Cara Pilih dan Ganti Kursi AirAsia Secara Gratis

Bisa di bilang gue adalah AirAsia mania karena penerbangan Internasional yang udah gue lakukan selama ini selalu menggunakan AirAsia hahaha…. Gue baru sekali doang buat rute Internasional memakai maskapai selain AirAsia buat rute Jakarta – Manila, kebetulan waktu itu gue memakai maskapai Cebu Pacific Air.

Nah pada post ini gue mau berbagi tips and trik bagaimana cara mengganti atau merubah kursi AirAsia ketika proses Web Check In secara GRATIS. Kalau misal nya anda tidak membeli opsi untuk memilih kursi AirAsia ( berbayar ), maka otomatis nomor kursi ( seat ) akan di pilihkan otomatis oleh sistem AirAsia dan terkadang dapat nomor kursi ( seat ) nya di posisi tidak asyik. Menurut gue ya nomor kursi yang tidak asyik posisi nya itu kalau dapat di tengah-tengah, contoh Row B,E pada A320 atau Row B,F,J pada A330 :wait:

Konfigurasi Kursi AirAsia ( Atas : A320 - Bawah : A330 )

Konfigurasi Kursi AirAsia ( Atas : A320 – Bawah : A330 )

* * * * *

1. Lakukan proses Web Check In seperti biasa di website AirAsia.com langsung sampai proses mendapatkan nomor kursi ( seat ) dari sistem AirAsia. Pada gambar mendapatkan nomor kursi 22A dan 31B.

Web Check In AirAsia

Web Check In AirAsia

2. Jika nomor yang di dapatkan tidak suka / cocok, maka proses Web Check In nya jangan di lanjutkan.

Masuk ke Manage My Booking > Modify > Tambahan > Pilih / Ubah Tempat Duduk

Pilih Menu "Pilih / Ubah Tempat Duduk"

Pilih Menu “Pilih / Ubah Tempat Duduk”

3. Pada rute yang ingin di hapus nomor kursi ( seat ) nya, pilih tombol Pindahan, setelah itu nomor kursi ( seat ) nya akan kosong, lakukan konfirmasi saja, tidak akan kena biaya

Pilih "Pindahan" pada nomor kursi 31B

Pilih “Pindahan” pada nomor kursi 31B

Nomor Kursi 31B sudah kosong kembali

Nomor Kursi 31B sudah kosong kembali

4. Setelah nomor kursi ( seat ) nya kosong, lakukan Web Check In ulang lagi untuk mendapatkan nomor kursi ( seat ) baru. Jika masih kurang sreg, lakukan ulang point nomor 2 kembali. Yang perlu diperhatikan adalah kasih waktu jeda ( 2 jam hingga 1 hari ) untuk melakukan proses Web Check In ulang nya, karena jika terlalu berdekatan waktu nya, maka kemungkinan besar akan mendapatkan nomor kursi ( seat ) yang sama dari proses Web Check In Sebelum nya.

Karena proses mendapatkan nomor kursi ( seat ) ini bergantung dari orang lain juga yang melakukan proses Check In di pesawat yang sama

Web Check In AirAsia Ulang dan mendapat Nomor 22A dan 40H

Web Check In AirAsia Ulang dan mendapat Nomor 22A dan 40H

* * * * *

Alternatif lain kalau mau mendapatkan row yang sesuai dengan harapan adalah ngomong langsung ke petugas Check In di loket haha.. tapi itu pun belum tentu di kasih, kecuali kursi yang di minta memang kosong dan muka yang anda pasang ketika meminta sangat memelas sekali :peace:

19 thoughts on “Cara Pilih dan Ganti Kursi AirAsia Secara Gratis

  1. Ajeng

    Gan, kalo tmn gw ga jd ikut pergi.. Trus dia udh web check-in.. Bisa gak gw duduk di seatnya dia? Masalah gak yah? Atau bilang dulu aja?

    Reply
    • Frenky Post author

      harus lapor dulu ke petugas counter AirAsia nya kalau teman nya ga jadi berangkat, kalau engga nanti teman anda di cariin terus, bisa ngefek ke jadwal keberangkatan juga takut nya.

      Reply
  2. quincebee

    Hi Frenkey,

    Gue udah nyoba tips yg lo tulis. Dan memang benar bisa pindah kursinya dengan catatan random spt yg lo bilang. Cuman mau nambahin aja, pas mau pindahan itu kita harus pastikan tahapannya sampe itinerary tiket (revisi) dikirim ke email kita. karna pas awal2 gue ngga sampe tahap konfirmasi itu dan nomer kursi lama masih muncul aja.

    Dan satu lagi usahakan check-in 14 days prior arrival langsung ya jangan mepet2, biar kemungkinan kita dapetin kursi yg kita mau lebih besar. :evilsmirk:

    Reply
    • Frenky Post author

      thank you so much buat testi nya ya sis!

      Tadi sempat pesimis masih bisa, baca komen2 yang udah coba di post ini haha.. Enjoy Holiday nya bersama AirAsia dengan duduk di sebelah jendela :ngakak:

      Reply
  3. Dwi

    Nice info nih, tapi sayang banget kayaknya udah gabisa diterapin. Barusan nyoba, pas pilih removed kursi, nomernya gak ilang ilang. Kayaknya mereka udah tau leaknya dimana jadi buru-buru dibenerin tuh website haha.

    Reply
    • Frenky Post author

      Wah gitu ya, sayang sekali ya haha.. berarti harus terima nasib dapat kursi sesuai yang di tentukan oleh sistem kursi Airasia :(

      Reply
  4. quincebee

    Hi Frenkey,
    kalo minta di counter kudu punya bagasi kan ya? kalo engga suka disuruh self check in. Dan apesnya walopun gue sama temen satu kode booking, gue selalu dapet yang tengah! kesel deh asli, pingin coba tapi blm waktunya check in, masih lama. hahaha

    Ada yg nyoba dan berhasil ngga?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kebetulan belum pernah naik AirAsia tanpa bagasi, jadi kaga paham deh haha.. kl sama2 teman mah, minta tuker aja minta di jendela, sogok sama 1 bungkus permen hahaha!

      Entar maret 17 gw kabarin lagi masih bisa atau engga nya, sekarang belum ada kode booking buat tester

      Reply
      • quincebee

        temennya mau di jendela juga susah..wakakaka

        pernah dulu gegara dapet ditengah mulu pingin check-in sendiri2 aja padahal mah satu kode booking, hahaha saking keselnya.

        tar gue coba awal jan. semoga masih bisa ^^

        Reply
  5. Inklocita

    Wah baru tau bisa free, selama ini beberapa kali pernah pake Air Asia sih tapi pernah kecewa karena schedule penerbangan kita direschedule sepihak oleh maskapai dan bahkan direschedule menjadi penerbangan di hari berikutnya

    Reply
  6. Natasha

    kak, mau nanya dong, itu seatnya fix mereka yg assign dan ga bs kita pilih sendiri secara gratis ya? kalo misalnya pergi jauh dan duduk pisah sama temen mana enak… gmn ya kak? :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup, tidak bisa pilih sendiri kalau GRATIS, kalau bayar, baru bisa pilih. Kalau kamu sama teman satu kode booking, pasti duduk sebelahan kok. Kalau kamu beda kode booking, nah ini kemungkinan besar terpisah. Solusi nya? Coba web check in barengan aja ( dalam waktu bersamaan ), kalau tidak sebelahan, pakai cara yang ada di post ini.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: