesan dummy booking hotel aja di booking.com , terus cari kota2 lain sekitar Chengdu aja, waktu itu sih saya tulis maen ke Xian sama 1 kota lain dekat Chengdu, lupa nama kota nya. Yang pasti jangan tulis ke Tibet sama sekali di itinerary deh.

      Reply
  7. Daniel

    Hai kak frankey, mau nanya dong, saya kan berangkat nya jakarta hongkong pp, nah saya mau main di china, di beijing, pas lampirin tiket pesawat pp, apakah gpp pake pesawat jkt hkg pp?? Makasih, mohon dijawab ya, soalnya akhir oktober udah pergi hahaha

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi, pengalaman pribadi buatin teman Visa China, engga masalah sih lampirin tiket pesawat nya Jkt – Hkg PP, tapi tetap lampirin bukti penginapan selama di China Mainland nya ya, waktu itu sih dia cuma ke Shenzen sama Guangzhou aja waktu itu.

      Reply
  8. Rahmatul Haqiqi

    Hai bang frenky. Ulasannnya berguna banget tapi ada yang mau aku tanyain bang. Aku mau berangkat ke China 30 oktober ini mau balik 30 november . Kira kira boleh nggk ngajuin visa china dgn masa stay 31 hari ? Terimakasih.

    Reply
  9. Maryam Angela

    Mas saya mau tanya dong, saya 14oktober besok berencana pergi ke mexico dengan keluarga dan transit di guangzhou kurang lebih 15jam, dan kami berencana untuk keluar bandara karena capek banget ya kayaknya nunggu 15jam dibandara. Pentanyaan saya paspor saya paspor Mexico(yang saya tau ikut program 72hours free visa, jadi saya gak perlu buat visa transit china, tapi keluarga saya yang lain berpaspor Indonesia, jd harus punya visa untuk keluar dari bandara, itu kita nanti ngajuinnya visa transit atau visa turis ya mas jadinya? Trus kalo visa transit apa sama biayanya sama bisa tourist? Thank you Mas..

    Reply
  10. nanda

    Hi frenkey, kl mau jalan ke shanghai dari beijing naik kereta cepat ribet nggak ya? Secara bhs pengantar dan tulisan tdk ada bhs inggris nya..

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga ribet sih, kalau mau praktis, coba download aplikasi CTrip, terus ketika mau beli tiket kasih liat jadwal kereta yang mau di beli. Waktu itu saya gitu sih cara beli tiket nya, tapi penjual tiket nya juga bisa ngomong inggris untuk konfirmasi pembelian tiket nya, so no need to worry ya.

      Reply
  11. bang jali jakarta

    salam mas frenky..mas saya mau tanya paspor saya bukan paspor turis..sebelum nya saya sudah sering ke luar negri.saya pake paspor seaman /pelaut..jd paspor saya paspor kerja bukan paspor turis..ini bisa di terima ga yah..biasanya saya kalo mau berangkat soal visa kantor saya yg urus.. kita tinggal berangkat saja..nah satu lagi yg saya mau tanya.biasa nya berapa lama tenggang waktu sampai benar2 kelar mas ..soal nya waktu saya vacation cuma satu bulan di rumah..nah sya berharap bisa dua minggu lah di china.itu mungkin ga yah mas frenky?..thankss

    Reply
  12. Rico

    Halo mau tanya,untuk foto dibutuhkan 2 lembar . Untuk 1 lembarnya ditempel dan 1 nya diapakan ya ?
    Kemudian untuk datang tidak perlu pagi” ya ? Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Seperti nya cuma dikasi aja apa ada nya itu foto nya, mungkin bisa di kasih paper clip biar tidak tercecer. Engga perlu datang pagi2, counter nya banyak yang buka.

      Reply
  13. ida

    Hello mas frenky,tanya dong,stlah masa proses 4 hari untuk visa china dgn kunjungan wisata,apakah ada kemungkinan direject yaa,soalnya dlm proses sya ditlpn krna salah menulis tempat lahir aja,dan sbgai wisatawan apa harus mahir bhs inggris,sdgkan sya brgkat sndrian,trmksih

    Reply
  14. Ridha

    Maksudnya pas apply kan otomatis EKTP nya terlihat seperti sudah tidak berlaku, exp april 2017 apply nanti september 2017.

    Reply
    • Frenky Post author

      iya engga ada masalah, aman masalah E-KTP ini, saya udah 2x apply visa China kasus nya kaya kamu lancar2 aja dapat visa china nya.

      Reply
  15. Ridha

    Mas, kedutaan china faham tidak bahwa E KTP berlaku seumur hidup ? Punyaku masih belum ada tulisan berlaku seumur hidupnya, exp april 2017

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga ada masalah, waktu itu saya apply visa China pakai E-Ktp juga, belum ada tulisan “Seumur Hidup” nya, engga ada masalah sama sekali.

      Reply
  16. rosy

    bermanfaat sekali pak

    saya ijin bertanya pak, saya berencana mengurus visa S1 dgn tujuan menemani suami study di china, yang saya bingung, di form aplikasi ada pilihan intented number of entries tentang berlakunya visa, ada pilihan (1) Two entries valid for 3 to 6 months fromthe date of issue dan (2) Multiple entries valid for 6 months fromthe date of issue. menurut bapak, lebih sesuai yang mana yang saya pilih kalau saya berencana mendampingi suami saya hingga januari

    terimakasih

    Reply
    • Frenky Post author

      yang ini rencana bakal keluar negara China Mainland lebih dari 2 kali selama mendampingi suami nya?

      kalau lebih ambil Multiple Entries, kalau merasa kira2 cukup 2x aja, ambil yang opsi pertama berarti.

      Reply
  17. Dian pranata

    Selamat siang pak frenky saya mau nayak rencana nya perusahaan mau ambil kapal ke cina kirim crew ambil kapal , yg saya tayakan pengurusan visa nya pakai visa kujungan atau visa kerja ?
    Terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Seperti nya bukan Visa Turis maupun Visa Kerja,

      Rasa nya lebih tepat nya, visa tipe “C”

      As a crew member or a motor vehicle driver – C – Issued to foreign crew members of aircraft, trains and ships, motor vehicle drivers engaged in cross-border transport activities, and also to the accompanying family members of the above-mentioned ships’ crew members.

      Untuk lebih pasti nya mending telpon ke kedubes China aja.

      Reply
  18. MS

    Pa Frenky, postingannya keren !!!
    Mau tanya, kalau misal saya beli tiket utk 14 juli ini, saya baru apply visa di tgl 5 juli, apakah keburu ?
    Sebaiknya via travel agent atau sendiri saja ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau secara teori sih cukup karena cuma butuh 4 hari aja ( atau bisa lebih cepat kalau ambil paket express dan bersedia mengeluarkan uang lebih ), tapi itu kalau persyaratan nya bisa terpenuhi semua, utama nya masalah foto. Kalau sempat sih mending apply sendiri, kalau lewat agent, mending tanggal 3 Juli udah mulai kirim syarat2 nya ke travel agent.

      Reply
  19. allesia

    Halo,, visa china saya masa berlakunya sdh abis karna saya ada halangan engak bisa berangkat.kl saya sekrg mau apply visa china lg apa byk pertanyaan/masalah dr petugas imigrasinya .visa saya visa turis L

    Reply
  20. Henry

    Frenky, thanks for the blog. Very informative.

    Saya mau tanya. Foto kan diminta 2 lembar ditempel di formulir aplikasi.
    Sedangkan di formulir aplikasi cuman ada 1 kolom untuk ditempel 1 foto.
    1 lembar foto dilampirkan saja? atau gimana ya?

    Thanks!

    Reply
    • Frenky Post author

      Waktu jaman saya apply cuma butuh 1 foto sih, tapi menurut saya sih harus nya 1 tempel di formulir, 1 nya lagi lampirkan aja pakai paper clip.

      Reply
  21. ella

    Hi, mau nanya nih.
    saya mau urus visa bos kebangsan Italy.
    punya KITAS.
    kira” syaratnya masih sama seperti diatas atau ada tambahan ya.

    trims

    Reply
  22. fitri

    Selamat Sore ..
    sy mau tanya, sy rencananya bulan dean mau ke china untuk tempat tinggalnya disana sy ga tinggal di hotel atau di apartemen tp tinggalnya sama kk di asrama kampusnya. apakah sy boelh menggajukan surat kuasa lansgung yg ditanda tanggani langsung dr kk sy ?
    Terimaksih :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Sorry engga ada info yang ini, tanya langsung ke kedubes china, tapi menurut saya sih ribet jadi nya, mending buat dummy booking ya.

      Reply
  23. Henry

    Frenkey, terima kasih untuk blog nya. Very useful!
    Saya punya satu pertanyaan. Kalau semua dokumennya sudah siap, kita bisa langsung mengunjungi visa centre, tanpa harus booking appointment dulu ya?

    Reply
  24. Mega

    Mau nanya dong, kalo saya kan ikut anak tugas dan dia pilot jadi sy numpang di hotelnya aja.nah kan gak ada booking hotelnya tuh krn memang disediakan oleh airline tmpt anak sya (pilot) tsbbekerja. Gmn dong

    Reply
    • Frenky Post author

      masalah nya visa china butuh informasi booking penginapan, apply dari travel agent, mereka yang buatin dummy booking penginapan nya.

      Petugas visa china kemungkinan besar engga mau terima aplikasi anda kalau tidak ada bukti booking tiket pesawat dan bukti booking penginapan. Form visa nya juga harus di isi dulu di web lalu di print.

      Reply
  25. Tika

    Hi mas,mau nanya..klo visa visiting org yg study undangan harus resmi dr lembaga/sklh or ditulis pribadi?sy dg 2 anak sy recana mau ke shanghai visit suami. Sdh buat surat pernyataan ttg anak tp ditolak yg ttd harus bpknya..gimana tuh?

    Reply
  26. anita

    Thanks buat Informasinya, cukup membantu.
    Tapi aku punya masalah kesehatan ini, baru 2 bulan ini aku didiagnose TB kelenjar, sekarang lg under treatment, nah di opsi form nya ada riwayat penyakit, salah satunya TBC. mgkn ada yg pngalaman, apakah kita dg riwayat TBC akan ditolak visanya. Sedih banget rasanya, padahal plan mau stay di Shanghai :'( :'(

    Reply
  27. lidyawati

    kalau foto nya pake kaos boleh tidak ya? dan kaosnya warna warni. lolos gak ya? thanks

    Reply
  28. Vivi suyanti

    Hai ko, mau tanya kalau paspor baru keluaran 2017 belum pernah kemana2 dan mau apply visa China keberangkatan Juni 2017 apakah tetap akan ditolak ya ? Soalnya saya dpt info dari pihak Travel bahwa paspor baru masih tidak diperkenankan untuk apply China. Apakah ada solusi lain ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga ada masalah walau paspor kosong. Yang penting syarat dan ukuran foto nya sesuai seperti yang di tulis di post ini

      Reply
    • Vivi suyanti

      Untuk saat ini saya ada memohon visa china melalui jasa travel Agent, namun malah diberitahukan kalau untuk paspor tahun 2014 ke atas tidak akan dikabulkan permohonan visanya dikarenakan tidak ada paspor lama, dan kebetulan paspor saya malah terbitan 2017 dan malah masih kosong. Apa benar ada peraturan seperti itu ya ?

      Reply
      • Frenky Post author

        Kaya nya ini peraturan baru dari kedutaan China, mereka memang suka buat peraturan baru dadakan gitu, ikutin aturan dari Travel Agent aja ya, mereka harus nya lebih paham.

        Reply
  29. Susan Wijaya

    Saya rencana pergi dgn suami dan 2 anak umur 14 sama 12, untuk hotelnya apa saya harus booking tiap nama masing masing atau cukup satu nama saja. Terus untuk fotonya apa disana disediakan tempat foto juga atau harus foto diluar. Mohon infonya, makasih

    Reply
  30. evan

    Mas untuk tiket pesawat kul-cina pp saya udah punya tp blm punya tiket ke indonesia nya apakah bisa untuk mengajukan visa ? juga untuk perpindahan antar kota pk train apa harus dilampirkan tiket nya ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Harus nya bisa sih, karena udah ada masuk keluar China nya. Untuk perpindahan kota engga perlu di lampirkan.

      Reply
    • ssn

      Saya sudah beberapa kali apply visa china, bahkan pernah 2 kali dapat visa multiple entry beberapa tahun yg lalu. Kemarin saya coba apply sendiri tanpa melalui travel agent dan pengajuan visa saya ditolak karena tiketnya cuma KUL-China. Saya belum beli tiket dari Indonya karena masih belum pasti tanggalnya dan tetap ditolak dengan alasan tiketnya harus dari Indonesia. Alasan lain pengajuan saya ditolak karena bookingan hotel dari booking.com dipermasalahkan, katanya print2an harus dari email konfirmasi, padahal saya print dari email trus saya klik ‘print view’ tapi katanya harus dicopy paste ke word dulu. WTH?! Waktu saya habis sia2 nunggu antrian di kantor China Visa Centre hampir 3 jam. Habis dari sana saya langsung pergi ke travel agent dan membayar 575.000 untuk visa single-entry, hanya 35 ribu rupiah lebih mahal dari harga yg harus dibayar kalo apply sendiri. Kesimpulan saya, apply visa China sendiri NOT worth the time and effort

      Reply
        • ssn

          Kemarin saya urus visa melalui Dwidaya Tour, sebelum2nya melalui Bayu Buana.

          Ralat, maksud saya diatas tiket saya KUL-China pp, bukan one way ya

          Reply
          • Evan

            Trus waktu ke bayu bhuana mas sertakan jg tiket dr indo ke kul nya ?? Apa hanya tiket kul china yg pp itu ?

            Reply
            • ssn

              Kalo urus visa melalui travel agent gak perlu menyertakan tiket/itinerary apapun karena mereka bisa bikinin dummy booking untuk pengajuan visa kita. Jadi kalo jadwal perjalanan belum pasti atau mau lebih fleksibel, lebih baik urus visa melalui travel agent.
              Sebenarnya bisa aja saya book tiket Indo-KUL pp Lion Air karena setau saya tiket Lion bisa direschedule, tapi berhubung saya sudah malas balik lagi jadi saya langsung aja urus visa ke travel agent, apalagi fee nya juga tidak seberapa dibandingkan ongkos transport bolak balik ke kantor China Visa Centre

              Reply
              • Gz

                halo mas, maaf mau tanya ketika visanya ditolak, jeda dari visa ditolak sampai pengajuan ulang kembali di berapa lama ya? Karena baru saja pengajuan visa saya ditolak karena alasan hotel booking (tanpa dijelaskan kenapanya) dan saya berencana untuk mengajukan kembali. Terima kasih

      • Mjlm

        Hi trus urus lewat travel agent dapat nga visa China nya ? Dulu juga saya urus visa China pake travel agent dapat, tp skarang rencana mau urus sendiri

        Reply
  31. Meilina

    Hi, syarat pengajuan visa perlu rekening koran ga ya?
    Jadi beli tiket dulu atau apply visa dulu utk syarat booking pesawatnya?

    Makasiih

    Reply
  32. MS

    Bang mau nanya,, saya mau urus yg rush/urgent, tp saya klo booking hotelnya cuma semalem aja cuma utk punya bookingan bisa ya? Soalnya saya mau nginepnya di rumah temen. Sblmnya udh bolak balik china sih tp bikin visa selalu pake agent, dan selalu yg reguler karena saya di luar jakarta.

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga bisa, pasti di reject sama petugas loket nya. Kalau visa travel agent, itu pasti di buatkan dummy bookingan penginapan nya, tetap saja hitungan nya lengkap penginapan nya dari hari pertama – akhir.

      Reply
  33. Nikma Fista

    Hai, mw nanya nih
    Kebetulan kmrn saya apply visa dan uda diterima,
    Jadwal selesainya tanggal 2, dan awalnya penerbangan tanggal 3 namun uda saya cancel dan sya undur 3 hr ke depan karna tanggal 2 ada keperluan mendadak. Kalau saya ambil visanya ga sesuai yg di tanggal pengambilan, tanggal 3/4 gt bisa tidak ya mas biasanya?apa anda tahu?hehe
    Makasih infonya

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau pengambilan sih gpp telat 1-2 hari mah dari jadwal yang di berikan, kalau sebulan ituh baru masalah. Seminggu telat juga gpp kok, santai aja hehe…

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: