Hari 11 : Busan ( Yonggungsa Temple, Haeundae Beach and Market )

Tidak terasa gue sudah berada di Korea Selatan selama 11 hari dan sedih nya ini merupakan hari terakhir untuk berwisata di Busan sekaligus di Korea karena keesokan hari nya gue dapat flight pagi sehingga gue pun berniat menyelesaikan misi mencoba makan sup ayam ginseng dan merasakan mandi bersama-sama ala Korea yang di sebut Jjimbilbang agar tidak penasaran lagi :yeah:

* * * * *

Itinerary Keliling Busan (26 October 2014) SelectShow

Berangkat dari penginapan jam 10.00 dengan sarapan seada nya yaitu roti yang di beli kemarin malam sama satu gelas kopi yang di dapat gratis dari penginapan. Tidak lupa membeli “One Day Pass – Busan” kembali seharga 4.500 Won karena destinasi yang di tuju lumayan jauh-jauh dari Gupo Station. Tujuan pertama yang di tuju hari itu adalah Yonggungsa Temple ;)

* * * * *

Yonggungsa Temple

Direction ( Subway ) : Haeundae Station (Busan Subway Line 2), Exit 7. Take Bus 181 and get off at Yonggungsa Temple.

Yonggungsa Temple

Yonggungsa Temple

Menurut gue tempat ini wajib buat di kunjungi ketika berkunjung ke Busan karena pemandangan nya bagus banget dan tiket masuk nya GRATIS! Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat ini bukan?

Tempat ini ketika gue kunjungi cukup ramai suasana nya sejak mulai dari naik bus 181 hingga sudah sampai di Yonggungsa Temple nya seperti nya karena faktor hari Minggu. Yang agak membingungkan mungkin adalah ketika harus menentukan di mana titik turun nya ketika naik bus 181, saran gue adalah jika para penumpang banyak banget yang turun, langsung ikutin turun saja, karena seingat gue informasi di bus nya menggunakan bahasa Korea jadi cukup membingungkan gitu :sweating:

Stick Ayam dan Gurita BBQ, Kue isi Kacang Merah, Sosis Bakar, Aksesoris khas Korea

Stick Ayam dan Gurita BBQ, Kue isi Kacang Merah, Sosis Bakar, Aksesoris khas Korea

Ketika sudah turun dari bus 181, lalu di lanjutkan jalan menanjak sekitar 10 menit dan akhir nya baru sampai lah di pintu masuk Yonggungsa Temple. Di pintu masuk di sambut oleh berbagai penjual makanan yang asli bikin ngiler banget dah! Akhir nya gue tergoda buat beli 1 stick Ayam BBQ seharga 3.000 Won karena kebetulan juga sudah lapar.

Lalu maju sedikit akan di sambut oleh deretan patung yang menggambarkan shio, gue sendiri yang ber-shio kuda tidak lupa mengabadikan foto bersama si patung kuda. Tidak jauh dari deretan patung, terlihat ada antrian orang yang mengular panjang untuk masuk ke gerbang berikutnya untuk menuju temple utama nya.

Sambil berjalan pelan-pelan karena banyak antrian di depan, gue melewati patung Budha yang kata nya akan memberikan anak laki-laki jika perut nya di pegang, lalu kemudian melewati jembatan yang di sebelah kanan nya terdapat dua lubang yang kata nya jika ada yang bisa melempar koin masuk ke dalam lubang tersebut akan mendapatkan keberuntung, gue mencoba melempar koin 100 sebanyak 3x dan semua nya gagal :lonely:

Shio Kuda dan Deretan Shio Lain nya di Yonggungsa Temple

Shio Kuda dan Deretan Shio Lain nya di Yonggungsa Temple

Budha Pemberi Anak Lelaki dan Tempat Lempar Koin Keberuntungan

Budha Pemberi Anak Lelaki dan Tempat Lempar Koin Keberuntungan

Dan setelah melewati jembatan itu akhir nya sampai lah gue di titik utama Yonggungsa Temple, tinggal pilih mau ke arah mana, karena banyak yang bisa di explore di tempat ini. Di sini ada beberapa aktivitas yang bisa di lakukan mulai dari memandikan patung Budha kecil, menulis harapan yang di inginkan di bronze plate ( bayar ), makan di restoran dengan view pinggir laut atau naik  108 anak tangga untuk mencapai titik teratas untuk foto narsis :wow:

Gue memilih opsi terakhir untuk naik 108 anak tangga untuk ke atas dengan tujuan utama tentu saja foto-foto karena di dukung cuaca yang sangat bagus sekali saat itu. Setelah sampai di titik atas tanpa keringat karena udara dingin, gue melihat ada patung Budha dan Dewi Kwan Im dan terlihat banyak orang lokal Korea sedang berdoa di depan patung tersebut. Tidak mau mengganggu kegiatan mereka, gue kemudian memilih foto-foto  di spot lain ;)

Haedong Yonggungsa Temple - Busan

Haedong Yonggungsa Temple – Busan

View Yonggungsa Temple dari atas

View Yonggungsa Temple dari atas

Selfie dulu :)

Selfie dulu :)

Total 2 jam gue habiskan untuk explore Yonggungsa Temple dan sesudah nya perjalanan pun berlanjut untuk menuju Haeundae Beach untuk melihat cewek Korea ber-bikini :crot:

* * * * *

Haeundae Beach and Market

Direction ( Subway ) : Haeundae Station (Busan Subway Line 2), Exit 5 then Just Go Straight for 5 minutes walk

Haeundae Beach

Haeundae Beach

Petunjuk jalan dari exit subway untuk menuju Haeundae Beach sangat jelas sehingga tidak perlu takut untuk nyasar. Sepanjang jalan dari exit subway hingga menuju Haeundae Beach, di kiri kana terdapat banyak rumah makan, pasar swalayan dan kadang-kadang terdapat penjaja makanan kaki lima yang makanan / minuman nya terlihat menggiurkan.

Mampir sebentar ke toko Daiso untuk melihat-lihat siapa tau ada yang bisa di beli, akhir nya iseng beli sendok + sumpit isi 5 masing-masing seharga 3.000 Won sama 1 botol minuman seharga 1.000 Won karena walau suhu udara nya dingin saat itu tapi terik matahari nya lumayan terasa sehingga jadi buat cepat haus :dead:

Dari jauh sudah terlihat hamparan pantai yang luas dan pasir putih, gue pun mempercepat langkah karena tidak sabar melihat cewe Korea ber-bikini #halah, tapi ujung-ujung nya malah engga ketemu sama sekali seperti nya karena faktor udara dingin jadi nya orang sana cuma duduk santai saja.

Narsis @Haeundae Beach

Narsis @Haeundae Beach

Karena tidak ada yang menarik untuk di lihat, akhir nya gue cuma numpang lewat aja Haeundae Beach untuk mencari lokasi tempat makan sup ayam Ginseng atau kalau dalam bahasa Korea nya di sebut “Samgyetang”. Bermodalkan Wifi Gratis di sekitaran Haeundae Beach ini dan Google Maps akhir nya gue menemukan satu restoran bernama “Haeundae Somunnan Samgyetang” yang tidak terlalu jauh lokasi nya dari Haeundae Beach.

Haeundae Somunnan Samgyetang Restaurant

Haeundae Somunnan Samgyetang Restaurant

Ginseng Chicken Soup

Ginseng Chicken Soup

Interior Dalam Restaurant

Interior Dalam Restaurant

Gue memesan makanan yang bernama “Hanbang-Samgyetang” ( Ginseng Chicken Soup with Medicinal Herbs ) seharga 14.000 Won satu porsi nya. Untuk rasa Ginseng nya sendiri gue tidak bisa menggambarkan nya karena rasa nya cukup baru tapi yang pasti tidak pahit, manis dan asam. Waktu makan sup Ginseng Ayam ini yang lebih dominan terasa adalah rasa ayam nya karena porsi ayam nya banyak banget, pokok nya recommended banget ini menu! -Mission Completed to eat Ginseng Chicken Soup- :star:

Perjalanan kemudian di lanjutkan kembali untuk menuju Haeundae Market yang lokasi nya juga tidak jauh dari restoran ini. Dalam perjalanan gue tidak sengaja menemukan Mobil “Tourist Police” dan ada seorang petugas yang menyapa gue karena kebetulan berpapasan ketika gue sedang mem-foto keadaan sekitar. Petugas “Tourist Police” ini bertugas membantu turis yang sedang kesulitan ( Detail nya dapat di baca pada link berikut : Link Tourist Police ), sektor pariwisata Korea Selatan memang sangat di perhatikan pemerintah nya ;)

Mobil Tourist Police di sekitar Haeundae Beach

Mobil Tourist Police di sekitar Haeundae Beach

Haeundae Market

Haeundae Market

Setelah sampai di Haeundae Market, gue pun langsung gerak cepat untuk mencari harga termurah Susu Pisang Binggrae dan snack lain nya karena akan di jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dan ternyata memang benar prediksi gue kalau harga termurah nya bisa di temukan di sini, untuk 1 kotak ( isi 4 susu ) di harga 4.000 Won, jadi lah gue sama teman gue memutuskan beli semua oleh-oleh makanan di sini yang ujung-ujung nya sampai beli nya 1 kardus :ngakak:

Susu Pisang "Binggrae" yang rasa nya enak banget

Susu Pisang “Binggrae” yang rasa nya enak banget

Karena sudah selesai urusan belanja oleh-oleh di Haeundae Market, kemudian kita memutuskan kembali ke penginapan untuk menaruh kardus oleh-oleh di penginapan lalu langsung berangkat untuk misi berikut nya yaitu mencoba acara mandi telanjang bersama orang Korea atau dalam bahasa Korea nya “Jjimbilbang”, pengalaman nya dapat di baca pada link berikut : Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea )

Dan sedih nya makan malam hari itu di tutup hanya dengan makan burger Lotteria sama otak-otak ikan “kaki lima” padahal niat awal nya mau cobain terakhir kali nya Barberque ala Korea lagi, tapi sudah tutup karena kemalaman sampai nya :wait:

Burger Lotteria dan Otak-Otak Ikan

Burger Lotteria dan Otak-Otak Ikan

Berakhir lah sudah petualangan gue selama 11 hari di Korea, untuk hari ke 12 karena Flight Pagi di Gimhae International Airport jadi nya tidak ada bisa di ceritakan lagi :siul:

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya ( 1 Won = Rp 11,8 )
1. One Day Pass – Busan ( Subway ) 4.500 Won
2. Stick Ayam BBQ ( 3.000 ), Kue Kacang Merah ( 2.000 ) di Yonggungsa Temple 5.000 Won
3. Sumpit ( 3.000 ), Sendok ( 3.000 ), Minuman Botol ( 1.000 ) di Daiso 7.000 Won
4. Sup Ayam Ginseng 14.000 Won
5. Jjimbilbang di Shinsegae Spa Land 10.000 Won
6. Burger Set ( 6.000 ), Otak-Otak Ikan ( 1.000 ) 7.000 Won
Total 47.500 Won = Rp 560.000

23 thoughts on “Hari 11 : Busan ( Yonggungsa Temple, Haeundae Beach and Market )

  1. Choa

    Hi Frenky,
    Planning mo beli ticket airasia promo ke Korsel. Rencananya si start nya dari KL- Busan baliknya dari Seoul-KL
    Bisakah bantu nyusun itenerary nya?? Estimasi 7hari perjalanan full day (sdh dikurangi hari di pswt)
    Thanks before

    Reply
  2. Yulimaddi

    Hi Frenky,

    penasaran sama harga susu pisangnya hahaha. emang bedanya jauh banget ya kalo beli di busan sama di seoul? rencananya april kesana tapi langsung ke busan dulu sehari baru ke seoul, males aja kalo baru hari pertama udah jajan oleh2 hahahah.

    Btw, nice info!!! Thank you yaaa

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga beda jauh sih, di Seoul juga banyak yang jual susu pisang murah, tinggal cari aja pasar tradisional gitu, harga nya lebih murah di banding beli diminimarket.

      Reply
  3. Mimin

    Wwwwuuuuiiiihhhh traveling korsel nya keren mas bro…Ntar klo ke sana lg aq ikut ya..hahahahaha😄😄😄
    Blog yg kya gini yg dr dlu aq cari2,yg share perjalanan nya lengkap banget,dr bikin visa korsel smpe cara masuk sauna dan yg terjadi d dlm nya..keren dah…makasih banget lho cerita nya…
    Oh iya kemaren pas nyari info penginapan sma rute bus nya itu kya gimana mas??tau nya pas sdh nyampe d sana ato msh d indo??

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai hai,

      Kaya nya ke Korea bakal masih lama lagi ya, pengen nyoba negara2 lain nya yang belum pernah di kunjungi haha..

      Nyari info nya sejak dari Indonesia udah di cari tau rute2 nya terus bikin coretan kasar aja. Pas hari H nya mau ke tempat nya tinggal ikutin petunjuk yang ada, terus coba-coba aja, kalau nyasar pasti ada ya, cuma nama nya jalan-jalan, di bawa enjoy saja~ :ngakak:

      Reply
  4. Adi Wijaya

    Nanya lagi dunk hahahahhaha

    Kalau busan 1 hari full cukup gak???? Malam balik ke seoul.

    Thank you…. :ahaaah:

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa2 aja sih PP Seoul – Busan – Seoul dalam 1 hari, tapi arti nya harus naik KTX which is harga one way tiket nya sekitar 450-550rban.

      Ya semua tergantung rela engga habisin duit segitu dalam 1hari :peace:

      Reply
  5. Snovi

    Suka deh baca tulisan travelingnya.
    Btw beli busan one day pass nya di mana yah ? Apa bisa beli di hostel / tempat kita nginep ?
    Thanks

    Reply
  6. Joko Pratmo

    halo frenky, nanti tgl 2 mei saya di jeju sampai tgl 4, nahh tgl 4 sampai tgl 11 saya di seoul tp blom ada jadwal. bisa bantu share tmpt” bgus nga yah? trus apa wajib ke busan yah atau ada kota lain yg lbh bgus dari busan? mohon infonya. thanks.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Joko,

      Karena selera orang beda-beda untuk masalah tempat, coba baca cerita saya hari demi hari aja ya terus tinggal tentukan saja mau berkunjung tempat wisata yang mana. Wajib sih kalau menurut saya ke Busan, bosen kalau main di Seoul saja, alternatif main ke kota Sokcho, pemandangan nya juga bagus.

      Reply
  7. febby

    Kak.. 7-17 April 2017 saya berencana u/ jalan2 berdua dgn lowbudget..max 10jt buat backpakeran.. hahhahahaha.. :senang:
    Tlg bantu hotel murah yg recommend ya kak.. :wow:
    Mohon advise nya dunk kak.. kira2 keburu ga ych (waktu dan budget) kalo kami mau ke Jeju island jg..
    Thankyou so much.. :peace:

    Reply
  8. Yosua

    Mau tanya. apa boleh bawa oleh-oleh yang berbentuk cairan semacam banana milk? soalnya saya blm pernah naik pesawat :beg:

    trus rencananya (kalo visa approve) tanggal 27-31 oktober 2016 bakalan cuss ke korea

    Reply
    • Frenky Post author

      Boleh bawa oleh-oleh cairan tapi HARUS masuk bagasi ya. Dan juga packing cairan nya harus rapat dan ketat ya.

      Jadi kalau misal nya bro mau bawa oleh-oleh cairan nya pake kardus gitu, kardus nya jangan lupa di wrap plastik pas di bandara.

      Reply
      • ahmad

        berarti semua binggrae yang agan frenkey bawa pulang masuk bagasi diwrap juga?
        biaya wrap 1 kardus apakah masih ingat?
        terima kasih

        Reply
  9. Rere

    Hallo frenky,

    Semua postinganmu bermanfaat sekaliii…. superrrrrr..
    Mau tanya tentang trip ke Seoraksan, kalau misalnya dari Seorak ke Gyeongju apakah ada bus malamnya?
    Trus Busan itu worth visiting gak yah? karena kita lagi bingung antara milih Busan apa Jeju gitu.. kalo bisa kita mau ke Busan dari Gyeongju, tapi waktunya mepet banget gituuu

    Mohon pencerahannya yaa..

    Kamsiaaa :yeah:

    Reply
  10. Dewi yulia

    Rencana mau Berlibur dgn anak ber 3 org dewars a ke Korea 4 hari. Mhn info kemanakah yg Wajib n special bs Kita kunjungi. Dg wkt kunjungi yg singkat n yang saku yg tidal banyak. Terimakasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Dewi,

      Karena tidak di jelaskan detil penerbangan nya, jadi asumsi 4 hari bersih di Seoul ya :)

      Hari 1 : Nami Island, Petite France, ( Garden of Morning Calm – Tentatif liat waktu )
      Hari 2 : Gyeongbokgung Palace, Deoksugung Palace, Changdeokgung Palace, Changgyeonggung Palace
      Hari 3 : Everland Theme Park
      Hari 4 : Bukchon Hanok Village, Cheonggyecheon Stream, Namsan Seoul Tower

      Reply
  11. Deassy

    Wuahhh :good:
    makasiiiii bangettttt udah share se detail-detalnya
    secara ngga langsung lo jdi tour guide nihh
    pass banget buat kunjungan gw bulan september ntar
    thank you very kamsaaaahhh yaa abang keceee :peace: :bye:

    Reply
    • Frenky Post author

      Wuahhh gw senang banget loh dapat reply komentar seperti ini :yeah:

      Jadi bikin tambah semangat sharing, thank you ya pujian nya mbaaa cantikkk :shy: :ngakak:

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: