Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

Untuk memasuki negara Taiwan sebagai turis dengan menggunakan paspor biasa / e-paspor umum membutuhkan yang nama nya Visa Taiwan, singkat kata Visa itu adalah ijin masuk ke sebuah negara sedangkan Paspor hanyalah sebuah identitas. Kabar baik nya Taiwan memberikan Bebas Visa selama 30 hari untuk para wisatawan / turis Indonesia yang ingin menikmati wisata kuliner dan keindahan alam Taiwan.

Untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi ya sebenar nya Visa Taiwan ini tidak sepenuh nya murni Bebas Visa cuma modal paspor aja layak nya berkunjung ke negara-negara ASEAN ( Singapura, Malaysia, Thailand, Dll ). Tapi syarat dan ketentuan mendapatkan Visa Taiwan ini mudah banget, yang penting harus memenuhi syarat utama berikut terlebih dahulu :

SYARAT UTAMA BEBAS VISA TAIWAN

  • Paspor pemohon berlaku enam bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki tiket pesawat atau tiket kapal perjalanan pulang pergi.
  • Pemohon tidak pernah dipekerjakan sebagai pekerja pabrik/buruh di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki sertidaknya salah satu dari Visa yang dikeluarkan oleh negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen
    • Kartu izin tinggal sementara atau kartu izin menetap yang masih berlaku
    • Visa masuk yang sah (visa elektronik diperbolehkan)
    • Kartu izin tinggal atau visa yang telah berakhir kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Untuk pemegang Visa Taiwan yang Telah BERAKHIR KURANG dari 10 tahun dan tidak pernah melanggar peraturan di taiwan ; pemegang visa dengan kode 「fl」 (Buruh) , kode 「x」 (Dan lain-lain) atau Visa Residen Pekerja Pabrik / Buruh di Taiwan Tidak diperbolehkan mengajukan aplikasi visa online ( Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC).

 * * * * *

Jika syarat utama di atas sudah terpenuhi, maka langkah berikut nya adalah membuka link pendaftaran Bebas Visa Taiwan nya di sini :

https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

1. Pilih Bahasa Indonesia

2. Baca syarat dan ketentuan nya dengan teliti

Syarat Bebas Visa Taiwan

Syarat Bebas Visa Taiwan

3. Isi formulir aplikasi Visa Online Taiwan dengan data yang sesuai dan benar

NOTE : Jika hanya punya 1 nama, cukup isi nama depan saja, nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. Nama depan dan belakang jangan di tulis berulang ya!

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

4. Jika Visa Taiwan Online sudah di setujui ( Approved ), print / cetak dokumen Visa Taiwan Online tersebut untuk di bawa beserta tiket pesawat keluar Taiwan ketika berada di konter Imigrasi Taiwan

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

* * * * *

Pengalaman pribadi, gue mendaftarkan aplikasi Bebas Visa Taiwan ini di tanggal 04 Oktober 2017. Lalu di hari H keberangkatan ke Taiwan di tanggal 05 November 2017, mulai dari konter maskapai penerbangan, dokumen Sertifikasi Visa Taiwan ini beserta tiket keluar Taiwan dan Visa Jepang gue juga di cek karena gue memasukkan nomor Visa Stiker Jepang gue sebagai persyaratan mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini.

Sesampai nya di imigrasi Taiwan di Bandara Taoyuan, dokumen yang sama gue serahkan kembali dan tidak ada masalah sama sekali sih, lancar jaya jadi sudah terbukti syarat Bebas Visa Taiwan itu sangat mudah! Nih bukti nya gue lancar jaya masuk ke Taiwan pakai Visa Jepang Single Entry yang sudah expired yang gue dapatkan di tahun 2015 :good:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Bebas Visa Taiwan

Q : Bagaimana jika tidak memiliki Visa negara berikut ( Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ) dan Schengen ?

A :  Berarti harus mengajukan Visa Taiwan dengan melampirkan persyaratan yang tertulis di website TETO Jakarta dan membayar uang Rp 650.000 ( Single Entry ) – Rp 1.300.000 ( Multiple Entry ), berikut link detail nya :

  1. Macam-Macam Jenis Visa Taiwan ( http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/137.html )
  2. Syarat Visa Taiwan Wisata / Turis ( http://www.roc-taiwan.org/uploads/sites/60/2016/05/20160714_02_Visa_Wisata_Tourist.pdf )

 

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Bebas Visa Taiwan ?

A :  Tidak wajib, tapi sangat di sarankan sudah punya bukti penginapan yang sudah di booking melakukan pengisian formulir Bebas Visa Taiwan. Sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan dari situs BOOKING[dot]COM ( KLIK LINK )



Booking.com

Q : Apakah Visa Waiver Jepang ( E-Paspor ) berlaku untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini ?

A :  Ya berlaku, sesuai yang tertulis di point nomor 9 ketika registrasi Visa Taiwan Online, “Warga Negara Indonesia yang memiliki pendaftaran bebas visa Jepang ( Japan Visa Waiver Registration) yang sah berhak untuk mendapatkan Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC.”

 

Q : Apakah Visa Taiwan Online ini perlu di cetak ( print ) ?

A :  Ya, sangat WAJIB untuk di cetak dokumen Visa Taiwan ini, beserta tiket pesawat keluar dari Taiwan karena kedua dokumen ini akan di cek secara detail oleh imigrasi Taiwan.

 

Q : Bagaimana cara pengisian nama di formulir jika HANYA punya 1 nama ( Contoh : GANTENG )?

A : Cukup isi kolom nama depan saja, untuk nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. NOTE : JANGAN ISI NAMA BERULANG ( DOUBLE ) di kolom nama depan dan belakang

  • nama depan/Surname : GANTENG
  • name belakang/Given Name : [ isi dengan spasi ]

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam mendapatkan Bebas Visa Taiwan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

203 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

  1. juliana

    halo ko, sorry mau tanya,kalo visany keluar kan kita print lalu kita diminta isi online arrival card, nah online arrival card itu kan tidal perlu di print. yang saya may tanya , kan diminta isi nomor visa di arrival card itu, jadi saya masukin nomor visa yang tartera di sertifkat visa online ya? apa benar?

    Reply
  2. Adi Hartono

    Halo Bro Frenky,

    Saya bersama istri akan berangkat ke Taiwan menuju Bandara Kaoshiung tgl 27 Desember 2018, kembalinya dari Taipei tanggal 5 Januari 2019.
    Btw, Visa Jepang saya tahun 2017 expired nya Maret 2017. Apakah bisa apply ?

    Dan suggest dari bro dengan tanggal keberangkatan saya di atas baiknya di apply tanggal berapa dan bulan berapa ya ?

    Thanks very much sebelumnya

    Reply
  3. Jenny Tanudjaja

    Selamat siang. Mau tanya unt bebas visa Taiwan. Terakhir sy pergi ke taiwan thn 2014/2015. Pasport saya habis 2016. Apakah msh berlaku unt pengajuan bebas visa ke Taiwan?

    Reply
  4. Vero

    Ko.tlg tny kalo sertifikat ROC nya sdh di approved berarti pasti bisa lulus kan ya wkt di imigrasinya? Tq

    Reply
    • Frenky Post author

      ya belum tentu, semua tergantung petugas imigrasi nya, siapa tau kena random check terus gagal lewat random check nya.

      Reply
  5. Ahmad Reiman

    Ko, kira-kira dari kita isi form buat ke taiwannya sampe nunggu approvednya brp lama ya?

    Reply
  6. theresia chan

    hi ko, mau tanya kalo sudah dpt approval apakah cuma cukup bawa free visa approval na saja kalo dr bandara JKT ke taiwan? apakah stlah dpt approval tsb harus ke kedubes lagi ?

    hai ko mw tnya, aq udh dpt approval tapi nomor visa korea yg aku masukin bukan 13 digit 😂 tapi 8 digit. apakah ad pengaruhnya dan harus apply lagi?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau udah dapat approval nya engga perlu ke kedubes Taiwan di Jakarta lagi. Tinggal print saja approval ya. Engga ngaruh sih harus nya, paling bilang aja mistyped atau kalau ragu2 ya udah buat ulang lagi aja.

      Reply
  7. baguz rasido

    mau tanya,saya pernah di jepang 3 thun,trus satu tahun di rumah,kmren bln 10 2017 saya balik lagi ke jepang ,sekrng masih di jepang,pengen liburan ke taiwan apakh bisa mengajukan visa online itu mas.mohon penjelasannya.trims.

    Reply
  8. Indiehome

    Mau tanya om, saya megajukan visa taiawn pakai visa jepang. Ketika saya mengisi online arrival card, nah disitu ada kolom visa type dan visa no, untuk isi kolom tersebut baiknya bagaimana ya om? Thx

    Reply
  9. galih ratri

    Kalo belum ada tiket pesawat apakah bisa apply e-visa? Dan jika bisa tanpa tiket dulu, untuk flight vessel diisi apa? Sy masih ada visa australia yg masih berlaku. Thx.

    Reply
    • Frenky Post author

      Seperti nya engga bisa deh, beli tiket pesawat dulu aja, apply visa taiwan nya, 2-3 minggu sebelum ke Taiwan nya.

      Reply
  10. Sheila

    Halo Frenky
    Mau tanya nih, jadi kan aku terbang dr JKT transit dlu di HK baru dr HK ke Taiwan, nah di kolom “Flight Vessel” itu diisi flight number yg dr JKT atau HK?? Trims :)

    Reply
  11. Princess

    Mas, misal saya mau ke taiwan pakai visa waiver jepang, tapi belum pernah ke jepang, apakah bisa? Atau harus ke jepang dulu?
    Rencananya agustus mau ke taiwan dulu baru september ke jepang
    Terima Kasih

    Reply
  12. indra

    Pemohon harus memiliki sertidaknya salah satu dari Visa yang dikeluarkan oleh negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen

    mas ini mesti yg msh berlaku salh satunya>? kl ud exp smua gun?

    Reply
  13. Evan

    Broh,

    Untuk evisa Taiwan apakah harus dicetak berwarna – atau dicetak hitam putih juga bisa?

    Many thanks in advance for your answer ya broh!

    Reply
  14. WIWIN

    SAYA MEMILIKI VISA JEPANG[EXPIRED 2017] DAN SCHEGEN [EXPIRED 2016] DI PASPORT LAMA YANG SUDAH EXPIRED 2017. APAKAH DENGAN PASPORT BARU BISA SAYA AJUKAN VISA ONLINE ?

    Reply
  15. Andik

    Frenky
    Apa bisa k taiwan tp belum pernah ke negara manapun/pertama kali mau berkunjung ke taiwan

    Reply
  16. Moh Tholib

    kalau pernah ke taiwan sebagai TKI trus jalau mau jalan2 kesana biar bisa dapat visa turis bagaimana caranya?
    trimakasih

    Reply
  17. Livian

    Mas ,kalau misal lupa aply visa sebelum berangkat ke taiwan apa di taiwan di sediakan counter buat aply di sana ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga bisa, harus apply sejak dari luar Taiwan ya. Visa nya pasti di cek dulu oleh petugas maskapai sama imigrasi.

      Reply
  18. kamila

    Makasih yaaaa aku baru tau, dan ini langsung jadii. Sekali lagi terimakasih banyak kak Frenky.

    Reply
  19. Hans

    Pak Frenky, say punya visa Taiwan yang expired tahun 2017 di passport lama saya. sekarang saya punya passport baru. Apakah saya bisa apply free visa Taiwan dengan visa Taiwan tahun lalu yang Ada di passport lama?

    Reply
  20. Anita

    “Untuk pemegang Visa Taiwan yang Telah BERAKHIR KURANG dari 10 tahun dan tidak pernah melanggar peraturan di taiwan ; pemegang visa dengan kode 「fl」 (Buruh) , kode 「x」 (Dan lain-lain) atau Visa Residen Pekerja Pabrik / Buruh di Taiwan —-> Tidak diperbolehkan mengajukan aplikasi visa online ( Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC).”

    Malam , mau tanya Pak, kalau tahun 2013 saya pernah dapat single entry masuk Taiwan berarti menurut poin diatas, saya tidak boleh apply bebas visa secara online?

    PS : saya sudah sudah punya visa waiver jepang makanya tertarik ingin buat bebas visa Taiwan.

    Reply
  21. Ella

    Saya pernah ke jepang satu tahun lalu. Visanya sdh berakhir bulan agustus 2017. Apakah masih bisa digunakan untuk mendaftar bebas visa taiwan?

    Reply
  22. nurhasim

    brapa hari hasil pengajuan ijin masuk taiwan secara online klo kita punya visa jepang..

    Reply
  23. Murni

    Hallo ko..
    Seminggu yg saya uda mendapatkan free visa taiwan. Dan kebetulan nama saya ga ada nama belakangan tetapi pada saat mengisi nama belakangnya, saya isi dengan nama saya sehingga di visanya tercetak nama saya jd double.itu gmn ya ko ?
    Apa bs pake visanya ?
    Trus ga bs pake apa saya bole ajukan ulang free visanya ?

    Reply
      • Janly

        Maaf, ini sama kasusnya dengan Murni, Huruf depan nama saya beda dengan paspor, sudah cetak sebulan lalu, mau berangkat 3 hari lagi, bisa ajukan ulang lagi kah ? trimakasih atas jawabannya ya

        Reply
  24. Haryanti Ling

    Halo…saya mau tanya….saya sudah mempunyai visa korea tahun 2017…saya akan berangkat ke taiwan tgl 8 juni 2018, tadi malam saya mengajukan bebas visa online, tapi kenapa punya saya ngak di appoved ya, katanya suruh hubungi kedutaan lokal,..trus punya keluarga saya yang lain sudah di appoved ( dengan visa korea 2017 juga)… Mohon sharing nya ,apakah ada teman2 yg juga mempunyai pengalaman yg sama? Jadi dag dig dug nih….mohon masukan nya ,,, apakah ada kesalahan pada waktu pengisian formulir atau yg lain2….thank you

    Reply
  25. Delny

    Pak frenkey mau tanya donk. Saya kan sudah ada visa jepang, korsel dan schengen yg keluar th 2013-2017.
    Nah kalau saya apply free visa taiwan, tapi saya belum beli tiket, bisa gak ya? Kan cuman tinggal masukkin no flight saja kan yak? Soale agak worry kl gak dpt visa taiwan sih. Terima kasih banyak sudah di jawab pertanyaan saya.

    Reply
      • RS

        kalau setelah kita masukan no flight, ternyata berangkat di hari H no flight berbeda bagaimana ya?

        Reply
          • RS

            saya rencana berangkat pertengahan Agustus 2018, kalau saya ajukan sekarang berapa lama masa berlaku visa taiwan tersebut? karna untuk tanggal pasti saya masih belum tahu dan tiket juga masih belum beli.

            Reply
  26. suriani pink

    Ko, klo apply free visa taiwan, no visa jrpang yg dimasukkan nomor yg ada di sudut kanan atau no issue? Thank you..

    Reply
  27. Rahayu

    Maaf pak, apa bnar, klo bkin visa ke taiwan itu bisa dngan identitas lain? Misalnya krna kita belum memiliki ktp, bgaimna penjelasan pak?

    Reply
  28. indrajaya

    Pak Frenky, kalau belum pernah ke taiwan apakah bisa kalau mengajukan visa langsung ke multiple visa? supaya kedepan tidak bolak balik, terimakasih

    Reply
      • Indrajaya

        Tidak memenuhi syarat pak Frenky, untuk dapat visa bebas nya. Rencana saya sekalian belajar bahasa, sesekali akan ke taiwan. Cm untuk apply visa taiwan apakah bisa lgs multiple? Atau single visa dulu? Terimakasih reply nya

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau masalah bisa langsung multiple atau engga nya, saya engga paham juga. Tapi kalaupun dapat single entry Visa Taiwan dan expired kurang dari 10 tahun, bisa dipakai masuk Taiwan berulang kali pakai cara di post ini.

          Reply
  29. Michael

    Kalau menggunakan visa korea, input nomer visa korea itu yang mana ya??
    Ada yang tulisan tinta hitam (13 digit) dan ada tulisan tinta merah (9digit yg diawali 1 huruf hangul).
    Please help

    Reply
  30. Will

    Ko Frenkey mau nanya donk, kalo mau ajuin Visa Taiwan online pake Visa waiver japan, nomor yg dimasukin itu nomor yg tertera di visa waiver registrationnya atau nomor yg ada di sticker landing permissionnya waktu sampai di Japan ya ?
    Thanks.

    Reply
  31. yosella tjung

    Pak frengky papa sama punya visa Amerika yang sudah expired tahun 2013. apakah masih bisa di ajukan tuk dapatin visa Taiwan gratis online?
    thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup bisa memakai Visa Amerika Expired buat masuk Taiwan, tinggal ikutin step by step di post ini ya.

      Reply
      • Sarah

        Ko, mau tanya, kalau surname itu nama belakang, kenapa di form nya nama depan/surname ya?
        Jadi isinya bagaimana ya? :confused:

        Lalu, kalau teman saya yg hanya punya 1 nama sudah terlanjur isi nama depan dan belakang nya sama, apa akan ditolak masuk nantinya? Tapi sudah dapat konfirmasi approved.

        Thx

        Reply
        • Frenky Post author

          Salah pengetikan aja itu. Lebih baik dan biar pasti di buat ulang aja konfirmasi approved nya dengan satu nama.

          Reply
  32. Vera

    Untuk Flight Number, jika saya ada transit dulu dari Indonesia-Malaysia, Malaysia-Taiwan, ditulis yang mana ? Pesawat 1 atau ke-2 ?

    Thank you

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: