Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

Untuk memasuki negara Taiwan sebagai turis dengan menggunakan paspor biasa / e-paspor umum membutuhkan yang nama nya Visa Taiwan, singkat kata Visa itu adalah ijin masuk ke sebuah negara sedangkan Paspor hanyalah sebuah identitas. Kabar baik nya Taiwan memberikan Bebas Visa selama 30 hari untuk para wisatawan / turis Indonesia yang ingin menikmati wisata kuliner dan keindahan alam Taiwan.

Untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi ya sebenar nya Visa Taiwan ini tidak sepenuh nya murni Bebas Visa cuma modal paspor aja layak nya berkunjung ke negara-negara ASEAN ( Singapura, Malaysia, Thailand, Dll ). Tapi syarat dan ketentuan mendapatkan Visa Taiwan ini mudah banget, yang penting harus memenuhi syarat utama berikut terlebih dahulu :

SYARAT UTAMA BEBAS VISA TAIWAN

  • Paspor pemohon berlaku enam bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki tiket pesawat atau tiket kapal perjalanan pulang pergi.
  • Pemohon tidak pernah dipekerjakan sebagai pekerja pabrik/buruh di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki sertidaknya salah satu dari Visa yang dikeluarkan oleh negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen
    • Kartu izin tinggal sementara atau kartu izin menetap yang masih berlaku
    • Visa masuk yang sah (visa elektronik diperbolehkan)
    • Kartu izin tinggal atau visa yang telah berakhir kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Untuk pemegang Visa Taiwan yang Telah BERAKHIR KURANG dari 10 tahun dan tidak pernah melanggar peraturan di taiwan ; pemegang visa dengan kode 「fl」 (Buruh) , kode 「x」 (Dan lain-lain) atau Visa Residen Pekerja Pabrik / Buruh di Taiwan Tidak diperbolehkan mengajukan aplikasi visa online ( Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC).

 * * * * *

Jika syarat utama di atas sudah terpenuhi, maka langkah berikut nya adalah membuka link pendaftaran Bebas Visa Taiwan nya di sini :

https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

1. Pilih Bahasa Indonesia

2. Baca syarat dan ketentuan nya dengan teliti

Syarat Bebas Visa Taiwan

Syarat Bebas Visa Taiwan

3. Isi formulir aplikasi Visa Online Taiwan dengan data yang sesuai dan benar

NOTE : Jika hanya punya 1 nama, cukup isi nama depan saja, nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. Nama depan dan belakang jangan di tulis berulang ya!

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

4. Jika Visa Taiwan Online sudah di setujui ( Approved ), print / cetak dokumen Visa Taiwan Online tersebut untuk di bawa beserta tiket pesawat keluar Taiwan ketika berada di konter Imigrasi Taiwan

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

* * * * *

Pengalaman pribadi, gue mendaftarkan aplikasi Bebas Visa Taiwan ini di tanggal 04 Oktober 2017. Lalu di hari H keberangkatan ke Taiwan di tanggal 05 November 2017, mulai dari konter maskapai penerbangan, dokumen Sertifikasi Visa Taiwan ini beserta tiket keluar Taiwan dan Visa Jepang gue juga di cek karena gue memasukkan nomor Visa Stiker Jepang gue sebagai persyaratan mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini.

Sesampai nya di imigrasi Taiwan di Bandara Taoyuan, dokumen yang sama gue serahkan kembali dan tidak ada masalah sama sekali sih, lancar jaya jadi sudah terbukti syarat Bebas Visa Taiwan itu sangat mudah! Nih bukti nya gue lancar jaya masuk ke Taiwan pakai Visa Jepang Single Entry yang sudah expired yang gue dapatkan di tahun 2015 :good:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Bebas Visa Taiwan

Q : Bagaimana jika tidak memiliki Visa negara berikut ( Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ) dan Schengen ?

A :  Berarti harus mengajukan Visa Taiwan dengan melampirkan persyaratan yang tertulis di website TETO Jakarta dan membayar uang Rp 650.000 ( Single Entry ) – Rp 1.300.000 ( Multiple Entry ), berikut link detail nya :

  1. Macam-Macam Jenis Visa Taiwan ( http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/137.html )
  2. Syarat Visa Taiwan Wisata / Turis ( http://www.roc-taiwan.org/uploads/sites/60/2016/05/20160714_02_Visa_Wisata_Tourist.pdf )

 

Q : Apakah Visa Waiver Jepang ( E-Paspor ) berlaku untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini ?

A :  Ya berlaku, sesuai yang tertulis di point nomor 9 ketika registrasi Visa Taiwan Online, “Warga Negara Indonesia yang memiliki pendaftaran bebas visa Jepang ( Japan Visa Waiver Registration) yang sah berhak untuk mendapatkan Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC.”

 

Q : Apakah Visa Taiwan Online ini perlu di cetak ( print ) ?

A :  Ya, sangat WAJIB untuk di cetak dokumen Visa Taiwan ini, beserta tiket pesawat keluar dari Taiwan karena kedua dokumen ini akan di cek secara detail oleh imigrasi Taiwan.

 

Q : Bagaimana cara pengisian nama di formulir jika HANYA punya 1 nama ( Contoh : GANTENG )?

A : Cukup isi kolom nama depan saja, untuk nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. NOTE : JANGAN ISI NAMA BERULANG ( DOUBLE ) di kolom nama depan dan belakang

  • nama depan/Surname : GANTENG
  • name belakang/Given Name : [ isi dengan spasi ]

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam mendapatkan Bebas Visa Taiwan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

45 thoughts on “Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan

  1. all

    Gan, mau tanya ini kan visa taiwan udah di approved, tapi belum sempat di print nah filenya hilang ini, apakah bisa ajukan ulang atau gimana ya gan? Tolong infonya yq terima kasih

    Reply
  2. Ric

    Hi Frenkey =) thank you blog nya informatif banget

    Tapi aku mau tanya 1 hal

    Aku ad visa canada dan korea di paspor lama. Ga masalah kan untuk ngajuin bebas visa?

    Ato visanya itu harus ada di satu paspor yang sama?

    Thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Walau bukan pengalaman pribadi, tapi gpp sih harus nya, paspor lama nya di clip aja dengan paspor baru gitu. Nanti kalau udah berhasil masuk taiwan, tinggal lepas lagi aja paspor lama nya.

      Reply
  3. Andreas

    Blog nya keren.. informatif.. gak pelit ilmu
    Baca semua full ttg travel2 …. :star:

    semoga terus menulis ..sangat bermanfaat buat yg blom pernah travel..

    Ada gak rencana ke australia… nanti saya gabung deh kalau ada..

    Thank you.

    Reply
  4. Andre

    Halo frenkey,terimakasih info ny sangat membantu..mau nanya nie..saya sudah print certificate ROC nya,apakah saya perlu mengisi online arrival card?apakah nanti begitu sampai taiwan ada arrival card yang manual?terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga perlu, nanti isi arrival card nya langsung di bandara taiwan aja, kertas nya ada di depan konter imigrasi, isi manual pake tangan.

      Reply
  5. Erma

    Hi.. mau tanya nih. Kalo sy kan tahun 2015 ada visa korea,trus di visa.korea sebelah kanan atas ada kode yg harus ditulis tapi dibawahnya ada 4 angka lagi , itu apa jg harus ditulis ? Thanks before ^^

    Reply
  6. caroline

    halo … saya mau tanya mengenai visa Taiwan…

    bolehkah saya mengajukan visa Taiwan online (punya visa korea 2016 dan jepang 2014) , tp belum punya tiket pergi dan pulang dari Taiwan? karena kalo saya baca, tiketnya itu hanya dilihat pas hari H perjalanan (biar tenang aja sih dah punya visa). Diajukan awal feb, tp utk kepergian awal Mar bisa kan ya, krn valid selama 6 bulan?

    trims before

    Reply
    • Frenky Post author

      Lebih baik beli tiket nya dulu aja baru apply visa taiwan online nya, buat visa taiwan online nya juga cuma 10 menit udah jadi.

      Reply
  7. Joko

    Mas Frenkey,

    Mantab sekali informasinya Mas.

    Mas mo tanya, Saya pernah ditolak waktu apply E-Visa ke Georgia dan Armenia. Setelah trip dari Russia dan mampir ke Azerbaijan, rencana mau lanjut buat Caucasus Trip (Georgia dan Armenia).

    Karena kasus tersebut saya jadi pingin tahu. Misal, saya ingin apply Visa Taiwan Online karena saya punya Visa Waiver Jepang. Nah kalo misal (mudah2an gak terjadi) ditolak, karena sudah beli tiket dan hotel apakah saya masih bisa apply visa ke kedutaan Taiwan langsung? Meningat di database mereka pengajuan visa saya ditolak. trims

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga ada masalah sih apply langsung, tapi kemungkinan nya kecil banget di tolak pas apply visa Online nya mah kalau udah punya visa waiver Jepang.

      Reply
  8. Tina

    mau tanya nih.. untuk ROC travel authorization certificate nya itu ketika sudah di apprive dan sudah kita print, apa bisa langsung dipakai atau ada waktu tertentu baru bs dipakai?

    Reply
  9. rin

    Halo..frenky… Ortu akhir thn 2016 br balek dr taiwan.ini ada rencana bln maret mo kesana lg.bisa gak approve free visanya. Paspor yg ada visa Taiwannya jg masih ada. Trus kl mohon biasa brp lama ya br keluar visanya.tkss

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo, bisa masuk Taiwan lagi memakai Visa Taiwan yang sudah expired tersebut. Buat dokumen perjalanan ROC sesuai yang di post ini terlebih dulu ya, langsung jadi sih dokumen nya, cuma nunggu 5 menit aja ( paling lama ).

      Reply
  10. irvan

    hi frenkey mau tanya saya tahun 2014. penah ke taiwan. apakah saya bisa free urus roc ? trus paspor lama saya yg ada visanya hilang. jadi saya harus gimana? terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Tetap harus submit dokumen perjalanan ROC sesuai dengan yang tertulis di post ini ya lalu di print dokumen tersebut beserta tiket pesawat nya.

      Reply
  11. himan

    Hi frenky maaf mau tanya saya punya visitor visa new zealand yang expired tahun 2014 sekarang apa masih bisa untuk apply roc taiwan . Trims

    Reply
  12. Ailice

    Hi Frenky,
    :hi:

    mau nanya dong… waktu itu kakak aku ada tugas kerja 3 bulan ke belanda. brarti ini kalo ada visa kerja schengen tahun 2016 masih bisa ya untuk bebas visa ke taiwan d taun 2018? Thankssss

    Reply
  13. Widi

    Halloo ..
    SAya mau tanya.
    sy sudah beli tiket jkrta-taipei 30 maret-15 april 2018 (2 minggu) . Sbnrnya ada urusan cm seminggu.
    Nah tgl 7 april dr taipei sy ke korea pulangnya ke taipei lgi. Jdi tiket jkt-taipei pp, taipei-korea pp
    Brrti khn 2x tuh masuk taipei (multiple entry). Aplikasi itu berlaku sekali masuk ajaa (single entry) atau bs multiple entry?? Atau hrs submit 2x sesuai tanggal kedatangan?? Terimakasih

    Note: ak udh ada visa korea japan sblmnya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau di keterangan sertifikasi perjalanan ROC nya sih tertulis multiple entry ya, jadi ya ga perlu submit 2x, tapi kalau ragu, mgkin bisa email ke kedutaan taiwan nya.

      Reply
  14. Yana

    Hai frenky..mau tanya dong…utk pembuatan ROC itukan online ya..trs begitu kita selesai isi data lgsg di approve atau hrs nunggu lg ?

    Trs visa yg hrs di cetak itu bisa keluar dan di print ga ya walaupun blm di approve ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Yes online, approve nya engga pake nunggu kok, langsung saat selesai submit dan finalize pengisian data nya, langsung status approve.

      Kalau engga di approve jangan di cetak ya, arti nya harus apply visa taiwan nya manual ke kamar dagang ROC. Kalau approve ya boleh langsung di print saat itu juga.

      Reply
  15. Lisa

    Haii ka frenky sy may Tanya nich
    Sy ahir thn 2015 Baru pulang Dr Taiwan
    Sekarang pengen ksana lg,apa harus buat visa Baru lg thank

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi, kalau sudah pernah mendapatkan Visa Taiwan di 2015 ( tapi bukan Visa TKI / Buruh / Pelaut ), bisa mendaftarkan Visa Taiwan nya yang sudah expired untuk mendapatkan sertifikasi travel ROC, cara-cara pendaftaran nya ikuti saja seperti di post ini ya.

      Reply
  16. Ryu

    Halo mau tanya jadi misal kita memiliki visa yg sudah expired misal visa japan, jadi visa japan gw single entry br expired beberapa bulan lalu bisa ya? Untuk mengajukan roc (taiwan) ? Dgn visa japan yg sudah expired? Thanks 🙏🏻

    Reply
  17. handoko

    hy frenky. misalnya kita tidak pergi ke jepanh cuma dapetin visa jepangnya.lalu daftarin ke roc taiwan itu memang bisa? thx

    Reply
  18. Katsuki

    oi frenky,

    mantan jcss nih.
    klo gw ada visa taiwan thn 2014 (passport lama) mmg bisa free visa taiwan? langsung aja atau msti daftar ke TETO lg?

    soalnya uda ganti passport baru elektronik.
    thx

    Reply
    • Frenky Post author

      oi shifu JCSS (m)(V_V)(m)

      Kalau udah pake e-paspor, mending registrasi visa waiver Jepang ( buat dapat bebas visa Jepang 15 hari ) di paspor nya, terus tinggal daftar sertifikasi perjalanan nya pakai Visa Waiver Jepang itu deh, step by step nya ikutin aja yang di post ini sisa nya.

      Reply
  19. Julies

    Hallo frenky…
    Nanya juga donk.. kl sy juga sama nih kaya km.. punya visa jepang yg udah exp 2 taon lalu, udh keluar juga ROC nya… nah, perlu ke kedutaan taiwan lagi ga sih untuk ditempel visanya?
    Pls answer ya… thank u frenky..

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga perlu datang ke kedutaan Taiwan di Indonesia lagi sertifikat perjalanan ROC nya sudah di approve. Cukup di cetak ke kertas saja sertifikat perjalanan ROC sama tiket pergi pulang dari Taiwan nya ya.

      Kalau masuk taiwan pakai sertifikat perjalanan ROC ini, tidak ada visa sticker yang di tempel ke paspor kita ya, cuma di kasih cap ijin masuk Taiwan aja selama 30 hari ketika di imigrasi di bandara Taiwan nanti nya.

      Reply
  20. lisa

    hi, frenkey, mau tanya nih karena bingung. maksudnya ini apply via taiwan memakai via jepang yg expired tahun 2015 ? mohon penjelasannya. salam

    Reply
    • Frenky Post author

      Yes benar, saya dapat sertifikasi perjalanan untuk masuk ROC ( Taiwan ) dengan visa jepang single entry yang sudah expired di tahun 2015. Selebih nya tinggal ikuti yang tertulis di post ini ya.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: