7 Alasan Kenapa Harus Datang ke BukitTinggi

Berbicara tentang BukitTinggi yang terbayang dalam pikiran anda mungkin adalah Jam Gadang. Tak salah memang, namun ternyata ada 7 Alasan lain kenapa anda harus berkunjung ke BukitTinggi, berikut alasannya:

1. Sejarah yang Kuat

BukitTinggi merupakan tempat kelahiran Bung Hatta. Bung Hatta merupakan salah satu bapak proklamator Negara Republik Indonesia. Seorang tokoh dengan ketenangan dan kesederhanaanya menjadi anti-teori terhadap pemimpin revolusi yang meledak-ledak. BukitTinggi menjadi tempat kelahiran beliau dan saksi tumbuh dan berkembangnya Bung Hatta.

BukitTinggi sumatera barat juga pernah menjadi kota pengendalian pemerintah darurat Republik Indonesia. Film tenggelamnya Kapal Van Derwick juga menjadikan BukitTinggi sebagai latarnya. Sejarah yang kuat juga berimbas kepada wisatanya, terdapat beberapa wisata sejarah di BukitTinggi seperti :

  • Goa Jepang
    Goa jepang merupakan salah satu tempat wisata di BukitTinggi peninggalan bangsa jepang . goa jepang dibentuk saat jepang menjajah bangsa indonesia. Goa jepang terletak di bukit sianok. Konon goa jepang pernah dijadikan tempat pertahanan tentara jepang saat perang dunia ke-2 .
  • Benteng Fort de Kock
    Benteng fort de kock merupakan benteng yang digunakan bangsa belanda untuk berlindung ketika menjajah bangsa indonesia. Benteng ini terletak di pinggir bukit jirek yang pada awalnya bernama sterrenchans.
  • Museum Rumah Adat Baanjuang
    Museum ini memiliki berbagai macam miniature rumah gadang, rumah makan dan surau yang unik dan menarik perhatian para pengunjung. Selain miniature di museum ini terdapat koleksi binatang-binatang aneh yang diawetkan.

2. Jam Gadang

Mau tidak mau, Jam Gadang pasti menjadi salah satu alas an mengapa anda harus ke BukitTinggi. Jam Gadang adalah tempat wisata di BukitTinggi yang paling terkenal dan tak pernah lupa untuk dikunjungi wisatawan. Jam Gadang merupakan salah satu peninggalan sejarah dan symbol dari kota BukitTinggi. Jam ini terletak di pusat kota BukitTinggi yang dikelilingi oleh sebuah alun-alun dan jika malam tiba Jam Gadang akan ramai dikunjugi oleh masyarakat.

Keunikan dari Jam Gadang adalah jika pada umumnya angka 4 yang terdapat pada jam ditulis dengan angka romawi IV, namun hal ini tidak berlaku bagi jam gadang di bukittinggi. Di Jam Gadang angka 4 dituliskan dengan angka romawi III. Selain itu jika anda masuk kedalam menara Jam Gadang akan dapat terlihat keindahan kota BukitTinggi.

Jam Gadang ( Sumber Foto : http://www.varley.wordpress.com )

Jam Gadang ( Sumber Foto : http://www.varley.wordpress.com )

3. Kotanya Kecil

Alasan lain yang anda harus tahu mengapa harus berkunjung ke BukitTinggi adalah sebuah fakta bahwa BukitTinggi merupakan sebuah kota kecil yang memiliki luas berkisar 17 KM persegi. Hal ini membuat anda lebih mudah menyusuri segala tempat wisata yang ada dikota BukitTinggi karena jaraknya berdekatan.

Namun walaupun kotanya kecil, ada banyak hotel sebagai tempat anda menginap selama mengunjungi kota Bukittinggi, seperti terlihat di situs booking hotel Traveloka.com.

4. Pasar Atas, Pasar Lereng, dan Pasar Bawah

Hal lain yang unik dari bukittinggi dan nampaknya anda harus kunjugi adalah Pasar Atas, Pasar Lereng dan Pasar Bawah. Pasar atas menawarkan barang-barang khas sumatera barat mulai dari songket, kerajinan kayu, souvenir dan kreasi lainnya.

Selain itu di pasar atas juga terdapat kuliner khas seperti sate padang, kerupuk sanjai, dan satu yang tak boleh terlewatkan adalah nasi kapau yang terbuat dari bumbu khas warisan turun temurun dari sebuah daerah bernama kapau di wilayah BukitTinggi. Di pasar lereng adalah pasar yang terletak di dekat pasar atas dan berada diatas jalan yang miring sementara itu di pasar bawah biasanya menjual kebutuhan sehari-hari.

5. Ngarai Sianok (Great Wall)

Ngarai Sianok adalah keajaiban alam yang menjadi ciri khas BukitTinggi . Sebuah sungai membelah dua bukit dalam rentang jarak yang cukup panjang. Ngarai sianok telah diabadikan dalam banyak tulisan bahkan hingga prangko. Ngarai Sianok merupakan bangunan semacam tembok cina.

Menurut pedagang sekitar, bangunan ini adalah prakarsa dari Tifatul Sembiring dan para perantau asli desa setempat yang sudah sukses. Di ceritakan jalur Ngarai Sianok merupakan jalur ketika Tifatul Sembiring sekolah di SMP 4 dari koto gadang ke seberang via Ngarai Sianok.disana juga terdapat tanda tangan Tifatul Sembiring dibangunan sisi koto gadang.

Great Wall Bukittinggi ( Sumber Foto: http://www.commons.wikimedia.org )

Great Wall Bukittinggi ( Sumber Foto: http://www.commons.wikimedia.org )

6. Pensi dan Pisang Kapik

Jika kuliner seperti sate padang, nasi kapau, keripik sinjai sudah sangat terkenal mungkin dua kuliner unik khas BukitTinggi menambah penasaran anda untuk berkunjung ke BukitTinggi. Pensi merupakan kuliner berupa kerang kecil yang hanya terdapat di bukittinggi, sedangkan pisang kapik adalah pisang bakar penyet dan disantap dengan gula merah.

7. Janjang Saribu

Suka tantangan? Cobalah ke janjang saribu alias jenjang seribu. Menyusurinya merupakan pekerjaan melelahkan karena menghubungkan bagian atas dan bawah Ngarai Sianok.

* * * * *

Itulah 7 alasan mengapa anda harus berkunjung ke BukitTinggi. Segera pesan tiket dan cari hotel anda untuk akomodasi anda selama berkunjung di BukitTinggi.

5 thoughts on “7 Alasan Kenapa Harus Datang ke BukitTinggi

    • Frenky Post author

      Yup benar, Jam Gadang memang fenomenal, sayang belum kesampaian pergi kesana, baru kesampaian bikin artikel nya aja hahaha…

      Btw thanks udah mampir gan di blog ane!

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: