5 Hal Betapa Pentingnya Kereta Api Bagi Kita Semua

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi di Indonesia yang kini semakin banyak digemari masyarakat. Seiring dengan perbaikan-perbaikan layanan serta fasilitas yang dilakukan PT. KAI, semakin meningkat pula jumlah penumpang kereta api. Kereta api sendiri merupakan transportasi masal tertua yang dibangun pada masa kolonial Belanda sebagai angkutan antar daerah. Kereta api dianggap menjadi alat transportasi penting karena berbagai manfaat dan kemudahan dari kendaraan ini. Bayangkan saja jika tidak ada kereta api, tentu bepergian akan menjadi lebih sulit, terlebih untuk jarak jauh. Walaupun pesawat sudah memasyarakat, untuk beberapa orang yang takut ketinggian atau ruang sempit akan lebih nyaman jika menggunakan alat transportasi selain pesawat.

Berikut ini ulasan betapa pentingnya kehadiran kereta api sebagai salah satu pilihan alat transportasi di Indonesia.

Kendaraan Anti Macet

Foto : malangtoday.net

Foto : malangtoday.net

Kereta api menjadi kendaraan yang bebas macet karena memiliki jalur khusus yang hanya bisa dilalui oleh kereta api. Kereta api dapat melaju dengan kecepatan konstan tanpa peduli arus lalu lintas padat atau lengang. Selain bebas macet, kereta api juga dapat membebaskan lalu lintas dari kemacetan. Jika masyarakat yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi mulai banyak yang beralih pada kereta api, jumlah kendaraan bermotor di jalan raya dapat berkurang secara signifikan sehingga macet dapat dihindari.

Hemat waktu, Hemat uang dan Hemat ruang

Foto : krjogja.com

Foto : krjogja.com

Kereta api memiliki jalur khusus sehingga terbebas dari macet. Hal ini tentu saja membuat para penumpangnya jadi lebih hemat waktu karena tidak perlu berlama-lama terjebak macet. Waktu keberangkatan dan kedatangan telah terjadwal sesuai dengan yang tertera di tiket kereta api akan membantu penumpang untuk dapat mengatur jadwal kepergiannya.

Selain hemat waktu, berkendara dengan kereta api dinilai juga dapat menghemat uang. Harga tiket yang cenderung lebih murah menjadikan kereta api banyak dipilih masyarakat. Untuk mendapatkan tiket kereta juga tidak sulit. Jika penumpang malas membeli tiket di peron stasiun, tinggal pesan tiket kereta api secara online melalui website atau aplikasi.

Secara umum, kereta api dapat menghemat ruang-ruang publik, seperti tepat parkir dan jalan raya. Rel kereta yang tidak membutuhkan lahan luas, dapat menghemat ruang. Selain itu tidak dibutuhkan banyak tempat parkir seperti jika masyarakat menggunakan mobil pribadi.

Kendaraan Angkutan Massal yang Efektif dan Efisien

Foto : jatimnow.com

Foto : jatimnow.com

Kereta api menjadi angkutan masal yang sangat penting karena dinilai efektif dan efisien. Gerbong yang luas dapat menampung lebih banyak penumpang dibandingkan bus atau mobil. Sekarang sudah wajib satu tiket kereta api untuk satu penumpang, jadi meski mengankut banyak orang tetap menjadi perjalanan yang nyaman. Kereta api juga dapat mengangkut barang lebih banyak atau barang dengan volume besar.

Angkutan yang Aman

Foto : zonapasar.com

Foto : zonapasar.com

Memiliki jalur tersendiri membuat kereta api memiliki angka kecelakaan yang kecil. Rute kereta api yang sudah jelas mengikuti rel serta kecepatan kereta yang konstan memperkecil kemungkinan kecelakaan. Dibandingkan dengan pesawat, kereta api lebih unggul dalam menghadapi berbagai kondisi alam. Kereta api termasuk kendaraan yang beroperasi tanpa terpengaruh gangguan cuaca.

Ramah Lingkungan

Foto : Zidane Hartono / wikipedia.org

Foto : Zidane Hartono / wikipedia.org

Dewasa ini isu lingkungan semakin marak dikampanyekan. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Emisi kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang terbesar polusi udara. Maka kereta api bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Dengan keuntungannya yang dapat mengangkut banyak penumpang, dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan raya sekaligus dapat mengurangi jumlah emisi di udara. Terlebih jika kita menggunakan kereta api listrik yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap berbahaya, dan ditambah mesinnya yang tidak berisik sehingga mengurangi polusi suara.

Begitu banyak manfaat dan hal penting dari kereta api, sehingga moda transportasi ini menjadi sangat populer di negara maju. Jika kita menyadari hal-hal tersebut, maka kita akan lebih memilih menggunakan angkutan umum terutama kereta api dan tidak hanya diri kita yang diuntungkan tetapi juga lingkungan sekitar kita. Selamat bepergian dengan kereta api.


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: