Bebas Visa Jepang dengan E-Passport

Visa adalah syarat tambahan bagi pemegang passport untuk dapat masuk ke negara lain. Jepang, negara yang sudah terkenal jadi tujuan wisata orang Indonesia yang terkenal akan wisata sakura dan teknologi nya yang sangat modern juga memberlakukan harus memiliki Visa bagi pemegang Passport negara Indonesia untuk dapat masuk ke Jepang.

Tapi ada kabar gembira untuk pemegang E-Passport ( Electronic Passport ) Indonesia karena sejak tanggal 1 Desember 2014 ( Berita Bebas Visa dari Kedutaan Jepang ), Jepang mulai memberlakukan BEBAS VISA durasi maksimal 15 hari per kedatangan hanya untuk pemegang E-Passport dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan E-Passport ini sangat jauh lebih mudah di bandingkan harus apply Visa dengan Passport biasa ( Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ).

E-Passport vs Passport Biasa

E-Passport vs Passport Biasa

Sebelum dapat menggunakan Bebas Visa Jepang ini, pemilik E-Passport Indonesia harus mendaftar terlebih dahulu E-Passport nya di Kedutaan Jepang. Nah sebelum datang ke Kedutaan Jepang, isi form berikut ( Link Form ) dengan lengkap lalu datang ke Kedutaan Jepang di rentang jam 08.30 ~ 12.00

Sesampai nya di Kedutaan Jepang, ambil nomor antrian untuk registrasi Visa Waiver Jepang E-Passport dan duduk manis hingga nomor anda muncul di layar antrian loket. Sesudah anda menyerahkan E-Passport dan selembar kertas form yang sudah di isi maka akan diberikan 1 lembar kertas kecil sebagai bukti telah menyerahkan dokumen ke petugas Kedutaan Jepang.

Proses registrasi Bebas Visa Jepang ini sangat cepat karena besok nya E-Passport ( 1 hari kerja ) anda sudah dapat di ambil, GRATIS dan langsung dapat di gunakan untuk masuk ke negara Jepang :cheer:

Visa Waiver Jepang

Visa Waiver Jepang

Yang perlu di perhatikan adalah maksimal durasi tinggal di Jepang dengan Visa Waiver ini HANYA 15 hari, sehingga anda berniat tinggal lebih dari 15 hari, maka anda harus apply Visa Jepang umum ( Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang )

21 thoughts on “Bebas Visa Jepang dengan E-Passport

  1. pandacipit

    Kak mau tanya nih.
    Kak kalau misalnya aku dan teman aku mau ke jepang. Bisa tidak kalau aku nitip buat visa jepang sma teman ?

    Reply
  2. Julita

    Kalau sudah ada e paspor dan visa, trus syarat ke jepang apa aja mas yg harus di isi di formulir, dan kita siapkan uang untuk bisa masuj jepang.

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau udah ada epasspor dan visa waiver, ya udah tinggal datang ke jepang aja, siapkan bukti booking penginapan dan sejumlah uang tunai yen ya.

      Reply
  3. Ricky A

    Kak, mau tanya donk utk apply e visa Jepang tsb apa perlu tunjukan juga Tiket pp lebih dulu ? Atau cukup bawa e Paspor kita dan isi form 1 lembar kedutaan Jepang ? Mohon infonya. Banyak terima kasih dan Salam.

    Reply
  4. sri

    hai.. salam kenal…

    thanks buat postingannya yang sangat membantu, izin tanya-tanya ya… masih awam banget tentang liburan ke luar negeri… hehhee
    ada rencana untuk liburan ke jepang di pertengahan tahun ini….
    jadi saya mau tanya nih untuk pengurusan e-passport, apakah bisa saya langsung membuat e-passport karna saya belum pernah membuat passport sebelumnya?
    terus mengenai visa waiver nya, kalau di jepang ada yang menanggung semua akomodasi dan tempat tinggal apakah butuh dokumen hardcopy seperti tiket keluar Jepang, booking penginapan, jadwal itinerary nya juga?? karna ini kunjungan pertama ke jepang…

    terimakasih sebelumnya……

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Bisa langsung buat e-paspor, tapi hanya Kantor Imigrasi tertentu ya yang melayani pembuatan e-paspor ini.

      Tidak perlu memberikan lampiran dokumen yang di sebutkan, cukup e-paspor + form registrasi saja sudah cukup. Dokumen yang disebutkan tadi itu ( mungkin ) perlu ketika sudah di meja imigrasi Jepang.

      Reply
  5. Nr

    Hiiii….

    Maret tahun depan planningny mau ke Jepang nih mas, tapi 2 temen saya berstatus pns, ada syarat lain ga utk pengajuan e pasport (ex. Surat izin pimpinan), trus kalo dr jepang mau langsung ke Korea enakny ngurus visa d Indonesia r pas d Jepang, thanks before 😊😊

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Ga ada syarat apa2 lagi ya buat pengajuan visa waiver dengan e-passport. Jelas harus ngurus visa korea nya di Indonesia, tidak akan bisa ngurus visa korea nya di Jepang.

      Reply
  6. Sinka

    Bang kalo kakak saya baru resign kerjaan browsing2 katanya kudu ngajuin surat keterangan domisili tuh buat bikin e-passport, nah mending statusnya diisi “belum bekerja” atau diisi “karyawan swasta” aja ya ntar tinggal melampirkan surat resign dari kantor gitu. Takutnya kalo kalo diisi belum bekerja ntar ngefek negatif takut dikira pengangguran jadi dipersulit (?) gimana ya bang solusinya

    Reply
    • Frenky Post author

      Wah sorry, engga ada informasi tentang visa waiver jepang ini ya, tapi kalau gue jadi kamu ya, gue bakal isi karyawan swasta aja, rasa nya kaga perlu kasih surat keterangan kerja, tidak ada masalah deh.

      Reply
  7. Tania

    Hi mas boleh tanya seputar E pasport apakah pd saat pengajuan visa waiver ada syarat jg saldo rek yg mengendap?

    Reply
  8. Sinka

    Thanks kak jawabannya, last question yaaa..

    Seputar e-passport kak, rencana mau bikin e-pass bulan ini sih tapi ke japan nya pertengahan februari so blm booking hotel maupun tiket pesawat. Pertanyaannya, apakah bisa nanti saat pengajuan e-pass tidak dilampirkan tiket pesawat maupun booking hotel krn saya ajukan pembuatan e-pass bulan ini? Jg nantinya apakah itinerary dan rekening koran mnjadi syarat pengajuan e-pass?

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga perlu sama sekali yang kamu sebutkan, cukup bawa E-Passpor dan Form pengajuan visa waiver yang sudah di isi, itu saja sudah cukup. Ntar pas kamu berencana ke Jepang, siapkan dokumen hardcopy seperti tiket keluar Jepang, booking penginapan, jadwal itinerary dan pasti nya sejumlah uang Yen, kemungkinan soalnya akan kena pengecekan random dari imigrasi Jepang terutama kalau first timer ke Jepang.

      Reply
  9. Sinka

    Thanks kak!

    Kalo dari kawaguchiko sta ke kawaguchiko lake / kaki gunung fuji apa ada kendaraan juga kah selain taxi? Atau masih bisa ditempuh dengan jalan kaki ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ada bus muter2 kawaguchiko lake sama saiko lake, beli tiket bus nya di kawaguchiko station. Jalan kaki juga bisa sih kalau buat titik2 yang dekat, tempat nya nyaman buat jalan kaki asal tidak hujan aja.

      Reply
  10. Sinka

    Halo kak,

    Mau tanya kalo dari haneda (datengnya malem terpaksa tidur di bandara) paginya mau langsung ke kawaguchiko apa ada kendaraan yg bisa digunakan langsung kesana? By bus gitu?

    Reply
  11. qq

    Halo, slam kenal.

    Thanks telah posting banyak hal yang sangat informatif di blognya
    Untuk pengajuan visa dengan e pasport sebaiknya berapa lama sebelum keberangkatan ya? apakah jika yang akan berangkat 3 orang (1 keluarga) bisa diwakilkan satu orang saja yang ke kedutaan? tks sebelumnya :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kalau E-Passport itu cukup mendaftarkan aja E-Passport nya ke kedutaan, bebas kapan saja, tidak ada batasan, yang penting perlu di ingat masa aktif Visa Waiver Jepang itu 3 tahun.

      Tidak ada masalah di wakilkan satu orang saja kalau 1 keluarga.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: