Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

Pengalaman membuat Visa China di Jakarta ini adalah pengalaman termudah gue dalam membuat Visa karena persyaratan nya asli simpel banget dan tidak ribet, tapi mungkin biaya nya yang kurang asyik ya di bandingkan harga Visa Jepang :ngakak:

Visa China

Visa China

* * * * *

Di Post ini gue akan sharing cara membuat Visa China sebagai turis mulai dari persyaratan, biaya dan lama pembuatan Visa China yang mungkin berguna buat anda.

Persyaratan tentang mengurus Visa China dapat di cek langsung pada Website Chinese Visa Application Service Center

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Categories L ( as a Tourist ).

  • Paspor Asli dengan masa berlaku 6 bulan setelah tanggal kepulangan
  • Formulir Aplikasi Visa [Download PDF] (dengan satu lembar foto 3×4 background putih yang ditempel pada kolom foto)
  • Fotokopi Paspor Depan ( Halaman Identitas ) dan Belakang ( Berisi Tanda Tangan )
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Pemesanan Tiket Pesawat
  • Bukti Pemesanan Penginapan selama di China ( Bisa memakai bukti konfirmasi dari BOOKING.COM atau AGODA.COM )

ย * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Hari Kerja :ย  Senin โ€“ Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Waktu Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00 – 15.00
  • Waktu Pengambilan Visa : 09.00 – 16.00
  • Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja

B.Biaya Pembuatan Visa jenis Reguler ( Per 01-Agustus-2016 )

  • Single Entry : Rp. 540.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 690.000,-
  • Multiple Entries ( 6 Bulan ) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Entries ( 12 Bulan ) : Rp. 1.140.000,-
  • Untuk detail lengkap biaya pembuatan Visa jenis lain nya, bisa di cek link ( Biaya Visa China )

* * * * *

The East Lantai 2 - Pengurusan Visa China

The East Lantai 2 – Pengurusan Visa China

Karena persyaratan dokumen Visa China nya telah gue lengkapi semua nya, akhir nya pada tanggal 04-Agustus-2016, gue pun menuju Kantor Chinese Visa Application Service Center yang terletak di Gedung The East lantai 2 di sekitaran Kawasan Lingkar Mega Kuningan.

Kebetulan Gedung The East terletak sangat dekat dari kantor, jadi gue pun datang di jam 14.00 ke The East lalu naik ke Lantai 2 dan menukar identitas diri dengan kartu visitor. Proses penyerahan dokumen Visa China ini berlangsung sangat cepat karena Counter yang buka banyak, gue saat itu cuma menunggu sekitar 10menit. Lalu setelah penyerahan dokumen, gue pun diberikan bukti penerimaan dokumen yang harus di kembalikan nanti ketika proses pengambilan Visa China.

Tanda Penerimaan Visa China

Tanda Penerimaan Visa China

* * * * *

Sebenar nya hal ini tidak perlu di lakukan tapi bagi anda yang penasaran dengan status Visa China anda sudah jadi atau belum dan ingin mengetahui nya lewat online, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa China ).

Anda hanya perlu memasukkan “Pickup Form No” ( Bukti penerimaan dokumen di kiri atas ) dan “Contact Phone Number” sesuai yang tertulis di bukti penerimaan.

Apabila aplikasi Visa China anda masih di proses maka status nya adalah “Application Being Processed by The Chinese Embassy/Consulate”, lalu berubah menjadi “Processed result has been returned in visa center” ketika Visa China anda sudah selesai di proses. Tapi status di sini hanya sekedar menjelaskan Visa China nya sudah selesai di proses ya, entah hasil nya approve atau reject.

Check Online Visa China

Check Online Visa China

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 09-Agustus-2016, gue cek status nya via Online sudah berada di “Processed result has been returned in visa center”. Gue pun datang kembali ke Gedung The East sekitar jam14.00 dan lalu menyerahkan bukti penerimaan Visa China dan kemudian membayar menggunakan Kartu Kredit, bisa juga membayar menggunakan Kartu Debit BCA ( untung Bank lain kurang tahu ya ). Akhir nya Paspor gue tertempel juga Visa China dengan masa berlaku 90 hari dan durasi tinggal 30 hari :yeah:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa China

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa China dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa China untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Visa China itu Visa termudah dari segi persyaratan dan kemungkinan reject nya hampir tidak ada kalau tujuan nya hanya sebagai turis.

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Tiket Pesawat dan Booking Penginapan mutlak harus di lampirkan dan pasti nya harus ada nama si aplikan dalam dokumen tersebut. Kalau Itinerary perjalanan sama sekali tidak perlu. Untuk booking penginapan bisa menggunakan email konfirmasi dari BOOKING.COM atau AGODA.COM



Booking.com

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa China, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

38 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China

  1. Chintya

    Kalu buat visa permanent residence, misalnya si suami orang indo kerja di china sudah tinggal permanen disana. lalu dia baru menikah di indo, dan istrinya mau di ajak tinggal permanen di china. Nah persyaratan visa si istri apa saja ya
    Terimakasih

    Reply
  2. samooth

    Hallo franky
    saya dapat undangan dari china begitupun ticket PPnya tapi masalahnya itu ticketnya buat akhir bulan ini sementara saya belum mengurus visa nya soalnya baru di kasih tau hari ini juga ,,,,,,, kira-kira bisa gak yah klo kaya gitu sementa kan pengajuan visa kata kamu juga sebaiknya sebelum keberangkatan.
    terus pasport saya juga di atas 2014 kira-kira harus melampirkan surat dari imigrasi gak?
    makasih

    Reply
  3. sarah

    Kalo visa cina ini bisa online nggak? Maksudku karena aku nggak tinggal di Jakarta dan juga jauh dari kota Medan , jadi untuk visa nya apakah bisa dilakukan VOA? Trus biayanya berapa ya? Ada kemungkinan direject nggak? :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga bisa online dan ga bisa VOA. VOA China hanya berlaku jika masuk ke kota Shenzen, tapi itu harus via border dari Hongkong.

      Paling recommended pakai travel agent ya.

      Reply
  4. Awie

    Saya kemaren baru ajuin visa china,,dan masih nunggu di apply ato tidaknya
    Saya cuman nrima pick up form
    Masih deg deg an karna sblmnya bulan sept awal ngajuin via agen di tolak

    Reply
  5. Yuni

    Halo mas franky,
    Aku mw nanya.. Kalo punya usaha online or offline yg ga pake siup bs ga ngurus visa china.. Kalo tabungan ad dan aktif ..gmn ya mas? Tkut ditolak karna ga kerja kantoran lg.. Tp sblmnya aku uda ada visa jepang dan korsel.. Thanks

    Reply
      • Yuni

        Oh gtu.. Ntr diformulirnya buat aja self employe yaa.. Trus dibwh ad ngisi nama alamat kantor.. Itu isi aj alamat rmh ya.. Thanks

        Reply
    • Frenky Post author

      Single arti ny cuma sekali masuk, double bisa dua kali masuk dalam jangka waktu 6bulan. Kalau multiple ya bisa berulang kali masuk.

      Reply
  6. yanti

    @Yudha
    Yup sudah kembali normal. Karna saya di PKU jd ngurus melalui bayubuana dan Puji Tuhan kerja mereka cukup bagus. Singkat kata, senin tgl 19 sept dokumen saya nyampe di jkt, di proses, dan senin 26 sept saya di telp juga di WA sama bayubuana kalau visa saya dah jadi :yeah:
    Mumpung terlanjur kebuat E Paspor jadi nya bayubuana bantu apply Visa Waiver Jepang secara ngurus langsung kan gratis ya, karna travel agent kena cas 55rb dan 581rb biaya VISA China.
    Jadi buat temen2 yg dah mampir ke blog frenky silahkan apply visa china nya dan ga perlu takut lagi karna semua dah normal peraturan nya. Yg kebetulan di jkt/medan bisa apply langsung dan yg luar kota lbh praktis bs pakai jasa travel agent :siul:

    Reply
  7. Santi

    hai teman2 sekalian…rencana april 2017, saya dan keluarga berencana mau ke Shanghai mengunjungi adik ipar saya yang tinggal dsana..Saya kaget ada peraturan baru seperti itu..
    Passport saya April 2013, nah itu bermasalah ga yah???

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau masih tahun depan rasa nya peraturan baru ini sudah tidak berlaku, nanti sbelum pengajuan visa china di bulan feb / mar 2017, telpon ke kedutaan china aja dulu untuk tanya peraturan ini masih berlaku atau tidak.

      Reply
  8. ida

    Sama sy jg mau pergi ke china 20 oktober 6 org,4 org dikasih visanya 2 org lagi ga bs karena paspor nya thn 2014 ke atas.Terima kasih infonya sangat membantu.Senang akhirnya apply visa china sdh bs normal kembali…๐Ÿ˜Š

    Reply
    • Fariz

      Berarti untuk paspor yg baru buat tahun 2016 udah bisa apply tanpa surat keterangan paspor baru dari imigrasi?

      Reply
  9. yanti

    Hi Frenky
    Update terbaru mengenai pengurusan visa china per senin 19 sept 2016 sudah NORMAL kembali
    dan E paspor saya pun juga sudah selesai :yeah: dan dengan perjuangan sebegini nya ternyata peraturan visa china udah kembali normal duh beneran deh jadi curhat di blog kamu :shy:
    Btw blog ini bener2 bermanfaat bagi yg mau buat visa china!

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Yanti,

      Thank you buat informasi nya, senang akhir nya bisa apply visa China secara normal lagi yeay…

      Enjoy trip nya ke China sama orang tua nya :senang:

      Reply
      • Muhammad Masri

        Waaaaaaaaaaaaah….
        saya mau apply visa cina juga sama temen. Paspor saya 2013 tapi kebetulan dia paspornya pertama kali bikin tahun 2014 dan sama pihak travel (karena kita di kalimantan jadi pakai travel agent) dibilangin kalo ada peraturan baru itu. Syukurlah kalo sudah kembali normal. Terima kasih ya informasinya. Jadi gak deg-degan lagi gak bisa backpackeran bareng. :yeah:

        Reply
    • Yudha

      Hi, Yanti hari ini tgl 28 september 2016 saya mau mengajukan visa china, apa benar sudah normal kembali? Karna beberapa paspor teman saya penerbitan baru 2016, apakah sudah bisa apply visa china?

      Reply
  10. yanti

    Hi Frenky
    Saya juga senasib sama Ms. Yulia
    Visa saya ga bisa di ajukan, krn paspor saya dibuat des’13 dan ini adalah paspor perdana bagi saya.
    Mama saya juga baru selesai awal sept’16 kemarin juga paspor perdana
    Saya urus via bayu buana, dan ketika saya coba telp ke kantor pengurusan visa china yg di kuningan itu, nada serupa jawaban yg saya terima
    Mama saya karna udah 70 tahun ga perlu lagi surat kantor imigrasi, lah saya nya gimana :(
    Akhirnya 5 sept kmrn saya ke batam buat ngajukan e paspor dg harapan ada peluang punya 2 paspor spt yg di minta pihak visa centre china
    Mana di batam urus e paspor cukup lama (tau gini mah sy ke jakarta aja kmrn) huahuahuahuaaaaaa
    Tiket PP saya dan mama terancam hangus kalau begini. Kasian mama mana pertama mau pergi ke LN malah bermasalah :(
    Tiket udah kebeli utk 11-18 okt dan sebagian hotel jg sudah di bayar lengkaplah sudah

    Reply
    • Frenky Post author

      Kemungkinan yang masalah Visa China di persulit ini karena ada event G20 di China di awal september 2016, kemungkinan lain sistem China sedang ada upgrade. Berharap saja akhir sept atau awal okt sudah bisa apply dengan cara biasa, ambil visa tipe express saja.

      Reply
  11. Yulia

    Hi Frenky,
    Salam kenal

    Mau sharing pengalaman saya hari ini untuk apply visa china di Medan
    Dokumen yg saya ajukan ditolak
    Staff counter menjelaskan bahwa per Selasa, 16 Agustus ada peraturan baru, yaitu bagi pemohon yg date of issue Passport nya di atas 1 Jan 2014, harus melampirkan surat keterangan dari imigrasi bahwa passport tsb benar2 perdana/baru
    Utk kasus ini passport saya issue May 2016

    Tapi saya check, tidak ada pengumuman mengenai aturan baru ini

    Imigrasi tidak mau mengeluarkan surat tanpa ada dasar yg jelas

    Dan menurut imformasi dr ataff yg bertugas, aturan ini sudah berjln akitar 2bln di Jakarta

    Apa betul ?

    Reply
      • Yulia

        Nahh,
        Ini yg ane cari….
        Tapi tdi di CVSC Medan ga ada
        Mereka explain verbally๐Ÿ˜‘
        Di situs resmi mreka juga ga ada

        Tp, mengenai surat pengantar dr imigraai juga gak disebutkan yahh
        Hmhhhh

        Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: